Teknologi OPPO A54 Untuk Yang Muda

Sebagai pengguna smartphone OPPO dalam waktu beberapa tahun terakhir, saya senang sekali ketika mengetahui OPPO memperkenalkan wajah baru di lini seri A pada awal tahun 2021 ini. Yup, selama hampir 8 tahun saya sudah merasa nyaman dengan lini seri A dari OPPO. Sudah terbayang dengan adanya fitur terbaru yang dihadirkan oleh OPPO akan membuat penggunanya bisa bertambah nyaman, deh!

teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Pembaruan baik dari segi desain maupun teknologi yang merupakan perwujudan dari umpan balik konsumen muda tanah air. Wajar saja lini seri ini banyak digemari karena fitur dan harga yang ditawarkan memang sesuai dengan konsumen di Indonesia.

Untuk pertama kalinya OPPO A54 hadir dengan desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable. Hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A yang juga menawarkan keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas. Keunggulan teknologi yang dimaksud seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4.

“Sebuah perangkat dengan berbagai pembaharuan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, selaku PR Manager OPPO Indonesia.

Desain Stylish OPPO A54 yang Kokoh

Pembaruan desain yang dilakukan pada perangkat lini seri A melalui A54 ini bertujuan menyasar pengguna muda. Mereka yang berjiwa muda pastinya akan merasa senang dengan desain modern yang ditampilkan oleh OPPO A54. Apalagi keberadaan 3 kamera utama beserta lampu kilat yang ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut atas sangat sesuai bagi mereka yang ingin selalu mengabadikan momen bahagianya.

Smartphone yang satu ini juga tampil lebih stylish, loh! Bayangkan saja, sentuhan kecil pada bagian yang menjadi pemisah antara kamera dan lampu kilat dapat membuat perangkat ini tambah ciamik. Apalagi warna bagian tersebut berbeda dengan warna perangkat.

Bagaimana dengan materialnya?

Demi kita-kita penggunanya, OPPO menyajikan perangkat lini seri A dengan material terbaik! Rangka tengahnya setebal 0,2 mm yang dipadu dengan bingkai alumunium bisa memberikan kesan bahwa perangkat ini solid dan kokoh. Selain itu OPPO juga mengoptimalkan struktur perangkat dengan menambahkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan. Bingkai perangkat tersebut dibuat dengan teknologi electroplating dengan 3 lapisan penyemprotan yang menghasilkan gradasi bingkai yang halus dengan tampilan modern.

Layar dengan Teknologi Tinggi

Pada perangkat A54, OPPO memberikan layar perangkat yang biasa digunakan pada perangkat kelas menengah atas. Dilengkapi oleh layar bertipe single punch-hole 6.51 insi menjadikan perangkat ini berbeda dengan kompetitor lain yang juga menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara. Teknologi tinggi di layar OPPO A54 ini serupa dengan layar pada perangkat Reno5 F.

Untuk mencegah ketegangan pada mata, layar A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang dapat mengurangi cahaya biru pada layar. Kita bisa mengaktifkan atau mengaturnya dengan periode terjadwal secara manual. Di bawah sinar matahari yang terik kita juga bisa menggunakan perangkat A54 dengan nyaman. Karena ada Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik pada layar smartphone pada saat berada di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar pun akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Selain itu layar perangkat A54 juga dilengkapi dengan Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau di suasana malah hari, sehingga cahaya layar smartphone menjadi lembut dan tidak menyilaukan mata. Terdapat juga fitur Al Smart Backlight yang dapat mempelajari kebiasaan kita sebagai penggunanya ketika menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pemakai. Setelahnya fitur tersebut bisa menyesuaikan kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari oleh pemakai secara otomatis.

Kamera Berkualitas Untuk yang Muda

Sebagian besar pengguna smartphone yang muda selalu mempertimbangkan kualitas kamera ketika memilih perangkat ponsel. Karena dengan kamera yang mumpuni mereka akan bisa lebih bebas berekspresi, bukan?

Nah, untuk memenuhi tuntutan pengguna muda lini seri A di Indonesia, pada OPPO A54 telah dilengkapi dengan Triple Main Camera. Kameranya terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan 2MP kamera bokeh. Dengan fasilitas tersebut, pengguna muda Indonesia bisa lebih mudah mengekspresikan semua kegiatan mereka di media sosial, deh!

