Obat Batuk Aman Untuk Ibu Menyusui

Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan atau penyakit yang cukup menyiksa baik jenis batuk kering maupun batuk berdahak. Gangguan kesehatan ini dapat cukup mengganggu kenyamanan saat melakukan aktivitas karena tenggorokan yang terasa gatal.

Gangguan kesehatan ini juga tentunya bisa dialami siapa saja termasuk juga terjadi pada ibu yang sedang menjalani masa pemberian ASI eksklusif. Jika terjadi pada ibu menyusui, tentu batuk ini juga akan sangat mengganggu dan bahkan dapat mengkhawatirkan karena takut menular pada bayi.
Seperti halnya saat sedang dalam proses kehamilan, ibu menyusui juga tidak dapat diperbolehkan untuk mengonsumsi obat-obatan dengan sembarangan. Karena hal ini tentu terdapat obat yang dapat berpengaruh pada kualitas ASI. Namun, jangan khawatir batuk ini dapat ditangani cukup dengan obat batuk untuk ibu menyusui dari bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi batuk yang sedang alami oleh ibu hamil.

Bubuk Akar Manis

Pernahkah teman-teman mendengar tentang akar manis? Akar manis ini merupakan salah satu obat tradisional yang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Bahan alami tradisional ini diakui dapat mengatasi batuk, flu, serta infeksi saluran pada pernapasan. 

Cara mengolah bahan alami ini untuk menjadi obat batuk untuk ibu menyusui yaitu dengan cara mencuci bahan kemudian menghancurkan akar manis tersebut hingga halus. Kemudian larutkan bubuk akar manis dengan dua cangkir air. Namun, sebelum meminumnya, kita dapat menyaringnya terlebih dahulu.
Obat Batuk Aman Untuk Ibu Menyusui
Akar manis

Jahe dan Lemon

Selanjutnya, kita dapat memilih bahan alami lainnya sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yaitu dengan membuat campuran lemon dan juga jahe. Lemon dan juga jahe ini bisa mengatasi batuk kering. Pasalnya, keduanya memiliki anti inflamasi yaitu sifat yang berfungsi untuk mengurangi risiko iritasi pada tenggorokan maupun paru-paru serta melegakan saluran pernapasan. 
 
Obat Batuk Alami Untuk Ibu Menyusui
Jahe lemon obat alami untuk ibu menyusui

Untuk memanfaatkan kedua bahan alami ini, kita hanya perlu merebus air kemudian mencampurkan jahe ke dalamnya hingga air mendidih. Kemudian, saat air telah berkurang kita dapat meniriskannya dan mencampurkan dengan perasan lemon. Kita dapat juga menambahkan madu agar rasa dari obat batuk untuk ibu menyusui alami ini lebih terasa nikmat. 

Bawang Putih

Salah satu bumbu masak yang dapat dijadikan obat batuk aman untuk ibu menyusui yaitu bawang putih. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Gunakan bawang putih sebagai obat alami dengan cara mengonsumsinya mentah-mentah sebanyak satu butir per hari.

Namun sebaiknya tidak mengonsumsi bawang putih secara berlebihan, karena pada beberapa orang dapat memberi efek negatif. Dampak negatif yang biasanya muncul yaitu pusing dan sakit perut.
Obat Untuk Ibu Menyusui yang Alami dan Aman


Madu

Madu sudah terkenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit termasuk menyembuhkan batuk. Sifatnya yang alami tentu aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sebaiknya mengonsumsi 1-2 sendok madu setiap pagi. Campurkan dengan teh hangat supaya lebih nikmat. Madu selain bermanfaat sebagai obat jua dapat menjaga daya tahan tubuh dan melancarkan ASI

Itulah uraian informasi tentang beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat batuk untuk ibu menyusui. Semoga dengan informasi ini, dapat mengatasi permasalahan batuk yang melanda dengan obat yang cocok dan sangat aman terutama bagi para ibu menyusui. Sehingga kemudian obat-obat yang ia konsumsi tidak berpengaruh pada kesehatan si kecil dan juga kualitas ASI akan tetap terjaga baiknya. 
 

