Cara Membuat Konten Berkualitas yang Disukai Pembaca

Konten bagi sebuah blog ibarat jiwa. Apapun tujuan kita membuat blog, sangat penting membuat konten berkualitas yang disukai pembaca blog. Konten menarik tidak hanya membuat sebuah blog jadi lebih baik, tetapi juga meningkatkan peringkat blog yang bisa memiliki dampak positif.

cara-membuat-konten-berkualitas-yang-disukai-pembaca

Mengingat begitu pentingnya konten berkualitas bagi sebuah blog, membuat saya berkeinginan untuk lebih memperdalam ilmu tentang membuat konten yang bagus dan bermanfaat bagi pembaca. Beberapa waktu yang lalu Komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) mengadakan webinar mengangkat tema "Menulis Konten Berkualitas" yang diisi oleh Mbak Widyanti Yuliandari.

Konten Seperti Apa yang Ingin Dibangun?

Di awal webinar, pemateri mengingatkan pada peserta webinar untuk bertanya pada diri sendiri mengenai konten seperti apa yang ingin kita bangun?

Bagi pemateri sendiri, konten yang ingin dibangun yaitu konten yang bermanfaat, benar dan jujur, unik, tidak menghakimi, enak dibaca dan bisa menghibur.

Menentukan Tema

Beberapa blogger sangat menjunjung tinggi akan pentingnya SEO. Mereka berpendapat jika artikel menggunakan kaidah SEO akan disukai oleh Google dan bisa meningkatkan traffik pengunjung blog. 

SEO penting, but it is not about click. Penting riset keyword, tapi hal tersebut bukan segalanya.

Buatlah konten yang bisa membantu permasalahan yang ada di sekitar kita. Peka pada problem yang ada dan berikan solusi. 

Selain itu buatlah konten yang orisinil. Menjiplak konten orang lain bisa mendapatkan hukuman dari google. Blog kita akan dianggap spam. Jika sudah dihukum oleh google, blog kita akan kembali ke titik awal.

Tentukan Tujuan Penulisan

Sebelum membuat sebuah konten, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tujuan kita untuk menulis. Setiap hal yang ingin dilakukan pastinya memiliki sebuah tujuan. Begitu juga dengan menulis. Penting sekali menentukan tujuan sebelum menulis. Berdasarkan tujuan tersebut kita bisa menetapkan bentuk, panjang, sifat dan cara penyajian tulisan.

Semakin jelas tujuan dibuatnya sebuah tulisan tentunya bisa melahirkan tulisan yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan menetapkan tujuan penulisan akan membantu penulis memperoleh gambaran tentang persoalan yang akan ditulisnya dan membangkitkan gairah dan semangat menulis dalam merangkai setiap kata sehingga menjadi tulisan yang jelas dan terarah.

Bahan Penulisan

Buatlah konten dengan isi yang dapat dipertanggungjawabkan. Cari sumber dari berbagai referensi yang terpercaya dan berkompeten. Untuk membuat artikel menjadi lebih bagus, bahan tulisan sebaiknya dikombinasikan dari berbagai sumber sehingga bisa membuat tulisan menjadi semakin 'kaya" dan berimbang.

Menjadi nilai lebih jika konten yang kita buat merupakan pengalaman pribadi yang teruji, cukup waktu pembuktian atau liputan. Hal utama yang membedakan blogger dengan penulis di media lainnya yaitu adanya sentuhan pribadi dari penulis. Biasanya isi tulisan di blog lebih banyak berdasarkan pengalaman pribadi dari penulisnya.

Strategi Penggunaan Referensi

Konten yang berkualitas adalah tulisan yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.  Oleh karena itu penggunaan referensi yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan. Baca dengan seksama dan pastikan benar-benar dapat dipahami.

Tuliskan kembali poin penting dengan cara menggunakan bahasa sendiri agar tidak terlihat sebagai plagiat. Kumpulkan informasi yang ada, kelompokan berdasarkan kerangka tulisan.

Menentukan Judul

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat judul. Buatlah judul yang mengandung keyword. Buat judul yang menarik, sesuai dengan isinya dan jangan sampai ada typo. Judul haruslah dibedakan dengan tema. Usahakan judul artikel yang kita buat relevan dengan isi tulisan dan bersifat provokatif yang bertujuan mengajak pembaca mengikuti apa yang dituliskan.

