7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa

Memiliki rambut yang indah, halus, dan berkilau merupakan dambaan bagi setiap wanita. Apapun dilakukan untuk mendapatkan rambut indah, sehat serta mengusahakan agar rambut tidak mengembang seperti singa. Bahkan ada yang menginginkan memiliki rambut indah tidak hanya untuk dirinya sendiri, seperti seorang ibu yang menginginkan putrinya mempunyai rambut sehat dan cantik juga. Begitu pula dengan ibu saya, beliau sangat peduli dengan keindahan mahkota di kepalanya. Dulu semasa gadis, beliau memiliki rambut hitam, berkilau, dan tebal yang panjangnya hingga sebatas betis.

Kemana pun ibu pergi, selalu mendapat perhatian dari orang-orang yang melihat rambut panjang beliau. Dengan gaya dikepang, rambut ibu terjuntai hingga betisnya. Namun sejak beliau hamil dan kemudian melahirkan saya sebagai anak pertamanya, mahkota yang selalu jadi kebanggaan ibu dan bapak, terpaksa dipangkas hingga sebatas bahu. Bagi ibu, cukup repot merawat rambutnya sedangkan ada bayi mungil yang juga butuh perhatian beliau.

cara-mudah-mengatasi-rambut-mengembang-seperti-singa

Ketelatenan ibu mengurus rambut ternyata dilanjutkan pada kedua putrinya. Rambut saya dan adik mendapatkan perhatian khusus. Setiap mau keramas, saya dan adik selalu diberi minyak untuk menyuburkan rambut. Sebagai anak kecil, kala itu saya agak merasa terganggu dengan kebiasaan ibu tersebut. Soalnya bau minyaknya ada aroma seperti jamu. Yaa ... tapi tetap saja pasrah setiap rambut saya diolesi minyak, hehehe.

Diberi perawatan secara rutin menggunakan minyak cem-ceman membuat rambut kedua putri ibu, tumbuh dengan subur, hitam dan tebal. Hanya yang membuat saya sedikit tergangggu ketika sudah menjelang dewasa, rambut tebal saya itu kalau dibiarkan terurai akan terlihat mengembang seperti singa. Rambut jadi sulit diatur dan agak merepotkan ketika mau ditata. Meskipun terlihat sehat, tetapi karena bentuknya bergelombang membuat rambut terlihat mengembang.

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut mengembang disebabkan oleh banyak hal. Kalau saya memiliki rambut mengembang karena helai rambut yang tebal dan bentuknya bergelombang, tetapi sebagian besar orang memiliki masalah rambut mengembang disebabkan oleh kondisi kulit kepala.

Secara alamiah kulit kepala kita sebagai tempat folikel rambut atau lubang tempat tumbuhnya rambut, memproduksi minyak yang  berfungsi melembapkan kulit kepala dan rambut. Kondisi rambut yang lembap, sehat akan lebih mudah diatur, tergerai indah dan tidak terlalu mengembang. Sedangkan kulit kepala yang kering dapat menyebabkan rambut mengembang seperti singa.

cara-mudah-mengatasi-rambut-mengembang-seperti-singa

Pada kondisi tertentu, produksi minyak alami atau sebum di kulit kepala dapat berkurang. Penyebabnya pun berbeda-beda, seperti :

  • Mencuci rambut terlalu sering, misalnya 4 kali dalam seminggu. Sebaiknya keramas cukup 3 kali seminggu untuk jenis kulit normal dan kering. Saat keramas, shampoo akan mengangkat lapisan minyak di kulit kepala. Oleh karenanya bila dilakukan sesering mungkin akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Mencuci rambut juga disarankan setelah melakukan aktivitas yang membuat produksi keringat berlebihan seperti olahraga atau melakukan kegiatan di luar ruangan yang berdebu dan kotor.
  • Paparan sinar matahari, udara kering atau angin berlebihan juga dapat membuat permukaan kulit kepala dan rambut menjadi kering.
  • Menggunakan produk yang menyebabkan iritasi seperti pelurus rambut dan cat rambut, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer atau alat pelurus rambut yang menghasilkan udara panas, juga bisa membuat rambut terlihat mengembang.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Setelah mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan rambut mengembang, kini kita lihat cara mudah mengatasi rambut mengembang dan sulit diatur, seperti berikut ini:

1. Mencuci rambut secara teratur

Ketika mencuci rambut, shampoo yang kita gunakan akan membilas sebum alami yang ada di kulit kepala sehingga rambut akan terasa kering. Meskipun beggitu, kita harus tetap keramas secara teratur sebagai rangkaian perawatan rambut. Apalagi jika aktivitas kita padat dan membuat produksi keringat berlebih, sebaiknya melakukan keramas secara teratur.

