Thursday, 20 December 2018

Faktor Apa Sih Yang Menjadi Pemicu Kanker Serviks Pada Wanita? Yuk, Kita Cari Tahu!

Mungkin kita sudah familiar dengan istilah kanker serviks. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan kanker serviks? Perlu manteman ketahui, kanker serviks ini merupakan jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel di bagian leher rahim (serviks) dalam keadaan tidak normal, sehingga akan terus berkembang dan tidak terkendali. 

faktor pemicu kanker serviks

Ya, sel-sel yang dalam kondisi abnormal tersebut akan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang hasilnya akan menciptakan sebuah tonjolan berupa tumor pada leher rahim alias serviks. Sebelum membahas tentang penyebab kanker serviks, mari kita kenali dulu gejala-gejalanya.

Gejala kanker serviks adalah sebagai berikut :

Gejala pertama dari penyakit kanker serviks yang harus kita ketahui, yakni munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. Ya, gejala tersebut akan terjadi, meski pun kamu sedang tidak haid alias menstruasi. Ketika memasuki masa haid, maka pendarahannya akan jauh lebih banyak dari yang biasanya. Di samping itu, munculnya flek darah ini juga akan terjadi setelah berhubungan intim. Jika sudah terjadi hal seperti demikian, maka ada baiknya jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter. 
Kedua, jika kamu selalu mengalami rasa sakit pada bagian panggul alias perut bawah, maka bisa dipastikan bahwa kamu terserang penyakit kanker serviks. Terutama saat memasuki masa menstruasi, di mana rasa sakitnya itu semakin menjadi-jadi. Pasalnya, kondisi yang satu ini merupakan gejala awal dari penyakit kanker serviks, lho! 

Gejala ketiga dari penyakit kanker serviks yang harus teman-teman ketahui, yakni adanya keputihan yang tidak wajar. Namun, kondisi keputihan yang tidak wajar ini biasanya akan terjadi jika kamu memiliki jenis penyakit tertentu lainnya. Dari yang awalnya kamu bisa BAB secara teratur, namun akhir-akhir ini menjadi tidak teratur. Ya, kondisi ini juga merupakan salah satu gejala dari penyakit kanker serviks. 

Hal Yang Menjadi Penyebab/Pemicu Kanker Serviks :

1. Aktifitas Seksual Yang Terlalu Dini

Hal pertama yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker serviks, yakni aktifitas seksual terlalu dini. Ya, hal ini juga tidak terlepas dari pergaulan negative yang mengarah ke free sex atau yang biasa disebut dengan nama seks bebas. 

2. Konsumsi Pil KB Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Selain aktifitas seksual yang terlalu dini, konsumsi pil KB juga menjadi faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker serviks. Apabila, pil KB ini dikonsumsi dengan durasi lebih dari 5 tahun, maka tubuh kita sangat beresiko terkena serangan penyakit yang satu ini. 

faktor pemicu kanker serviks


3. Kebiasaan Merokok

Semua orang juga sudah pada tahu, bahwa kebiasaan yang satu ini memang sangat tidak bersahabat dengan kondisi kesehatan tubuh kita. Ya, wanita perokok aktif itu lebih rentan terkena penyakit kanker serviks, ketimbang dengan wanita yang tidak merokok. 

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Jerawat

4. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Lemah

Hal berikutnya yang menjadi penyebab dari terjadinya penyakit kanker serviks, yakni sistem kekebalan tubuh yang melemah. Untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung antioksidan, serat, vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. 

5. Infeksi Klamidia

Apa sih yang dimaksud dengan klamidia? Ya, klamidia ini merupakan jenis penyakit menular, yang dikarenakan sering berhubungan intim dengan banyak pasangan. 

faktor pemicu kanker serviks

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita, yang tentunya harus kita ketahui sebagai langkah untuk mengantisipasi.
Lebih baik kita mencegah datangnya penyakit daripada harus mengobatinya. 

