Kelestarian Lingkungan Bersama Blackmores Peduli

Isu pencemaran lingkungan sudah semakin serius. Miris mengetahui fakta banyaknya masalah lingkungan hidup yang ada di Indonesia dan dunia. Padahal seperti yang telah kita ketahui, keberlangsungan hidup manusia tergantung pada kelestarian lingkungan. Manusia menjadikan alam sebagai sumber pangan, tempat menghirup udara bersih dan memenuhi kebutuhan hidup lainnya.
 
Masalah lingkungan yang terjadi sudah seharusnya menjadi kesadaran kita semua untuk menanggulanginya. Apa saja masalah lingkungan yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia? Bagaimana solusinya mengenai masalah ini? 

Kelestarian Lingkungan Bersama Program Blackmores Peduli

Masalah Lingkungan Hidup dan Pemicunya

Berbagai masalah lingkungan hidup ini jika tidak disadari dan dicari solusinya akan bisa berkelanjutan dan membahayakan kehidupan manusia dan bumi. Mengingat pentingnya alam sekitar kita sebagai sumber pemenuhan segala kebutuhan hidup manusia. Alam yang rusak sama saja dengan menghilangkan persediaan cadangan makanan kita.

Mari kita simak apa saja masalah lingkungan yang kini dihadapi oleh dunia termasuk Indonesia dan pemicunya. Masalah lingkungan yang kini sedang dihadapi oleh dunia di antaranya: 

Polusi

Pencemaran lingkungan hidup atau polusi merupakan masalah lingkungan hidup yang mesti dicari solusinya. Lingkungan yang terkena polusi udara, tanah dan air bisa kembali menjadi normal membutuhkan waktu jutaan tahun. Hal ini tentunya menjadi perhatian dunia dan berusaha untuk mencari solusinya.

Yang menjadi penyebab utama sumber pencemaran udara yaitu asap kendaraan bermotor dan sektor industri. Plastik, logam berat, limbah industri, sisa pembakaran bahan bakar fosil menjadi tanggung jawab pencemaran tanah yang merusak unsur hara dan zat nutrisi dalam tanah. Sedangkan pencemaran air banyak disebabkan oleh tumpahan minyak, limbah rumah tangga, dan limbah industri. 

Menipisnya Sumber Daya Alam

Untuk kehidupan sehari-hari penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dapat menimbulkan pemanasan global dan perubahan iklim. Menyikapi menipisnya sumber daya alam banyak pihak yang mulai beralih menggunakan sumber daya terbarukan seperti biogas, listrik tenaga surya atau mobil tenaga matahari yang telah diterapkan di negara maju. Meskipun dalam jangka pendek, instalasi peralatan teknologi ramah lingkungan ini memerlukan biaya yang besar tetapi untuk jangka panjang akan dirasakan murah dibandingkan menggunakan energi fosil.
 

Ledakan Populasi

Semakin tingginya populasi yang terjadi di planet kita berdampak pada ketersediaan sumber daya seperti makanan, air dan bahan bakar. Terutama di negara-negara maju dan berkembang, ledakan populasi terus menyebabkan semakin langkanya sumber daya alam. Sektor pertanian yang diberdayakan untuk meningkatkan sumber pangan dengan menggunakan pestisida justru menimbulkan masalah baru. Banyak kerusakan berupa menurunnya kualitas tanah akibat penggunaan pestisida.
 

Pemanasan Global

Perubahan iklim akibat pemanasan global terjadi akibat praktik manusia seperti emisi gas rumah kaca. Akibat pemanasan global suhu lautan dan permukaan bumi menjadi semakin meningkat. Kondisi tersebut menyebabkan cairnya es di kutub dan kenaikan permukaan air laut.

Selain itu pemanasan global memicu perubahan pola alami musim hujan dan curah hujan seperti hujan salju, banjir bandang atau terbentuknya gurun. Perubahan cuaca juga disinyalir membuat produksi pertanian mengalami gagal panen juga memperbesar peluang terjadinya kebakaran hutan akibat musim kering yang berkepanjangan. 

Pembuangan Limbah

Pembuangan limbah juga menjadi masalah lingkungan yang harus menjadi perhatian. Terutama limbah plastik dan sampah rumah tangga yang ada di perkotaan. Misalnya Kali Ciliwung di Jakarta. Selain itu limbah industri juga ikut bertanggung jawab dalam pencemaran lingkungan. Limbah yang sering dibuang ke sungai dapat menyebabkan makhluk hidup seperti ikan-ikan menjadi mati. Pencemaran yang terjadi di sungai dapat menyebabkan pencemaran di laut dan merusak ekosistem laut. 

Penumpukan Sampah

Semakin banyak populasi manusia berbanding dengan tingkat konsumsi yang meningkat. Hal ini menyebabkan jumlah sampah yang dihasilkan pun semakin banyak. Penumpukan sampah membuat lingkungan menjadi kotor dan bisa menjadi sumber penyakit.

