Thursday, 30 July 2020

3 Resep Olahan Daging Kambing Yang Praktis

Selama ini yang olahan daging kambing yang paling sering kita dapatkan yaitu berupa sate, tongseng atau dalam bentuk gulai. Banyak tempat makan yang menyediakan daging yang berasal dari hewan bertanduk tersebut. Jika ingin menikmati olahan daging kambing, kita tinggal meluncur saja ke tempat yang menjualnya. Hampir di setiap sudur kota banyak rumah makan dan penjual kaki lima yang menyediakan olahan daging kambing.

Berhubung sekarang sudah mendekati Hari Raya Ied Adha yang tentunya identik dengan tersedianya daging kurban berupa daging sapi dan daging kambing, tidak ada salahnya jika kita mengolah daging tersebut dengan cara kita sendiri, bukan? Saya sendiri lebih memilih mengolah daging kambing yang mudah dan praktis seperti membuat sate, tongseng dan gulai kambing. 

Daging Kambing Penyebab Hipertensi?


Sebelum membahas cara mengolah daging, bagaimana kalau kita membahas mengenai dampak mengonsumsi daging kambing? Katanya makan banyak daging kambing bisa menyebabkan hipertensi, benarkah? Daging kambing yang dimakan secara berlebihan memang bisa menyebabkan hipertensi. Namun jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan, tentu tidak akan merugikan.

Penyakit hipertensi tidak disebabkan karena mengonsumsi daging kambing saja, tetapi bisa juga disebabkan mengonsumsi daging merah lainnya. Makan daging dalam jumlah yang banyak tanpa diimbangi dengan banyak makan buah dan sayur serta jarang berolahraga disinyalir bisa menimbulkan hipertensi. Intinya penyakit hipertensi ini tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan proses yang lama. 

Daging kambing sebagai daging yang paling banyak dimakan di Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Latin memiliki aroma yang kuat. Namun aroma tersebut juga tergantung dari cara kambing tersebut dibesarkan. Untuk menghilangkan bau khas kambing, kita bisa memisahkan lemak dari dagingnya. Lemak kambing itulah yang menimbulkan bau prengus. Ada juga yang menghilangkan bau khas kambing dengan cara melumuri daging dengan jeruk nipis, atau tidak mencuci daging sebelum memasaknya.

3 Cara Memasak Daging Kambing yang Mudah 

Okey, sepertinya sudah cukup panjang membahas tentang seputar daging kambing. Kini saatnya membahas cara memasak daging kambing yang mudah. Resep pertama yang akan kita bahas yaitu mengolah daging kambing dengan cara dibuat sate.

Sate Kambing Bumbu Kecap
Bagi keluarga saya, olahan daging kambing yang paling sering kami masak yaitu sate kambing. Selain mudah dibuatnya, bahan yang digunakan juga tidak sulit didapat. 

Bahan yang diperlukan:
  • Daging kambing
  • Daun Pepaya
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Merica
  • Asam jawa
  • Ketumbar
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Gula
  • Garam
Cara membuat sate daging kambing :
  1. Potong daging kambing sesuai selera dan bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 30 menit.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, merica dan tambahkan dengan air asam jawa, gula serta garam.
  3. Setelah 30 menit, buka daun pepaya dan sisihkan.
  4. Campurkan daging dengan bumbu halus, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  5. Tusuk daging menggunakan tusuk sate dan bakar hingga matang.
3-resep-olahan-daging-kambing-yang-praktis

Gulai Daging Kambing

Olahan kedua yang sering kami buat yaitu gulai daging kambing. Rasanya bosan jika daging diolah dalam bentuk sate saja. Sesekali kami juga ingin makan panganan yang berkuah seperti gulai. Oleh karena itu, selain dibuat sate, kami juga senang memasak gulai daging kambing.