Baca juga: Menunda Penuaan Dini Dengan Berpuasa

69 comments:

  1. Ngeri banget yaa penyakit kanker serviks ini, semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini, amiiin 😇

    ReplyDelete
  2. Sebagai seorang perempuan, kita memang harus selalu menjaga kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati itu aku setuju banget. Btw, kalau waktu menstruasi sakit perut dan sakit punggung iti termasuk tanda-tanda kanker serviks nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu, Mbak. Karena ada beberapa wanita yang mengalami sakit perut saat menstruasi, biasanya menghilang setelah hari ketiga atau hari keempat.
      Lebih baik diperiksakan saja.

      Delete
  3. Ternyata penyebab kanker servik macam-macam ya, mungkin ikhtiar terbaik menjaga kesehatan dengan baik dan benar ya, setidaknya stamina terjaga.
    Selebihnya berdoa, mohon dijauhkan dari penyakit.
    Makasih shrenya ya Nurul

    ReplyDelete
  4. Penyakit ini jadi momok buat wanita banget ya,, ya Allah semoga kita semua sehat selalu ya kak dan dijauhkan dari penyakit ini.

    ReplyDelete
  5. Setia pada pasangan dan menghormati pernikahan itu menyelamatkan kehidupan. Banyak ajaran agama yg baru disadari ternyata bertujun menjaga populasi umat manusia

    ReplyDelete
  6. Duuhhh ngilu bacanya mbaa...
    Jadi keingat zaman now anak2 piyik banyak yang sudah kenal sex hiks.
    Pil KB juga bikin peluang kanker serviks ya.
    Jadi makin ogah sentuh2 pil gitu.
    Semoga kita dihindarkan dari penyakit seperti ini, aamiin :)

    ReplyDelete
  7. Ku dulu punya temen mba, setiap SPHP pasti ga masuk skul karena sakitnya bisa sampe pingsan nahan sakit. Apa itu bisa jdi salah satu gejala nya? Amit amit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu gejala kanker serviks, Mbak. Ada yang sampai begitu, tetapi hilang sakitnya setelah menikah.
      Lebih amannya sebaiknya diperiksakan saja, Mbak

      Delete
  8. Duh aku jadi ingat kalau sudah waktunya papsmear ni Mbak.... Semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya.... Aamiin....

    ReplyDelete
  9. aku bulan lalu ikutan pemeriksaan gratis kanker serviks ini. alhamdulillah hasilnya negatif, kata bidan salaH satu pnyebab kanker serviks yg palng tinggi itu mkanan dan sex dini.

    ReplyDelete
  10. Makasih sharing infonya, sehingga saya bisa lebih waspada dengan gejala kanker serviks, semoga kita semua dihindarkan dari segala penyakit dan selalu diberi kesehatan

    ReplyDelete
  11. Duh pil KB ini ngeri juga ya T_T Kanker serviks ini penyakit yang paling mematikan bagi wanita. Harus pintar-pintar menjaga kebersihan diri. Semoga kita semua terhindar dari kanker serviks ya.

    ReplyDelete
  12. Aku ketika masa haid terutama hari pertama sampai ketiga itu cenderung area pinggul itu "kemeng" (belum berhasil menemukan arti dalam bahasa). Tapi ga sakit, apa itu juga termasuk gejala ya mbak? Aku khawatir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian besar perempuan mengalami hal seperti itu, Mbak. Biasanya sakitnya akan hilang setelah darah kentalnya sudah keluar semua.

      Delete
  13. Wow pil KB menjadi salah satu penyebab kanker ini baru tahu...berarti hrs ganti kb nya gitu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang begitu, Mbak.
      Dulu saya juga pernah memakai pil KB, dan dianjurkan oleh bidan untuk tidak terus menerus menggunakannya.

      Delete
  14. Aku baru tau pemakian pil KB dalam waktu lama bisa meningkatkan resiko kanker serviks, untung aku gak KB dengan pil. Selama ini pakai KB spiral supaya tiap tahun bisa kontrol sekalian tes IVA.

