Fungsi Blog Sebagai Sarana Pemasaran

Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, tak pelak menjadi potensi besar bagi para pelaku bisnis. Menggunakan internet, pebisnis dapat menjangkau target pasarnya secara lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Nah, dari beberapa macam metode pemasaran lewat internet, salah satu sarana yang banyak digunakan dan sudah terbukti ampuh yaitu dengan pemasaran bisnis lewat blog.

Fungsi blog sebagai sarana pemasaran bisnis online

Lantas bagaimana cara memasarkan produk melalui blog? Bagaimana mendapatkan omset yang fantastis dari blog?

Supaya produk yang kita jual laris di pasaran, tidak hanya perlu tempat usaha yang berlokasi di wilayah strategis. Lebih dari itu,  bisnis kita juga harus mudah ditemukan di internet. Ketika bisnis mudah ditemukan, akan semakin banyak orang yang bisa jadi pembeli produk kita.

Begitu juga dengan blog sebagai sarana pemasaran bisnis online, juga harus eksis di mata google. Tujuannya agar pembeli bisa lebih mudah menemukan produk yang mereka cari.

Fungsi Blog Sebagai Sarana Pemasaran

Sebuah website atau blog dapat kita gunakan untuk kegiatan marketing. Dan kegiatan pemasaran yang bisa kita lakukan melalui blog di antaranya:

Mengedukasi pasar

Blog dapat digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi pasar. Misalnya saja, ketika kita ingin menjual produk investasi keuangan seperti reksadana, kita bisa melakukan edukasi tentang pentingnya investasi keuangan. Di blog kita bisa menuliskan tulisan edukatif seperti pengenalan investasi, pentingnya investasi, cara memulai investasi dan lain sebagainya. Dalam kegiatan edukasi tersebut kita bisa menyelipkan promosi mengenai produk yang akan kita pasarkan.

Membangun brand awarness

Kita juga bisa memanfaatkan blog sebagai tempat mengenalkan brand kita kepada publik. Buatlah konten yang bisa mengenalkan brand kita. Tidak hanya mengenalkan brand perusahaan, di blog kita juga bisa mengenalkan brand personal. 

Melakukan penjualan

Fungsi blog tidak hanya dapat digunakan untuk mengedukasi pasar, tetapi bisa juga digunakan untuk menawarkan produk. Kita bisa membuat halaman penawaran di blog, sehingga apabila ada yang ingin membeli produk kita, mereka dapat mengakses halaman penawaran tersebut.

Kelebihan lainnya melakukan pemasaran melalui blog yaitu pemasaran dapat kita lakukan dengan biaya yang terjangkau. Bahkan dengan blog gratisan pun kita dapat menjangkau publik di seluruh dunia.

Untuk membuat blog, ada dua cara utama yang bisa digunakan. Ada dua cara membuat blog yang mudah digunakan, yaitu:

  • Membuat blog dengan menggunakan aplikasi/software blog. Ketika menggunakan cara ini, kita harus menginstal aplikasi/software blog kita di server/hosting. Setelah software tersebut diinstal, barulah kita bisa membuat blog. Salah satu software blog yang paling banyak digunakan adalah wordpress dari www.wordpress .org.
  • Membuat blog menggunakan layanan blog di internet. Cara yang kedua ini terbilang cukup praktis. Tanpa repot-repot menginstal kita bisa langsung membuat blog. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mendaftar dan menggunakan layanan blog gratis di internet. Ada dua layanan blog yang bisa digunakan yaitu wordpress (bisa diakses di www.wordpress .com) dan blogspot (bisa diakses di www.blogspot. com)

Supaya blog yang kita buat bisa lebih mudah ditemukan di internet, diperlukam support yang mumpuni. Saat ini Niagahoster memiliki layanan untuk mendukung support sebuah blog/website. Keunggulan support yang bisa didapat ketika memanfaatkan penyedia layanan hosting di sana, yaitu fitur keamanan berupa Imunify360, fitur kecepatan yang LiteSpeed & WordPress Accelerator serta Data Center Tier 4 yang mumpuni.

