Cara Membuat dan Mengirim Surat Melalui Email

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, melamar pekerjaan pun dapat dilakukan melalui jaringan. Salah satunya adalah melalui email atau teknologi pengiriman surat melalui elektronik. Kita tidak lagi direpotkan dengan menyiapkan fotocopy berbagai berkas lampiran, materai, perangko dan mengirimkannya melalui pos atau mengantarkan langsung ke tempat perusahaan. Surat-surat menjadi lebih cepat diterima secara pribadi. 
 
Cara Membuat dan Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email


Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja

Hal ini juga menjadi salah satu cara perusahaan untuk membuka peluang calon karyawan dengan mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Pada dasarnya tidak ada yang berbeda dalam format penulisan surat lamaran kerja secara biasa ataupun email. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email di antaranya adalah: 

  1. Persiapkan surat lamaran kerja ke dalam format berkas di MS.Word, Notepad atau PDF dan format lain untuk nanti di-upload atau diunggah.
  2. Sertakan juga daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) 
  3. Scan Ijazah 
  4. Scan sertifikat 
  5. Scan KTP 
  6. Scan Pasfoto berbentuk jpeg 
  7. Surat-surat lain yang diminta oleh perusahaan

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email 

  1. Simpanlah file ke dalam folder yang akan diunggah ke email. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar, karena batas sekali kirim email rata-rata kapasitas 25 MB sekali kirim. File yang terlalu besar juga membuat proses upload lebih lama. Pastikan pula semua file yang akan dikirim sudah tersusun rapi dan tidak salah.
  2. Pastikanlah telah memiliki akun di email yang aktif dan sering digunakan sehingga bisa mendapatkan notifikasi dengan cepat. Beberapa contoh akun email yang umumnya dimiliki oleh orang Indonesia adalah Gmail dan Yahoo. Apabila tidak memiliki akun email, dapat membuatnya dengan menggunakan layanan penyedia email. Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia.
  3. Pastikanlah akun email memiliki nama yang sesuai dengan identitas. Kita bisa menjadikan nama lengkap untuk akun email agar terlihat lebih personal dan profesional. Pada menu pengiriman surat ada tujuan (To :) yang digunakan untuk menulis alamat email yang dituju. Alamat ini alat berupa email perusahaan resmi atau langsung ke bagian rekruitmen.
  4. Terdapat juga kolom Cc atau BCc yang memiliki fungsi seperti salinan ke pihak terkait atau yang diperlukan. Hal ini dapat dilakukan jika perlu saja. Sementara bidang subjek dalam email berfungsi sebagai subjek. Kita dapat menuliskan posisi pekerjaan yang akan dilamar di perusahaan.
  5. Untuk opsi menu pada email, kita dapat menggunakannya untuk melampirkan data yang mendukung aplikasi, bernama lampiran. Simbol dari lampiran ini adalah pin spiral yang biasanya terletak di bagian bawah halaman penulisan surat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email


Bandung, 5 Februari 2022

To : hrd@ferckhanz_official

Cc : -

Subject : Produser / Surat Lamaran Kerja



Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama                          : Cakra Nugraha

Umur                          : 22 tahun

Jenis Kelamin             : Laki-laki

Pendidikan terakhir    : S1 Broadcasting

No Handphone           : 08112111188

Melalui surat lamaran ini, saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk dapat menempati posisi sebagai Produser. Saya adalah seorang fresh graduate jurusan broadcasting. Namun walaupun demikian, saya aktif di bidang sosial dan membuat konten di kampus. Saya memiliki keahlian di bidang konten YouTube seperti iklan layanan masyarakat dan berita tentang kampus. Selain itu, saya juga mampu mengedit sebuah video dengan menggunakan adobe premier.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut :

· Daftar Riwayat Hidup

· Scan Kartu Tanda Penduduk

· Scan Ijazah Terakhir

· Scan Transkrip Nilai

· Scan Surat Keterangan Dokter

· Pas Foto Format jpeg (2 file)

· Beberapa sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat. Saya berharap dengan lamaran ini saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.



Hormat saya,



Cakra Nugraha


Membuat dan Mengirim Surat Melalui Email

Itulah contoh surat lamaran kerja yang bisa dikirimkan melalui email. Dengan menggunakan teknologi semua keperluan sehari-hari dapat dengan mudah diselesaikan. Begitu pula dengan cara mengirimkan surat lamaran kerja yang kini bisa lebih mudah dengan menggunakan email. Berkat kemajuan teknologi, mengirimkan surat lamaran bisa lebih mudah, praktis, tidak membutuhkan biaya, akomodasi dan tenaga yang banyak.
Salam takzim


Post a Comment

2 Comments

  1. hemm, standard tapi ini sangat penting untuk diketahui para pencaker sekarang ya mbak

    ReplyDelete
  2. Nah ini, memang lebih sering diminta mengirim via email, tapi kadang ada aja kendala di email. Bisa saja gak terkirim dan lain-lain, terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^