    ReplyDelete
  15. Serem bacannya mba. Tapi ini perlu diketahui semua orang ga terkecuali laki-laki supaya bisa menjaga istrinya atau anak perempuannya

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu kalau mengkonsumsi pil KB dalam jangka waktu lama bisa meicu kanker serviks.

    Menurut artikel yang aku baca di cnnindonesia.com, di Indonesia, penyakit ini penyebab kematian nomor 3, jadi sebaiknya pencegahan dan deteksi dini harus dilakukan sejak dini

    ReplyDelete
  17. 2 minggu yang lalu, tante saya baru aja diangkat rahimnya karena kanker. Belum tanya lebih lanjut apa penyebabnya. Pastinya bukan hubungan intim, merokok, atau pil kb. Tante saya belum menikah dan juga bukan perokok. Tpai, memang penyebab kanker bisa berbagai macam. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara sepupu saya juga gitu, Mbak. Belum nikah, bukan perokok dan bukan pengguna pil KB juga. Kata dokternya sih, salah satu penyebabnya yaitu konsumsi makanannya.

      Delete
  18. Alhamdulillah tsnda2 itu tidak bunda rasakan. Semoga bunda dehat dan terhindar dari cacer cervix ini stsupun penyakit kewanitaan yg serius lainnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  19. Ngeri ya Mbk kanker serviks,semoga kita dijauhkan dari penyakit area kewanitaan ,Aamiin.
    Efek dari konsumsi pil KB beekepanjangan Bisa Jadi penyebab kanker serviks ternyata,ngeri ngeri sedap ya Mbk.

    ReplyDelete
  20. konsumsi pil KB juga menjadi faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker serviks..serem banget ya. Aku sih belum pernah minum pil kb, tapi memang spog pernah bilang klo kb hormon wajib setahun ganti

    ReplyDelete
  21. Semoga kita terhindar dari penyakit kanket ya mba sebisa mungkin hidup dngan pola yg sehat.. asmiin

    ReplyDelete
  22. Terima kasih sudah mengingatkan tanda-tanda kanker serviks ya mba. Jangan lewatkan pap smears juga untuk tau kondisi rahim kita

    ReplyDelete
  23. Kanker serviks memang mengancam para wanita.

    Jupe terkena kanker seviks. Alhamdullilah ada suntikan buat mencegah kanker serviks

    ReplyDelete
  24. Baru tau mengenai istilah klamidia. Eh, pernah denger sih, tapi lupa artinya apaan. Ternyata karena berhubungan dengan banyak orang atau berganti ganti pasangan ya. Ngeri ih kalau sampe terkena kanker apa pun itu namanya. Moga kita dijauhkan dari segala penyakit ya. Amiin....

    ReplyDelete
  25. Harus peduli ya dengan tanda-tanda penyakit kanker serviks ini. Trus juga mesti setia pada pasangannya, agar gak tertular virus Klamidia. Aku tuh ngeri kalo ada yang kena penyakit ini. Pasti penasaran bagaimana dia bisa kena, penyebabnya apa. Ya maksudnya agar jadi pembelajaran perempuan lain agar lebih peduli dengan kesehatannya

    ReplyDelete
  26. Wah lengkap banget ulasannya mba, jadi tau mana yang bisa memicu kanker serviks dan harus dihindari. Aku kemarin juga akhirnya ikut tes papsmear yang katanya bisa dipakai deteksi dini kanker serviks ya. Penyakit ini seringnya ditemukan pas kondisi udah ganas, jadi pengobatan pun akan lebih susah.

    ReplyDelete
  27. kalau melihat pemicunya pasti banyak yang perlu waspada nih. apalagi ibu2 yang suka konsumsi pil kb. aku harus ingetin adik2ku nih. karena ini berbahaya juga.

    aku baru tahu sama nama klamidia ini.ternyata infeksi gonta ganti pasangan ada namanya juga ya.

