Manfaat Makanan Kaya Serat

Di setiap jaringan tubuh kita membutuhkan makanan bergizi yang mengandung unsur-unsur mineral organis untuk melengkapi kebutuhan lemak, protein, vitamin dan karbohidrat. Fungsi makanan bukan hanya sebagai sumber tenaga tetapi juga menguatkan tubuh, mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah rusak. Makanan kaya serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kita kekurangan serat dikhawatirkan bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.

Apa sih Serat Itu?

Secara sederhananya, serat dapat diartikan sebagai karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti unsur makanan lainnya seperti lemak, protein, atau karbohidrat biasa yang dapat dipecah dalam tubuh, serat tidak mengalami pemecahan tersebut. 

Serat yang masuk ke dalam tubuh kita hanya akan melalui organ pencernaan kemudian dikeluarkan kembali melalui anus. Secara garis besar, serat terbagi dalam dua jenis yaitu jenis serat yang larut dalam air dan serat yang tak larut dalam air.

Jenis serat yang larut dalam air akan membentuk gel yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sedangkan serat yang tidak larut dalam air bisa menarik air ke dalam feses dan membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah melewati saluran pencernaan.

Makanan yang kaya serat biasanya sudah mengandung kedua jenis serat tersebut. Jadi kita tidak perlu bingung dengan jenis makanan apa saja yang kandungan seratnya larut dalam air ataupun yang tidak larut.


Manfaat Serat untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa serat merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang ada di dalam makanan. Berikut ini manfaat serat bagi tubuh yakni;

1. Melancarkan pergerakan usus

Makanan yang mengandung serat dapat membantu meningkatkan ukuran dan berat feses serta melunakkan teksturnya. Ukuran feses yang besar dapat lebih mudah melewati organ pencernaan dan mengurangi resiko sembelit atau konstipasi.

2. Memelihara kesehatan usus

Manfaat serat lainnya bagi tubuh yaitu membantu menjaga usus untuk tetap sehat. Dengan rajin mengonsumsi makanan kaya serat resiko terkena penyakit divertikular (terbentuknya kantong-kantong kecil di usus besar)  dan ambeien akan berkurang. Beberapa penelitian juga menemukan manfaat serat yang dapat menurunkan resiko kanker pada usus besar atau kanker kolorektal.

3. Menurunkan kolesterol

Serat yang terkandung dalam makanan dan larut dalam air bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga resiko penyakit jantung pun bisa dikurangi. Makanan kaya serat bermanfaat memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa jenis serat tertentu juga dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi makanan berserat dapat mengurangi nafsu makan dan memberikan sensasi kenyang, berfungsi menyerap air di usus serta memperlambat penyerapan nutrisi.

Oh ya, manfaat serat untuk menurunkan berat badan ini tergantung pada jenis seratnya, loh! Beberapa jenis serat tidak memiliki efek untuk menurunkan bobot badan. 

5. Mengendalikan gula darah

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes sangat memerlukan serat, terutama serat yang larut dalam air. Serat berfungsi memperlambat penyerapan gula, serta membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Selain itu mengonsumsi serat yang tidak larut dalam air juga dipercaya dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2

6. Membantu mencegah kematian

Berbagai kajian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan serat yang tinggi bisa membantu menurunkan resiko kematian seperti terkena penyakit jantung dan segala jenis kanker.

Jenis Makanan Kaya Serat

Mengetahui banyaknya manfaat makanan kaya serat bagi tubuh dan demi terhindar dari penyakit akibat kurang serat maka kita harus memenuhi kebutuhan hariannya.  Mengonsumsi makanan-makanan yang berserta tinggi.

Makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi dan mudah didapatkan diantaranya:

1. Brokoli

Brokoli sebanyak 100 gram mengandung 0,9 gram serat yang dapat memenuhi serat harian kita. Selain itu brokoli merupakan salah satu makanan rendah kolesterol yang baik untuk tubuh.

2. Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat juga bisa menambah aspan serat ke dalam tubuh. Selain sebagai sumber lemak baik alpukat juga memiliki serat sekitar 6,7 gram pada 100 gram alpukat.

