8 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi buah jeruk? Selain rasanya yang manis, buah jeruk juga kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terlebih lagi buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan di pasar tradisional dan modern. Manfaatnya sangat baik dan banyak untuk tubuh tetap sehat dan bugar. 

Adapun manfaatnya, berikut ini adalah 8 manfaat buah jeruk untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Tahukah anda bahwa buah jeruk dapat menurunkan risiko penyakit stroke? Hal ini pernah dinyatakan dalam American Heart Association yang menerangkan bahwa senyawa dalam buah jeruk dapat menurunkan resiko stroke iskemik bagi perempuan. Selain itu, orang yang mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang tinggi mampu terhindar dari risiko stroke iskemik 19% lebih rendah daripada mereka yang sedikit mengonsumsi buah jeruk.

8-manfaat-buah-jeruk-untuk-kesehata

2. Menurunkan Tekanan darah

Jika anda pengidap tekanan darah tinggi maka sangat perlu untuk mengonsumsi buah jeruk. Pasalnya buah yang rasanya manis ini memiliki efek vasodilatasi yang mampu meningkatkan asupan kalsium pada tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Dapat Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah terkena stroke, buah jeruk juga dapat mencegah kanker. Menurut studi yang diterbitkan pada jurnal American Journal of Epidemiology, mengkonsumsi pisang, jeruk dan jus jeruk pada dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia di dalam tubuh. Buah jeruk adalah buah yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, anda perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah jeruk karena pada buah jeruk terkandung serat, vitamin C, kalium dan kolin yang mampu memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Jadi sekarang, anda tidak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi buah jeruk.

5. Mencegah Kerusakan Kulit

Kini sudah banyak ditemukan produk kecantikan yang bahannya terbuat dari buah jeruk. Entah itu dari buahnya atau kulitnya, manfaat kesehatan dan kecantikan kulit ini didapatkan dari vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk sebagai antioksidan. Anda bisa menyehatkan kulit dengan cara mengkonsumsi buah jeruk secara langsung atau mengoleskannya pada kulit. Vitamin C yang terkandung pada jeruk memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen sebagai sistem pendukung kulit.

6. Melancarkan Sistem pencernaan

Pada buah jeruk terkandung mineral alkalin yang sangat membantu dalam melancarkan pencernaan dalam tubuh. Maka tidak heran apabila kita menemukan produk kesehatan pelancar pencernaan yang terbuat dari jeruk.

7. Sumber Karbohidrat

Selain sumber vitamin, jeruk juga merupakan sumber karbohidrat. Jeruk memiliki indeks glikemik 40 yang dianggap rendah. Sehingga selama tidak memakannya secara berlebihan pada satu waktu, hal ini tidak akan memengaruhi kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

8. Membantu Menjaga Sistem Imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C paling tinggi. Dibandingkan jenis buah lain, jeruk mengandung vitamin C lebih banyak. Pada buah jeruk berukuran sedang, anda bisa memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan vitamin C pada tubuh. Dan sudah banyak diketahui bahwa Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, maka jeruk dapat membantu kita dalam menjaga sistem imun tubuh.

Dan itulah 8 manfaat dari buah jeruk yang biasa anda temukan di pasar. Selain harganya yang tidak mahal dan rasanya yang enak, buah jeruk mampu memberikan manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Salam takzim


 

Post a Comment

22 Comments

  1. Jadi penting banget yak kak untuk tetap sehat dengan mengonsumsi jeruk ini

    ReplyDelete
  2. Manfaat buah jeruk memang begitu banyak dan sudah tak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  3. sayangnya saya sekarang ga terlalu suka jeruk, udah ga kuat kalau makan asem2 :)

    ReplyDelete
  4. Pecinta jeruk garis keras hadiiiirrrr :D
    Doyan buangeett aku ama jeruk.
    Mau dimakan langsung, atau dibikin jus, endolitaaa semuaaa
    Dan manfaatnya segambreeengg yak

    ReplyDelete
  5. Dengan kandungan vitamin-c yang tinggi memang jeruk merupakan buah yang bermanfaat, dan saya sendiri sangat rajin mengkonsumsinya karena membuat badan menjadi lebih sehat dan segar

    ReplyDelete
  6. jeruk itu buah yang murah dan ternyata kaya manfaat ya...
    kalau aku sukanya yang ada sedikit kecut kecutnya gitu, lebih seger...