Untuk menghindari penumpukan sampah, kita bisa menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan dari rumah. Tindakan kecil dari rumah, tetapi bisa bermakna besar bagi kelestarian lingkungan. Perlakuan terhadap sampah rumah tangga di antaranya: 
  1. Membuat tempat pembuangan sampah terpadu. 
  2. Menerapkan pola hidup 4R yaitu replace, reduce, reuse dan recycle
  3. Memisahkan tempat sampah organik dan anorganik

Pencemaran Sungai

59 persen sungai di Indonesia dalam kondisi tercemar berat. Hal tersebut diungkapkan oleh Pejabat Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Luckmi Purwandari Direktur Pengendalian Pencemaran Air Ditjen PPKL KLHK, dikonfirmasi Antara, Selasa (27/7/2021) mengatakan bahwa dari data yang sudah direkap pada tahun 2020, kondisi cemar dari 564 titik, ada 59 persen tercemar berat, 26,6 persen tercemar sedang dan 8,9 persen tercemar ringan.

Menurut Luckmi sungai di Indonesia tercemar oleh limbah kegiatan industri seperti migas dan pertambangan, limbah peternakan dan limbah rumah tangga. Semua limbah tersebut menyebabkan biota di aliran sungai tidak bisa hidup karena kekurangan oksigen.
Menurut data yang ada, pencemaran sungai masihlah cukup tinggi. Dan semua itu berpengaruh kepada kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya. 
 
Pencemaran Lingkungan yang Dihadapi Dunia


Berbagai masalah lingkungan hidup ini harus tetap menjadi perhatian yang utama. Karena kehidupan manusia sangat tergantung dengan kelestarian lingkungan. Lingkungan yang sehat dan lestari merupakan kesatuan utuh yang menunjang kehidupan manusia. Kita tidak ingin kekurangan sumber pangan, rugi dari segi ekonomi dan sosial akibat kerusakan alam, bukan?

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

Masalah lingkungan hidup yang terjadi di sekitar kita tentunya berdampak dengan kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Apalagi manusia sangat tergantung pada alam. Tergantung pada lingkungan hidup yang berpengaruh kepada kelangsungan hidup manusia seperti hewan dan tumbuhan. Mari kita amati dampak kerusakan lingkungan yang perlu mendapat perhatian, yaitu:

Menipisnya Lapisan Ozon

Pemanasan global mengakibatkan penipisan lapisan ozon. Kondisi tersebut membuat tingkat karbondioksida semakin tinggi dan menipisnya oksigen. Apa yang terjadi apabila oksigen di muka bumi ini semakin menipis? Bagaimana kita bernapas? Membayangkannya saja, saya jadi merinding.
 

Gangguan Kesehatan

Limbah yang mencemari air, tanah dan udara dapat memengaruhi kesehatan. Air yang tercemar pastinya tidak sehat untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Begitu pula dengan asap yang dihasilkan oleh limbah pabrik, dapat mengotori udara. Penyakit gangguan pernapasan pun bisa menambah masalah kesehatan masyarakat.
 

Hilangnya Sumber Makanan

Lingkungan yang rusak dapat menyebabkan makhluk hidup yang ada di dalamnya ikut punah. Makhluk hidup berupa hewan dan tanaman yang menjadi sumber pangan manusia. Dengan begitu manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Semua dampak kerusakan lingkungan secara langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi kehidupan manusia. Oleh karena itu pelestarian lingkungan wajib menjadi fokus perhatian demi keberlangsungan hidup manusia. Itulah mengapa gaung menjaga kelestarian lingkungan dilakukan oleh semua pihak.

Kelestarian Lingkungan Tanggung Jawab Siapa?

Upaya menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Jadi bukan berarti pencemaran yang sudah terjadi ini adalah tanggung jawab pemerintah saja. Memang pada pelaksanaannya pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai landasan hukum bagi masyarakat dan aparat pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah antara lain: 
  1. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 mengenai Ketentuan- Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  2. Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 148/11/SK/4/1985 mengenai Pengamanan Bahan Beracun dan Berbahaya di Perusahaan Industri.
  3. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 mengenai Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
  4. Pembentukan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada tahun 1991.
Semua kebijakan tersebut nantinya bisa dijadikan landasan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Seluruh lapisan masyarakat dan aparat pemerintah bersama-sama mencegah kerusakan lingkungan.

Bahkan kini sebagian besar perusahaan juga menggunakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan menjaga kelestarian lingkungan untuk masyarakat sekitar. 

Termasuk perusahaan suplemen kesehatan dari Australia yaitu Blackmores Limited. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1930-an ini meluncurkan Program Blackmores Peduli. Apa yang dimaksud Program Blackmores Peduli itu? 
 
