Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Dalam menjalankan bisnis, kegiatan marketing merupakan kunci penting untuk meningkatkan keuntungan usaha. Di era teknologi seperti sekarang, pemasaran menggunakan media digital sudah banyak digunakan dan semakin berkembang. Hal tersebut didasari oleh banyaknya pengguna internet di Indonesia. 

Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Survey memberikan data bahwa 79% masyarakat di Indonesia atau sekitar 104,8 juta orang menggunakan internet setiap hari. Pengguna media sosial aktifnya ada sekitar 130 juta orang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa potensial digital marketing sangat besar untuk perkembangan dunia bisnis di Indonesia. 
 

Dampak Penggunaan Digital Marketing


Melakukan pemasaran menggunakan media digital memiliki dampak postif dan negatif. Oleh karenanya penggunaan media digital harus dilakukan dengan bijaksana. Jangan sampai teknologi malah membuat tujuan perusahaan sulit tercapai bahkan mengalami kerugian.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Pemasaran yang memanfaatkan media digital bisa mendapatkan beberapa keuntungan di antaranya yaitu: 
 
Jendela informasi bagi konsumen
Biasanya pembeli/konsumen akan mencari berbagai informasi terkait produk yang akan dibelinya. Informasi yang dibutuhkan akan dicari melalui media digital karena dianggap lebih praktis jika dibandingkan harus datang langsung ke tempatnya.

Memberi waktu kepada konsumen untuk mempelajari produk
Melalui media digital, konsumen akan lebih mudah dan leluasa mencari informasi produk tanpa ada batasan waktu dan jarak

Tidak ada halangan waktu dan jarak
Berjualan menggunakan media digital memudahkan penjual untuk menjangkau pembelinya dengan lebih luas. Berkat dukungan jasa ekspedisi para pelaku bisnis bisa melayani pelanggan yang berada bermil-mil jaraknya.
 

Kekurangan Penggunaan Digital Marketing

Tidak hanya merasakan dampak yang menguntungkan dari keberadaan digital marketing, penggunaan digital marketing juga memiliki kekurangan seperti:

Ketergantungan pada teknologi
Kunci utama dari pemasaran digital adalah teknologi. Pelaku bisnis yang menerapkan digital marketing wajib menyediakan teknologi untuk mengoperasikannya. Tanpa teknologi, pemasaran tidak akan bisa berlangsung.

Kaitannya dengan keamanan dan privasi
Penggunaan teknologi dalam digital marketing berdampak pada keamanan dan privasi bisnis menjadi lebih rentan.

Biaya pemeliharaan
Sumber daya teknologi yang digunakan dalam pemasaran, dalam jangka panjang akan menambah biaya pemeliharaan perusahaan.

Penyebaran yang belum merata
Akses internet yang ada di wilayah Indonesia belum merata hingga ke pelosok negeri. Kondisi tersebut menjadi hambatan dalam mengaplikasikan media digital dalam pemasaran.

Terlepas dari banyaknya kelebihan dan kekurangan dari digital marketing, metode tersebut sangat diperlukan bagi pelaku bisnis. Terutama di saat pandemi yang memberlakukan pembatasan sosial. Keterbatasan tersebut bisa ditangani dengan melakukan pemasaran menggunakan teknologi internet. Belajar digital marketing sangat penting bagi pelaku bisnis. 
 

Manfaat Digital Marketing

Manfaat yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis ketika menggunakan digital marketing di antaranya 
  1. Fleksibel bagi semua jenis bisnis yang beralih ke metode online. Apalagi sekarang banyak tersedia media digital marketing dari yang berbayar hingga gratis 
  2. Dapat menjangkau konsumen secara personal sesuai dengan kondisi pembeli 
  3. Dengan digital marketing lebih mudah mengukur tingkat keberhasilan strategi pemasaran yang sedang dilakukan.
  4. Memaksimalkan tingkat konversi sebab digital marketing dapat menyampaikan promosi kepada target audiens spesifik.
Mengingat begitu pentingnya digital marketing bagi pelaku bisnis, hal tersebut harus dipelajari dengan baik. Karena digital marketing bisa saja tidak berhasil terutama jika dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan pengetahuan tentang cara melakukan digital marketing supaya tujuan perusahaan tercapai.

Bagi yang ingin mengetahui tentang ilmu pemasaran menggunakan media digital bisa belajar secara online di marketingdigital.id. Di situs tersebut banyak ilmu tentang pemasaran seperti strategi pemasaran, cara awal memulai pemasaran melalui media sosial dan masih banyak bahasan lainnya tentang digital marketing.

Diakui atau tidak, teknologi akan berpengaruh pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali dalam hal memasarkan produk. Untuk mencapai tujuan keberhasilan perusahaan. Oleh karenanya penting bagi pelaku bisnis menguasai digital marketing. Penjualan melesat laba perusahaan pun akan semakin meningkat.

Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. Nah, penting banget memang digital marketing apalagi untuk bisnis karena kit harus pandai-pandai memasarkan barang dengan memanfaatkan kecanggihan digital untuk bersaing dengan pebisnis lainnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^