Wednesday, 29 April 2020

5 Cara Tetap Sehat di Rumah Saat Pandemi Covid-19

Bulan Ramadhan tahun ini memang berbeda dengan bulan suci tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita selaku umat Islam harus menjalani ibadah di bulan penuh rahmat ini bersamaan dengan merebaknya pandemi Covid-19. Hingga sekarang, belum ada obat khusus yang direkomendasikan untuk pencegahan atau pengobatan virus corona bentuk baru tersebut. Satu-satunya jalan agar kita bisa terhindar dari penyakit adalah dengan menjalankan cara tetap sehat di rumah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

Orang dari segala usia berpotensi terinveksi Covid-19. Baik orang usia lanjut maupun anak-anak. Golongan yang rentan terinfeksi ini yaitu orang lanjut usia dan orang yang memiliki riwayat penyakit seperti, asma, diabetes, penyakit jantung karena kondisi kesehatan yang tidak baik.


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, satu-satunya jalan untuk bisa terhindar dari infeksi Virus Covid-19 yaitu dengan menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pemerintah sendiri telah jauh-jauh hari menghimbau dan memperingatkan masyarakat luas untuk lebih peduli dengan kebersihan dan kesehatan masing-masing individu. Usaha lainnya untuk menghambat penyebaran Virus Covid-19, pemerintah memberlakukan physical distancing. Masyarakat dihimbau untuk diam di rumah.

Selama mematuhi anjuran diam di rumah, bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa, bukan? Namun kita tetap bisa menjaga tubuh agar tetap sehat di rumah saat pandemi Covid-19.  

Cara apa saja yang bisa kita lakukan agar tetap sehat di rumah?



1. Rutin Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebaiknya kebiasaan mengonsumsi makanan gizi yang seimbang jangan pernah ditinggalkan. Bagi yang belum terbiasa mengonsumsi makanan sehat, maka biasakanlah banyak makan sayur dan buah sejak sekarang. Memberikan asupan vitamin dan mineral secara alami pada tubuh jauh lebih baik daripada kita mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.
https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

Asupan seimbang yang baik bagi tubuh meliputi berbagai makanan yang kaya vitamin A, B, C, D dan E serta selenium, seng dan mineral besi. Kita bisa memenuhi asupan vitamin B dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi, bayam dan kangkung, kacang-kacangan, pisang, telur dan ikan. Vitamin-vitamin tersebut penting bagi otak dan menjadi bahan kimia pembentuk hormon kebahagiaan sehingga bisa menghindari stres.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

, D dan E, dan juga mineral besi, seng dan selenium. Vitamin B bisa didapati dari mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, pisang, telur, unggas, dan ikan. Vitamin ini penting bagi otak dan menjadi bahan kimia pembentuk hormon kebahagiaan yaitu serotonin dan dopamin. Kurangnya vitamin B6, B12 dan folat (B9) sering ditemui pada kasus-kasus depresi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kiat Tetap Sehat dan Bahagia Saat Karantina Diri di Rumah", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/121600265/5-kiat-tetap-sehat-dan-bahagia-saat-karantina-diri-di-rumah?page=2.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kiat Tetap Sehat dan Bahagia Saat Karantina Diri di Rumah", https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/121600265/5-kiat-tetap-sehat-dan-bahagia-saat-karantina-diri-di-rumah?page=2.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih berfungsi sebagai pembersih dalam sistem tubuh dan dapat melancarkan pengeluaran racun dalam tubuh. Banyak minum air putih selain menyehatkan juga bisa menghindari tubuh dari dehidrasi. Lakukan minum air putih minimal 8 gelas sehari secara rutin. Selain sehat, juga dapat menghemat karena mengurangi konsumsi kopi atau teh.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

3. Jangan Lupa Olahraga Ringan

Olah raga secara teratur merupakan kebiasaan baik yang mesti kita lakukan. Rutin berolahraga dapat menambah suplai oksigen di dalam darah kita yang secara tidak langsung dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

Meskipun di dalam rumah, banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Kita bisa melakukan senam ringan, sit-up, push up, angkat beban, loncat tali atau lari-lari di tempat.