Program Blackmores Peduli Untuk Kelestarian Lingkungan Hidup


Program Blackmores Peduli untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan


Blackmores melalui Program Blackmores Peduli mengajak konsumennya untuk menukarkan botol plastik bekas minyak ikan untuk menjaga laut tetap bersih. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, lautan kita menjadi tempat pertemuan sungai-sungai yang kini tercemar sampah plastik. Organisme di dalamnya mulai mengalami kepunahan. Tentunya menjadi hal yang harus diwaspadai dan diperhatikan.
 
Nah, dengan Program Blackmores Peduli perusahaan berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik bekas vitamin demi menjaga kelestarian lingkungan. Aksi nyata tersebut dilakukan oleh Blackmores melalui salah satu produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil.
 
Sebelum membahas mengenai Program Blackmores Peduli, mari kita bahas produk unggulan dari Blackmores yaitu Blackmores Odourless Fish Oil, yuk! 
 
Suplemen kesehatan Blackmores Odourless Fish Oil
Blackmores Odourless Fish Oil (credit by Mirna Rahardjo)
 
Blackmores Odourless Fish Oil itu merupakan vitamin dan suplemen yang baik untuk kesehatan jantung. Kapsul lunak ini merupakan suplemen dengan minyak ikan 1000 mg yang tidak berbau. Dengan begitu semua orang pasti suka dengan suplemen ini karena tidak akan merasa eneg dengan bau minyak ikannya. Blackmores Odourless Fish Oil bahannya alami, loh! Mengandung Omega-3 dari ikan laut yang bagus untuk menjaga kesehatan.

Dosis yang dianjurkan untuk dewasa yaitu 2 kapsul sehari setelah makan. Sedangkan untuk anak-anak dianjurkan menggunakan 1 kapsul sehari. Blackmores Odourless Fish Oil ini bisa juga dicampurkan ke susu, sereal atau jus buah. Praktis, ya! 
 
Kandungan Blackmores Odourless Fish Oil


Tidak cukup dengan hanya menghadirkan produk unggulan, Blackmores juga meluncurkan Program Blackmores Peduli. Program daur ulang yang mendukung kelestarian lingkungan.

Program Blackmores Peduli bekerja sama dengan ritel kesehatan dan kecantikan Guardian sebagai titik pengumpulan botol plastik bekas minyak ikan serta mengorganisir pengelolaan daur ulang sampah plastik. Sejalan dengan pernyataan Senior Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Ira Fernando yaitu:

“Blackmores Odourless Fish Oil merupakan produk yang datang dari laut, sehingga menjaga kelestarian laut dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi memberikan produk yang terbaik untuk para konsumen. Dengan semakin seriusnya isu pencemaran lingkungan yang terjadi, seperti pembuangan sampah di darat dan laut, program Blackmores Peduli melalui salah satu produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil diharapkan dapat menjadi aksi nyata dari kami untuk terus melakukan lebih dan membantu mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita.”

Sangat disayangkan dalam kenyataannya Indonesia merupakan salah satu kontributor pembuang sampah plastik di dunia ke laut terbesar kedua. Data yang diambil dari National Plastic Action Partnership (NPAP) 1 mengungkapkan bahwa sekitar 4,8 juta ton sampah plastik yang ada di Indonesia tidak diolah dengan baik. Ada sekitar 48% di antaranya dibuang ke lingkungan sekitar dan 9% dari sampah plastik tersebut berakhir di laut.

Berdasarkan data tersebut, Blackmores tergerak untuk melakukan sesuatu untuk lingkungan. Selain itu Blackmores juga ingin membuktikan peranannya di tengah masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Nah salah satu upayanya dengan meluncurkan Program Blackmores Peduli, yaitu gerakan mengurangi jumlah sampah botol plastik. Sampah botol plastik bekas minyak ikan yang terkumpul nantinya akan dilakukan daur ulang agar tidak menambah sampah plastik di laut.

Menurut Ira Fernando, Blackmores sebagai produsen vitamin dan suplemen yang bahan utamanya berasal dari laut seperti minyak ikan, mengajak konsumennya untuk ikut serta menjadi agent of change pelestarian lingkungan. Langkah yang sederhana tetapi berdampak besar ini diharapkan dapat dilakukan oleh Blackmores bersama-sama dengan konsumennya supaya bisa mengurangi sampah plastik khususnya di lautan. Melalui Program Blackmores Peduli semoga dapat membantu masyarakat menjaga keseimbangan lingkungan laut dan lebih peduli dengan isu lingkungan yang ada.

Mekanisme Program Blackmores Peduli

Program Blackmores Peduli ini berlangsung sejak tanggal 25 November 2021 hingga 5 Januari 2022. Bagi konsumen yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) dapat mengikuti program ini melalui 30 cabang Guardian yang tersebar di daerah mereka. 
 
