Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung merupakan rumah sakit yang diandalkan bagi keluarga kami. Karena hampir setiap bulan mamah mertua rutin mengunjungi rumah sakit yang berada di Jl. A.H. Nasution No. 50 Antapani tersebut. Bukan karena kami bergiliran sakit. Bukan! Penyakit darah tinggi yang diderita mamah, membuat beliau harus rutin kontrol kesehatan setiap bulannya.
 
Fasilitas Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung
Wajar saja apabila kami hafal betul bagaimana alur pemeriksaaan pasien yang hendak diperiksa oleh dokter spesialis penyakit dalam. Dari mulai melakukan pendaftaran, memasukkan berkas ke poli hingga prosedur pengambilan obat di apotik. Alhamdulillah mamah mertua merasa cocok dengan pengobatan yang sedang beliau jalani selama ini.

Gedung Baru RS Hermina Arcamanik

Pengalaman berobat ke Hermina tidak hanya dialami oleh mamah saja, adik saya pun memercayakan pemeriksaan kesehatan kedua anaknya di RS Hermina. Baru-baru ini adik saya membawa anaknya ke sana untuk imunisasi. Dan menurut ceritanya, tempat imunisasi kedua anaknya tidak berada di tempat yang sama. Kini semua pelayanan pemeriksaan kesehatan buah hatinya dilakukan di gedung baru RS Hermina Arcamanik Bandung.

Gedung baru? Ketika adik cerita tentang gedung tersebut, saya pun terheran-heran mendengarnya. Karena selama ini saya tidak memerhatikan keberadaan gedung baru tersebut. Kata adik saya, gedung itu tepat berada di belakang gedung yang menghadap ke arah jalan raya. 
 
Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Adik perempuan saya itu sangat terkesan dengan jembatan penghubung antara gedung lama dengan gedung baru. Bagus dan bersih, katanya. Lalu ketika memasuki gedung baru, anak-anaknya langsung antusias dan merasa betah di sana. Tempat khusus anaknya benar-benar ramah untuk anak. Ada playground yang di desain dengan aneka warna dan suasananya bersih, tenang serta nyaman.

Kabar kenyamanan ruangan di gedung baru Rumah Sakit Hermina Arcamanik akhirnya benar-benar bisa saya rasakan sendiri. Beberapa hari yang lalu, saya memasuki gedung tersebut ketika mengunjungi seorang teman. Kenyamanan fasilitas di sana, langsung terasa begitu saya memasuki ruangan rumah sakit.

Sebenarnya fasilitas yang ada di gedung baru RS Hermina Arcamanik serupa dengan yang ada di gedung lama. Bedanya di gedung baru, semuanya lebih terasa fresh, bersih dan nyaman. Bahkan rumah sakit ini tidak tercium bau rumah sakit pada umumnya, loh! Benar-benar menenangkan! Petugasnya pun ramah-ramah dan cepat tanggap. 
 
Lobby Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung
Lobby Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Fasilitas Medis Rumah Sakit Hermina Arcamanik

Rumah sakit yang menjadi anggota ke 13 dari Grup Hermina tersebut menyediakan pelayanan bagi masyarakat berupa:

· Layanan rawat jalan baik dokter spesialis maupun sub spesialis,

· Pelayanan IGD 24 jam,

· Pelayanan rawat inap,

· Operasi dan persalinan,

· Pelayanan Fisioterapi,

· Penunjang medis seperti laboratorium, farmasi dan radiologi

· Pelayanan non medis yaitu Laktasi, Homecare, MCU, Senam Hamil, Ambulance, dan fasilitas lainnya.

Fasilitas yang ada di gedung baru RS Hermina Arcamanik terbagi dalam beberapa lantai. Di lantai satu tersedia layanan IGD, farmasi dan kasir. Lantai duanya terdapat front office, customer service, café dan mushola. Sedangkan di lantai tiga gedung baru tersebut terdapat bagian Poliklinik, Obsgyn, Poli Gigi, PMO, CCO, ruang sampling lab, farmasi dan kasir.

Lantai empat hingga enam gedung bernuansa hijau tosca ini merupakan ruang perawatan untuk anak dan dewasa. Pengelola rumah sakit ini paham betul dengan kenyamanan pasiennya. Untuk ruangan khusus anak, saya melihat ada playground dan perpustakaan kecil yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Semua fasilitas tersebut bisa menepis anggapan yang kurang baik tentang rumah sakit di mata anak-anak. 
 
Rawat Inap Anak di Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Kenyamanan Ruang Rawat Inap RS Hermina Arcamanik

Kenyamanan ruangan poli dan rawat jalan juga dibarengi dengan fasilitas rawat inapnya. Sama-sama bersih dengan kualitas pelayanan yang sangat baik. Petugas yang ada di RS Hermina Arcamanik ramah dan sigap membantu pasien serta keluarganya. 
 
Lantai Rawat Inap di Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung
Lantai Rawat Inap di Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Yang membuat saya terkesan di dalam ruangan perawatannya, fasilitas di sana benar-benar menyediakan kenyamanan yang memberi kesan menyenangkan. Ruangan dengan desain elegan, nyaman dan bersih tentunya baik bagi psikologis pasien, bukan? Suasana hati yang positif, riang, nyaman dan menenangkan bisa meningkatkan imunitas sehingga kesehatan pasien bisa cepat membaik. 

