Saturday, 6 April 2019

JNE Ciptakan Peluang Usaha Bagi Para UKM

Di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital, industri kreatif dipercaya dapat menjadi penopang utama ekspor Indonesia di masa yang akan datang. Di waktu yang bersamaan industri logistik juga ikut bertumbuh pesat karena ada pemindahan barang dari produsen ke konsumen akhir yang memerlukan logistik yang efisien dan tepat waktu.

Berdasarkan alasan tersebut, JNE terdorong untuk mendukung UKM sebagai pelaku industri kreatif agar dapat terus meningkatkan kemampuan dan kreatifitasnya sehingga dapat menciptakan peluang usaha dan bisa bersaing secara global. 

jne ciptakan peluang usaha bagi ukm


Kolaborasi JNE bersama UKM untuk Bisa Bersaing Secara Global

Kemarin pada Hari Kamis 4 April 2019, saya turut hadir dalam acara press conference JNE dengan tema "Festival Kreasi Urang Bandung, untuk Mendorong UKM Ciptakan Peluang Usaha di Era 4.0" 

Acara tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari JNE setelah sebelumnya sukses menggelar berbagai program pengembangan UKM yang secara aktif dilakukan di Bandung. Jauh hari sebelumnya JNE juga sukses mengadakan 15 seminar serta pelatihan UKM dengan menghadirkan para narasumber yang inspiratif. 

JNE Bandung sendiri sudah mengajak lebih dari 1500 UKM untuk mendapatkan pengetahuan, motivasi, informasi dan pelatihan UKM di 19 Kota dan Kabupaten Bandung.

Di bulan ini, JNE Bandung berkolaborasi dengan para UKM menghadirkan JNE UKM Festival "Balarea" (Bandung Lautan Kreatif) 2019. Festival tersebut diadakan di Cihampelas Walk (Ciwalk) Jl. Cihampelas No. 160 Bandung pada Hari Sabtu tanggal 6 April 2019. Banyak kegiatan menarik yang diadakan di salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal dengan jeans-nya tersebut. Diantaranya talk show interactive, bazar UKM, photo contest, games dan doorprice, promo JLC double point hingga tersedia booth pengiriman gratis untuk tujuan di dalam Kota Bandung serta Kota Cimahi, untuk maksimal kiriman 1 kg.

Hal-hal yang melatarbelakangi diselenggarakannya UKM Fesival Balarea, dijelaskan secara gamblang oleh perwakilan dari JNE, Mayland Hendar Prasetyo selaku Deputy Director e-Commerce & Partnership. Selain Bapak Mayland, di acara press conference tersebut hadir juga Ketua HIPMI Jawa Barat, Bapak Jodi Janitra dan pelaku industri kreatif sekaligus entrepreneur fashion, Mbak Dhatu Rembulan.

jne ciptakan peluang usaha bagi ukm
Bapak Mayland Hendar Prasetyo, Bapak Jodi Janitra dan Mbak Dhatu Rembulan
Ketiga pembicara tersebut mengulas tentang usaha UKM dan pelayanan pengiriman dari sudut pandangnya masing-masing. 

Seperti Bapak Mayland yang menjelaskan mengenai awal kiprah JNE dalam menjalankan bisnisnya. Menurut beliau, JNE sejak awal telah menjalankan bisnisnya mendukung sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk diorbitkan hingga tingkat nasional.

Pada Bulan Agustus 2018, JNE telah bekerja sama dengan salah satu marketplace untuk memilih 10 UMKM untuk dibina agar bisa maju di level internasional.

Menurut Pak Mayland, kunci dari semua itu adalah user. Selama ini barang yang dijual secara online ada sekitar 7% hingga 10% barang yang dijual berupa produk sendiri dan 90% lagi merupakan produk dari luar negeri.

Berbagai program pengembangan UKM lainnya juga dilakukan oleh JNE di seluruh Indonesia. Secara nasional JNE melakukan roadshow pengembangan UKM JNE Ngajak Online yang dilakukan hingga ke Timika. 
Jadi pengembangannya bisa dilakukan secara merata, yak!