Pemasaran Artikel Marketing

Apapun tujuan pemasaran kita, apa saja produk yang kita jual, memasarkan produk tidak terlepas dari konten dalam blog. Sebuah konten berkualitas sangat penting dalam memasarkan produk. Oleh karena itu konten yang bisa menjual harus menjadi prioritas yang utama.
 
Fungsi blog sebagai sarana pemasaran bisnis online


Dalam internet marketing, ada metode pemasaran yang populer dan digunakan oleh banyak pelaku bisnis. Metode tersebut dinamakan artikel marketing. Yang dimaksud artikel marketing sendiri yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan lewat media tulisan. Ketika sebuah artikel marketing dibuat, semestinya di dalamnya berisi penawaran atau promosi tentang produk.

Bisa digarisbawahi bahwa ketika menggunakan blog sebagai sarana pemasaran maka dipastikan tidak akan lepas dari urusan artikel marketing. Berikut ini sejumlah keunggulan pemasaran melalui artikel:

1. Gratis. Yup, gratis!
Menggunakan artikel sebagai sarana pemasaran tidak diperlukan modal uang sama sekali. Kita bisa menulis artikel pemasaran kita sendiri, lalu memublikasikan artikel tersebut di blog. Penggunaan artikel marketing merupakan metode pemasaran yang cocok untuk pelaku bisnis pemula, UMKM, atau untuk mereka yang ingin menghemat anggaran pemasaran.

2. Dapat meningkatkan kepercayaan dari target pasar. 
Ketika kita menjalankan pemasaran melalui artikel, sudah pasti kita akan membuat artikel yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca. Target pasar akan menyukai kita saat mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Dan ketika mereka menyukai kita, mereka akan lebih yakin dan percaya untuk membeli produk yang kita tawarkan.

3. Meningkatkan popularitas nama/brand bisnis kita. 
Semakin banyak artikel pemasaran yang kita buat, maka nama atau brand kita akan semakin populer. Loh, bisa, ya? Tentu saja. Setiap kita menulis artikel, pastikan nama atau brand kita ada dalam tulisan tersebut. Semakin banyak artikel yang ditulis maka semakin banyak halaman di internet yang memuat nama atau brand kita. Dengan begitu  kita akan semakin eksis di internet.
 
Kesimpulannya, memanfaatkan fungsi blog sebagai sarana pemasaran bisnis online tidak terpisahkan dari konten yang baik. Dan kekuatan konten atau artikel marketing yang baik itu ada pada pengulangan. Agar produk kita selalu diingat oleh masyarakat, maka nama brand harus diulang terus menerus. 

Lihatlah produk yang kita beli untuk sehari-hari, belum tentu itu semua merupakan produk yang terbaik. Lalu mengapa produk-produk tersebut kita beli? Tidak lain karena kita ingat terhadap semua brand tersebut. Brand yang sering disebut cenderung lebih mudah diingat.

Nah, demikian pula saat kita hendak memasarkan sebuah produk lewat artikel marketing. Agar manfaatnya bisa dirasakan ampuh, kegiatan memasarkan produk menggunakan artikel harus dilakukan secara terus menerus, berkelanjutan dan sering.
 
 Salam takzim


Post a Comment

55 Comments

  1. Mba aku bookmark loh artikelnya karena masih ada aja tuh beberapa orang yg berpikir bahwa dengan produk placement di blog sseorang ud pasti meningkatkan selling mrka (hard selling) padahal gabs gitu juga

    ReplyDelete
  2. Saya setuju banget dengan urain diatas. Manfaat blog itu banyak sekali. Gratis pula.
    saya termasuk yang paling gencar sekali mengajak orang untuk ngeblog.
    Biar banyak blog yang artikel nya itu positif.
    Dulu yang nguasai blog adalah artikel esek esek artikel berbau dewasa.

    ReplyDelete
  3. Benerrr nih Mba.
    Yang jelas postingan d blog lebih everlasting ya. Mudah ditemukan d Google.
    Kalo socmed kan efeknya sesaat doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak, postingan di blog itu awet bisa dibuka kapan-kapan dan mudah terdeteksi Google hanya dengan keyword yang related.

