Tuesday, 28 July 2020

Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijah

"Tidak ada amal sehari-hari yang lebih utama daripada hari yang 10 ini." Para sahabat bertanya, "Tidak juga jihad di jalan Allah? Tidak kecuali jihadnya seseorang yang berangkat dengan mempertaruhkan jiwa dan hartanya, lalu pulang tanpa bawa apapun." (HR. Bukhari)

Hari ini kita memasuki hari keenam di Bulan Dzulhijah. Mengingatkan saya akan banyaknya keutamaan hari-hari di awal Bulan Dzulhijah tersebut. Jadi teringat dengan bahasan dari Ustadz Djakaria yang mengisi taklim Ar Rosidah tentang hari-hari menjelang hari raya Idul Adha. 

Kala itu, Ustadz Djakaria mengajak ibu-ibu majelis taklim yang hadir untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh di 10 hari awal Bulan Djulhijah. Tentunya beliau mengajak kami bukan tanpa alasan. Ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan di awal bulan tersebut.

Keutamaan 10 hari awal Bulan Dzulhijah yang bisa kita dapatkan adalah:

Di 10 hari awal Dzulhijah merupakan hari-hari yang terbaik, mengingat pada masa itu ada hari Arofah. Dan Hari Arofah adalah hari terbaik. 

Ibnu Hajar ra, berkata: "Sesungguhnya 10 hari awal dzulhijah hanyalah mulia dikarenakan amalan-amalan haji dilakukan pada hari-hari tersebut."

Amal sholeh yang dikerjakan pada 10 hari di awal Dzulhijah lebih baik dan dicintai oleh Allah dibandingkan dari hari-hari lain sepanjang tahun. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa akan dilipatgandakan nya pahala amalan soleh di masa awal Dzulhijah

Amalan di Awal Dzulhijah Bagi yang Tidak Berhaji

Lalu amalan apa yang bisa diakukan untuk meraih pahala sebesar-besarnya jika kita belum bisa melaksanakan ibadah haji:

Puasa sunah Senin-Kamis
Antara rentang waktu tanggal 1-9 Dzulhijah, dianjurkan untuk melakukan puasa Senin Kamis. Sedangkan untuk puasa 9 hari penuh di waktu tersebut tidak ada dalil khusus yang menyebutkan tentang keutamaan puasanya dan juga tidak ada dalil khusus yang menyebutkan bahwa Rasulullah berpuasa di hari tersebut.



Perbanyak dzikir
Amalkan dzikir sebanyak-banyaknya, tidak dibatasi waktu dan tempat. Boleh di mana saja. Ketika di jalan, di dalam kendaraan, di rumah, di mana saja sebaiknya memperbanyak takbir hari raya.

"Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dab tidak ada amal yang lebih dicintai-Nya kecuali hariyang sepuluh itu dan beramal kepadanya. Maka perbanyaklah tahlil, tahmid, takbir pada-Nya." (HR. Ahmad)

Perbanyak amal sholeh
Amalan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi keutamaan 10 hari awal Bulan Dzulhijah seperti sedekah, berzikir, membaca Al Quran, melaksanakan sholat sunah.

Larangan potong rambut, kuku dari awal Bulan Dzulhijah sampai waktu pemotongan hewan kurban.

Puasa Arafah
Pada tanggal 9 Dzulhijah nanti laksanakan ibadah Puasa Arafah. Perbanyak doa di Hari Arafah tersebut karena sebaik-baiknya doa adalah pada Hari Arafah.
Dalam shohih Muslim dan Abu Qatadah, dia berkata, Rasulullah ditanya tentang saum di Hari Arafah, maka beliau bersabda, " Berharap baiklah pada Allah bahwa dia akan menghapus kesalahan pada tahun yang lalu dan tahun yang akan datang." (HR. Muslim)

Perbanyak takbir
Setelah subuh hingga waktu Asar pada hari Tasyrik yang terakhir (10-13 Dzulhijah) perbanyak takbir. Baik setelah sholat  waktu ataupun sholat sunnah.

Bukhari berkata, 'Adalah Ibnu Umar dan Abu Hurairah pergi ke pasar pada hari sepuluh itu, keduanya bertakbir. Maka orang-orang pun bertakbir karena takbir keduanya."
Kurang lebih itulah beberapa materi yang diingatkan oleh Pak Ustaz kepada kami yang hadir di majelis taklim yang diadakan setiap Hari Sabtu pagi.
Semoga kita semua bisa memanfaatkan waktu yang utama ini dengan sebaik-baiknya, dan bisa mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin.