Di tengah revolusi industri generasi keempat atau industri 4.0, masa ekonomi global akan tergantung pada sektor ekonomi kreatif, peningkatan segala sektor pelayanan terus dilakukan. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan sektor pelayanan seperti memperluas jaringan, peningkatan di bidang IT, infrastruktur dan sumber daya manusianya.

Seiring dengan itu, masyarakat global yang tergantung pada teknologi informasi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari telah memicu pertumbuhan secara eksponensial menuju ekonomi kreatif.

Oh iya, dengan kelebihan demografi sebanyak 250 juta penduduk, ekonomi kreatif Indonesia dapat menjadi salah satu unggulan dalam pasar luar negeri, loh! Dapat dibayangkan, jika banyak masyarakat yang terjun dalam ekonomi kreatif, pertumbuhan ekonomi bisa terdongkrak, deh!

Dari data yang dikeluarkan oleh Badan Ekonomi kreatif Indonesia (Bekraf) sudah terlihat tanda-tanda kekuatan ekonomi kreatif nasional. Di sana tercatat ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 mengalami peningkatan 3,23% menjadi US$20 miliar dibandingkan dengan yang terjadi di tahun 2015.

Melengkapi pernyataan dari Pak Mayland, Branch Manager JNE Bandung, Bapak Iyus Rustandi mengungkapkan langkah nyata JNE sejak awal.

JNE selalu berupaya mewujudkan langkahnya sesuai tagline CONNECTING HAPPINESS. Tidak melulu memikirkan profit, tetapi JNE selalu ingin berbagi kebahagiaan untuk semua masyarakat. Salah satunya dengan mendorong para UKM agar bisa bersaing secara global.

Menurut Pak Iyus, JNE akan selalu turut mendorong UKM menjawab tantangan dan menciptakan peluang usaha. Semua itu diwujudkan dalam gelaran acara UKM Balarea Festival 2019. Acara tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian program yang telah dilaksanakan oleh JNE Bandung, untuk menyampaikan pesan mengenai pentingnya mendorong ekonomi digital di kalangan generasi milenial.

Dengan begitu, generasi muda bangsa ini akan semakin jeli dalam melihat peluang, apalagi sudah didukung oleh berbagai sektor seperti Asosiasi, Komunitas UKM dan tentu saja sistem logistik yang efisien serta tepat waktu.

jne ciptakan peluang usaha bagi ukm
Pembicara di acara Press Conference JNE UKM "Balarea"
Dalam acara yang diselenggakan di sebuah roof top Moxy Hotel Bandung tersebut, Bapak Jodi selaku Ketua HIPMI Jawa Barat, juga berbagi pengalamannya sebagai pengusaha muda. Selain itu beliau juga banyak memberikan tips dan trik agar bisa berhasil dalam menjalankan sebuah bisnis.

Satu hal yang menjadi pesan beliau, untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses, sebaiknya kita harus tangguh dan kuat ketika menghadapi berbagai masalah.  

Selain tangguh dan kuat dalam menghadapi masalah, menjadi pengusaha yang sukses, perlu keberanian untuk mencoba hal yang baru dan unik. Tidak perlu terus menyesali diri saat mengalami kegagalan. Tetap terus bangkit dan berusaha memperbaiki sistem dalam bisnisnya.

Tidak hanya ketua HIPMI, pelaku industri kreatif sekaligus entrepreneur fashion, Dhatu Rembulan juga berbagi pengalamannya saat merintis usahanya. Menurut perempuan berparas cantik tersebut, mengajak pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Berinovasi agar bisa terlihat beda dari produk orang lain dan tentu saja harus selalu konsisten dalam melakukan perbaikan sistem bisnis dan metode penjualannya.