Judul yang baik setidaknya mengandung ungkapan yang memberikan manfaat bagi pembaca, membangkitkan dan melibatkan pembaca.

Opening dan Closing

Dalam menyusun sebuah konten yang baik, perhatikan hal penting dalam membuat opening dan closing. Buatlah konten Dengan opening dan closing dengan cara tidak bertele-tele, memiliki keselarasan dengan judul, isi dan closing. Usahakan opening dan closing dibuat dengan menarik dan berkesan.

Itulah beberapa cara untuk membuat konten berkualitas yang disukai oleh pembaca. Lalu apa saja yang menjadi ciri yang mudah dilihat dari sebuah konten yang berkualitas?

Ciri Konten Berkualitas

Berikut ini merupakan ciri konten yang berkualitas. Apabila konten yang kita tulis sudah memiliki ciri seperti yang akan diuraikan di bawah ini, berarti sudah melakukan permulaan yang baik.

1. Mudah Ditemukan

Konten yang berkualitas itu adalah tulisan yang mudah ditemukan. Setidaknya ada dua cara membuat sebuah konten mudah ditemukan yaitu:

  • Berasal dari situs kita. Apabila pembaca sudah berada di dalam blog kita, pembaca harus bisa mendapatkan konten yang mereka cari, konten terbaik dan terbaru yang ada di dalam blog.
  • Dari luar dari blog kita. Artinya pembaca menemukan sebuah artikel dari mesin pencari. Orang yang tidak tahu diri kita dan blog kita, harus bisa menemukan konten melalui pencarian google. Dan cara terbaik untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan.

2. Konten Mudah Dibaca

Konten yang mudah dibaca memiliki desain yang bagus, tulisan yang terkait dan nyaman untuk mata. Kriteria tulisan yang nyaman ketika dibaca yaitu ukuran tulisannya pas dan warna teks hitam dengan latar belakang putih.

3. Isi Konten Selalu Diingat

Konten yang bagus bukanlah yang mudah dilupakan. Seharusnya konten itu selalu diingat dan membuat pembaca untuk datang kembali untuk membaca ulang serta merekomendasikan tulisan tersebut pada orang lain. 

cara-membuat-konten-berkualitas-yang-disukai-pembaca

Bisa diambil kesimpulan bahwa membuat konten berkualitas itu memang perlu usaha yang tidak sedikit. Namun akan lebih mudah jika menulis sesuai dengan pasion dan pengetahuan yang kita miliki. Menariknya lagi, sebuah konten itu bisa tidak lekang oleh waktu. Apapun yang kita tulis, masih bisa dibaca beberapa tahun mendatang. Oleh karenanya, tulislah sesuatu yang baik dan bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

                Salam takzim



Post a Comment

41 Comments

  1. Materi ini sangat cocok sekali bagi blogger pemula yang memiliki ketertarikan membuat blog namun belum begitu menguasai seluk beluknya. Dalam blog tidak sekedar menulis, tapi juga perlu diperhatikan bagaimana cara agar tulisan tersubut berkualitas dan memberi manfaat.

    ReplyDelete
  2. wah makasih ya tipsnya.. harus jadi noted nih, agar terus latihan untuk bisa membuat konten yang berkualitas. makin banyak berlatih kan jadi makin terbiasa, semangat~~

    ReplyDelete
  3. Iya, Mbak. Aku setuju sama poin menentukan tujuan penulisan. Dari jelasnya tujuan/target, maka eksekusi biasanya lebih mudah. Aku kalau pas ga fokus, akhirnya tulisan kabur ga jelas sehingga malah sulit dibaca alih-alih kasih manfaat, hehe. Makasih ya tulisannya nampol!

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih kak, ini akan aku simpan, maklum new bie masih butuh info bagaimana agar coretannya di lirik dan di baca apalagi di kenang

    ReplyDelete
  5. Saya masih belajar ini mbak, bagaimana caranya menulis opening dan closing yang menarik. Supaya pembaca betah membaca artikel sampai tuntas dan tulisan kita berkesan di kalimat-kalimat terakhir.

