Ini Dia Obat Batuk Alami Untuk Para Ibu Hamil

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa perjuangan seorang ibu dalam melahirkan hingga merawat anaknya itu tidaklah mudah. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai anaknya untuk selalu berbakti kepada ibu. 
 
Obat batuk alami untuk ibu hamil

Nah, ngomong-ngomong soal ibu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar obat batuk untuk ibu hamil yang menggunakan bahan-bahan alami. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Bawang Putih

Bahan alami pertama yang bisa bunda gunakan untuk mengobati batuk, yakni berupa bawang putih. Mengapa harus menggunakan bawang putih?

Pasalnya, bawang putih ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan berbagai jenis peradangan. Jika bunda tidak terlalu suka bawang putih yang dimakan secara langsung, maka bunda bisa mencampurkannya pada jenis-jenis makanan yang disukai. 

Bawang putih untuk obat batuk alami


2. Menggunakan Cuka Apel

Selain bawang putih, cuka apel juga merupakan salah satu bahan alami yang sudah terbukti cukup ampuh dalam mengobati batuk pada ibu hamil, lho! Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa cuka apel memiliki sifat alkali yang dapat membunuh kuman maupun virus dalam tubuh.

Mengenai cara mengonsumsinya, ibu hamil hanya perlu mencampurkan cuka apel tersebut pada segelas teh. Atau, cuka apel tersebut juga bisa bunda campurkan pada segelas air putih hangat yang sudah diberi madu.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi cuka apel ini sebanyak 3 gelas dalam sehari (1 kali pada siang, 1 kali pada sore, dan 1 kali pada malam hari).

3. Menggunakan Lemon

Siapa sih, diantara kita yang tidak kenal dengan buah lemon? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi degan buah yang memiliki rasa asam kecut ini. Mengingat buah yang satu ini memiliki rasa asam, tentu saja ia sangat kaya dengan kandungan vitamin C.

Nah, kandungan vitamin C tersebutlah yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, serta meringankan gejala batuk, pilek, dan demam. 

Lemon obat batuk alami

4. Menggunakan Madu

Di samping rasanya yang manis dan lezat, madu memang terkenal segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bahkan, madu ini kerap digunakan oleh para ibu hamil di zaman dulu saat mereka menderita batuk.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, khasiat madu pun sudah terbukti dapat mengobati panas dalam hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengenai cara penggunaannya, ibu hamil bisa mengonsumsi madu tersebut secara langsung atau dicampurkan pada jenis minuman hangat.

5. Menggunakan Jahe

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai sejuta manfaat bagi kehidupan umat manusia. Terlebih pada bidang kesehatan, termasuk dalam mengobati batuk pada ibu hamil.

Dalam hal ini, ibu hamil harus merebus beberapa buah jahe dengan air yang mendidih, kemudian saring ke dalam gelas. Setelah itu tambahkan sedikit madu, lalu minumlah sampai habis tak tersisa. 

Jahe untuk obat batuk alami


6. Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Untuk bunda yang ingin mengobati batuk dengan lebih simpel dan tanpa modal, maka mengonsumsi air putih merupakan pilihan paling tepat. Selain dapat meringankan gejala batuk, mengonsumi air putih juga berkhasiat untuk membuang berbagai toksin (racun) di dalam tubuh. 
 
Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan oleh para ibu hamil untuk mengobati batuk. Apakah teman-teman punya pengalaman menggunakan obat batuk alami ketika hamil? Pakai apa saja? Yuk, sharing!
Salam takzim


Post a Comment

7 Comments

  1. Obat batuk untuk ibu hamil? Baru denger sih, tapi kalau ibu hamil di benakku itu pasti rasanya sakit dan bahaya banget. Kalau sudah ada obat alaminya kayak gini ga perlu khawatir lahi, ya, terima kasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Wahh syukurlah air mineral, jamu, dan jahe masih bisa didapatkan dengan mudah. Jadi reminder nih kalau semisal istri hamil hhi

    ReplyDelete
  3. Kalau lagi hamil emang kudu ati-agi ya Teh. Ga bisa sembarang mnm obat. Pengalaman aku pas hamil Kevin dulu batuk parah banget. Udah ditahan ga mnm obat, trus konsumsi herbal tapi ga reda sampe ga bisa tidur. Even udah ke dokter ga sembuh juga sampe sebulanan. Baru sembuh setelah diganti obat bbrp kali. Hehehe..

    ReplyDelete
  4. Bahannya mudah di dapat ya mbak di sekitar kita. Untuk ibu hamil memang harus hati2 kalau mau konsumsi obat. Dengan obat dari bahan alami ini insya Allah lebih aman ya.

    ReplyDelete
  5. Kencur Mbak, jadi salah satu andalan dan saran dari kalau batuk. Meski rasanya hm MasyaAllah, tapi InsyaAllah ampuh.

    Selain itu, jeruk nipis juga diminum campur air hangat diberi sedikit garam atau katanya kecap

    ReplyDelete
  6. Ibu hamil memang harus hati-hati minum obat yah. Alhamdulillah banyak bahan-bahan alami sekitar kita yang bisa pengganti obat batuk.
    Lemon-madu tuuh dah yakin jozz deh...

    ReplyDelete
  7. Saya biasa mengunyah daun siri atau minum air rebusannya untuk obat batuk alami mbak. Booster dengan perasan jeruk nipis dan madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^