Drop Box Program Blackmores Peduli di Guardian
Masukkan botol plastik bekas minyak ikan di drop box seperti ini, ya!

Nah, teman-teman yang berkunjung ke Blackmores Pop Up Store Guardian akan mendapati drop box besar berwarna biru dengan tulisan Blackmores Peduli di bagian atasnya. Kita masukkan botol plastik bekas minyak dan masukkan ke dalam drop box tersebut. Botol bekasnya harus merek Blackmores? Tidak harus. Kita bisa memasukkan botol plastik bekas minyak ikan merek apapun di sana. Keikutsertaan kita mengikuti Program Blackmores Peduli ini akan diapresiasi oleh Blackmores, loh! Jadi kita akan mendapatkan voucher sebesar Rp. 50.000 pada setiap transaksi yang dilakukan sebagai tanda partisipasi.

Demi menjaga laut tetap bersih seterusnya, Program Blackmores Peduli akan menjadi komitmen jangka panjang dari Blackmores. Selama ini sebagai perusahaan vitamin dan suplemen, Blackmores menjual produk dalam kemasan botol kaca. Kemasannya hampir 98% terbuat dari material kaca. Tentunya kemasan tersebut dapat mengurangi sampah plastik, bukan? Bahkan Blackmores memiliki target dalam 1-2 tahun kedepan akan memakai seratus persen botol kaca pada produknya. Hebat,kan?

Keterangan lebih lengkap mengenai program peduli ini bisa dilihat di media sosial Blackmores yaitu @blackmoresid , ya!

Jaga Kelestarian Lingkungan, Yuk!

Sebagai bagian dari masyarakat, kepedulian Blackmores dengan mengadakan Program Blackmores Peduli dan membuat kemasan non plastik ini tentunya menjadi bagian kepedulian akan kelestarian lingkungan. Bersama-sama dengan aparat pemerintah, beberapa perusahaan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana dengan kita? Apa yang bisa dilakukan untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan? Ikut serta dalam Program Blackmores Peduli itu merupakan salah satu contoh tindakan. Kita juga bisa menerapkan kebiasaan kecil di rumah untuk mencegah pencemaran lingkungan. Cara termudah yaitu dengan menerapkan kebiasaan pola hidup replace, reduce, reuse dan recycle pada sampah rumah tangga kita. Bagaimana? Mudah, bukan? Yuk, jaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita!
 
Jaga Kelestarian Lingkungan Bersama Program Blackmores Peduli

 
#Blackmores 
#BlackmoresPeduli 
#BlackmoresID 
#BeSureWithBlackmores 
#BlackmoresAlwaysDoMore
 

Salam takzim


Sumber:
https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/masalah-lingkungan-hidup-di-indonesia-dan-dunia-saat-ini-15
https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/klhk-59-persen-sungai-di-indonesia-tercemar-berat/

Post a Comment

86 Comments

  1. Hemm semakin banyak saja, ya, sampah yang menumpuk gak bisa bayangin kalau kita terus seperti itu. Yuk, jaga lingkungan dengan blackmores. Mantep, nih.

    ReplyDelete
  2. Penting banget sih menjaga kelestarian lingkungan untuk kebaikan masa depan. Salut sama blackmore!

    ReplyDelete
  3. Salah satu produk Blackmores yang saya gunakan adalah Vitamin C1000 yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Btw bagus banget gerakan peduli lingkungan yang dilakukan Blackmores mbak.

    ReplyDelete
  4. program sederhana tapi punya dampak yang sangat besar ya mba... sampah - sampah plastik ini benar - benar mengganggu ya dan harus kita tangani bersama

    ReplyDelete
  5. sediiih rasanya lihat laut indah kita yang makin tercemar. program seperti ini akan sangat membantu ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku berharap dengan program yang perlu didukung seperti ini, banyak yang makin peduli dan ikut menjaga keindahan laut kita yaa mba

      Delete
  6. Bagus nih programnya ya semoga jd inspirasi perusahaan lainnya untuk ikut peduli pada lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  7. Mba makasih banyak buat ilmunya dan kelestraian emang barus k ita jaga dengan ketat, aku belum pake blackmores mba.

    ReplyDelete
  8. Benar kata, Mbak Nurul. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Terkadang, hal-hal yang kita anggap sepele ternyata dapat berdampak besar. Seperti daur ulang sampah plastik. Aku pribadi berharap banyak warga Jadetabek yang ikut program Blackmores Peduli, Mbak. Karena dampaknya bagus untuk kelestarian laut Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Seneng banegt ada program blackmores peduli jadi kita juga bisa aware sama isu-isu lingkungan dan lumayan banget ya dapat voucher juga.

    ReplyDelete
  10. Indonesia memang memprihatinkan sekali ya untuk urusan penanganan sampahnya. Menarik sekali, dan sangat bermanfaat tentunya Program Blackmores Peduli karena mengajak konsumennya untuk menukarkan botol plastik bekas minyak ikan, sekaligus mengedukasi.