    ReplyDelete
  6. Aku kadang nulis itu lama di paragarap pembuka, bingung mau nulis apa dulu buat menyambukan dengan isi. Harus belajar lebih banyak lagi buat opening & clsing yang menarik nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem nih dengan Mbak Lidya, saya juga masih suka lama di openingnya sebelum mulai menulis, lama mikir biar enak dibaca dan orang jadi penasaran dan betah baca ampe tuntas itu harus gimana ya? Emang masih harus banyak belajar sih biar konten blognya menarik dan bisa tarik pengunjung yang banyak pula.

      Delete
  7. SEO SEO SEO 😁

    Materi susah tapi juga bisa dibilang gampang. Selalu update dan harus terus dipelajari.

    Blogger atau pekerja dunia pasti tahu bab tersulit mejeng di page one google itu apa 🤭

    ReplyDelete
  8. Setuju banget, kita perlu membuat konten berkualitas di blog yg kita tulis. Kalo kontennya sudah bagus, pengunjung mau balik lagi di kemudian hari

    ReplyDelete
  9. Isi konten selalu diingat! Ini masih pe-er bangetku yang nulis-nulis di blog. Supaya engga asal nulis ya teh Nurul. Tujuan kita nulis apa...

    ReplyDelete
  10. Bener banget, Mbak. Apa yang disampaikan.

    Dan saya masih belum bisa menemukan bagaimana cara menulis yang bagus, khususnya di bagian opening dan closing. Susah sekali mencari kata yang tepat untuk pembukaan. Sukanya itu-itu mulu.

    ReplyDelete
  11. Tujuan menulis. Bagiku itu penting banget. Yang lain bisalah mengikuti. Tujuan page one dan tujuan curhat nglepas unek-unek pasti akan menghasilkan tulisan yang berbeda, karena tujuannya aja udah beda.

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya mba, aku masih suka bingung kalau bikin opening sama closing jujur aja. Terutama opening, suka bertele-tele akutu. Aku dulu enggak ikut webinar yang episode ini, jadi dapet ilmunya di sini hehe

    ReplyDelete
  13. Perlu banget sekarang membuat konten berkualitas agar dapat bersaing di halaman pencarian dan juga dicintai oleh pembacanya ya kak. Apalagi persaingan semakin ketat

    ReplyDelete
  14. Makasih kak tipsnya, penting buat aku yg kadang mengalami blockwrite, bingung mau bikin konten apa

    ReplyDelete
  15. Bahas konten berkualitas ini tak akan ada habisnya ya, tapi memang diperlukan sih di masa sekarang, mengingat perkembangan pengetahuan pun sangat pesat saat ini karena teknologi internet yang juga terus mengalami perubahan. Terima kasih tipsnya untuk membuat konten berkualitas ini ya, dan jangan lupa terapkan SEO juga biar kontennya banyak yang baca juga ya, Mbak

    ReplyDelete
  16. Yap, Content is a King ya Mbaaa
    Sepakat dgn semua yg disampaikan mb Widyanti, karena beliau emang selalu konsisten memroduksi konten2 yg cihuy dan sarat faedah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh kupingku gedeeeee Mbakkkk.

      Terimakasih Teh, udah mengikatnya di sini. Mudah2an bermanfaat buat pembaca

      Delete
  17. Iyess konten is the king dan memang harus cari cara bagaimana agar mendapatkan konten yang menarik dan disukai pembaca.. memang tidak mudah tapi harus dipelajari sehingga kita bisa mendapatkan konten yang menarik ya mbak

    ReplyDelete
  18. Hihihi aku juga sependapat mbak, menulis sesuai passion yaa. Soalnya kalau gak sesuai passion bikin tulisannya angot2an, mikirnya lamaaaa :D
    Bener nih kontennya kudu mudah ditemukan, supaya nulisnya gak sia2, belajar seo lha dikit2 :D

    ReplyDelete
  19. Makasih banyak tips nya mbak.
    Suka bingung juga di bagian opening dan closing, bahkan mencari judul saja suka bingung hahaha. Harus banyak belajar nih agar menghasilkan tulisan yang berkualitas. Kalau sekarang, aku lebih banyak share resep masakan di blog :)

    ReplyDelete
  20. konten seo berkualitas tapi yang soooo me sekarang kalau saya mak. secara biar sekalian wkwkw kalau dikit-dikit kan ribet. semoga kita semua selalu semangat ngeblognya

    ReplyDelete
  21. Harus memang ya membuat konten dengan isi yang dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai menulis dengan asal karena merasa berhak menulis apa saja.