Fitur Dazzle Color dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan dan menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna ketika diaktifkan. Selain itu OPPO A54 juga dilengkapi fitur cerdas lainnya seperti Al Scene Recognitoin sebagai pendukung pengenalan otomatis ketika dipakai, terdapat 23 suasana yang bisa dikenali oleh perangkat ini.

Teknologi pendukung lainnya yaitu Ultra Night Mode yang bisa dijadikan solusi ketika hendak mengambil gambar pada malam hari. Fitur yang satu ini diaktifkan secara manual pada lingkungan dengan cahaya rendah hingga secara otomatis dapat meningkatkan eksposur.

OPPO A54 juga dilengkapi fitur untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 1800 yaitu Al Beautification 2.0 yang dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. Fitur pada A54 ini dapat melakukan penyesuaian cerdas dengan mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek percantik yang disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia terutama ketika mengambil swafoto.

teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Performa OPPO A54

Kabar baik lagi untuk pengguna muda Indonesia, kini A54 dilengkapi dengan perangkat keras terbaik di kelasnya. Memenuhi komputasi kecerdasan buatan, A54 dilengkapi dengan Prosesor Mediatek Helio P35. Prosesor ini tidak hanya kencang tetapi juga menawarkan pengaturan sumber daya yang baik. Perangkat ini bisa berjalan mulus dengan RAM 4GB apalagi tipe ram yang ditambahkan LPDDR4X dengan peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi yang sudah ada sebelumnnya. Selain itu penyimpanan internal sebesar 128 GB bisa memberikan keleluasaan pada pengguna menyimpan berbagai file dan dokumen.

Performa perangkat ini juga ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-ram dan landswap speeding technologies. Melalui kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja seperti RAM 6 GB.

Keunggulan teknologi OPPO A54 lainnya yaitu adanya 5 sensor suhu yang secara akurat bisa merasakan sumber panas dan dengan cerdas memilih skema pembuangan panas yang optimal.
Multi-layer heat Dissipation ditambahkan pada perangkat A54 dengan menggunakan lembaran grafit pada bagian penutup layar, penutup belakang, rangka tengah dan speaker. Dilengkapi pula dengan bahan konduktivitas termal tinggi yang dipakai pada bagian rangka tengah dan semua itu dibuat untuk melakukan optimalisasi suhu perangkat.

Yang bikin saya mengacungkan jempol itu, dengan peluncuran wajah baru lini seri A ini yaitu adanya sertifikasi IP rating. Jika dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, OPPO kini menambahkan lapisan anti air untuk memberikan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Sebelum mendapatkan sertifikat, OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit. Setelah dilakukan pengujian selama 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi yang terjadi sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4. 
 
teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Oh iya, kita sebagai pengguna smartphone akan merasa nyaman dan aman jika perangkat yang kita gunakan seperti A54. Kenapa? Karena OPPO A54 dilengkapi dengan 5 lapisan perlindungan. Perangkat ini telah lulus menjalani 6 tes utama termasuk uji jatuh, radiasi, iklim, ketahanan terhadap air, slight drop test dan kekuatan sinyal.
 
teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Perangkat yang baru diluncurkan ini juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat dan 320+ eksperimental. Intinya OPPO memberi pengguna, sebuah produk yang dapat diandalkan dengan kualitas yang terbaik secara konsisten.

Lalu bagaimana dengan baterainya?

Baterai yang ada pada OPPO A54 dilengkapi dengan baterai besar 5000 mAh yang dilengkapi dengan pengisian daya dengan konektor Type C. Dengan baterai sebesar itu, apa keunggulannya? 

1. Baterai bisa memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari
2. Bisa melakukan panggilan telepon dengan waktu 25,4 jam
3. Menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam

Mantap sekali, bukan? 

teknologi-oppo-a54-untuk-yang-muda

Selain itu A54 juga dilengkapi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih dan juga terdapat tinta tahan api untuk proteksi kebakaran level V-0

Fitur Canggih ColorOS 7.2

Seperti perangkat OPPO sebelumnya, di seri A54 ini dilengkapi sistem operasi mulus ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan seperti HyperBoost yaitu mesin pendorong kinerja yang tersedia eksklusif untuk OPPO.

Tiga kemampuan yang dimaksud yaitu scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. Melalui sistem HyperBoost, aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem.