      Delete
  4. padahal memasarkan produk lewat blog itu ga menjamin angka penjualan ya mbak, hanya membuat org lebih aware dengan brand tersebut tapi banyak yang salah persepsi :(

    ReplyDelete
  5. Tulisan di blog untuk cara promosi memperkenalkan produk. Dari yang tidak tahu setidaknya jadi tahu. Kadang kalau teman minta di-endors baik itu di blog atau IG aku selalu bilangin ini dulu. Kalau mau laku banyak mending gak usah. Beban. Kecuali memang niat memperkenalkan produk ke banyak orang, nanti jika butuh mereka jadi tau nih mau beli kemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi beneeer, karena para bloger (khususnya) bukan marleting tapi lebih ke memperkenalkan ada produk itu ya. Ttg terjual atau gak ya itu kerjaan marketingnya.

      Delete
  6. Kl kata pakar seo, punya bisnis itu sebaiknya punya blog/situs sendiri selain yg numpang di marketplace. Soalnya kl yg ditumpangi itu kolaps, bisa habis bisnis kita.

    Kl punya situs sendiri lbh aman sbb selalu ada selama kita pertahankan.

    ReplyDelete
  7. Kekuatan konten memang penting dan keberlanjutannya juga biar diingat terus ya. Maka sebagai blogger, kita juga perlu mengasah kemampuan menulis aga mampu mengangkat nama brand yang ditulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adanya blog ataupun website dengan hosting yang mumpun seperti Niagahoster ini, bisnis lebih terpercaya. Karena kantor di dunia maya itu kan di website/blognya.

      Delete
  8. Sarana pemasaran online banyak diincar sekarang ya termasuk menjadikan blog sebagai sarana itu. Harus belajar banyak untuk menerapkan startegi pemasarannya ya salah satunya membuat konten berkualitas

    ReplyDelete
  9. Saya bisa digunakan sebagai saksi untuk judul tulisan ini. Ketika dulu orang belum ngeh benar apa itu palm sugar, gula aren bubuk, arenga palm sugar atau gula semut, saya banyak menulis tentang produk nira aren ini. Tujuannya untuk mengedukasi pasar. Sepertinya saya berhasil. Walau perusahaan tetap saja masih umkm, tapi sekarang siapa sih yang gak kenal gula aren sebagai pemanis lebih sehat dari gula putih?

    ReplyDelete
  10. Sekarang tuh ya, apa-apa orang browsing, kalau kita rajin nulis produk sendiri di blog, bakalan bisa lebih terkenal, apalagi kalau ditulis oleh banyak blog, lebih terpercaya lagi :D

    ReplyDelete
  11. Setuju, Kak. Kontent yang unik dan menarik akan membuat pengunjung betah membaca apa yang kita informasikan. Kalau sampai bisa menarik perhatian mereka bukan tidak mungkin produk yang kita tulis jadi banyak peminatnya.

    Betul tak Kak? Hehehe

    ReplyDelete
  12. Aku msh pe-er nih naikin PV. Belum pinter riset² KW. Nulis ya nulis doang. Reminder banget nih lebih ngebranding diri...

    ReplyDelete
  13. Wah ide baguus. Aku belum kepikiran bikin blog buat usaha karena pikirku belom perlu. Tapi setelah baca ini jadi kepikiran. Kekuatan konten, noted!!!

    ReplyDelete
  14. bener banget, blog memang bisa jadi sarana pemasaran, sewaktu saya jualan kuliner, sempat ada pembeli yang tahu produk saya lewat blog khusus mengulas tentang makanan.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget sih, tugas kita emang memperkenalkan produk yah dan meningkatkan awareness, bukan mau jualan, karena kalo jualan mah tugasnya sales hehehe.

    Harus mengasah kemampuan menulis kita terus menerus supaya bisa soft selling yaaah

    ReplyDelete
  16. Kalau menurutku blog itu seperti info detail produk. Kalau mau belinya ya di webstore. Sebagai konsumen saya jujur pilih cari referensi dari blog daripada webstore yang udah pasti ulasannya positif.