Perlu juga diperhatikan saat mencuci rambut, gunakan air dingin karena menggunakan air hangat bisa menyebabkan minyak alami di rambut terangkat dan membuat rambut terlihat kering, kasar serta mengembang. Secara praktisnya, selalu gunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut kita. Untuk mengatasi rambut mengembang menyerupai singa, salah satunya dengan cara menggunakan perawatan rambut yang mengandung keratin tinggi.

Jangan anggap remeh penggunaan conditioner. Produk perawatan yang satu ini dirancang untuk melembapkan rambut yang diperlukan untuk mengatasi rambut mengembang dan sulit diatur. Gunakan secara rutin tetapi tetap berhati-hati dalam penggunaannya. Hindari memakai conditioner pada kulit kepala dan akar rambut agar rambut tidak terlihat lepek.

2. Pakai vitamin rambut untuk extra boost

Rambut yang lembap biasanya mudah menyerap vitamin, oleh karenanya manfaatkan sebaik-baiknya. Setelah keramas, ketika rambut dalam keadaan 3/4 kering, oleskan vitamin pada rambut. Vitamin rambut mengandung minyak alami yang dapat menutrisi sekaligus melembapkan rambut secara menyeluruh.

3. Biarkan rambut mengering secara alami

Hindari mengeringkan rambut yang sedang basah-basahnya menggunakan hair dryer karena dapat membuat rambut semakin mengembang. Sebaiknya setelah diolesi vitamin atau serum, rambut diangin-anginkan agar kering secara natural. Agar lebih aman, keringkan rambut kira-kira ¾ bagian dengan menggunakan handuk. Nah setelah rambut sudah kering, baru bisa menggunakan hair dryer untuk merapikan dan menjadikan rambut kering sempurna. Sehingga rambut tidak terlalu lama terpapar panas dan terasa lebih ringan.

4. Sisir rambut sebelum keramas

Rambut mengembang juga biasanya terjadi karena gesekan yang terjadi saat keramas. Rambut kadang jadi kusut setelah keramas. Untuk mengurangi resiko rambut rapuh dan mengembang setelah keramas, sebaiknya rambur disisir dulu sebelum keramas. Uraikan rambut yang kusut dengan sisir untuk mempermudah proses keramas. 

Setelah keramas, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut. Hal ini bisa membuat rambut kusut menjadi mudah terurai. Hindari memaksakan ketika mengurai rambut atau menyentakkannya menggunakan sisir karena bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. Apabila masih terasa kusut, sebaiknya bantu sisir dengan menggunakan jari untuk mengurai rambut.

5. Gunakan deep-conditioning sekali dalam seminggu

Untuk mengatasi rambut mengembang yang lainnya yaitu dengan melakukan deep-conditioning. Perawatan yang satu ini berbeda dengan memggunakan kondisioner biasa. Deep-conditioning memakai kondisioner yang lebih kuat dari biasanya. Menggunakan kondisioner biasanya hanya ditujukan untuk merawat permukaan rambut, dan dioleskan pada bagian tengah dan ujung rambut saja. Sedangkan deep-conditioning dilakukan dengan tujuan merawat rambut secara keseluruhan, tidak hanya permukaannya saja, tetapi hingga ke bagian terdalamnya.

Berbeda dengan menggunakan kondisioner biasa yang disarankan dilakukan secara rutin, deep-conditioning hanya diperlukan seminggu sekali saja. Meskipun begitu, pastikan untuk melakukan tahapan proses deep-conditioning dengan benar untuk hasil yang maksimal. Oh, iya, pastikan juga untuk membiarkan kondisioner meresap terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum dibilas.
Jika kondisioner disarankan didiamkan selama 1-3 menit, deep-conditioning  perlu dibiarkan selama 10-30 menit.

cara-mudah-mengatasi-rambut-mengembang-seperti-singa

6. Melindungi rambut menjelang tidur

Rambut pun perlu dilindungi saat tidur agar tidak mengembang seperti singa. Langkah perlindungannya cukup mudah, gunakan sarung bantal berbahan silk. Namun jika tidak ada sarung bantal dengan bahan silk, disarankan untuk menggunakan protective styling sebelum tidur. Atur rambut dengan gaya rambut cempol atau lilit dengan scraf untuk menghindari rambut mengalami gesekan sekaligus mempertahankan kelembapannya ketika tidur.