    ReplyDelete
  11. Masalah lingkungan hidup ga pernah habis2 kita bicarakan. karena menyangkut hajat manusia di dunia ini. Aku juga suka miris dengan orang yg tidak peduli pada lingkungan.

    ReplyDelete
  12. ini khusus botol untuk minyak ikan aja ya mba? sayang banget padahal aku ada nih beberapa botol bekas vitamin blackmores tapi yang varian lain :D semoga bisa dituker juga deh

    ReplyDelete
  13. Wah asik banget mba programnya, selain bisa ikut berpartisipasi dalam perlindungan lingkungan juga dapat voucher 50K lumayan banget bisa menghemat

    ReplyDelete
  14. dampak pemanasan global dan perubahan iklim benar benar mulai kelihatan saat ini dengan banyaknya angin topan dan musim yang berantakan

    ReplyDelete
  15. Emang sedih ya kak. Kalo baca baca soal isu lingkungan, makanya emang perlu program yang bantu atasi itu semua. Salut banget sama apa yg dilakukan Blacmores deh. Mudah mudahan banyak perusahaan lain yg mengikuti

    ReplyDelete
  16. Wah bagus nih program peduli lingkungan dari Blackmores ini. Semoga ke depannya sampah plastik dapat berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, jadi pengingat buat kitanya juga ya untuk bisa turut berkontribusi

      Delete
  17. Blackmores ini sangat peduli terhadap lingkungan ya kak. Apalagi kita dapat voucher belanja Rp 50 ribu kalo menukarkan botol bekasnya. Asyik sekali nih. Lingkungan dan tubuh kita sama2 sehat jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelestarian lingkungan sudah selayaknya tugas kita bersama. Cuma dengan hal sepele, misalnya tidak membuang sampah sembarang. Cara lainnya ya tidak membeli produk2 yang kemasannya tidak ramah lingkungan. Beruntung Blackmores akan mengubah kemasannya dari plastik menjadi kaca. Botol2 yang digunakannya juga bisa ditukar kembali dgn voucher. Asyik banget tuh. Jadi botol2nya tdk terbuang percuma dan bisa digunakan lagi.

      Delete
  18. Banyak sekali masalah lingkungan yang dibuat oleh manusia sendiri ya kak. Kesadaran kita untuk mengolah dan memanage sampah yang dihasilkan. kepedulian Blackmores ini patut diapresiasi

    ReplyDelete
  19. kalau ngomongin tanggungjawab, ya kudunya semua yang ada di bumi itu bertanggung jawab ya :( sayangnya engga semua sudah bener2 sadar. semoga aja semakin banyak program2 serupa untuk membantu kelestarian lingkungan, terutama untuk kebersihan laut kita ya

    ReplyDelete
  20. Keren ada gerakan positif seperti ini. Gerakan dari Blackmores perlu dicontoh oleh brand lain untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan di dunia.

    Aku juga jadi lebih aware sekarang karena pernah belajar tentang toksikologi lingkungan. Segala hal yg diupayakan untuk menggantikan fungsi alam bakalan berdampak buruk termasuk masalah kesehatan.

    Memang butuh waktu juga ya untuk bisa menggerakkan orang untuk ketrigger dan mau melakukan upaya ini secara masif. Semoga yg baca artikel ini juga jadi ikut tergerak untuk melakukan sesuatu yg berdampak bagi lingkungan.

    Nice article mba, thanks for share :D

    ReplyDelete
  21. Kebersihan dan kelestarian lingkungan jelas menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai penduduk bumi. Kadang ada yang ga sadar gitu ya, membuang sampah plastik secara sembarangan. Semoga gerakan Blackmores Peduli bisa menyadarkan mereka dan mulai bijak mengelola sampah plastiknya.

    ReplyDelete
  22. Kuncinya, harus segera disadari dan dicari solusinya ya, Mbak Nurul. Karena itu, kalau dibiarkan, tidak hanya menganggu kehidupan sekarang, tapi juga berimbas di kehidupan akan datang. Apalagi masalah lingkungan tidak hanya satu, tapi banyak, dan semua saling berhubungan. Dan jelas, ini merupakan tanggung jawab kita semua.

    ReplyDelete
  23. Kereenn Blackmores ini. sukaa sama programnya untuk bumi yang lebih baik ke depannya <3

    ReplyDelete
  24. Ini sama dengan kalau di Surabaya ada bus yang pembayarannya dengan botol-botol plastik bekas minum. Busnya nyaman banget. Saya pernah ditolak ikut bus tersebut karena nggak bawa botol plastik bekas sebagai pembayaran.

    Kalau program blackmores ini hanya sebatas botol plastik bekas minyak ikan dan khusus yang labelnya blackmores juga ya, Kak?

