Friday, 10 July 2020

Cara Mengatasi Telapak Tangan Kesemutan

Beberapa waktu yang lalu suami saya mengeluhkan telapak tangannya yang kesemutan. Tidak hanya kesemutan ringan seperti biasanya. Tangan kanannya terlihat bengkak dibandingkan dengan tangan kirinya. Dia merasakan pergelangan tangannya seperti diikat oleh karet dan darah yang mengumpul di telapak tangan.

cara mengatasi telapak tangan kesemutan

Telapak Tangan Kesemutan

Saking sakitnya, pak suami sampai gak bisa tidur. Aliran darah di telapak tangannya seperti tersumbat. Tidur dalam keadaan duduk pun masih terasa sakit. Kalau posisi badan berdiri, telapak tangannya kembali normal. Masa iya, tidur dalam keadaan berdiri? Susah, kan? Hiks...


Anehnya kalau siang hari, sakitnya tidak begitu terasa. Digunakan melakukan aktivitas, malah tidak terasa sakit. Lalu saya pun coba cari apa yang menjadi penyebab tangan kesemutan. Menurut situs alodokter, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tangan kesemutan, yaitu:

  • Kerusakan saraf yang terjadi karena adanya tekanan berulang dan iritasi saraf pada tangan. Salah satu cirinya yaitu tangan kesemutan di malam hari, pergelangan tangan sakit dan telapak tangan tidak kuat menggenggam barang. Kondisi seperti ini bisa diakibatkan karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan terus-menerus.
  • Rheumatoid arthritis yaitu gejala kesemutan yang mengganggu di malam hari. Gejala lain yang timbul adalah sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, bentuk sendi tampak cacat serta nyeri atau kaku saat bangun tidur. Rasa nyeri dan kaku tersebut berlangsung lebih dari satu jam.
  • Diabetes, tangan kesemutan juga menjadi salah satu gejala penyakit diabetes. Jika yang rusak adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan, penderita akan merasa kesemutan, nyeri dan mati rasa.
  • Kerusakan saraf. Tangan kesemutan juga bisa disebabkan karena kerusakan saraf. Bisa karena cidera, infeksi atau penggunaan tangan secara berlebihan. Misalnya ketika seseorang mengoperasikan mesin yang bergetar dalam jangka waktu yang lama, maka tangannya akan mengalami kerusakan saraf dan mengakibatkan kesemutan.
Membaca rujukan dari website kesehatan tersebut, saya pun mengajak suami untuk memeriksakan lebih lanjut ke dokter. Soalnya siapa tau, tangan kesemutan itu berasal dari penyakit lain. 

Setelah melakukan pemeriksaan yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan darah (saya khawatir tingkat kolesterolnya naik dan menyebabkan tangan kesemutan), alhamdulillah suami saya baik-baik saja.

Kemudian kami mulai flashback mengenai kegiatan suami selama ini. Ketika diingat-ingat kembali, tangan kesemutan itu suka terasa setelah mengendarai motor seharian. Pak suami memang kadang lebih memilih menggunakan motor dibandingkan mobil, mengingat macetnya Kota Bandung.

Kesemutan Saat Berkendara

Tangan kesemutan saat mengendarai motor dapat merupakan gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem tersebut tidak tersalurkan secara penuh. Hal ini bisa disebabkan karena jalan darah yang terhambat akibat salah satu bagian organ tersebut ditekuk terlalu lama.

Ketika mengendarai motor terlalu lama, jari bagian bawah yang berdekatan dengan telapak tangan biasanya ditekuk dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menimbulkan kesemutan. Kata pak suami tangan terasa seperti tidak ada aliran darahnya. Sampai-sampai dia tidak bisa tidur setiap malam. Menjelang siang, baru bisa tidur.
cara mengatasi telapak tangan kesemutan