Bahan yang diperlukan:
  • Daging kambing
  • ¼ butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak 
  • 1 sendok makan serbuk bumbu gulai/kare
  • 5 Bawang merah
  • 3 Bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 batang serai
  • 2 helai daun jeruk purut
  • 2 sendok makan air asam
  • Garam secukupnya
Cara membuat gulai daging kambing:

  1. Haluskan kelapa dan jadikan santan sebanyak kurang lebih satu gelas.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai merah
  3. Geprek lengkuas dan serai
  4. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum
  5. Masukkan daging yang telah dipotong-potong.
  6. Tambahkan serbuk gulai/ kare setelah dicairkan menggunakan ¼ gelas air. Aduk hingga rata.
  7. Tambahkan 2 gelas air, rebus di atas api kecil
  8. Bila daging sudah terasa lunak, masukkan santan. Rebus hingga daging terasa lunak benar.
  9.  Hidangkan. Jangan lupa menaburi dengan bawang goreng
3-resep-olahan-daging-kambing-yang-praktis

Tongseng Daging Kambing

Olahan daging kambing yang selanjutnya menjadi favorit keluarga saya yaitu tongseng kambing. Cara memasaknya pun masih sederhana.

Bahan yang diperlukan:
  • Daging kambing, potong-potong sesuai selera
  • Kol, iris tipis-tipis
  • 1 buah tomat
  • 5 - 10 cabai rawit
  • 5 Bawang merah untuk digoreng dan ditabur
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • Gula merah secukupnya
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok kecil garam atau sesuai kebutuhan
  • Minyak goreng untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • Merica secukupnya
 Cara membuat tongseng daging kambing:
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
  2. Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna
  3. Tambahkan gula merah dan kecap 
  4. Masak menggunakan api kecil hingga daging benar-benar empuk dan kuah mengental
  5. Masukkan irisan kol, potongan tomat, dan irisan cabai rawit. Masak hingga layu
  6. Angkat, sajikan dalam wadah
  7. Beri taburan bawang goreng di atasnya
3-resep-olahan-daging-kambing-yang-praktis

Itulah resep olahan daging kambing yang paling sering kami buat. Selain mudah saat mengolahnya, bahannya pun mudah didapat. Bagaimana dengan teman-teman, hendak mengolah daging kambing dengan resep apa?  Sharing, yuk!
               Salam takzim

28 comments:

  1. waaah Teh Nurul, tepat pisan niiih artikelnya. Lagi nunggu kiriman daging qurban nih. Hehe...Pas banget punya pohon pepaya. Siiip...Siap masak-masak...

    ReplyDelete
  2. Saya malah kurang sabar kalau membuat sate kambing, Mbak. Lebih suka memasak gulai langsung aja. Sebab kalau membuat sate itu harus masuk-masukin kambingnya ke tusuk satenya, dan saya kurang telaten.

    ReplyDelete
  3. Selama ini daging kambing hanya kusate, mau nyoba resep dari teh Nurul dibuat tongseng. Sepertinya gampang bikinnya.

    ReplyDelete
  4. Ntah kenapa ya Teh akutu kalo ama daging kambing agak bermusuhan gitu hiihihi. Gak suka ama baunya kayaknya sih. Paling pol aku makan tuh sate kambing yang harus sampe kering. Kalau enggak kering aku gak doyan sama sekali. Tapi resepnya boljug deh disave kali-kali aku dapet insight tetiba pengen masak embek wkwkw. Nuhun teeh

    ReplyDelete
  5. Wah, kalau ketiga menu tersebut biasanya aku beli dari warung langganan. Kalau dapat dari kurban aku lbh suka bikin sop atau enggak bikin asem2 yang pedas, manis, asem. Cuma skrg jarang dapat daging kambing. Kebanyakan sapi. Kalau itu lgs tak bikin daging lapis.

    ReplyDelete
  6. Intinya jangan semena-mena menyalahkan daging kambingnya ya ... harus tahu cara memasak yang benar dan juga menjaga pola hidup sehat

    ReplyDelete
  7. Suamiku kl sm daging kambing oke-oke aja. Musuhannya sama daging sapi.

    Ini dpt daging kambing, dimasak bumbu komplit aja. Ga tau judul masakannya apa, bawang merah, putih, jahe, kunyit, ketumbar, merica, sereh, laos, daun salam, daun jeruk.

    ReplyDelete
  8. Kalau kambing paling enak memang gulai ya, apalagi kalau yang masak orang yang pandai masak gulai, nyaammm...

    Kalau sate juga enak, asal nggak dicampur kecap sih.
    Saya lebih suka sate dengan bumbu minim plus sambal aja :D

    ReplyDelete
  9. Fav akoo, gulai kambing dan tongseng dan sateee, nasgor kambing teteeh..
    Ah semuanya pokonyaaa, olahan daging kambing kusuka.
    Eh, kalo daging kambing pas qurban aku ga makan, hihi.
    Suka sengaja beli sengaja kalo pas darah rendah, hahaa

    ReplyDelete
  10. Kalau sate kambing, saya kurang suka dikasih bumbu kacang. Sukanya pakai sambal kecap. Tapi, malas juga bikin sendiri. Pengen beli aja hihihi.