    ReplyDelete
  25. Tulisan yang menarik. Menjaga lingkungan memang sdh menjadi bagian kita sebagai insan penghuni bumi ini, utk merawat dan menjaga bumi sebagai tempat tinggal di dunia ini

    ReplyDelete
  26. Kampanye lingkungan hidup harus terus digaungkan dan diimplementasikan.
    Sampah plastik harus menjadi kepudilian kita semua. Salut dengan ide Blackmores terhadap kepedulian lingkungan. Semoga terus berkelanjutan.

    ReplyDelete
  27. Blackmores Peduli Lingkungan, tentu kampanye ini harus kita sambut dengan tangan terbuka. Indonesia lagi butuh-butuhnya semangat kayak gini. Minimal Blackmores sudah memulai dari kemasan-kemasan produknya.

    ReplyDelete
  28. Program yang mantap untuk meminimalisir sampah plastik, jadi selain merasakan manfaat kesehatannya juga mendapat cuan yang lumayan.

    ReplyDelete
  29. Semangat untuk jaga lingkungan. Karena memang harus dimulai dari kita, dan bisa berkontribusi juga

    ReplyDelete
  30. Udah mulai banyak ya kak produsen produm dengan kemasan plastik yang mulai aware sama lingkungan hidup. Seneng akhirnya blackmores juga peduli terhadap kelestarian alam. Salah satunya dengan program mengurangi sampah plastik ini

    ReplyDelete
  31. saya juga pengguna blackmores untuk kesehatan badan saya, tapi saya belum pernah ikut nyobain kegiatan blackmores niy

    ReplyDelete
  32. mantap banget nih programnya Blackmores :) memang harus kerjasama dari semua pihak ya untuk mengatasi masalah lingkungan ini, semoga makin banyak yang aware :)

    ReplyDelete
  33. Semoga dengan langkah kecil Program Blackmores Peduli, kita semua bisa belajar bahwa pentingnya mendaur ulang limbah plastik agar tidak terbuang sia-sia ke lingkungan.

    ReplyDelete
  34. Bagus sekali ya program blackmore ini, semoga semakin banyak yang mengikuti program ini, dan brand lain juga termotivasi untuk bikin program sejenis juga.

    ReplyDelete
  35. Daebak si sama Blavkmores, bukan cuma mikirin bagaiimana bisa untung tapi juga peduli dengan lingkungan sekitar

    ReplyDelete
  36. Iya bener teh, lingkungan kita udah mulai rusak ya kayak yang udah teteh jelasin di atas. Karena aku sadar lingkungan udah mulai rusak jadi aku berusaha banget untuk nggak memperparahnya contohnya untuk ga buang sampah sembarangan, hemat listrik, pakai air sebutuhnya, mengurangi kantong plastik dll.

    Aku juga salut nih ama blacmores ikut peduli lingkungan juga dengan menukarkan botol minyak ikan. Semoga sukses program mereka

    ReplyDelete
  37. Penumpukan sampah memang masih menjadi isu genting saat ini. Sekarang membuang sampah pada tempatnya bukan lagi menjadi solusi. kita harus mengurangi sampah dan sebisa mungkin mendaur ulangnya. Keren ih Blackmores Peduli ini dalam upaya menjaga kelesetarian lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, memang harus melibatkan semua pihak ya untuk mengatasi masalah sampah ini. semakin hari semakin menumpuk, karena ya tiada hari tanpa sampah.

      Delete
  38. Seneng deh jadi makin banyak produsen yang peduli dengan Iingkungan supaya bumi jadi lebih sehat

    ReplyDelete
  39. keren gerakan blackmores peduli, inovatif. semoga pencemaran lingkungan dapat diminimalisir agar tak terjadi hal yang tak diinginkan

    ReplyDelete
  40. aku lumayan sering ke Guardian, dan super hepiiii bgt dgn terobosan kece ala Blackmores ini
    Program Blackmores Peduli ini menunjukkan kalo perusahaan berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik bekas vitamin demi menjaga kelestarian lingkungan.
    Keren!

    ReplyDelete
  41. Bagus sekali program kelestarian lingkungan yang dijalankan oleh Blackmores Peduli ini. Hanya dengan menukarkan botol kemasan bekasnya kita sudah turut membantu pengurangan sampah2 plastik. Semoga berkesinambungan dan konsumen semakin sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  42. Keren banget ini programnya Blackmores..karena masalah lingkungan khususnya masalah kemasan plastik/kaca gak mudah untuk diatasi kalau gak dimulai dengan program kayak gini...

    ReplyDelete
  43. Aku tuh baru tahu mba kalau Blackmore ini punya kampanye yang bagus untuk melestarikan lingkungan. Apalagi emang skarang harus benar sama sama jaga kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  44. Botol Blackmores tebal, terbuat dari kaca. Selesai konsumsi vitaminnya sayang gitu dibuang tapi kalau disimpan ya buat apa. Eh sekarang ada Dropbox untuk botol bekas, dapat voucher 50000 pula.