    ReplyDelete
  22. Sampai saat ini, membuat judul masih jadi hal tersulit daripada membuat kontennya kalau untuk saya. Karena saya pun berpendapat, judul bisa menentukan apakah saya tertarik atau tidak membaca artikel tersebut

    ReplyDelete
  23. kalau lagi ga mood itu sulitnya minta digampar buat nulis opening and closing aja mba huhuhu apalah dayaku ini wkk

    ReplyDelete
  24. awal mula terjun di kantor digital agency aku belajar banget tentang cara membuat konten, konsepnya gimana, trus juga cara nulis konten yang baik.. seru banget loh ternyata

    ReplyDelete
  25. Terus belajar dan harus belajar lagi nih saya. Agar apa yang saya sampaikan benar-benar bisa dipahami oleh pembaca dan kualitas yang bagus. Terima kasih udah sharing, Mbak. Poin-poin di atas memang benar.

    Saya itu kadang suka maju mundur dalam mulai menulis. Lebih susah di bagian openingnya mencari kalimat yang tepat.

    ReplyDelete
  26. Konten yang berkualitas emang penting, terutama saat menentukan target pembaca yang akan dituju. Aku biasanya yang agak lama bikin judul. Kadang udah jadi bisa aja ganti judul. Makasih sharing nya ya mbak

    ReplyDelete
  27. benar mbak, konten berkualitas itu yg utama....makasih tipsnya

    ReplyDelete
  28. masih belajar banget nih buat konten yang bagus. Kalo suka nulis sih dari dulu, tapi ya gitu deh asal nulis aja heheh.. baru bbrapa bulan terakhir mencoba fokus utk belajar nulis.

    ReplyDelete
  29. Iya setuju Mbak, jangan sekadar membuat konten di blog tapi buatlah konten yang bermanfaat bagi pembaca ya...

    ReplyDelete
  30. Yup, menulis artikel di blog itu jangan asal nulis ya, harus yang berkualitas... Tapi kadang masih banyak yang terlewat nih...

    ReplyDelete
  31. Beberapa kali menulis justru untuk tema-tema yang gak aku kuasai, sering stuck...teh.
    Gak bisa memulai dengan smooth...huhuu..

    ReplyDelete
  32. Yup.. benar mba, poin2nya ngena semua, dan yang lain itu perlu latihan dan terus menulis.. Sebab dari menulislah kita menemukan rohnya. belajar dan berkembang dari pengalaman.

    Saya juga sangat setuju bagian selalu ingin tahu dan terus membaca. Sekali seorang penulis menganggap sudah sangat tahu suatu hal, dia yang paling tahu dan pembaca tidak tahu apa-apa, saat itu berarti ia selesai menjadi penulis. hihi, ini menurut saya aja sih mba.. Thanks ya for sharingnya mba

    ReplyDelete
  33. Gatau kenapa mbak kalau aku nulis cerita komedi diblog pasti yang baca banyak banget. Mungkin memang kelebihanku di situ. Tapi nulisnya emang effort nggak segampang kalau nulis review haha.

    ReplyDelete
  34. iya mbak, konten itu penting yaa, konten is the king. Kadang kita lupa dalam menulis blog juga harus paham kebermanfaatannya kalau mau dapat feedback dair pembaca yaa. makasih tips tipsnya membantu banget.

    ReplyDelete
  35. Bagus banget ini tipsnya tentunya jadi bisa diadaptasi saat menulis content deh, sukses selalu ya mbk, aku mau cobain deh

    ReplyDelete
  36. It's a tricky endeavor, to create content that readers will always remember. but it can continue to be tried

    ReplyDelete
  37. Aku berusaha untuk terus konsisten nih untuk menulis dan mengisi blog. Sekarang lagi males banget nih buat nulis hahaha

    ReplyDelete
  38. betul. saya iseng2 nulis di blog, cerita soal gimana bersalin seru dulu, banyak yg baca. padahal saya gak niat pakai keyword, tapi ternyata banyak yg butuh info soal ini. emang baiknya kita membuat sesuatu sekalian bagus ya.. kan hasilnya tak disangka2

    ReplyDelete
  39. Wah terimakasih tipsnya, aangat membantu sekali

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^