Semua pemaparan dari narasumber merupakan masukan yang sangat penting bagi mereka yang ingin memajukan bisnisnya. Semoga dukungan JNE kepada para UKM bisa mendorong mereka untuk bisa bersaing secara global di kancah perekonomian dunia. Semoga ya...

jne ciptakan peluang usaha bagi ukm
Blogger Bandung (foto milik Erry E)

58 comments:

  1. Alhamdulillah, dengan program bagus ini semoga UKM di sekitar kita makin sukses..

    ReplyDelete
  2. Keren JNE. Setuju banget, jadi pengusaha itu harus tahan banting, harus kuat. Karena cobaan pengusaha itu sama halnya seperti cobaan hidup ya mbk. Selalu ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sama-sama ada cobaannya. Jadi mesti tangguh dan pantang menyerah ya...

      Delete
  3. Keren banget ya JNE, bahkan hanya dengan sebelumnya saja udah sangat membantu UKM, apalagi dengan inovasi2 yang terbarunya.
    Yang namanya usaha memang sama aja kayak lainnya, sama-sama ada tantangannya, dan hanya orang yang tahan bantinglah dan tetep mau maju yang jadi pemenangnya :)

    ReplyDelete
  4. Keren nih rangkaian acaranya...
    Saya dukung banget nih kalau semua pihak berkolaborasi untuk menguatkan para pelaku ukm di Indonesia.
    Maju terus JNE <3

    ReplyDelete
  5. JNE bener-bener mendukung dan membuka jalan bagi para UKM baru ya, apalag idengan mengenalkan produk2nya melalui dunia online. Generasi muda haru sbisa memanfaatkan peluang yang ada termasuk dari segi pengiriman, melalui JNE bisa membantu mengembangkan usahanya

    ReplyDelete
  6. Tepat banget JNE bekerja sama dengan UKM soalnya jaman now semua butuh pengiriman barang juga

    Berharap satu saat nanti bisa kerjasama bareng juga ah

    ReplyDelete
  7. JNE dan UKM saling memberikan manfaat ya, JNE yang mendukung bisnis UKM dan UKM sendiri bisa memanfaatkan jasa JNE untuk mengirimkan barang=barangnya.
    Wah bagus juga ya programnya untuk membisa UMKM gar bisa berkembang lagi di dunia internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, sama-sama saling memberikan manfaat.

      Delete
  8. Beneran connecting happiness jne ini. Termasuk daerahku yang rada susah akses transpirtasinya, juga diuntungkan adanya jne. Usaha online berkembang termasuk umkm. Apalagi ada inovasi macam2 juga ya

    ReplyDelete
  9. Aku pernah juga menghadiri acara serupa
    Tentang bagaimana JNE menciptakan peluang usaha bagi UKM dengan memberikan terobosan harga khusus sekaligus berbagi fitur pelayanan terbarunya

    ReplyDelete
  10. wah mantap acaranya ya teh JNE Balarea :) mendukung dan buka jalan buat pelaku UKM. aku setuju jadi pengussaha emang harus tangguh kerasa sama aku hahaha pengen nyerah aja kalau dagangan sepi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah...janganlah Teh, tetep semangat meskipun dagangan sepi :D

      Delete
  11. JNE andalanku, hahahah kalau beli olshop aku lebih suka milih pake JNE karena terpercaya dan udah nyoba beberapa kurir lain kok ya kurang ngena dihati dan lbh cepet JNE :D jadi pas banget buat para pengiat UKM kalau dibantu sama JNE, jadi lebih terpercaya oleh konsumennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbaak...selama ini saya kirim paket atau beli online, lebih sering pakai JNE

      Delete
  12. Aku suka nih pake JNE, layanannya selama ini bagus. Trus ditambah lagi program2nya yang menarik dan membantu UMKM :)

    ReplyDelete
  13. yang aku suka dr JNE, soal pengiriman mmg nggak mengecewakan. semoga makin banyak UKM yang bisa didorong JNE. oh ya saya suka program connecting happinessnya JNe. tapi baru skali doang sih berpartisipasi

    ReplyDelete
  14. JNE memang andalan nih soal kirim mengirim barang. Aman dan tepat sampai. Semoga acara serupa bisa diadakan juga di Pekanbaru, biar makin banyak dukungan utk UKM disini