 
Salam takzim

Post a Comment

19 Comments

  1. yang alami memang lebih baik ya mba, aku juga dl tiap batuk minum obat batuk tapi perasaan makin kesini kok kurang ngefek yaa, akhirnya aku beralih ke herbal deh

    ReplyDelete
  2. Memang bahan-bahan alami seperti ini bagus untuk mengobati dan aman, apalagi batuk ini berbahaya untuk bumil.

    ReplyDelete
  3. Banyak ya tanaman untuk ngobatin batuk yang aman. Saya dulu pake tetesan air jeruk campur kecap asin

    ReplyDelete
  4. Kalau saya dulu pakai jahe Mba, tapi waktu hamil memang hati-hati banget sih, karena kalau baca-baca memang ada efeknya kalau kebanyakan.

    Setelah nyusuin baru berani agak banyakan jahenya, enak banget nggak perlu minum obat lagi.

    Bahkan kebawa dong sampai sekarang, meski nggak lagi batuk, selalu rutin minum air jahe :)

    Anak-anakpun kalau udah mulai ga enak badan, saya buatin teh atau susu jahe :D

    ReplyDelete
  5. iya bener, ibu hamil jangan minum sembarang obat ya, lebih baik kembali ke pengobatan dengan bahan alami seperti ini.. perbanyak juga minum air putih hangat ya..

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat dulu waktu hamil dan menyusui. Kalau pas lagi batuk atau flu gak berani minum obat sembarangan. Jadi obatnya harus obat herbal bikinan sendiri

    ReplyDelete
  7. Memang kalo lagi hamil atau menyusui kita harus lebih hati2 dalam memilih obat yah Teeeh, lebih aman yang alami aja deh

    ReplyDelete
  8. Aku pernah mba pas hamil tuh batuk, mba. Bisa sampai dua bulan lebih dan menyiksa. Udah minum obat tapi emang ga bisa sembarang obat. Tapi dokte rbilang, ibu pas abis lahiran pasti batuk ilang. eh beneran ilang batuknya pas anakku lahir mba :D

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada banyak opsi pengobatan herbal untuk mengatasi batuk ya, Mba. Saya tahunya cuma campuran kecap dan jeruk nipis (karena ini resep turunan dari ibu, hihi 🙈).

    ReplyDelete
  10. Jahe tambah lemon tambah madu, beeeeuuuhhhh, nikmatnyaaaa.... Ga batuk aja aku doyan ini Mbak.... bikin badan enakan gitu ya....

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya pake air jahe ama jeruk nipis juga, mba.. Enak di tenggorokan. Kadang juga pake jeruk nipis ama kecap manis.

    ReplyDelete
  12. Jahe dan lemon mudah di dapat di pasar dan harga juga terjangkau.

    Apalagi bisa mengatasi batuk pilek pada ibu menyusui

    ReplyDelete
  13. Ibu hamil suka bingung ya kalau mau minum obat soalnya ada janin yang harus diperhatikan juga. Paling aman sih pilih obat gerbal ya supaya ga mempengaruhi janin. Jahe sama lemon enak banget hangat ya

    ReplyDelete
  14. Obat batuk untuk ibu menyusui memang harus aman karena secara tdk langsung bakal berpengaruh ke anak juga. Pilihan obat herbal memang bagus nih...

    ReplyDelete
  15. Dari empat bahan alami untuk mengatasi batuk yang saya baru tau itu bawang putih ternyata bisa juga untuk mengatasi batuk

    ReplyDelete
  16. Waktu saya hamil dan menyusui juga pakai ramuan herbal aja mbak untuk obat batuk. Kalau saya jeruk nipis tambah madu, masing masing satu sendok, ampuh banget.

    ReplyDelete
  17. Ini yang dibutuhkan kalau kelak jadi ibu hamil dan busui. Karena memang harus selektif lagi memilih obat ya

    ReplyDelete
  18. Jahe lemon paling mujarab bagi aku. Belum pernah coba bubuk akar manis.

    ReplyDelete
  19. Aman ya kalau menggunakan bahan-bahan herbal gini. Tidak bisa sembarang minum obat soalnya kalau pas hamil gitu. Saya pun biasanya klo batuk lebih memilih minum jahe untuk meringankan dan menyembuhkan sekaligus.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^