Doa Meluluhkan Hati Yang Keras

Dewasa ini banyak sekali kita saksikan dengan mata kepala sendiri, kejadian-kejadian yang berada di luar nalar. Seperti berita tentang korupsi yang tak pernah ada habisnya, sampai kepada berita duka yang mengelilingi kehidupan kita sehari-hari. Hal ini tentu memiliki banyak penyebab, namun satu di antara banyaknya sebab yang dapat menjadi akibat dari hal-hal di atas adalah karena hati yang mengeras. 
Doa Meluluhkan Hati Yang Keras

Apa itu hati yang mengeras? Hati yang keras adalah hati yang terasa sudah jauh dari sang khalik. Merasa bahwa segalanya adalah milik ia seorang, dan tak ada orang lain yang berhak mengatur serta menasehatinya. Orang semacam ini bisa saja bertindak nekat karena ia terjebak dalam lingkaran setan dunia fana.

Amatlah susah untuk dapat berkomunikasi dengan seseorang yang hatinya keras, sebab ia sering merasa benar pada apapun tindakan yang ia lakukan dalam hidup. Tak jarang ia akan menganggap orang lain lah yang bersalah, walau ia mengetahui jika dirinya yang salah dan bukan orang lain. Hal tersebut dilakukan olehnya, karena ia sendiri memiliki hati yang tidak mau mengalah, dengan kata lain tingkat egoisme yang amat tinggi.

Ketika sebagai makhluk sosial kita sudah sulit untuk berkomunikasi, maka selanjutnya yang akan terjadi adalah kesalahpahaman tanpa akhir. Kita bisa saling bermusuhan hanya karena perbedaan pendapat, dan tidak ada seorang pun yang hendak mengalah. Bahkan kesalahpahaman ini sendiri bisa berakhir menjadi peristiwa yang lebih buruk lagi, naudzubillah min dzalik.

Oleh sebab itu alangkah baiknya sebagai sesama umat muslim, jika kita melihat orang di sekitar kita memiliki hati yang keras, maka kita harus mendoakannya agar ia bisa segera kembali ke jalan yang lurus. Doa meluluhkan hati seseorang sendiri dimaksudkan agar orang yang dituju bisa kembali memiliki hati yang dingin, tidak mudah emosi, serta tidak mudah terpancing untuk melakukan hal-hal buruk yang tidak dikehendaki.

Ada banyak doa yang bisa kita gunakan untuk meluluhkan hati orang-orang yang keras, salah satunya adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya hanya Engkaulah yang Maha Perkasa dan juga Maha Besar. Dan aku ini hanyalah hamba-Mu yang maha hina juga maha lemah. Ya Allah, mudahkanlah untukku urusan yang kumiliki saat ini, sebagaimana Engkau memudahkan urusan Nabi Musa AS terhadap Fir’aun dan melunakkan hati manusia seperti Engkau melunakkan besi untuk Nabi Daud AS. Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baik pemimpin dan penolong, duhai Allah yang Maha Hidup, duhai Allah yang Maha Penguasa, duhai Allah yang memiliki keagungan serta kemuliaan, kabulkanlah Allah”.


Doa di atas dimaksudkan untuk membuat seseorang yang hatinya keras kembali lunak, sebab besi saja dapat dilunakkan oleh Allah SWT dengan begitu mudahnya, apalagi hati seorang hamba. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah dzat yang maha membolak balikkan hati, dan oleh sebab itu maka hanya kepada Allah SWT lah kita wajib meminta dan memohon sesuatu.

Juga dengan harapan setelah kita memanjatkan doa tersebut kepada orang yang dituju, maka orang tersebut bisa kembali mengingat Allah SWT. Dan semoga ia tak lagi tersesat dalam jurang kehidupan, karena hidup ini hanya sementara. Toh besok setelah mati, jika bukan teman, kerabat, dan tetangga yang akan mengangkat keranda kita, maka siapa lagi yang akan melakukannya? Maka hendaklah kita saling mengingatkan akan sesuatu, agar kita bisa kembali kepada Allah SWT nanti dengan husnul khatimah.

Salam takzim


Post a Comment

8 Comments

  1. Semakin ke sini semakin keras hati, padahal di masa pandemi seperti ini perlu banget dekat dengan sang khalik. Terima kasih, ilmunya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Patut dibaca di setiap kali salat nih. Semoga hati yang keras bakal lebih lunak dan ramah. Amin...

    ReplyDelete
  3. Kekerasan hati ini seperti sulit diobati ya. Seorang kerabat, bersiteru dengan ibu kandungnya, sampai sudah 5 tahunan enggan menemuinya. Ikutas miris saya jadinya. Benar adanya jika memanjatkan doa tertentu kepada orang yang dituju, maka orang tersebut bisa kembali mengingat Allah SWT

    ReplyDelete
  4. Doa meluluhkan hati yang keras perlu kita hapalkan. Karena yah, batu saja bisa berlubang kalau ditetesi air secara terus-menerus. Maka urusan hati pun begitu. Apalagi Allah SWT juga sang pembolak-balik hati. Kita minta pada sang pembolak-balik hati agar hati kita selalu menjadi lunak dan terus dekat padaNya.

    ReplyDelete
  5. Doanya bagus. Aku catat dan lafalkan ah tiap abis sholat. Cuma Allah swt sih ya yg bisa membolak-balikkan hati manusia.

    ReplyDelete
  6. Kadang kita lupa bahwa dengan doa yang tulus apapun bisa terjadi. Salah satunya untuk meluluhkan hati. Kalau rayuan, nasihat sudah gak mempan. Doalah sebaik-baik usaha.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih tulisannya Mbak Nurul. Menjadi pengingatku, untuk selalu doa yang meluluhkan hati yang keras, di saat segala cara sudah sulit dilakukan untuk mengubah hati seseorang

    ReplyDelete
  8. Beban hidup sering kali membuat hati ini menjadi keras,ya teh.
    Psikis yang ternoda atas apa yang dilihat dan didengar sering kali membuat kita hanya percaya pada apa yang dilihat oleh mata saja. Lupa pada hati dan sibuk pada emosi yang dilapisi amarah, endingnya malah makin menjauh dari Sang Khaliq

    Makasih sudah diingatkan Teh Nurul.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^