    ReplyDelete
  15. Kabarnya waktu Indonesia kena krisis moneter, usaha yang paing bertahan itu UMKM. Jadi kalau belajar dari pengalaman memang UMKM memegang peranan penting. Tetapi, memang harus terus dirangkul supaya bisa mengikuti perkembangan zaman. Untungnya JNe termasuk yang mau mengerti, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, meski krisis UMKM bisa bertahan ya, Mbak

      Delete
  16. Sejauh ini, pengalamanku sama JNE bagus. Lumayan, meski beberapa kali sempet ada packaging yang rusak. Cuma enak sih, cepet juga, dan aku yakin dia pasti akan tingkatkan layanannya. Apalagi sekarang banyak banget ekspedisi serupa. Setauku memang dulu JNE termasuk yang awal-awal sih daripada ekspedisi lainnya yang sekarang rame dipake juga.

    ReplyDelete
  17. Jadi pengusaha harus tahan banting dan terus berinovasi, nah ini nih yang harus jadi pegangan anak muda yang ingin wira usaha. Anakku nih yang masih ngumpulin duit untuk modal usahanya, semoga niatnya terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga niat anaknya untuk berwirausaha bisa tercapai ya, Mbak

      Delete
  18. Aku suka sama JNE soalnya proposal kegiatan sosial yg dikirim ke mereka ga pernah pulang dg tangan kosong. Mereka peduli sama kegiatan masyarakat dan seneng berbagi.

    ReplyDelete
  19. Suka banget dengan sinergi JNE dengan UKM ginj, jadi pelayanan pengiriman barang sudah aman karena di lakukan oleh JNE yang memang sudah terpercaya dalam urusan pengiriman barang ya mbak

    ReplyDelete
  20. Mental pengusaha memang harus ditempa sejak kecil ya mbak. Klo aku baru sebatas wacana dan keinginan saja nih, untuk mulai merintis usaha. Salut dengan JNE yang memberikan wadah bagi para UKM untuk semakin lebih berkreasi dan kreatif dalam mengembangkan produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok, Mbak jangan hanya jadi wacana aja, wujudka usahanya hehehe

      Delete
  21. UKM makin banyak dan untungnya JNE punya program menarik untuk membantu yaa.. JNE ini my fave! Sampe abang kurir apal rumah banget lah, hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sering jadi pengguna JNE, jadi apal ya, Mbak :)

      Delete
  22. UMKM emang kudu disupport ya mbak. Btw, baru tau nih program JNE memberikan dorongan dan bantuan untuk UMKM. Salut. Semoga sukses dan terus memberi kontribusi positif

    ReplyDelete
  23. JNE memang bagus sih ya dan ngebantu banget para UMKM juga. Btw kurir JNE juga ramah2 dan kalau orangnya ga ada pasti nelp kita deh.

    ReplyDelete
  24. UKM yang didukung oleh banyak pihak, insyaallah akan mudah dan cepat berkembang. JNE punya inisiatif bagus ya, menggandeng UKM untuk saling bersinergi. JNE sampai skrg masih jd andalam utamaku utk pengiriman barang, yang lain rasanya kurang cocok.

    ReplyDelete
  25. Semoga programnya berjalan baik ya. Sukses untuk JNE dalam memajukan UKM. Mudah-mudahan JNE ke depannya bisa menciptakan inovasi program yang bisa memajukan generasi milenial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga JNE tetap konsisten berinovasi demi kemajuan semua ya...

      Delete
  26. Jne mantap ya program2nya.. pelayanan yang prima, plus program2 yang juga memberdayakan umkm

    ReplyDelete
  27. JNE emang asik mba, aku sebagai penjual online make jasanya tiapa da kiriman
    enak membantu para UKM. Apalagi ada sistem cashback untuk pengiriman banyak

    ReplyDelete
  28. JNE ini brandingnya udah kuat banget sbg jasa pengiriman. Sampai skrng aku jg pemakai setia JNE. Soalnya dia layanannnya lengkap dan sdh mejangkau mana2. Wah keren banget ya bantuin UKM, moga sukses semuanya.

