Selain Urutannya, Ini Doa Sebelum Wudhu yang Wajib Kita Tahu

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan ketika akan beribadah adalah menyucikan diri terlebih dahulu. Menyucikan diri ini ada dua macamnya, yakni dengan mandi untuk membersihkan hadas besar, dan wudhu untuk membersihkan hadas kecil. 

Doa Berwudhu Yang Perlu Diketahui


Bahkan, dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa tidak diterimanya shalat dari seorang umat Islam adalah hingga dirinya benar-benar sudah bersih dari hadas.
Nah, berbicara soal wudhu, agar wudhu bisa dianggap sah, maka ada urutan yang harus kita lakukan dengan benar. Selain itu, ada juga doa yang harus kita baca sebelum dan sesudah berwudhu dilakukan. Lantas, apa saja bacaan niat, doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu ini?

Bacaan Doa Sebelum Wudhu

Sebelum kita mulai berwudhu, selain niat, maka ada satu doa yang perlu kita lafalkan terlebih dahulu. Bacaan doa sebelum wudhu ini adalah bacaan syahadat. Dan bacaan tersebut berbunyi:
 
 "Aasyhadu An Laa Ilaaha Illallaahu, Wa Asyhaduanna Muhammadar Rasuululah."

Bacaan Niat Berwudhu

Setelah itu, ketika sudah siap untuk berwudhu, maka ada niat yang harus kita baca. Bacaan niat berwudhu ini berbunyi, 
 
Nawaitul Wudhu’a Lirof’il Hadasil Ashghori Fardhol Lillaahi Ta’aala. 
"Saya niat berwudhu untuk mengangkat hadas kecil fardhu karena Allah Ta’aala.

Ketika niat tersebut sudah kita baca, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mulai berwudhu. Namun, kita harus berwudhu sesuai dengan urutan yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Urutan dari niat berwudhu ini adalah sebagai berikut ini.

1. Membaca niat berwudhu dengan baik dan benar.

2. Membasuh seluruh telapak tangan hingga ke sela-sela jari tangan.

3. Berkumur-kumur untuk menghilangkan sisa dari kotoran yang ada di dalam mulut dan gigi kita.

4. Membersihkan lubang hidung dengan cara menghirup air wudhu lalu mengeluarkannya lagi.

5. Membasuh wajah mulai dari bagian ujung kepala yang mengenai bagian rambut, hingga ke bagian bawah dagu.

6. Membasuh kedua tangan hingga siku, dan dimulai dari tangan sebelah kanan terlebih dahulu.

7. Mengusap bagian kepala hingga ke arah belakang kepala.

8. Mengusap kedua bagian telinga.

9. Membasuh kaki hingga mata kaki, dan dimulai dari kaki sebelah kanan terlebih dahulu.

Semua urutan tersebut harus dimulai dari sebelah kanan terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan bagian sebelah kiri. Masing-masing urutan dilakukan sebanyak 3 kali.

Bacaan Setelah Wudhu

Setelah semua urutan berwudhu dilakukan dengan tertib, maka selanjutnya adalah membaca doa setelah berwudhu. Bacaan doa tersebut berbunyi
 
Asyhadu Alla Ilaha Illallahu Wahdahu La Syarika Lahu wa Asyhadu anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasuluhu, Allahummaj’alni Minat Tawwabinawaj’alnii Minal Mutathahhirina.

Artinya adalah aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Selain itu, aku juga bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang shalih.

Inilah bacaan niat berwudhu, doa sebelum wudhu, dan doa setelah berwudhu yang perlu kita ketahui. Semoga dengan penjelasan ini kita bisa semakin hapal dengan doa tersebut.

Bahkan, kita bisa mengajarkannya pada anak, agar sang anak bisa menghapal doa dengan mudah. Selain itu, kita juga bisa mempraktekkannya setiap hari dengan anak untuk mengajarkannya secara rutin. Dengan menghapalnya sebaik mungkin, maka kita pun akan mendapatkan banyak pahala. 
 
Semoga bermanfaat
Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah mantep ini selalu lupa kalau doa sesudah wudu, hehe, terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^