3. Jagung

Jagung juga termasuk makanan kaya serat. Dalam satu buah jagung mengandung 2 gram serat. 

4. Apel

Makan aple beserta kulitnya dapat membantu kita mencukupi asupan serat harian. Dalam satu buah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat.

5. Pir

Makanan berserat lainnya yang bisa kita konsumsi yaitu buah pir . Kelezatan buah pir bisa kita nikmati setiap hari untuk memenuhi asupan serat. Dalam 100 gram buah pir terkandung 3,1 gram serat yang baik untuk tubuh.

6. Anggur

Buah anggur juga kaya akan serat. Setiap 100 gram buah anggur mengandung 0,9 gram serat pangan. Selain dapat melancarkan pencernaan, anggur juga dapat mencegah jantung koroner, mengatasi insomnia, mengatasi hipertensi, melancarkan pencernaan dan mencegah diabetes.

7. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang tanah dan kacang hitam juga merupakan sumber serat. Selain kaya serat kacang tanah juga mengandung protein dan zat besi. Kacang hitam juga dipercaya mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan bisa membantu menurunkan berat badan sehingga cocok untuk mereka yang sedang melakukan program diet.

Nah itulah beberapa makanan berserat yang bisa dipilih untuk menjadi konsumsi harian kita. Rajin mengonsumsi makanan berserat dapat menghindari dari berbagai macam penyakit dan membantu menjaga pencernaan kita tetap sehat.

Keep healty

Salam takzim

Post a comment

9 Comments

  1. Makanan berserat ini sangat penting ya untuk tubuh, makanya saya mengenalkannya pada anak-anak sejak dini agar mereka tahu manfaatnya. Jadi saat dewasa nanti anak-anak secara sadar mau mengonsumsi makanan berserat, hehe...

    ReplyDelete
  2. Halo teh Nurul, ternyata makanan berserat banyak manfaatnya ya salah satunya yang aku garis bawahi adalah bisa nurunin berat badan, HEHE :p
    Kebetulan resolusiku 2021 pengen lebih banyak makan sayur dan buah, ngurangi nasi nih teh (asal nggak sering masak sambelan aja) :). Intinya ingin hidup lebih sehat sih. Anakku juga aku kenalin aneka buah dan sayur hijau :)

    ReplyDelete
  3. Aku suka tuh menu pakai kacang merah. Bisa divariasi macam-macam deh. Malah kadang kacang merah rebus ditambul aja, digado...hehe...

    ReplyDelete
  4. salam sehat juga mbak Nurul Fitri. Sedang dan terus berusaha menyeimbangkan pola makan anak-anak nih, terutama memasukkan makanan berserat dalam menu mereka. Makasih infonya tentang jenis-jenis makanan yang kaya serat.

    ReplyDelete
  5. Membantu menurunkan berat badan. Berarti bisa jadi menu makanan diet juga dong. Wah, auto berencana diet.

    ReplyDelete
  6. Serat ini PR banget buat konsumsi harian. Apalagi kalau sudah berumur begini, metabolisme tubuh melambat. Butuh asupan serat dalam jumlah besar dan rutin. Kadang masih lupa aja, keenakan makan nasi sama ikan asin sayurnya lupa. Hadeh.

    ReplyDelete
  7. Aku masih PR ni teh nyuruh anak sulung ku makan sayur dan buah. Dulu pas dia masih kecil aku kurang terdidik soal makanan anak-anak. Apalagi kan ditinggal kerja seharian jadi si mbaknya banyakan nurutin maunya dia apa. Skrg udah gede jadi susah makan sayur buah. Padahal udab nggak kurang-kurang nasihatinnya. Hiks.. PR emak banget nih

    ReplyDelete
  8. Tak hanya membantu menghindari berbagai penyakit serat juga bagus untuk pencernaan kita..maka memang penting adanya di asupan keseharian. Diantara list di atas sudah rutin saya konsumsi, kecuali kacang-kacangan enggak bisa terlalu banyak..saya sudah punya sakit asam urat soalnya hiks

    ReplyDelete
  9. pas banget aku paling suka apel :D selain enak, juga banyak khasiat ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^