    ReplyDelete
  29. festival asyiiik nih mba..dan suka dengan JNE yang membuka kesempatan banyak untuk para pelaku UMKM Indonesia yang makin banyaaak

    ReplyDelete
  30. nah, yang kaya gini bikin ukm yg ada semangat untuk jalani usahanya. pengen banget ikuti jejak para ukm.

    JNE support banget ya.

    ReplyDelete
  31. jadi pengen bikin usaha. dulu aku suka mikir, kok banyak jasa pengiriman barang ya. ternyata UKM banyak manfaatin jasanya.

    keren banget deh sama JNE. support UKM

    ReplyDelete
  32. Bener banget nih! JNE itu sahabat setia para ibu2 pemilik online shop. Juga aku yg suka belanja di online shop. Semoga JNE selalu berpihak pada para penikmat online shop. Dan semoga ada jasa baru yang bisa nganterin barang langsung sampe dalam beberapa jam. Kayak di aplikasi2 ojek online itu.. Hihihihi

    ReplyDelete
  33. JNE peduli ya dengan UMKM, sampai menciptakan peluang terutama anak muda yang ingin wira usaha.

    ReplyDelete
  34. JNE peduli ya dengan UMKM, sampai menciptakan peluang terutama anak muda yang ingin wira usaha.

    ReplyDelete
  35. JNE tiada tanding by pelanggan setia, sejak JNE deket rumah tempatnya kecilll dan sekarang pindah jadi gede, tiap hari segunung2 tumpukan paket, kata mas-nya pelaku UKM sekitaran Warakas, memang benar2 membantu geliat UKM
    Semoga yang dibina benar2 bisa menjadi maju dan berkembang

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah semoga dengan ada program seperti ini bisa memajukan perekonomian UKM. Sukaaa deh sama JNE.

    ReplyDelete
  37. Semoga dengan adanya program ini, UKM di Indonesia pada umumnya bisa bangkit dan mampu mendorong perekonomian Indonesia.
    Simbiosis mutualisme sih menurutku, antara UKM dan JNE bisa saling menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul MBak JNE dan UMKM itu simbiosis mutualisme

      Delete
  38. Suka sama nasihat Bapak Jodi, selain menjadi pengusaha yang kuat dan tangguh, memang harus berani mengeluarkan ide-ide unik.

    ReplyDelete
  39. Aku galfok sama Mbak Dhatu, ini istrinya vokalis band The Cangcuters itu kan ya? Aku kayaknya follow instagramnya deh. Dan ternyata pelaku UKM juga ya. Keren-keren.

    Ngomongin soal ekspedisi,untuk saat ini, aku pribadi masih setia sama JNE. Pelayanannya bagus. Kurirnya juga ramah-ramah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dhatu itu istrinya vokalis The Cangsuters

      Delete
  40. Asyik nih ya JNE selalu ngadain Roadshow untuk memberikan edukasi apalagi yg punya UKM. PAs di Jember kapan hari tuh sayang banget aku nggak bisa ikutan. PAdahal acaranya seru ini hheee
    Makasih informasinya Mbak Nurul

    ReplyDelete
  41. Semoga saja JNE makin banyak lagi membantu para pengusaha mikro seperti UKM ini. Karena dulu bahkan di saat serangan krisis moneter melanda, para pengusaha mikro seperti inilah yang bertahan dari badai. Sementara pengusaha besar banyak yang tumbang.

    ReplyDelete
  42. JNE memang benar-benar mitra terpercaya ya mba.. urusan logistik amaaan jadinya

    ReplyDelete
  43. Keren nih JNE turut mendukung terciptanya peluang usaha untuk UKM. Kalau mendapat dukungan seperti ini, UKM di Indonesia bisa tambah maju

    ReplyDelete
  44. JNE ini udah banyak membantu dunia umkm lo. Tapi dan bisnis online para mamak2 di rumah. Aku selalu seneng kalo ada JNE datang ke rumah hahahahaha

    ReplyDelete
  45. Aku juga biasanya ngirim dagangan aku pake jne haha soalnya di daerah deket kampus itu yang paling bagus pelayanannya. terbaik memangg!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^