                Salam takzim

19 comments:

  1. Aku kelewat terus info2 sprti ini. nama2 bulan aja ngga tau, kecuali bulan syawal.. karena selain lebaran, ada lagu benyamin kalau ga salah yang "bulan syawal aye dinikahin" hehe. semoga bs melaksanakan amalan2 ini aamiin...

    ReplyDelete
  2. kegiatan yang sederhana dan bisa dilakukan sekeluarga. Jika ada tuntunan seperti ini bisa membuat lebih gampang lagi melakukannya.

    ReplyDelete
  3. Banyak banget keutamaan 10 hari awal di bulan dzulhijah ya teh. Aku baru ngeh gak boleh potong rambut sama kuku. Makasih sharingnya, untung baca ini sebelum aku niatan potong kuku nanti siang :)

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum mba Nurul.. MasyaAllah terimakasiih pengingatnya ya.. bacanya seperti sedang ikut tausiyah. InsyaAllah bermanfaat ❤️

    ReplyDelete
  5. Masyaallah ada banyak keutamaan 10 hari awal bulan Dzulhijah. Nggak kalah utama dengan perayaan idul fitri juga menuju idul adha ini ya.

    ReplyDelete
  6. O iya, hari Jumat ini hari Idul Adha ya.... :) Selamat merayakan Idul Adha ya Mbak Nurul....

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah terima kasih mba Nurul sudah diingatkan diriku.
    Aku masih kurang banget nih, amalan-amalan sunahnya ehehhe
    Semoga bisa belajar lebih baik lagi aamiin.

    ReplyDelete
  8. masyaAllah Makasi banget pengingatnya Mbak, bulan yang penuh berkah juga ini, mari sama2 perbanyak ibadah karena pahalanya masyaAllah ya mba...selamt menyambut Idul Adha ya Mbak..

    ReplyDelete
  9. MashaAllah.. banyak banget ya keutamaan 19 hari dibulan dzulhijjah ini.. semoga kita bisa memaksimalkan hari hari tersisa untuk memperbanyak amal ibadah.. bismillah

    ReplyDelete
  10. Aku kemarin agak kelupaan, jadi puasanya mulai Senin. Alhamdulillah jalan 3 hari ini sekalian buat bayar hutang, hehehe

    ReplyDelete
  11. Terima kasih kak sudah diingetin,
    Info hya lebih lengkap lagi..

    ReplyDelete
  12. Bahkan banyak amalan yang bisa kita lakukan selama kita tidak berhaji ya Mba, masyaallah.

    ReplyDelete
  13. Wah ttg ini diluar pengetahuanku. Tp selamat menyambut hari raya Idul Adha ya mba. Btw aku salut sama temen2 yg rajin puasa senin kemis atau saat lebaran. Hebat. Butuh kemauan, tekad dan kesungguhan.

    ReplyDelete
  14. Masha allah indah sekali keutamaanya ya kak, terima kasih sudah diingatkan, semoga tak terbuang waktu sia2 dan berusaha utk bisa lebih beribadah

    ReplyDelete
  15. wuah makasih ya sharingnya mbak
    jadi pengingat juga untuk memanfaatkan momen dzulhijjah dengan baik

    ReplyDelete
  16. Banyak banget keutamaan amalan di 10 hari awal Dzulhijjah ya... Duh, aku ketinggalan nih. Merasa gini2 aja ibadahnya.
    Btw untung blm potong kuku, aku lupa ada larangan tsb.

    ReplyDelete
  17. Ah gak kerasa besok lebaran daN ini moment penting ya. Alhamdulillah awal dzulhijjah terlewati sudah, semoga amalan kita semua di terima

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah,
    Semoga dengan memperbanyak amalan di Bulan Dzulhijjah, kita bisa menjadi hamba yang lebih baik.
    Barakallahu fiik, teteh.

    ReplyDelete
  19. Subhanallah, pahala kita berlipat ya kalau menjalani ibadah selama 10 hari di awal Dzulhijjah :) saya jadi mendapatkan pencerahan dan pengingat untuk meningkatkan kualitas ibadah, terimakasih ya Mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^