    ReplyDelete
  17. Enaknya punya blog, bru kurasakan bbrp thn ini. Maklum awalnya taunya cmn sekedar diary online. Eh skg ud bs ngasilin duit. Syukut almhdllah

    ReplyDelete
  18. lagi kondisi kaya gini banyak banget yang jualan online emang yaa, harus pinter pinter share ke berbagai media dan pinter2 bikin kontennya juga hihi

    ReplyDelete
  19. Dukungan untuk memasarkan produk emang penting banget mba jika gunakan online ini. Makasih infonya mba. Detail :)

    ReplyDelete
  20. Blog memang banyak manfaatnya yah mba, sehingga menarik brand untuk menggunakan blog sebagai bagian dari marketing

    ReplyDelete
  21. Zaman aku jualan online dulu aku punya web khusus yang juga ada fitur blognya :D
    Isinya artikel2 yg berkaitan sama jualanku, sesekali ku selipin iklan hehe

    ReplyDelete
  22. Salah satu impian saya adalah membangun sebuah website yang memperkenalkan sebuah produk sendiri dan memasarkannya sendiri juga. Semoga suatu saat nanti bisa kesampaian.

    ReplyDelete
  23. Ini yang aku suka dari blog..
    Dan gak jarang, kalau cari review juga bukanya blog siih...buat dapat pengalaman pribadi seseorang atas sesuatu.

    ReplyDelete
  24. Konten yang baik akan selalu dicari orang yaaa mba dan kita harus perhatikan banyak hal untuk pastikan kualitas blog kita terjaga

    ReplyDelete
  25. Kalau berbisnis menggunakan web atau blog memang lebih menguntungkan. Pembeli jadi lebih percaya

    ReplyDelete
  26. Setuju mba pemasaran di blog lebih tahan lama, tapi semua itu bergantung dari kekuatan kontennya ya semakin lengkap konten yang ditulis akan semakin baik juga di mata google

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah yaa mbak, siapa sangka dari tulisan-tulisan di blog ini bisa jadi sarana pemasaran. Senang banget kalau dengar cerita teman-teman UMKM yang merasa terbantu setelah produknya ditulis di blog :)

    Saya beberapa kali punya usaha, malah kelupaan memanfaatkan blog sendiri sebagai sarana pemasaran. Hahahah

    ReplyDelete
  28. Saya sering lupa pada fungsi blog yang satu ini. Saya tidak pernah mengulas produk saya atau produk suami. Hohoho. Sampai kaget tadi. Rasanya langsung dapat aha! moment
    Gracias... maturnuwun

    ReplyDelete
  29. Selama ini ga kepikiran loh mbak .. memasarkan produk aku sendiri melalui blog yang aku miliki sendiri juga!

    Padahal dengan aku menuliskan artikel yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca, aku akan mendapatkan banyak target pasar ya.. Kemana ajaaaa aku ini!

    ReplyDelete
  30. Yup setuju banget lewat blog bisa membangun brand awarness..pelanggan lebih percaya pada brand yang punya banyak ulasan di mesin pencari

    ReplyDelete
  31. sebenarnya semua sosial media itu bisa berpengaruh terhadap penjualan atau bisnis tetapi semua tergantung dengan produknya

    ReplyDelete
  32. Benar adanya jika memasarkan produk tidak terlepas dari konten dalam blog. Kualitas konten sangat penting dalam pemasaran produk. Maka konten yang bisa menjual mesti jadi prioritas utama kita saat menjadikan blog sebagai sarana pemasaran

    ReplyDelete
  33. Ah banyak ya mbak peluang yang bisa kita manfaatkan dari blog...
    Kuncinya tetap di konten ya mbak

    ReplyDelete
  34. Banyak banget manfaat ngeblog ya teh. Sayapun akhir-akhir ini merasakan manfaatnya walau tak punya produk yang dipasarkan, tapi setidaknya bisa membantu saudara-saudara kita yang butuh produknya dibantu untuk dipasarkan. Dan betul kata Mugniar, kemampuan menulis sangat diperlukan. Wah, saya harus lebih banyak lagi berlatih nih

    ReplyDelete
  35. Aku sedang melakukannya nih mbak, bikin blog baru khusus kelas menulis onlineku, disitu berbagi info jadwal belajar, tips nulis dan lainnya..

