Fungsi Vitamin D untuk Kesehatan Tulang

Pembahasan tentang kesehatan sudah jadi topik primadona akhir-akhir ini. Pandemi membuat semua orang peduli pada kesehatan termasuk pentingnya vitamin dan mineral bagi tubuh. Selain pola hidup sehat, masyarakat sekarang lebih peduli dengan pentingnya vitamin untuk daya tahan tubuh. Termasuk fungsi vitamin D untuk kesehatan tulang. 
 
Fungsi Vitamin D untuk Kesehatan Tulang
 

Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Hampir dua tahun ini, saya dan keluarga berusaha untuk rajin menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan, menjaga kebersihan dan berjemur untuk mendapatkan manfaat sinar matahari. Selain dipercaya bisa menangkal masuknya virus, sinar matahari juga berfungsi membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Seperti diketahui vitamin D berperan penting membuat tulang tetap sehat dan kuat dengan membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Kedua unsur tersebut merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Bukan hanya untuk kesehatan tulang, vitamin D dan kalsium juga berperan pada sistem ketahanan tubuh yang diperlukan untuk melawan berbagai macam jenis penyakit.

Apa hubungan vitamin D dengan ketahanan tubuh?

Jadi ketika kebutuhan vitamin D tercukupi, penyerapan kalsium jadi lebih maksimal. Sedangkan kalsium sendiri berperan dalam mengaktifkan sel-sel imun untuk melawan patogen penyebab penyakit, termasuk virus. Vitamin D juga ikut berperan meningkatkan respon imun dalam tubuh sehingga bisa lebih cepat mengatasi infeksi yang terjadi di saluran pernapasan. 

Bagi saya sendiri, kebutuhan kalsium dan fosfor sangat penting. Karena berperan penting menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu vitamin D dalam tubuh juga bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Bagi kaum wanita fungsi vitamin D sangat penting ketika memasuki masa kehamilan atau saat memasuki masa menopause.

Saya gak mau seperti tetangga sebelah rumah dulu sebelum pindah ke kota Bandung, beliau memang sudah memasuki usia lanjut dan memiliki postur tubuh yang besar. Ibu beranak dua itu sering mengeluhkan tulang lututnya yang terasa sakit ketika digunakan untuk berjalan. Berdasarkan pemeriksaan di dokter, beliau mengalami osteoporosis akibat kekurangan vitamin D. 

Padahal dosis vitamin D yang dianjurkan untuk wanita berusia 19 hingga 50 tahun itu sekitar 600 IU per hari. Sedangkan wanita 50 tahun dan lebih tua seperti tetangga saya itu butuh 800 IU perhari.
 

Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Sepengetahuan saya, vitamin D itu selain bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi juga memiliki banyak manfaat untuk wanita di antaranya: 

Menurunkan risiko penyakit jantung

Bagi wanita yang telah memasuki masa menopause, rentan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Kondisi tersebut bisa terjadi karena pada usia ini produksi hormon estrogen akan berkurang. Padahal hormon estrogen penting untuk menjaga kelenturan pembuluh darah.

Terjadinya kenaikan tekanan darah dan penebalan dinding arteri merupakan perubahan pada tubuh yang juga disebabkan oleh kondisi menopause. Naiknya tekanan darah dan penebalan dinding arteri bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Maka untuk menghindarinya yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi termasuk asupan vitamin D. 

Baik untuk menjaga kehamilan

Salah satu fungsi vitamin D dalam tubuh yaitu membuat metabolisme dan penyerapan kalsium di dalam tubuh menjadi lebih efektif. Fungsi ini penting sekali bagi ibu hamil. Pada ibu hamil, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena preeklampsia yaitu kondisi naiknya tekanan darah yang bisa membahayakan janin. Dengan demikian ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan asupan Vitamin D baik secara alami dari matahari dan makanan maupun dari suplemen. Tidak hanya bagi ibunya saja, manfaat vitamin D juga penting untuk janin karena menunjang pertumbuhan tulang janin. 
 
Vitamin D baik untuk menjaga kehamilan

Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes

Kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh juga bisa menyebabkan penurunan pelepasan insulin dalam tubuh dan meningkatkan risiko terkena diabeter tipe 2. Asupan vitamin D yang cukup dapat membantu tubuh wanita menggunakan insulin lebih efektif dan mencegah serta menurunkan risiko diabetes.

Mencegah penyakit kanker

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara vitamin D dan pencegahan berbagai jenis kanker. Terutama kanker payudara yang paling banyak menyerang kaum wanita dan kanker usus besar. Fungsi vitamin D ini juga bermanfaat mengurangi risiko pertumbuhan kanker.

Begitu banyak manfaat vitamin D untuk kesehatan membuat saya harus selalu berusaha bisa memenuhinya untuk kebutuhan diri sendiri. Banyak cara yang bisa dilakukan supaya bisa memenuhi kebutuhan vitamin D. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang terjangkau.
 
Berjemur untuk mendapatkan Vitamin D

Cara Memenuhi Asupan Vitamin D

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat vitamin D dengan mudah di antaranya:
  1. Menjaga berat badan yang ideal dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur baik di dalam maupun di luar ruangan
  2. Berjemur sekitar 10 hingga 15 menit setiap harinya untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang membantu tubuh memproduksi vitamin D 
  3. Memenuhi asupan vitamin D yang berasal dari makanan seperti minyak hati ikan, hati sapi, ikan berlemak (salmon atau tuna), kuning telur dan keju.
  4. Mengonsumsi sumber makanan yang kaya dengan vitamin D seperti susu rendah lemak atau margarin 
  5. Jika diperlukan mengonsumsi suplemen vitamin D seperti CDR
Supleman seperti CDR sendiri sebenarnya bukan hal yang baru bagi saya. Jauh sebelum masa pandemic, saya sudah rutin mengonsumsi CDR. Dulu saya mengonsumsi CDR untuk memenuhi asupan kalsium selama masa hamil dan menyusui. Perusahaan tempat saya bekerja dulu, menyediakan CDR Orange 2 tube 10s setiap bulannya bagi karyawan yang sedang hamil dan menyusui.

Dengan CDR yang mengandung kalsium, vitamin C, D, B6 membantu kebutuhan kalsium untuk ibu hamil dan menyusui agar tulangnya tetap sehat. Tidak hanya saya, anak-anak juga saya berikan CDR yang diperlukan untuk masa pertumbuhan dan supaya tulang dan gigi mereka sehat serta kuat.

Menyadari pentingnya fungsi vitamin D untuk kesehatan tulang dan sendi serta menjaga ketahanan tubuh, saya mesti memperhatikan asupannya untuk keluarga saya. Namun saya juga tetap harus memperhatikan agar tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, bukan?

Salam takzim

Post a Comment

2 Comments

  1. Aku baru tahu kalau vitamin D bermanfaat untuk tulang, apalagi untuk perempuan banyak banget manfaatnya. Jadi harus mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin D, nih.

    ReplyDelete
  2. Vitamin D ini memang banyak sekali manfaatnya ya, Mbak. Makanya jangan sampai abai. Apalagi cara pemenuhan Vitamin D untuk tubuh bisa dilakukan. Misalnya menjaga berat badan seimbang, juga berjemur matahari. Pastinya mengkonsumsi makanan dan buah juga perlu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^