    ReplyDelete
  45. Masalah lingkungan memang seharusnya jadi fokus kita sedari dulu. Harusnya kita sadar dampak buruk membuang sampah sembarangan, dampak buruk terlalu banyak bergantung pada kendaraan pribadi, atau pemborosan energi seperti penggunaan listrik berlebihan dan lain-lain.

    Semoga program Blackmores ini benar-benar membangkitkan lagi kepedulian kita pada lingkungan.

    ReplyDelete
  46. Pandemi membuat sampah dan limbah menjadi semakin enggak terkontrol ya, keren sekali blackmores karena punya program dan peduli lingkungan, setidaknya sedikit demi sedikit kita membantu menangani urusan sampah ini

    ReplyDelete
  47. Perkara sampah memang paling tricky. Aplagi untuk kita yang hidup di indonesia, sistem recyclenya belum jadi, jadi perusahaan memang harus mau bergerak seperti blackmores ini. semoga perusahaan lain bisa mngikuti jejaknya.

    ReplyDelete
  48. sebagai pengguna blackmores memang botolnya kaca ya mba dulu mikirnya kok ya ga plastik ternyaata memang ada misi mengurang sampaah plastik aaplagi isu lingkungan yang makin mencuat ya..

    senang juga karena ada program ini

    ReplyDelete
  49. Penumpukan sampah memang bikin ngenes karena budaya buang sampah pada tempatnya belum 100% dipraktikkan. Inovasi Blackmores bagus banget jadi gak ada tumpukan sampah bekas botol, karena botolnya bisa ditukar dengan voucher.

    ReplyDelete
  50. Wahhh program peduli lingkungan dari Blackmores tinggal hitungan hari ya, sampai tanggal 5 Januari. Kudu ke Guandian nih, pengen dapat voucher untuk belanja minyak ikan lagi. Aku punya dua botol kemasan minyak ikan, mayan nih ditukarkan dengan voucher belanja

    ReplyDelete
  51. Setuju yuks jaga lingkungan Dan jangan membuang sampah di laut

    ReplyDelete
  52. Upaya yang dilakukan Blackmores untuk menjaga kelestarian lingkungan wajib di dukung, karena jika bukan kita yang bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, siapa lagi? Semoga kedepannya semakin banyak brand yang peduli dengan kelestarian lingkungan.

    ReplyDelete
  53. Senang sekali sudah Banyak brand besar yang membuat program untuk melindungi bumi ini dan kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  54. Mirisnya 59 persen sungai di Indonesia dalam kondisi tercemar berat. Duh
    Salut pada program Blackmores Peduli yang mengajak konsumennya menukarkan botol plastik bekas minyak ikan untuk menjaga laut tetap bersih. Sebuah program yang akan membawa dampak baik bagi kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  55. Semoga pusat penerimaan botolnya diperluas sampai ke beberapa kota di Indonesia nih mak. Aku seneng kalo ada brand yang memiliki awareness dengan lingkungan.

    ReplyDelete
  56. Alhamdulillah ternyata Blackmores ini perusahaan suplemen keluarga yang peduli pada lingkungan yaa. Saya sangat mendukung sekali dengan program hebatnya ini.

    ReplyDelete
  57. Masalah sampah ini wajib banget kita pikirin serius yaa. Gak bisa cuma mengandalkan pemerintah aja. Masyarakat juga, perusahaan2 juga nih.
    Bagus banget programnya Blackmores ngumpulin kemasan mereka supaya bisa mengurangi sampah jg ya mbak. Kita wajib banget nih mendukung dengan langkah2 serupa di rumah.

    ReplyDelete
  58. Isu lingkungan ini yang ditangkap oleh produk Blackmores dan menjadikan program yang patut dicontoh oleh produk lain yang menggunakan kemasan plastik.
    Semoga kita bisa tetap bisa mengambil manfaat dari produk Blackmores dan ramah terhadap lingkungan karena mendaur ulangnya dalam Blackmores Peduli.

    ReplyDelete
  59. Salut banget kalau ada brand yang sangat peduli akan kelestarian lingkungan seperti ini aku kak ..apalagi Blackmores sangat bagus juga

    ReplyDelete
  60. Keren bangett euy Blackmores inii, udah mendukung program global SDGs dan sepatutnya semua industri jugaa bisa menerapkan seperti Blackmores ini yah minimal

    ReplyDelete
  61. Blackmores ini jadi ga cuma jualan aja ya, tapi peduli dengan lingkungan. Semoga gerakan ini diikuti oleh produsen lain, jadi ga cuma cari untung tapi juga bertanggung jawab sama potensi sampah dari barang yang dijualnya.