    ReplyDelete
  36. I believe Blog can contribute a lot to marketing and digital economy. We need to learn more about its potential and possibilities to get the benefit of it

    ReplyDelete
  37. Setuju nih, blog bisa menjadi sarana pemasaran. Blog juga banyak dicari dan sekarang makin banyak penggunanya

    ReplyDelete
  38. Kalau sebuah brand punya blog atau website sendiri, kesannya memang keren dan terlihat profesional.

    ReplyDelete
  39. Aku jadi inget blog jualanku mba, udah beberapa saat mati suri nih. Ya gara-gara yang punya udah ga produktif jualan lagi. :) Memang penting loh blog itu untuk ngebranding, baik personal maupun bisnis.

    ReplyDelete
  40. Setuju banget bahwa meski melalui blog tapi kontennya kudu bagus. Dan blog lebih mudah terindeks google. Sehingga brand lebih mudah dikenal asal tulisannya baik :)

    ReplyDelete
  41. Ngaku bloger dan sering memasarkan produk orang lain di blog, saya malah belum bikin LP buat produk saya sendiri, hehe. Soalnya butuh ide dan rencana banget, biar gak asal-asalan. Next pengin jualan produk sendiri di blog. Biar dobel sumber penghasilannya. Amiin.

    ReplyDelete
  42. Bisnis melalui blog itu memang menguntungkan banget, kita bisa bebas bahas segala apa yang kita jual di blog untuk menarik minat pembeli yang lebih banyak. Sediakan segala review produk kita, keunggulannya dan sebagainya sehingga orang makin penasaran tuk membelinya juga ya :(

    ReplyDelete
  43. Bisnis melalui blog itu memang menguntungkan banget, kita bisa bebas bahas segala apa yang kita jual di blog untuk menarik minat pembeli yang lebih banyak. Sediakan segala review produk kita, keunggulannya dan semua yang berhubungan dengan produk sehingga orang makin penasaran tuk membelinya juga ya :)

    ReplyDelete
  44. Sepakat.

    Manfaat dari blog itu ada banyak sskali. Tinggal pemilik blognya saja yang menyesuaikan, mau fokus ke manfaat yang mana.

    Apalagi ilmu ngeblog itu ada banyak sekali.

    ReplyDelete
  45. Nah ini yg perlu diperhatikan ya. Selama ini kita jarang mengoptimalkan blog untuk menunjang keperluan bisnis kita. Padahal, banyak banget manfaat blog yg bisa kita peroleh ya

    ReplyDelete
  46. Setuju banget sama ulasannya Mbak, soalnya jaman sekarang kalau ada yang jualan online ga ada blognya kok rasanya kurang percaya gitu. Bagaimanapun blog tetep menjadi rujukan, tetep jadi pondasi yang kuat buat brand awarness ya.

    ReplyDelete
  47. Bener banget nih fitur keamanan sebuah blog itu penting banget. Makanya harus pilih penyedia hosting yang tepat ya.

    ReplyDelete
  48. Jujur sih, aku sudah ngerasain sendiri untuk produk/jasa yang saya tawarkan lewat blog pribadi apalagi artikelnya dapat relate dengan mesin pencarian di google. Alhamdulillah, selain nampah viewers kita juga membantu pencari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Semangat ngeblog ya kita hehe :D

    ReplyDelete
  49. Blog sungguh punya banyak manfaat yang luar biasa ya kak, saya sendiri memanfaatkan blog sebagai pemasaran diri alias personal branding hehehe.

    ReplyDelete
  50. Setuju banget, blog bisa menjadi sarana marketing hampir semua bisnis ya. Alhamdulillah semenjak menjadi blogger banyak dapat ilmu bagaimana menjadi marketing tanpa terlihat sebagai sales :)

    ReplyDelete
  51. Saya sudah sejak lama menggunakan blog untuk membangung Brand Awarness, dan hasilnya itu alhamdulillah sudah mulai tampak. Sekarang orang-orang sudah mulai mengenal brand personal dari KakaKiky, hihihihi. Semoga bisa memperluas lebih jauh lagi jangkauannya.

    ReplyDelete
  52. Kalau dulu, mungkin blog cuma sebagai sarana menulis ajanya mbak. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang blog idah dipakai sebagai apa saja. Termasuk media pemasaran ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^