Cara Meredakan Kesemutan di Tangan

Menurut dr. Agus Rahmadi, kesemutan yang dialami pak suami sepertinya bukan berasal dari suatu penyakit seperti kolesterol, diabetes atau asam urat). Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Beristirahat setiap 15-30 menit sambil melakukan peregangan pada tangan yang mengalami kesemutan.
  2. Sebelum mengendarai motor sebaiknya melakukan gerakan untuk melemaskan otot dan jari-jari tangan.
  3. Jangan lupa menggunakan sarung tangan saat mengendarai motor. Bisa juga menggunakan pelindung berupa spon atau busa pada setang motor.
  4. Merendam telapak tangan dengan air rebusan serai. Lakukan perendaman ketika air dalam keadaan hangat.
  5. Mencegah otot tegang, sebaiknya melakukan pemijatan pada tangan dan jari-jari tangan sehingga terlepas dari ketegangan otot.
  6. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin neurotropik seperti vitamin B1, B6 dan B12 seperti kurma. Semua vitamin tersebut dapat menjaga kesehatan jaringan saraf.
Alhamdulillah setelah mengonsumsi vitamin B1, B6, B12 dan direndam menggunakan air rebusan serai, suami saya tidak merasakan kesemutan lagi di tangannya. Saya semakin yakin jika kesemutan yang dialami oleh suami saya dikarenakan mengendarai motor terlalu lama. Bukan karena penyakit lain.

Rencananya kalau sakitnya tidak kunjung sembuh, saya ingin mengajak berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Namun karena sudah merasa baikan, rencana tersebut saya urungkan.

Berbekal dari pengalaman sebelumnya, suami saya kini lebih berhati-hati ketika hendak bepergian menggunakan motor. Perlu persiapan yang matang. Selain melakukan peregangan, juga mengenakan pelindung seperti sarung tangan.
Semoga suami saya tetap sehat-sehat selalu ya...aamiin.

Apakah teman-teman ada juga yang pernah merasakan kesemutan di telapak tangan juga? Semoga tidak, ya.

                 Salam takzim

43 comments:

  1. Iya, suami saya kadang2 kesemutan ketika selesai berkendara motor. Tetapi saya kira karena ada keluhan asam urat, Mbak. Rupanya bisa jadi karena masalah aliran darah yang tak lancar ya.

    ReplyDelete
  2. pernah mbak, sampe saya kira saya kena asam urat karena sebelumnya habis makan sayur asem dan tahu tempe hahaha ternyata belum tentu ya :)

    ReplyDelete
  3. Oh iya, beberapa waktu lalu aku pernah dikasih info oleh dokter, narsum acara waktu itu, kalo kesemutan bisa jadi karena ada masalah dengan saraf neuropati Mba. Moga lekas sehat ya suaminya Mba :)

    ReplyDelete
  4. Oh, ternyata kaitannya dgn saraf neuropati ya
    Makasiii info dan tipsnya Mak
    Semoga kita semua sehaaattt

    ReplyDelete
  5. waah iya nih aku juga akhir akhir ini beberapa kali mengalami kesemutan di tangan, kayanya memang wajib dikonsultasikan ke dokter yaa, cuma masih agak serem pergi ke rumah sakit dalam kondisi seperti ini

    ReplyDelete
  6. Wah pakai rebusan serai juga bisa ya... memang pasti ada masalah ya kalau sering kesemutan begitu. Semoga suaminya cepat sembuh ya Mba...

    ReplyDelete
  7. Kesemutan emang tidak enak apalagi alm mama suka kesemutan karena diabetes. Penting jaga kesehatan dan peregangan kalau mau melakukan kegiatan yang lama

    ReplyDelete
  8. Sedih bgt kalau kesemutanny sering dan pas lagi ngerjain sesuatu
    Pernah ngalamin jg Mbaa
    Alhamdulillah sekarang enggak
    Semoga suami mbak segera sembuh y mbaa

    ReplyDelete
  9. Saya kadang-kadang kesemutan di telapak tangan hingga terasa kebas. Sepertinya harus konsultasi ke dokter juga agar segera tertangani ya.. Trmksh sharingnya mba..

    ReplyDelete
  10. Semoga kesemutan di tangan suaminya tidak kambuh lagi mba.
    Setelah membaca ini, jadi ngeh kalau tangan yang ditekuk terlalu lama bisa menjadi penyebab kesemutan. Informasi yg harus dibaca oleh pengguna motor ini.

    ReplyDelete
  11. nah iya, pas lagi nyetir pernah banget mengalamikesemutan sampe keram, gara-gara nerobos hujan di daerah pegunungan.