    Daging kambing paling sering Saya bikin tongseng atau nasi goreng. Nah, kalau bikin nasgor kambing harus ada rasa rempahnya. Terutama bumbu Kari.

    ReplyDelete
  11. waaa terima kaasih sharing resep resepnyaaa, bermanfaat dan pas sekali yaaa karena lagi idul adha kebanyak orang agak bingung mau mengolah daging hihihi, kalo mamaku kemaren baru bikin opor ayam aja hehehhe

    ReplyDelete
  12. yang gulai kambing itu kelapanya dihaluskan maksudnya ditumbuk atau langsung diperas/blender? makasih ya resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya dihaluskan untuk diambil santannya, Mbak, Bisa diparut atau diblender lebih dulu

      Delete
  13. Saya kurang suka Daging Kambing sih..lebih memilih Sapi sebenarnya. Tapi krn lebih sering dijumpai olahan Daging KAmbing di saat kebersamaan, maka saya belajar utk mencicip juga. Dari ketiga olahan ini, Sate KAmbing yg sdh bisa agak daya nikmati, sementara 2 yg lain belum hehe..

    ReplyDelete
  14. Aku jarang banget makan daging kambing. Pernah nyoba dan biasa aja. Trims resepnya mba.

    ReplyDelete
  15. Aku sukaaaaaa daging kambing!
    Apalagi yg baunya ga prengus heheheh
    Makasii resepnya ya Mak.
    Moga2 bisa praktekiiin

    ReplyDelete
  16. Ya ampun kebetulan banget nih, mbak, aku lagi cari resep bikin tongseng, rencananya mau nyoba bikin besok, makasih yak resepnya.

    ReplyDelete
  17. Efektif ya ini melumuri daging dengan jeruk nipis. Baiknya didiamkan berapa lama ya Mbak?

    Lumayan ini, ada 3 resep dibagikan di sini. Terima kasih, Mbak sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melumuri daging dengan jeruk nipis bisa dilakukan minimal 15 menit sebelum diolah, Mbak. Supaya gak bau

      Delete
  18. Duh aku ngiler lihat tongseng daging kambingnya, tapi aku belum pernah masak daging kambing sendiri nih. Ikutin resepnya ah

    ReplyDelete
  19. Aku ada darah rendah makanya suka banget daging kambing dan gak ada pantangan hehe. Tapi ini malah aku blm makan daging kambing. Masih blm kuapa2in. Biasanya sih standar digulai aja krn gk ada panggangan sate hehehe :D

    ReplyDelete
  20. Seneng banget sama kambiiing...
    Abis makan daging, energiku berasa full. Tapi biasanya dimasak sate siih...
    Cobain tongseng aah...kayanya mantap nih..

    ReplyDelete
  21. Menurut beberapa berita, daging kambing malah kadar kolesterolnya lebih rendah dibanding daging sapi. Jadi lebih aman dikonsumsi dibanding daging sapi. Olahan yang saya sukai tentu saja sate.

    ReplyDelete
  22. Kemarin dapat jatah daging kambing pas ada penyembelihan di mushola depan rumah. Rencana pengin dibikin gule nih mba. Udah beli bumbunya, tapi kok malah suami pengin sate aja.

    ReplyDelete
  23. 3 ini kayaknya paling top banget yaaa kalau diolah.
    Bisa juga dibikin nasi goreng kambing tuh. Biasanya anak2 bakal suka

    ReplyDelete
  24. kalau menjelang idul adha seperti ini banyak resep olahan daging kambing dan sapi yang bisa dicoba yaa amba

    ReplyDelete
  25. Mba Nurul aku butuh banget ini untuk membuat tongseng, eheheh kebetulan sisa daging masih ada. Eh, yang jeroan aku nggak doyan. Kemarin emak mertua kekeh untuk memasak yang akhirnya ya dibuang nggak ada yang doyan.

    ReplyDelete
  26. Daging kambing paling aku suka ya di sate, apalagi kambing muda,empuuuuuk.trus aq juga suka di tengkleng, enak pedes2 gmn gt

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^