Di dalam kamar disediakan televisi. Pasien dan keluarganya juga tidak akan merasa kegerahan karena ada AC. Terdapat sofa atau kursi yang bisa digunakan oleh penunggu pasien. Saya juga melihat ada kulkas kecil dan lemari pakaian yang cukup besar.

Tidak hanya ruang perawatannya saja, bahkan toilet yang ada di dalam ruang inap pun tidak kalah nyamannya. Desainnya dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai fasilitas di hotel. Dari mulai shower, wastafel, desain wc hingga hair dryer tersedia untuk kenyamanan pasien dan keluarganya. Motif keramik dinding kamar mandinya pun didesain untuk menghadirkan kesan bersih dan hygienis.

Rumah Sakit Hermina Arcamanik menyediakan berbagai pilihan kamar rawat inap yaitu Suite room, Eksekutif room, Deluxe room, Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3. Masing-masing kamar memiliki tarif dan fasilitas yang berbeda. Pasien rawat inap yang berobat di rumah sakit yang beroperasi 24 jam tersebut bisa memilih berdasarkan kebutuhan dan budget masing-masing. 

Ruangan Rawat Inap di Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung
Ruangan Rawat Inap di Gedung Baru RS Hermina Arcamanik Bandung

Pada saat saya berkunjung ke sana, lantai 6 di gedung baru tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Namun meskipun belum rampung, saya sudah bisa melihat kemewahan yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Terutama di Eksekutif Room dan Suite Room-nya. Dari balik kaca kamar kita bisa melihat bentangan barisan gunung yang melingkupi Kota Bandung. Benar-benar pemandangan dari ketinggian yang sangat indah.

Sungguh pengalaman yang berkesan bagi saya ketika mengunjungi gedung baru RS Hermina Arcamanik. Semoga saja tahap pembangunannya bisa segera selesai secara keseluruhan sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan yang disediakan. 
 
 
Salam takzim


Post a Comment

15 Comments

  1. Hemm gak heran kalau betah di rumah sakit ini karena mewah banget isinya dan bersih. Belum lagi pelayanannya, mantep memang sayang di Bandung. :)

    ReplyDelete
  2. Fasilitas kesehatan yang nyaman tentu harapan banyak sekali pasien. RS Hermina Arcamanik Bandung mampu mewujudkan harapan tersebut. Itu bagus sekali. Semoga bisa membantu pasien untuk segera sembuh. Karena kesembuhan mereka kadang bukan cuma tentang pengobatan saja. Tapi juga rasa nyaman.

    Benar begitu kan kak?

    ReplyDelete
  3. Wah kalau rumah sakit sekeren, senyaman Hermina Arcamanik, jadi cepet sembuh nih...Apalagi yg harus rutin check-up ke rumah sakit kayak ke Mall deh...

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga pembangunannya segera selesai. Masyarakat bisa mudah juga menikmati fasilitas yang diberikan.

    Terima kasih infonya Mbak....

    ReplyDelete
  5. mevvah dan fasilitasnya lengkap ya mbaa.. menerima pasien bpjs kah mba di RS Hermina Bandung.. ? hehe..

    ReplyDelete
  6. RS-nya bagus ya. Btw, sekarang Rumah Sakit tuh oke-oke, bangunannya cantik. Jadi meskipun sakit ya lumayan tetap bisa cuci mata. Selain itu, tentu fasilitasnya dong yang memang dibutuhkan. Semoga pembangunannya segera kelar

    ReplyDelete
  7. waah bagus ya RS nya, bersih dan nyaman, tidak terlalu ramai juga. menerima pasien BPJS ga mba? udah lama ga ke bandung, dulu sempet tinggal lama di Bandung jaman kuliah ^^

    ReplyDelete
  8. Wah keren ya RS Hermina ada lagi gedung baru terakhir ke Hermina saat hamil anak bungsu kayaknya, eh wkt nengok anak teman deng ..hihi..yg paling Deket rumah yg di Jl. Ir H Juanda..

    ReplyDelete
  9. Ruang rawat inapnya bagus sekali mba. Dan juga bersih. Jadi nggak ada kesan horor juga. Ini juga bikin nyaman orang jika hendak berobat ya mba

    ReplyDelete
  10. Bagus yes gedung nya yang Hermina disana. Fyi Pelayanan Hermina ini juga bagus lho dan ramah soale papaku kalau kontrol atau berobat pasti di Hermina Ciputat.

    ReplyDelete
  11. Yang bikin beneran nyaman tuh karena vibes interiornya gak kaya rumah sakit yaa.. Jadi orang sakit berasa menginap di hotel yang mewah. Semoga menjadi imun yang bisa membuat para pasien lekas sehat.

    ReplyDelete
  12. Aku liat foto fotonya aja berasa RS nya jadi lebih nyaman, adem, tone nya juga clean dan menenangkan ya.

    ReplyDelete
  13. Rumah sakit itu memang utama banget harus terasa hommie dan nyaman ya,biar pasiennya gak homesick atau bahkan melihat rumah sakut trauma kayak ibu aku, karena pernah dirawat. Ini rumah sakitnya kelihatan kece mba

    ReplyDelete
  14. Tentunya dengan gedung baru, kenyamanan pasien diharapkan semakin meningkat yaa

    ReplyDelete
  15. Kemarin Lusa sy baru Aja pulang rawat inap Di gedung baru hermina arcamanik. Mantap sekali.. alhamdulillah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^