    ReplyDelete
  28. Kalau denger kanker serasa merinding serius. Salah satu yang menakutkan. ternyata hal-hal sepel pun dapat memicu kanker serviks ya bund. kalau dari plastik gabus itu dapat memicu kanekr gak sih bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik gabus? Maksudnya digunakan untuk pembungkus makanan?

      Delete
  29. maksudnya aktifitas seks terlalu dini itu apa ya mbak? aku belum paham yang dimaksud disini.

    ReplyDelete
  30. klamidia itu ternyata gonta ganti pasangan ketika berhubungan seks toh. aku baru tahu isitilah klamidia ini. dapat penyakit kelamin mah tinggal nunggu waktu eh masih rawan terkena kanker serviks juga ya ternyata

    ReplyDelete
  31. Hiks kanker serviks dan kanker payudara, bisa dicegah sejak dini tapi paling banyak terjadi pada wanita. Semoga kita semua dijauhkan dari kanker serviks ya

    ReplyDelete
  32. Pencegahan dini perlu dilakukan ya mbak, salah satunya dengan tes HPV..dan tentunya menjaga pola hidup.

    ReplyDelete
  33. Ngeri ya.. Banyak oenyebabnya ternyata, semoga kita terlindungi dari penyakit seperti ini..

    ReplyDelete
  34. Berarti kalau memilih KB dengan cara pil, maksimal 5 tahun, ya? Selanjutnya harus ganti cara lain, begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, KB pil atau KB hormonal lainnya, sebaiknya tidak terus menerus digunakan. Minimal setahun sekali diganti

      Delete
  35. Ya Allah~
    Makin banyak yang harus diwaspadai dalam diri wanita selain kanker payudara dan kanker-kanker lainnya yaa, teh...

    Aku seminggu sebelum mens biasanya mello ga jelas disertai dengan sakit badan, teh...

    Semoga dijauhkan dari sakit yang berat-berat begini, Ya Allah...
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu sih, memang bawaan hormon Teh. Suka mellooo hihihi

      Delete
  36. Semoga kita terhindar dari penyakit kanker serviks ini ya mba. Momok banyak wanita nih.. dan semakin harus meningkatkan gaya hidup sehat juga ya

    ReplyDelete
  37. Aku kok pengen cek periksa masih maju mundur mba, heheheh tapi bagus juga kita ngecek sekarang juga ya agar aman gitu ke depannya. Semoga aku punya kekuatan untuk periksa. Tapi dari semua pemicunya insyaAllah aku nggak seks dini

    ReplyDelete
  38. Wah baru tau aku mba kalo penggunaan pil kb yang terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab kanker serviks. Mungkin karena hormonal ya, jadi jangka waktunya juga kalau bisa jangan jangka panjang

    ReplyDelete
  39. Saya pernah bertemu survivor penderita kanker serviks dan dia cerita betapa menderitanya saat itu :( Memang penyakit ini momok banget. Semoga kita senantiasa terhindar dari penyakit ini ya mbak. Aktivitas seksual yg terllau dini itu mungkin kyk usia belasan nikah dini (gak cuma free sex) ya juga termasuk kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak April, aktivitas yang dilakukan di usia masih dini

      Delete
  40. Waduh pil kb juga bisa bikin kanker serviks ya. Aku sempat minum dulu tapi gak cocok.

    ReplyDelete
  41. Aku dulu ada kenalan yg kena Kanker seviks ini. Kita kudu peduli banget dan mengetahui gejala dan penyebabnya. Tetap jaga kesehatan kita ya

    ReplyDelete
  42. Ngomongin kanker selalu bikin takut dan sedih. Karena penyebabnya belom jelas, kita jadinya kudu berhati-hati dan menjaga banget semua lifestye kita, ya. Dari makanan, gaya hidup, sampai ke stress management. Sehat-sehat selalu ya kita semua.