Olahraga juga dikaitkan dengan membaiknya kualitas tidur, berkurangnya stres, kecemasan dan dapat meningkatkan memori serta kemampuan kognitif.

4. Biasakan Mencuci Tangan

Sebelum mengambil makanan, sebaiknya kita mencuci tangan dengan sabun. Kita tahu jika virus dan bakteri bisa berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain. Karena kita banyak melakukan rutinitas dengan tangan, seperti berjabat tangan, mengambil sesuatu, bersih-bersih rumah dan lain sebagainya.

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir agar kotoran yang menempel di tangan bisa hilang. Sehingga tidak ada bakteri atau kotoran yang tertinggal di tangan,

5. Isi Waktu Luang Bersama Keluarga

Berada di dalam rumah bersama keluarga dalam jangka waktu yang lama, memberikan kita banyak kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan keluarga. Rumah yang biasanya digunakan hanya sebagai tempat istirahat bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal menyenangkan bersama keluarga.

Bertepatan dengan Bulan Ramadhan, kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga melakukan ibadah bersama. Melakukan shalat berjamaah dan mengaji bersama. Anggota keluarga yang biasanya sholat berjamaah di masjid, kini bisa melakukan ibadah bersama-sama di rumah.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html
Tidak hanya beribadah bersama, momen Ramadhan kali ini bisa dimanfaatkan juga untuk memasak bersama. Bersama anak-anak berkreasi membuat makanan untuk berbuka. Selain itu orang tua juga bisa mengajak anak untuk bersama-sama membuat kerajinan, berkebun, mengisi teka-teki silang, bermain catur atau mewarnai bersama.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

Apapun kegiatannnya, semua itu bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Semua akan merasa bahagia dan terlepas dari rasa bosan. Rasa bahagia tentu saja dapat membuat daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Lalu bagaimana jika kita merasa kurang sehat dan ingin memeriksakan diri ke dokter?

Selama masa physical distancing, rumah sakit umum, rumah sakit swasta, klinik, dan poliklinik memang masih diperbolehkan beroperasi. Namun untuk mencegah terinfeksi Virus Covid-19, apabila tidak mendesak sebaiknya masyarakat melakukan konsultasi melalui telepon. Seperti orang dengan lanjut usia atau ibu hamil, sebaiknya tidak datang langsung ke rumah sakit terdekat. Lebih baik berkonsultasi lewat telepon saja.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html

Saat ini bagi masyarakat yang hendak berkonsultasi kesehatan dengan dokter, bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi yang bisa menjawab semua hal tentang kesehatan ini merupakan layanan kesehatan yang berbasis digital. Tersedia fitur-fitur kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Cukup mudah untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meng-instal aplikasi Halodoc di smartphone. Lalu gunakan email untuk melakukan registrasi. Kemudian lengkapi data profil yang diminta, karena jika profil kita tidak lengkap, aplikasi Halodoc tidak akan mengizinkan kita untuk menggunakan fitur-fitur di dalamnya. Setelah semua data terisi dengan lengkap, kita bisa menggunakan fitur yang dibutuhkan.

Apa saja fitur yang ada di Halodoc?


https://www.nurulfitri.com/2020/04/5-cara-tetap-sehat-di-rumah.html
Konsultasi dengan dokter
Di menu chat dengan dokter, kita bisa berkonsultasi seputar kesehatan yang dibutuhkan. Semua akan dilayani oleh dokter-dokter yang berkompeten di bidangnya. Kita bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dokter penyakit dalam atau dokter gigi.