Tidak hanya itu, fitur Black Screen Mode juga bisa memberikan pengalaman baru dan kenyamanan pada pengguna saat menonton video di Youtube atau ketika menikmati aplikasi lain, aplikasi tersebut dapat terus berjalan ketika layar dimatikan. Manfaat fitur ini sangat efektif karena mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan dapat mengurangi konsumsi daya ponsel.

Sedangkan Photo Translator memanfaatkan bantuan Google Lens, OCR bisa mengenali teks saat kita mengambil foto lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

Spesifikasi dan Harga OPPO A54

 

Dimensi & Berat

Dimensi: 163.6 mm x 75.7 mm x 8.4 mm

Berat: Sekitar 192 g

Tampilan

6.51-inches Single Punch-hole Display

1600x720 pixels Liquid Crystal LCD

60Hz Refresh Rate

89.2% Screen to Body Ratio

Sensor Sidik Jari

Pembuka Sidik Jari Samping

Prosesor

Mediatek Helio P35 

RAM

4GB LPDDR4X

Penyimpanan

128GB, dapat dierluas hingga 256 GB dengan MircroSD

Kamera Utama

  • 13MP Kamera Utama
  • 2MP Kamera Makro 
  • 2M Kamera Bokeh

Kamera Depan

  • 16MP Kamera Swafoto

Baterai &

Pengisian Daya

5000mAh

18W Fast Charge

Sistem Operasi

ColorOS 7.2 berbasis Android 10

Warna

Crystal Black dan Starry Blue

Harga

Rp. 2.699.000

 

Ketersediaan Perangkat OPPO A54

Perangkat yang mulai dijual pada 1 April 2021 baik melalui jaringan penjualan daring di berbagai situs e-dagang terkemuka di Indonesia maupun luring di jaringan OPPO Store yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Dua pilihan warna OPPO A54- Smartphone Superior Performa Efisien yaitu tipe Starry Blue dan Crystal Black.

Bagaimana? Dengan spesifikasi dan fitur canggih yang ada pada perangkat OPPO A54 bisa membuat kreativitas kalian yang muda semakin optimal bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk, dapatkan perangkat cerdas dengan teknologi canggih sekarang juga.
 
Salam takzim

 

Post a comment

27 Comments

  1. Auto beli nih harganya yang 2,6 jutaan ini. Desainnya keren, fiturnya kayak hape kelas menengah. Pasti semua pasti nengok nih krn melihat desainnya kece banget di A54 ini.

    ReplyDelete
  2. Wah kalo harga nya segitu sudah dapat smartphone dengan spesifikasi lengkap seperti ini mah worth it banget. Semakin produktif nih bikin konten dengan perangkat ini.

    ReplyDelete
  3. Desainnya bener kokok dan stylysh deh cocok buat pemuda. Eh tp spesifikasinya ini terbilang waw banget dengan harga dua jutaan.

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget sama hape yang layarnya lega, jadi puas banget kalau lagi main game atau nonton youtube. Ya kayak hape OPPO A54 ini. Fiturnya keren dan kekinian banget. Cocok banget nih hape OPPO A54 untuk saya. Meski usia udah nggak lagi muda, tapi hape boleh gaooool dong, hahaha....

    ReplyDelete
  5. Fitur kameranya itu lho, cakep banget. Harga 2 jutaan tapi sudah dilengkapi dengan Al Scene Recognitoin. Selain itu, designnya stylish banget, emang bener cocok buat kawula muda.

    ReplyDelete
  6. Kapasitas batere nya juga sudah mumpuni. bisa jadi andalan smartphone sehari hari ini. Terjangkau pula buat dijadiin hampers buat ponakan hahahaha pasti suka

    ReplyDelete
  7. kece ini performanya canggih tapi diefisiensi, jadi nggak cuma mewah2 aja tapi betul dimaksimalkan ya. di bagian kameranya, aku plg penasaran sama hasil kalau ultra nightnya OPPO sih, bener cocok juga untuk konsumen muda krn awet buat streaming kalau kapasitas baterainya segitu

    ReplyDelete
  8. Langsung lirik celengan, nih. Soalnya dengan harga 2 jutaan, ini keren dengan segala kemampuannya. Apalagi saya memang pakai hape untuk bekerja. Jadi paling utama saya lihat batterai besar dan kameranya. Juga RAM-nya.

    ReplyDelete
  9. wuah kayaknya cocok nih buat adekku yang lagi butuh hape 2 jutaan dengan spesifikasi tinggi
    soalnya adekku lagi butuh banget, buat kuliah dan organisasinya yang serba bbanyak

    makasih ya rekomendasinya hoho

    ReplyDelete
  10. waduh bagus banget ini dan engga mahal yah untuk kelasnya. HP ku sekarang ya OPPO sih beda type. Udah cocok lah ama OPPO.