    ReplyDelete
  12. Aku pun pernah ngalami kesemutan karena naik motor ini, mbak. Dan tips nya udah aku lakukan sebagian, seperti merendam air rebusan sere. Tapi memang yang paling manjur adalah minum vitamin B1 itu. Semoga sekarang udah sembuh yaa

    ReplyDelete
  13. Saya sudah kesemutan di tangan kanan selama 3 bulan setelah melahirkan. Baru tahu bisa direndam serai, saya mau coba. makasih ya mba :)

    ReplyDelete
  14. Teteeh....akupun kalau jemput anak-anak pakai motor suka lelah plus kesemutan gini...
    Apalagi motor matik.
    Jadi aku lebih seneng pake motor manual. Kaki dan tangan kompak sinkronisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku inget punya kurma.
      Dan ternyata bagus sekali untuk memenuhi vitamin yang dibutuhkan tubuh yaa, teh..
      Haturnuhun.

      Delete
  15. Waah iya ya motoran terus juga bisa bikin kesemutan dan parahnya gangguan aliran darah ke telapan tangan. Ini meski jadi peringatan bagi pengendara yang lainnya. Thanks atas sharingnya Mbak. Aku ingetin suami juga.

    ReplyDelete
  16. Kalau saya kesemutan itu ya kalau duduk kelamaan sehingga pembuluh darah mungkin tersumbat karena tekanan yang lama. Btw ternyata motoran juga bisa mengakibatkan gangguan saraf di telapan tangan gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau sepedaan juga suka kesemutan dan memang cara memegang stang juga suka salah ada bagian yang tertekuk sehingga aliran darahnya terhalang.

      Delete
  17. Duh, Mbak, aku ini kalau naik motor baru 10 menit saja jariku juga ada yang kesemutan. Alhamdulillah nggak lama sih. Tapi kok ya aku kudu waspada nih. Sekarang sih jarang naik motor, apa karena itu ya? Kalau dulu kan emang sering naik motor dan memang kesemutan terus. Aku mau coba deh saran rendaman serai dan makan kurmanya.

    ReplyDelete
  18. Mba Nurul terimakasih tipsnya ya, aku sering mengalami nih kadang.
    Dan aku sama suami juga sering berkendara, berarati ada baiknya istirahat dulu ya biar aman.
    Bahaya juga ya kalau kesemutan itu, jadi ngerti sekarang.

    ReplyDelete
  19. Wah, ternyata kurma tuh salah satu buah yang mampu mengatasi dan menjaga kesehatan dari penyakit ini ya. Tangan kesemutan aku pernah alami ketika mengendarai motor, padahal jaraknya dekat loh. Berarti kita mesti beristirahat dulu ya. Yang ngeri ketika nyetir mobil di jalan tol, makin hati2 aja kalau gitu.

    ReplyDelete
  20. Semoga suaminya Mbak Nurul benar-benar pulih seperti sedia kala dan enggak kesemutan lagi. Aamiin
    Saya baru tahu soal rendam tangan dengan air rebusan serai yang masih hangat. Ternyata kesemutan bisa juga disebabkan oleh kebiasaan yang buruk ya seperti kurang persiapan saat akan berkegiatan seperti naik motor dan bukan hanya karena bawaan gejala penyakit dari dalam tubuh

    ReplyDelete
  21. Ouww, sekarang aku jadi paham cara mengatasi telapak tangan yg kesemutan.
    Mau mengonsumsi makanan bergizi ahhh, biar kian sehat!

    ReplyDelete
  22. Saya sering banget nih kesemutan waktu masih sering bawa motor tapi setelah menikah nggak lagi karena selalu dibonceng, hehe. But informasinya bermanfaat banget nih, Mbak. Saya jadi tahu gimana cara yang tepat kalau mengalami kesemutan

    ReplyDelete
  23. Kalau saya lagi kelamaan berada di depan laptop juga suka timbul kesemutan. Vitamin B kompleks memang membantu. Saya lumayan rutin mengkonsumsi vitamin ini

    ReplyDelete
  24. Ternyata tangan kesemutan gak boleh dianggap enteng ya. Membaca point-point yang menyebabkan tangan kesemutan itu, jadi ngeri deh. Untung dikasih tips-tips untuk mengatasi kesemutan juga. Mari lebih peka ya terhadap tubuh kita sendiri, jadi penyakit berbahaya bisa dicegah sejak dini

    ReplyDelete
  25. Wah baru tau saya kalo tangan kesemutan juga menjadi salah satu gejala penyakit diabetes.
    Pantesan Mamiku sering merasa kesemutan dan pikirnya itu asam urat, padahal diabetes.