Membuat janji dengan rumah sakit
Fitur yang satu ini sangat sesuai digunakan saat sedang terjadi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Ketika diberlakukan physical distancing, masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak. Termasuk dalam hal antrian di rumah sakit. Dengan adanya fitur di Halodoc, masyarakat bisa membuat janji dengan rumah sakit terdekat tanpa harus mengantri.

Membeli obat
Layanan lain yang bisa digunakan di aplikasi Halodoc yaitu membeli obat. Aplikasi ini akan mengarahkan kita pada apotik terdekat. Berbagai kebutuhan kesehatan disediakan bagi masyarakat yang ingin membeli. Tersedia berbagai suplemen dan vitamin, obat flu dan batuk obat penurun panas, anti nyeri, antibiotik dan obat lainnya. Halodoc juga melayani pembelian obat dengan resep dokter. Kita hanya diminta untuk mengunggah foto resep obat tersebut, yang kemudian diproses untuk dikirimkan.

Periksa Covid-19
Memahami betul kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Halodoc menyediakan fitur yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk berkonsultasi tentang Covid-19. Di fitur ini, kita bisa mengetahui apakah diri kita memiliki resiko tinggi atau tidak terinfeksi virus corona. Ada beberapa pertanyaan yang bisa diisi untuk digunakan sebagai analisa kemungkinan resiko terinfeksi Covid-19.

Rapid Tes Covid-19
Bagi masyarakat yang ingin melakukan rapid tes di rumah sakit terdekat bisa menggunakan aplikasi Halodoc dengan cepat dan tidak perlu menunggu lama. Halodoc akan merekomendasikan melakukan rapid tes di rumah sakit rujukan.

Semua fasilitas yang disediakan oleh Halodoc tentu saja bisa memudahkan masyarakat dalam menjaga daya tahan tubuh mereka. Ketika merasa tidak sehat, bisa langsung berkonsultasi secara online. Mengikuti himbauan pemerintah untuk diam di rumah dan menjaga agar badan tetap sehat, maka penyebaran virus Covid-19 akan bisa lebih terkendali.
Dengan demikian diharapkan jumlah masyarakat yang terinfeksi virus bisa semakin menurun dan pandemi global ini bisa segera berakhir.

                Salam takzim
 



40 comments:

  1. penting ya mba asupan sehat bernutrisi tinggi terutama vitamin C buat jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat selama wabah pandemi covid19

    ReplyDelete
  2. Iyaaa... Halodoc memang akan merekomendasikan melakukan rapid tes di rumah sakit rujukan, masalahnya .. hiks hiks rapid test itu masih mahaaaallll sejutaan

    ReplyDelete
  3. Aku suka dengan fitur halodoc yang ternyata bisa membeli obat juga ya teh, ga perlu ke apotek disaat PSBB gini. Makin praktis ajaa.
    Semoga kita semua diberikan kesehatan.

    ReplyDelete
  4. HaloDoc ini berjasa bangeettt buat keluarga kami
    Ibu mertuaku kalo beli obat pakai app HaloDoc juga

    ReplyDelete
  5. Bapakku harusnya Mei ini ke dokter buat kontrol. Tapi dengan situasi gini ya rasanya horor. Semoga bisa beli obatnya via Halodoc nih

    ReplyDelete
  6. kalo skr serem ya teh mau periksa ke dokter di rumah sakit. untung ada aplikasi halodoc, jadi bisa dapat pelayanan kesehatan meski di rumah aja :)

    ReplyDelete
  7. Yang penting jangan stres ya..imunitas tubuh harus dijaga dan kalo ragu langsung aja tanya ma dokter di halodoc

    ReplyDelete
  8. Senang banget tau aplikasi halodoc ini. Sangat lengkap menurutku. Mulai dari bisa konsultasi gratis,beli vitamin, baca artikel kesehatan juga bisa rapid test! Semoga semua sehat selalu yaa mbak ^^

    ReplyDelete
  9. Keren pengembangnya Halodoc, tahu betul kebutuhan masyarakat akan kebutuhan informasi yang benar tentang covid-19. Bisa daftar untuk rapid tes juga, sayangnya baru untuk wilayah jabodetabek ya

