Kinerja Positif dari PT Gunung Raja Paksi (GRP) Sehingga Masuk Fortune Indonesia 100

Winston Utomo dan William Utomo, selaku founders IDN Media mengatakan kehadiran Fortune Indonesia di negeri ini selaras dengan visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat. IDN Media berkomitmen untuk memberikan akses menuju jurnalisme bisnis dengan kualitas terbaik, membagikan cerita ke khalayak luas, dan membawa dampak positif bagi generasi penerus bangsa.

Fortune Indonesia 100

Pada edisi kedua dalam peluncurannya, Fortune Indonesia: media binis dan ekonomi merilis pemeringkatan Fortune Indonesia 100 yang terbit pada pertengahan September 2021. Untuk kedepannya Fortune Indonesia akan mengeluarkan pemeringkatan Fortune yang telah lama melegenda, seperti Fortune 40 Under 40, dan Fortune’s Greatest Leaders. Di tahun fiscal 2020, tim Fortune Indonesia telah menelaah 600 laporan keuangan perusahaan, baik perusahaan terbuka atau tertutup (persero) untuk melahirkan Fortune Indonesia 100, yaitu untuk mendapatkan peringkat 100 perusahaan terbesar di Indonesia.

Pemeringkatan Fortune Indonesia 100 berbeda dengan pemeringkatan yang lainnya, karena dibuat berdasarkan prestasi perusahaan yang menorehkan kinerja pada periode tertentu. Penentuan daftar peringkat tersebut dibuat tanpa melekatkan subjektivitas data, melainkan sepenuhnya bersandar pada performa perusahaan yang dilaporkan pada regulator.

Dan salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune Indonesia 100 adalah PT Gunung Raja Paksi Tbk. Industri baja swasta nasional tersebut berada pada peringkat 85. Dengan posisi tersebut, GRP berada di atas perusahaan nasional terkemuka, seperti PT Uni-Charm Indonesia Tbk, PT Ciputra Development Tbk, PT Garudafood Putra Jaya Tbk, dan PT Samudera Indonesia Tbk.

Abednedju Giovano Warani Sangkaeng, selaku Presiden Direktur GRP dalam keterangan tertulisnya, Rabu (06 Oktober 2021), menegaskan, ”Kami tentu bangga dengan pencapaian tersebut,. Masuknya GRP ke dalam Fortune Indonesia, merupakan capaian positif perusahaan di tengah Pandemi Covid-19”.

Menurut Sangkaeng, pemeringkatan Fortune Indonesia 100 merupakan hasil kerja keras perusahaan. Di tengah tekanan pandemi, justru memperlihatkan kinerja keuangan yang sangat positif. “Penilaian juga diambil berdasarkan laporan kinerja. Dan GRP memang menorehkan kinerja positif,” kata Sangkaeng melanjutkan.

Menurut Sangkaeng, kinerja positif tersebut tak lepas dari efisiensi yang dilakukan perusahaan. Strategi tersebut, membuat perusahaan bisa meraup laba meski penjualan menurun. Dibandingkan periode yang sama, penjualan bersih semester pertama tahun ini tercatat 297,04 juta dolar AS atau lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu, yaitu 315,65 juta dolar AS.

Karena efisiensi pula, beban pokok penjualan juga menurun tajam, yaitu dari 304,83 juta dolar AS periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi 256,60 juta dolar AS pada 2021.

Sangkaeng menambahkan, “Penurunan beban tersebut, mengakibatkan laba bruto juga naik menjadi 40,44 juta dolar AS naik, dari 10,82 juta dolar AS pada 2020”.

Sementara itu, Prof. Sulastri Surono, pakar ekonomi Universitas Indonesia, menilai positif perusahaan yang masuk pemeringkatan fortune Indonesia. Menurutnya, pemeringkatan tersebut bisa memunculkan optimisme di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

“Kalau menurut Fortune Indonesia karena kinerja, bisa jadi yang masuk peringkat juga memiliki kinerja baik. Ini juga merupakan cermin dari optimisme suatu perusahaan, untuk mendorong perusahaan-perusahaan lain agar kinerja mereka juga meningkat,” Sulastri menegaskan.

Beliau pun tidak menepis, bahwa perusahaan yang bearada dalam daftar Fortune Indonesia, sudah menunjukkan daya saing di tengah badai pandemi. Itu artinya, ada hal yang menjanjikan di tengah pandemi.

“Dengan demikian, juga memunculkan optimisme bagi perusahaan lain di tengah kondisi saat ini. Bahwa ada promosing dalam situasi seperti ini,” pungkas dia.

Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah mantep PT Gunung Raja Paksi bisa masuk fortune yang keren abis :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^