    ReplyDelete
  7. Hehe buah jeruk favorit anak-anak juga nih di rumah, kalau beli jeruk langsung ludes, apalagi kalau rasanya manis hehe

    ReplyDelete
  8. akhir2 ini di rumah jarang ada buah. 2 bulan terakhir ini.
    biasanya ada aja yang ngasih buah, kadang jeruk. tapi yaaa hmm mungkin harus beli buah sendiri

    ReplyDelete
  9. banyak banget ya manfaat buah jeruk. paling mudah didapatkan dan harganya tidak begitu mahal. Tinggal rutin dikonsumsi biar bisa dapat manfaatnya

    ReplyDelete
  10. Sy juga stok jeruk dikulkas kak.
    Jadi sekarang banyakin stok buah, aplagi cuaca nya ekstrem..
    Jaga daya tahan tubuh lebih penting

    ReplyDelete
  11. wah baru tau mba kalau kandungan jeruk itu sangat banyak dan sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi buah jeruk itu gampang didapatkan tidak seperti buah lainnya. Perlu dirutinkan untuk beli buah jeruk klo gini

    ReplyDelete
  12. Banyak manfaat jeruk. Pantas saja sering digunakan untuk program diet.
    Saya pernah coba tapi bukan diet yang ketat. Cuma tiap hari minum air jeruk beberapa butir. Badan jadi enteng

    ReplyDelete
  13. Wah, ternyata si jeruk yang asem seger ini kaya manfaatnya ya. Aslinya aku cuma tau kalo jeruk sumber vitamin c aja.
    Abis ini jadi pengin borong jeruk deh. Udah lama juga gak makan jeruk aku nih. Hihihihi

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya aku suk banget jeruk karena aroma dan rasanya segarrrr banget. Tapi sayang dia musiman ya. Jadi kalau pas gak musim harganya cenderung mahal, hiks.. padahal manfaatnya luar biasa

    ReplyDelete
  15. Paling suka sama manfaat jeruk untuk kesehatan kulit dan menjaga imunitas tubuh. Bagiku sekarang dua manfaat ini terpenting sekarang. Harus punya stok jeruk nih di kulkas.

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget jeruk mbak, baik dimakan gtu aja atau dijadikan jus.
    Baru tahu nih kalau buah ini merupakan sumber karbohidrat. Berarti kalau utk penderita diabetes sebaiknya jgn sering makan buah ini ya TFS

    ReplyDelete
  17. wah pas banget lagi musim jeruk nih, dimana-mana ada, sama biar gak kekurangan vitamin c yaa kak

    ReplyDelete
  18. Buah yanh satu ini memang banyak banget sih manfaatnya aku suka banget sama jeruk biasanya lebih praktis aku peras 1 atau 2 jeruk.

    ReplyDelete
  19. Manfaat jeruk beneran banyak pisan ya Teh, di rumah selalu sedia jeruk biar kalau mau makan jeruk bisa langsung ambil

    ReplyDelete
  20. Ibuku banget.
    Kalau lihat jeruk auto ngupas dan pasti dikasihin ke anak atau cucunya.
    MashaAllah~
    Manfaatnya memang luar biasa yaa...terutama untuk menjaga imunitas.

    ReplyDelete
  21. Subhanallah ternyata banyak sekali manfaat dari buah Jeruk ini, kebetulan kami sekeluarga suka makan buah satu ini. Apalagi saat pandemi gini penting banget jaga imunitas.

    ReplyDelete
  22. Aiiih ternyata bagus untuk sistem imun tubuh dan dapat mencegah kanker juga ya, aku suka banget jeruk sih ini, apalagi kalau rasanya yang asam manis, enak mau dimakan langsung atau dicampur air dan dijadikan jus, tentunya tanpa gula

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^