    ReplyDelete
  10. Insya Allah, kita semua sehat karena sudah berusaha semaksimal mungkin. Sekarang juga lebih nyaman dengan adanya aplikasi Halodoc

    ReplyDelete
  11. Wah komplit ya fitur HaloDoc jadi tenang karena bisa konsultasi online dan beli obat kapan saja, sekarang soalnya parno kalau mau ke RS atau periksa ke dokter, mending cek HaloDoc dulu ya

    ReplyDelete
  12. Kalau dirumah masa psbb ini ga perlu hand sanitizer tp sabun cuci tangan aja ya. Jd mngkn skrg harga hand sanitizer (jg masker krn bnyk produksi masker kain) jadi murah. Sukurin tuh yg nimbun

    ReplyDelete
  13. Paling suka nih dengan fitur chat dokter, apalagi di masa pandemi seperti ini kan susah ya buat berkunjung langsung ke tempat praktik dokter. Bantu banget halodoc ini

    ReplyDelete
  14. sejak pandemi ada, seakan menghantamku keras karena setahun belakangan nggak sayang dengan diri sendiri karena selalu menunda olahraga. Saat ini yang bisa dilakukan dari rumah ya minum air putih, memilih makanan, berjemur, dan juga rutin melihat kondisi kesehatan tubuh sendiri :)

    ReplyDelete
  15. Biasanya seminggu tiga kali aku berolahraga lari keliling kompleks atau lapangan. Semenjak bulan puasa jadi libur dulu. Paling banyakin minum air putih saja pas malam dan pas sahur.

    ReplyDelete
  16. Nah aku lagi kurang olahraga nih mba. Padahal udah yakin banget kalau emang perlu olahraga di kondisi seperti ini. Makaish udah ngingetin mba

    ReplyDelete
  17. Halodoc makin keren ya mba, bisa rapid test segala booking dari sini. Kira kira berapaan ya harga nya?

    ReplyDelete
  18. Ini makanan sehat emang penting di masa ini. Halo doc enak ya jadi kita ga bingung mau kemana kalau kira2 ada gejala covid

    ReplyDelete
  19. Bener banget kita harus tetap jaga kesehatan di kondisi saat ini ya mbak tetep stay dirumah dan semoga kita sehat selalu ya mbak

    ReplyDelete
  20. Perilaku hidup sehat dan bersih adalah solusi tepat untuk ngadepin Pandemi covid 19. Semoga permasalahan ini cepat berlalu.
    Untuk konsultasi boleh memanfaatkan daring di halodoc. aman deh dan ngga bikin panik

    ReplyDelete
  21. Sejak pandemi aku udah mengganti suplemen dengan membeli buah. Harganya malah lebih ramah di dompet. Nah kemarin ibuku nanya juga, gimana kalo pengen kontrol ke rumah sakit. Aku jawab mending konsultasi aja di Halodoc. Lebih aman dan nggak bikin panik karena bisa dengan aplikasi. Aku ajari dulu sih kemarin, hihii

    ReplyDelete
  22. Kalau sekarang saya jadi rutin berjemur juga nih, kalau butuh konsultasi ke dokter bisa buka aplikasi halodoc ya

    ReplyDelete
  23. Saatnya untuk dekat dengan keluarga ya kondisi saat ini. Jangan lupa jaga kesehatan keluarga ya mba. Kalau butuh bantuan yang berkaitan dengan informasi kesehatan, bisa gunakan aplikasi halodoc yang oke ini.

    ReplyDelete
  24. Iyah, senang dan terbantukan dengan halodoc ini, info dan layannya juga asik, aku juga suka baca artiklenya, santai tapi berisi

    ReplyDelete
  25. Jangan lupa utk sesekai berjemur. Sekalian pas olahraga sambil berjemur, supaya kita terpapar sinar matahari yg baik :D
    Halodoc ini makin lengkap ya mbak layanannya, samrpai ada rujukan utk tes rapid buat tahu ada penyakit covid atau enggak.