7. Hindari produk perawatan dengan kandungan alkohol yang tinggi

Salah satu bahan dasar dalam produk perawatan rambut adalah alkohol. Sebenarnya alkohol memiliki manfaat yang baik yaitu bisa menjaga produk lebih awet dan membuat produk lebih cepat menyerap. Namun bagi yang memiliki masalah rambut mengembang, kandungan alkohol yang terlalu banyak dalam produk bisa memperburuk kondisi rambut. Jadi sebaiknya diperiksa terlebih dahulu bahan yang terkandung dalam produk perawatan rambut, sebaiknya hindari yang konsentrasi alkoholnya cukup tinggi.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi rambut mengembang seperti singa. Yang terpenting yaitu selalu menjaga rambut tetap lembap. Dan jangan lupa untuk selalu bijak menggunakan hot styling tools untuk menghindari kerusakan rambut jangka panjang.

Lalu bagaimana dengan teman-teman, adakah yang juga memiliki rambut mengembang seperti singa dan sulit diatur? Bagaimana cara mengatasinya? Sharing, yuuk!

            Salam takzim


Post a comment

16 Comments

  1. Lah...aku pengen rambutnya mengembang lho. Soalnya rambutku tipis dan lepek. Tapi kalau kayak singa, kayaknya engga mau juga ya. Kasar gitu kalik yaah. Trims sharingnya Teh...

    ReplyDelete
  2. rambut ngembang ini saya banget, kalo bangun tidur jadi mekar.. Tapi ada untungnya juga sih krn klo rontok atau rambut menipis masih bisa tertolong dari penampakannya. Makasih mba NUrul tips-nya

    ReplyDelete
  3. Rambut saya juga ikal dan cenderung mengembang hihihi, jadinya kalau diurai kelihatan banget. Bisa di coba nih tipsnya mbak biar rambut lebih rapi.

    ReplyDelete
  4. Ini dia kesalahan saya. Mengeringkan rambut pakai hair dryer karena pengin cepat keringnya. Padahal dah merusak rambut bikin mengembang kayak singa pula. Padahal mestinya diangin-anginkan saja ya

    ReplyDelete
  5. Kalau aku masalahnya cenderung rontok nih rambutnya. Jadi tipiiiss banget, hiks. Kemarin sempat pakai hairtoner yang alkohol. Berarti nggak bagus ya untuk rambut malahan

    ReplyDelete
  6. Aku banget Teteeh, rambutku helaiannya tebal dan lebat pulaa, plus ngembang ikaal.
    Iya bener pake Condi solusinya jadi agak lepek dan dihijab pun bikin lepek hihiii

    ReplyDelete
  7. Tipe rambutku plin plan nih, kalo abis keramas biasanya ngembang. Kalo belum keramas biasanya lepek gitu. Kadang susah diatur juga. Ah, jadi tahu solusinya sekarang :)

    ReplyDelete
  8. Saya rambutnya juga mengembang seperti singa Teh, hehehe. Pakai conditioner ngebantu banget biar tetap halus dan gak terlalu mengembang

    ReplyDelete

  9. I often dry my hair in front of a fan, it's not natural right? because you can often wash your hair in the afternoon and do not want to sleep with wet hair

    ReplyDelete
  10. waah tipsnya bisa ku coba...
    aku klo bangun tidur, rambutku kyk singa mbak, haha

    ReplyDelete
  11. Wah terima kasih, bisa dipraktekkan nih untuk rambut singaku hehe...aku jarang pakai kondisioner ey...

    ReplyDelete
  12. Rambut saya malah tipis banget, Mbak. Lemes dan lurus lagi. Untung rambut anak-anakku tebal seperti ayahnya. Baru tahu nggak boleh keramas tiap hari, ini yang bikin rambutku kering kali ya.

    ReplyDelete
  13. Wah, permasalahan rambut tu beragam ya..kalau saya malah pengen rambut lebih mengembang. Karena pakai jilbab jadi sering terasa lepek. Cuma mengembangnya juga nggak kayak singa juga pengennya.. Hihi..

    ReplyDelete
  14. Ya ampun..tengkyu tipsnya mbak. Rambut saya tuh tebal banget. Orang-orang sih bilang bagus. Tapi sayanya gak nyaman. Selain gerah, rasanya juga berat, udah gitu kalau pas kering..mengembang banget..meski gak kayak singa juga sih wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Rambutku tipe ikal, jadi memang punya kecenderungan bakal mengembang seperti singa kalau dibiarkan begitu saja tanpa disisir. Selama ini setiap habis keramas, dalam kondisi setengah kering kuberi hair vitamin agar lembut ntar pas jelang kering rambutnya. Lumayan, rambut jadi halus dan mudah diatur.

    ReplyDelete
  16. Aku tuh..yg ngembang kaya singa hahaaha..bawaannya diiket terus...
    Emang buat nguranginnya bisa pake condioner tanpa bilas...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^