    ReplyDelete
  62. Keren banget program Blackmores yang mengumpulkan botol untuk didaur ulang kembali. Dengan begitu sampah bekas botol kemasannya tidak menambah beban bumi. Semoga kegiatan positif ini terus berkelanjutan.

    ReplyDelete
  63. blackmore ini salah satu vitamin yang aku konsumsi. senang deh kalau produk ini pun juga memperhatikan keberlanjutan hidup dan lingkungan.

    ReplyDelete
  64. soal kerusakan lingkungan , perubahan iklim sama sampah emang kaya siklus lingkaran setan yaa, ya muter2nya disitu, makanya semua orang harus gotong royong benahi gaya hidup dan pangkas sampah, salah satunya ya kaya program blackmores ini ya, penukaran botol bekas kemasan utk dipilih-dipilah dan reuse and recycle

    ReplyDelete
  65. Keren banget nih program yang dibikin Blackmores ini. Kebetulan juga aku suka banget konsumsi produk blckmores sejak hamil lho. Betul banget menjaga lingkungan merupakan tugas semua masyarakat maka menjaga lingkungan wajib dilakukan semua orang.

    ReplyDelete
  66. blackmores ini bikin makin kepincut deh dengan programnya yang kaya gini nih, bikin para konsumennya lebih peduli lingkungan dengan ikutan mendaur ulang botol blackmores. nice!

    ReplyDelete
  67. penting sekali untuk terus menjaga lingkungan dan langkah Blackmores ini sungguh bagus sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sih mba. dan kayaknya kalau blackmores memperluas produk yang bisa kita tukar, misal pakai botol bekas vitamin blackmores varian yang lain, bakal lebih mantab gak sii :D

      Delete
  68. Blackmorest ini bukan cuma isinya yang gak kaleng2, tapi perusahaanya juga care terhadap sesama yaa.. acung jempol :)

    ReplyDelete
  69. Kalau semua produk seperti ini kedepan untuk urusan lingkungan secara bertahap pasti akan teratasi. Apalagi jika ini berhubungan dengan cara sederhana untuk berkontribusi agar lingkungan lebih sehat

    ReplyDelete
  70. Oh cuma bisa botol yg bekas minyak ikan ya.. meskipun beda merek? Sy kira botol apapun hehehe..

    ReplyDelete
  71. Berharap banget program seperti ini diikuti oleh banyak pihak termasuk kita. Karena kalau sudah terbiasa memanfaatkan recycle dan menjadikan gaya hidup bakal membantu lingkungan terhindar dari polusi.

    ReplyDelete
  72. Programnya Blackmores keren nih. Kita bisa turut serta menjaga lingkungan.

    Bisa banget, kan, kumpulin botol bekas minyak ikan, eh dapat voucher 50 ribu pula. Selain itu, gak harus botol minyak ikan Blackmores, mantap nih.

    Blackmores ini, selain memproduksi suplemen yang berkualitas, juga peduli terhadap lingkungan.

    ReplyDelete
  73. Wah, keren banget sih upaya yang dilakukan Blackmores ini. Biarkan langkah kecil, tapi bisa berdampak sangat besar. Semoga makin banyak perusahaan yang pake wadah plastik juga ikuti langkah Blackmores

    ReplyDelete

  74. Setuju klo keberlangsungan hidup manusia tergantung pada kelestarian lingkungan. Jadi ya emang harus dijaga supaya hidup manusia menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  75. Programnya bagus meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan yg sehat. Kebetulan nih saya juga konsumen blackmores

    ReplyDelete
  76. setuju, emang masalah lingkungan ini yang kayanya susah banget diatasi, terutama buang sampah. Langkah Blackmores ini bagus banget buat diikutin perusahaan yang lainnya. Simpel tapi sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  77. Perubahan itu bisa dimulai dari hal kecil ya kak. Contohnya ya dimulai dari rumah sendiri dengan cara mulai menjaga kebiasaan replace, reduce, reuse terhadap sampah

    ReplyDelete
  78. Jadi sekarang gak perlu bingung lagi yaa..
    Menaruh botol Blackmores pada tempatnya yang ada di Guardian Store.
    Semoga banyak produsen lain yang juga mengikuti langkah baik ini untuk peduli terhadap lingkungan.

    ReplyDelete
  79. Di rumahku ada banyak banget botol Blackmore bekas. Lumayan banget nih, selain mengurangi sampah juga bisa dapat voucher-nya.

    ReplyDelete
  80. adanya Blackmores Peduli Lingkungan ini jadi kita enggak membuang botol bekas sembarangan ya Mak, suka banget sama programnya. sedih loh kalau lihat orang2 suka buang botol bekas sembarangan.

    ReplyDelete
  81. Bagus y amba programnya jadi bisa melestarikan lingkungan, menghindari pencemaran sampah botol plastik ke laut, dengan begitu ekosistem laut terjaga dan ikan2nya sehat,, menghasilkan minyak ikan yang baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^