    ReplyDelete
  26. Jadi penasaran sama fasilitas rapid test dari halodoc, apakah prosesnya lebih mudah atau lebih ribet.
    Aku coba pelajari lagi deh fasilitas halodoc ini

    ReplyDelete
  27. Supaya semakin terbiasa dengan buah dan sayur demi nutrisi sehat untuk tubuh, bagus juga mengganti cemilan kripik cs dengan buah dan sayur, tapi tetep lebih enak kripik cs sih.hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga memilih banyak makan sayur dan buah ketimbang suplemen. Soalnya makan yang aslinya menurutku lbh baik utk menjaga kebugaran tubuh. Suplemen hanya pelengkap :D

      Delete
  28. 5 tips simple yang berguna banget ya Teh. Eh, beli obat di Halodoc itu simple. Udah gitu diantar dari apotek terpercaya.

    ReplyDelete
  29. Aku jadi auto-minum air putih pas baca tulisan teteh "Perbanyak Minum Air".
    Karena selama shaum, bukanya minuman manis yang hangat. Sahur juga gitu...
    Jadi beraas air putihnya kapan yaa..??

    Halodoc ini membantu sekali. AKu juga instal di HP ku, teh..
    Baca-baca hal seru yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah semua udah aku terapkan sih mbak kecuali yang olahraga ringam. Hahaha.. gatau males banget aku olahraga

    ReplyDelete
  31. Cuci tangan plus konsumsi sayur dan buah, kunci. yang penting jaga daya tahan tubuh ya sekarang tuh

    ReplyDelete
  32. minggu lalu suami saya ingin ke dokter karena hasil foto thorax nya ada yg kurang jelas. waduh saya auto parno donk. mending langsung tanya di halodoc ya, gak perlu keluar rumah. lebih aman dan memininalkan resiko

    ReplyDelete
  33. Halodoc memang banyak manfaatnya. Memudahkan ketika org hrs di rumah, tapi sakit. Duh...mudah²an engga perlu rapid tes deh...Semoga sehat...

    ReplyDelete
  34. Halodoc benar-benar aplikasi yang memahami masalah kesehatan dengan physical distancing dah. Jadi kalau mau periksa nggak perlu repot lagi ke luar rumah.

    #dirumahaja pun jadilah dengan aplikasi ini ya mbak.

    ReplyDelete
  35. Bener ya bisa ke halodoc dulu kalo mau ke dokter. Secara skrg itu RS tempat yg paling dihindari banget lagi pandemi begini. Makasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  36. Luar biasa yaa. Adanya aplikasi halodoc akan mempermudah semua hanya dari rumah saja. Semoga sehat sehat semuanya yaaa

    ReplyDelete
  37. Bicara soal Halodoc, aku malah dapet masker Sritex di sana lho.. Hihi asyiknya pesan sesaat kemudian langsung dtg. Padahal kami sudah PO di olshop malah belum dtg2, akhirnya dicancel aja krn sdh dpt dr Halodoc.

    ReplyDelete
  38. walaupun di rumah saja, tetap musti olah raga ya biar imunitas tubuh sehat. saya seringnya olah raga angkat air karena pdam suka mati dan kalau mengalami gejala kurang fit, bisa konsul dulu di halodoc

    ReplyDelete
  39. Menjaga kesehatan di masa-masa sekarang ini sudah jadi prioritas banget. Jangan sampai sakit deh pokoknya. Kan ngeri ya kalau sakit dan harus berkunjung ke RS. Bayangan virus bertebaran banyak banget di sana.

    Tapi sekuat apapun menjaga kesehatan, kemarin sempat jatuh sakit juga. Tapi Alhamdulillah ada Halodoc nih, aku bisa konsultasi online aja tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan. Senangnya ...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^