    ReplyDelete
  26. Syukurlah Mak kalau sudah baikan, semoga ga perlu ke dokter syaraf ya karena relatif mihil. Btw ini bikin aware banget Mak tentang pemansan sebelum berkendara. TErnyata dampaknya bisa ke kesemutan juga yah. Emang pake sarung tangan itu banyak manfaatnya ya Mak. Tapi yang pemanasan dan peregangan tadinya belum ngeh, baca ini jadi tau kalau kedua hal tsb penting utk kesehatan telapak tangan yang mana penting banget perannya dalam aktifitas sehari2, kalau kenapa2 repot juga

    ReplyDelete
  27. Semoga mbak dan keluarga selalu diberi kesehatan ya. Btw aku juga pernah kesemutan kalau lagi naik motor mbak, terutama kaki karena getaran di footstepnya itu padahal cuma berkendara dari Jogja ke Solo . Kayaknya emang asupan bergizi itu kunci banget buat tubuh kita biar ga kena kesemutan ya Mbak.

    ReplyDelete
  28. Wah ternyata penyebabnya bisa dari kelelahan mengendarai motor ya mbak..apalagi terus-terusan kayak suamiku kudu waspada nih..

    ReplyDelete
  29. Saya dulu juga sering kesemutan di tangan dan kaki, sama dokter juga dikasih vitamin B kompleks dan disuruh makan bergizi dan olahraga teratur. Semoga nggak muncul lagi kesemutan suaminya Mbak Nurul.

    ReplyDelete
  30. Kalau telapak tangan kesemutan gitu biasanya sih saya karena ketindis saat tidur. Tapi saya nih, seringnya telapak kaki yang kesemutan :( Kayaknya emang karena jarang olahraga dan makannya ngasal deh.

    ReplyDelete
  31. ini kemarin sudah beberapa kali naik sepeda tanganku semutan tapi sebentar doang sih. Jadilah sambil ngepak2 tangan sebentar gitu mbak, jadi harus lebih waspada nih.

    ReplyDelete
  32. Aku juga sempet ngalamin semutan paraaah pas hamil. Alhamdulillh setelah melahirkan ilang semutannya. Tapi sekarangpun kadang masih suka semutan. Mertuaku yg dokter juga nyaranin minum vit B itu.

    ReplyDelete
  33. Dulu aku sering bareng kesemutan.. tapi sejak menjalani pola hidup sehat sudah ngga lagi.. tapi memang makanan dan gaya hidup ngaruh banget sih.. makanan yang sehat dan rutin olahraga kunci jauh dari penyakit

    ReplyDelete
  34. Wah, i think is Asam Urat. Sometime i often like that. I should suplemen and keep my healthy. Special about nutrition.

    ReplyDelete
  35. Wah.. kesemutan biasnaya dianggap biasa aja ya. Gejala normal. Ternyata harus jadi perhatian banget ya mba karena bisa jadi itu alarm untuk sesuatu yang lebih serius.. hmm

    ReplyDelete
  36. Wah aku nih tangan kanan sering kesemutan. Aku kira memang kesemutan biasa aja. Jadinya gak diapa-apain. Kudu nyoba tips dari teteh ini mah da.

    ReplyDelete
  37. Wah aku sering tu mbak tiba2 kyk kesemutan. Bener aku biasanya regangkan tangan kyk luruskan aja gtu selama beberapa menit trus kemduian merasa aliran darah lancar kembali. Fisik udah mulai lelah jd kyk gk kekontrol ya skrng tiba2 kesemutan hehe

    ReplyDelete
  38. Waduh, saya baru tau nih kalau ternyata kesemutan bisa parah begitu ya... Semoga kondisi tangan suaminya cepat membaik ya

    ReplyDelete
  39. Ternyata indikasi tangan kesemutan tuh macem2 ya Mak. Beberapa kali mengalami kalo pas tangan ketindihan badan atau sepedaan motor kelamaan. Mungkin metode buat nyembuhinnya bisa saya coba dulu biar lebih gampang ngatasinnya.

    ReplyDelete
  40. Wah, ternyata kesemutan bisa jadi indikasi penyakit serius juga ya mb...harus waspada dan periksa ke dokter ya untuk memastikan itu berbahaya atau tidak. Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  41. Aku juga pengendara motor. Dulu telapak tangan sering kesemutan. Tapi sekarang aku coba peregangan saat berhenti di lampu merah. Lumayan membantu, biar ndak tegang otonya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^