8 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi buah jeruk? Selain rasanya yang manis, buah jeruk juga kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terlebih lagi buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan di pasar tradisional dan modern. Manfaatnya sangat baik dan banyak untuk tubuh tetap sehat dan bugar. 

Adapun manfaatnya, berikut ini adalah 8 manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Tahukah anda bahwa buah jeruk dapat menurunkan risiko penyakit stroke? Hal ini pernah dinyatakan dalam American Heart Association yang menerangkan bahwa senyawa dalam buah jeruk dapat menurunkan resiko stroke iskemik bagi perempuan. Selain itu, orang yang mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang tinggi mampu terhindar dari risiko stroke iskemik 19% lebih rendah daripada mereka yang sedikit mengonsumsi buah jeruk.

8-manfaat-buah-jeruk-untuk-kesehata

2. Menurunkan Tekanan darah

Jika anda pengidap tekanan darah tinggi maka sangat perlu untuk mengonsumsi buah jeruk. Pasalnya buah yang rasanya manis ini memiliki efek vasodilatasi yang mampu meningkatkan asupan kalsium pada tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Dapat Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah terkena stroke, buah jeruk juga dapat mencegah kanker. Menurut studi yang diterbitkan pada jurnal American Journal of Epidemiology, mengkonsumsi pisang, jeruk dan jus jeruk pada dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia di dalam tubuh. Buah jeruk adalah buah yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, anda perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah jeruk karena pada buah jeruk terkandung serat, vitamin C, kalium dan kolin yang mampu memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Jadi sekarang, anda tidak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi buah jeruk.

5. Mencegah Kerusakan Kulit

Kini sudah banyak ditemukan produk kecantikan yang bahannya terbuat dari buah jeruk. Entah itu dari buahnya atau kulitnya, manfaat kesehatan dan kecantikan kulit ini didapatkan dari vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk sebagai antioksidan. Anda bisa menyehatkan kulit dengan cara mengkonsumsi buah jeruk secara langsung atau mengoleskannya pada kulit. Vitamin C yang terkandung pada jeruk memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen sebagai sistem pendukung kulit.

6. Melancarkan Sistem pencernaan

Pada buah jeruk terkandung mineral alkalin yang sangat membantu dalam melancarkan pencernaan dalam tubuh. Maka tidak heran apabila kita menemukan produk kesehatan pelancar pencernaan yang terbuat dari jeruk.

7. Sumber Karbohidrat

Selain sumber vitamin, jeruk juga merupakan sumber karbohidrat. Jeruk memiliki indeks glikemik 40 yang dianggap rendah. Sehingga selama tidak memakannya secara berlebihan pada satu waktu, hal ini tidak akan memengaruhi kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

8. Membantu Menjaga Sistem Imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C paling tinggi. Dibandingkan jenis buah lain, jeruk mengandung vitamin C lebih banyak. Pada buah jeruk berukuran sedang, anda bisa memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan vitamin C pada tubuh. Dan sudah banyak diketahui bahwa Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, maka jeruk dapat membantu kita dalam menjaga sistem imun tubuh.

Dan itulah 8 manfaat dari buah jeruk yang biasa anda temukan di pasar. Selain harganya yang tidak mahal dan rasanya yang enak, buah jeruk mampu memberikan manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Salam takzim


 

Post a comment

3 Comments

  1. Jadi penting banget yak kak untuk tetap sehat dengan mengonsumsi jeruk ini

    ReplyDelete
  2. Manfaat buah jeruk memang begitu banyak dan sudah tak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  3. sayangnya saya sekarang ga terlalu suka jeruk, udah ga kuat kalau makan asem2 :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^