    ReplyDelete
  43. Ngeri banget emang penyakit ini
    Jadi inget salah satu artis yg udah meninggal itu
    Sedih
    Aku pribadi setiap tahun papsmear Mb buat tahu kondisi daleman
    Sejauh ini alhamdulillah aman2 mb
    Moga2 makin banyak pelatihan semacam
    ini biar masyarakat makin aware

    ReplyDelete
  44. Waktu seminar parenting di sekolahnya anakku, kebetulan ada tenaga medis yang berbagi ilmu tentang kanker serviks ini, Mbak.. Nah, meski kita nggak merokok, tapi kalau kita jadi perokok pasif alias berada di lingkungan perokok, kita juga punya resiko yang sama dengan perokok aktif.

    Makanya, bapak-bapak yang hadir waktu itu diminta untuk sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan ini. Syukur-syukur kalau bisa berhenti sama sekali, Karena dampak negatifnya nggak hanya bagi dia seorang, tapi juga ke sang istri juga.

    Wallahu a'lam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ada bapak-bapak yang ikut seminar parentingnya ya, Mbak. Jadi bisa ikutan menjaga dan mencegah timbulnya penyakit ini.

      Delete
  45. duh ngeri banget ya mba aku baru tahu juga konsumsi pil KB lebih 5 tahun bisa sebabin kanker serviks ngeri banget ya mba :( smeoga kita selalu sehat aamiin

    ReplyDelete
  46. Kalo ngomongin kanker serviks tuh serem ya mba. Tapi sebagai wanita ya kita harus tahu dan paham akan hal ini, untuk mencegah hal yg tidak diinginkan tentunya

    ReplyDelete
  47. Ngeri banget ya kanker serviks itu aku sudah mengeceknya Alhamdulillah tidak ada apa-apa dan memang perlu banget ya kita menjaga kesehatan area kewanitaan

    ReplyDelete
  48. Ngeri juga loh saat tau fakta bahwa penyakit yang satu ini masih menjadi silent killer bagi banyak perempuan. Kadang-kadang kita tak menyadarinya hingga ketika suatu saat ada yang terjangkit kanker serviks, ketauannya udah ada di stadium tinggi.
    Semoga makin banyak sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan organ kewanitaan dengan gaya hidup sehat. Tidak hanya dari perempuannya saja, namun supporting system dari lingkungan juga penting. Seperti misalnya yang perokok tadi ya, kemungkinan perempuan terkena dampak buruk asap rokok kan bisa juga berasal dari pasangannya ataupun ayahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, Mbak. Kadang-kadang disadarinya setelah penyakitnya sudah stadium tinggi. Jadi ngeri ya...

      Delete
  49. Terima kasih info yang sangat bermanfaat ini Mba soal kanker serviks. Aku bakal kasih tahu ibuku juga supaya tahu apa aja yang menjadi penyebab kanker serviks

    ReplyDelete
  50. Astagfirulllah, semoga kita dijauhkan dari kanker dan sejenisnya ya Mbak.. :(

    ternyata konsumsi KB dalam jangka yang lama itu salah satu penyebabnya juga yaah. duuh jadi makin ngeri juga nih utk KB, huhuhuh *kemudian galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya diganti paling lama setahun sekali, Mbak. Karena pil KB sifatnya hormonal

      Delete
  51. Aku belum aktif secara seksual, apa mungkin terkena kanker serviks?
    Dari 3 poin yg disebutkan, poin ke 2 aku alami tiap fayang bulan mba, tapi ada yg bilang wajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nyeri di hari pertama saat haid, memang biasanya wajar, Mbak.
      Sebaiknya rutin memeriksakan diri, supaya lebih tenang

      Delete
  52. Kemarin sempet diingetin juga oleh salah seorang pastur tentang hal ini. Banyak wanita muda sekarang yang kena kanker padahal usia masih muda. Makanya kita harus sering-sering check up.

    ReplyDelete
  53. Perlu banget ini dikenali ya penyebab kanker serviks. Abis baca ini aku jadi dapat pencerahan. Memang harus diwaspadai kalau merasa ada yang tidak beres dengan sistem reproduksi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^