    ReplyDelete
  11. Hape harga dua jutaan tapi fiturnya mewah banget ya. Apalagi fitur kameranya yang bikin cantik kalau selfie.

    ReplyDelete
  12. Gokil amat Oppo A54 punya keunggulan tahan air + keunggulan lain yang cocok banget buat sobat muda yaaa. Harganya juga masuk akal nih buat dibawa pulang. Naksirr!

    ReplyDelete
  13. Dengan harga cuma 2 jutaan dan spesifikasi begitu aku rasa Oppo A54 ini bakal jadi pilihan masyarakat banyak. 3 kamera belakang dan 1 kamera depan dengan 16MP, siapa sih yang gak mau?

    ReplyDelete
  14. Wah OPPO A54 ada fitur sunlight screennya ya mbak jadi enak kalau pas pakai hp di bawah sinar matahari otormatis kecerahan layarnya. Sepek lainnya yang lumayan juga oke apalagi harganya terjangkau banget

    ReplyDelete
  15. Haduuh, jadi bikin galau deh lihat ulasannya ini, kalau disodorin ini pasti gak bisa bilang tidak lagi ya, kayaknya semua yang dibutuhkan udah lengkap ada di telepon pintar ini.
    Dari layarnya yang bisa membantu kesehatan mata, body HP, baterai, RAM dan storage, plus udah lulus segala rangkaian uji kelayakan penggunaan pula ya. Mantaaap, harganya pun juga oke nih.

    ReplyDelete
  16. Desain dan spesifikasinya keren banget tapi dijual dengan harga 2 jutaan ini bikin pengen punya buat anak sulungku deh. Secara anak remaja sekarang hobinya bikin foto trus sekolah dan nugas daring perlu kamera yang bagus dan penyimpanan yang besar. Cocok sama Oppo a54 ini.

    ReplyDelete
  17. Speknya nggak kaleng-kaleng ya dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi mupeng nih, haruskah kumerayu suami biar THRnya dibelikan hp ini, wkwkk

    ReplyDelete
  18. Udah masuk keranjang beli nih. Harganya cuma 2,6 jutaan ini. Desainnya keren, fiturnya kayak hape kelas menengah. Pasti semua pasti nengok nih krn melihat desainnya kece banget di A54 ini.

    ReplyDelete
  19. Suka nih di bagian layarnya ada Moonlight Screen, bisa bantu daku yang suka kebingungan aku rusak brightness hape g tiba-tiba jadi gelap

    ReplyDelete
  20. Artha Nugraha Jonar5 May 2021 at 14:58

    HP keren dengan harga yang worthed nih. Kameranya bagus, baterenya juga punya kapasitas besar. Pasti banyak jadi bingung waktu mau beli hp baru nih.

    ReplyDelete
  21. Lihat fitur-fiturnya yang canggih, HP Oppo A54 ini cocok banget ya buat anak muda, juga pekerja digital kaya kita. Harganya juga terjangkau untuk fasilitas se bagus ini

    ReplyDelete
  22. Desainnya cantik, ya. Dan yang paling aku suka itu fitur eye comfort buat melindungi mata.

    ReplyDelete
  23. Harga 2 jutaan udah memboyong triple camera, uwow banget itu Kak. Kamera bokeh tuh yang paling bikin mupeng, bisa hunting foto pake hape OPPO A54 ini tanpa bawa kamera cadangan yg berat. Desainnya mewah dan layarnya lega, ngiler... :D

    ReplyDelete
  24. Lihat tampilannya yang keren nggak nyangka kalau harganya 2hmjtan, hape oppo A54 keren banget speknya

    ReplyDelete
  25. Pokoknya kalau ada OPPO, semua objek jadi aman difoto
    Bahkan yang punya bisnis jualan bisa digunakan agar menarik minat pembeli

    ReplyDelete
  26. Huwaaaaaaa... Layarnya sunlight screen ya. Aman nih meski berjam-jam main hp.

    Dan modelnya itu, loh. Muewah 😍

    ReplyDelete
  27. Menarik2 nih fiturnya. Bikin mupeng. Apalagi lagi butuh hp baru. Dari dulu pengen Oppo blm kesampaian aja. Yg ini speknya ok, tampilannya pun stylish

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^