Tips Memilih Baju Muslim Wanita Yang Nyaman

Dalam Islam terdapat pedoman mengenai aturan hidup yang sempurna dan lengkap. Termasuk urusan memilih baju, terutama adab berpakaian bagi wanita muslim. Ada 10 adab berpakaian yang sesuai dengan aturan Islam, dikutip dari tulisan al-Qismul Ilmi Bi Madaril Wathan dalam buku Adab Muslim Sehari Semalam.
Tips Memilih Baju Muslim Wanita

Adab Berpakaian Bagi Muslim Wanita

Adab berpakaian bagi wanita muslim sebagian mungkin sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adab memakai baju muslim wanita menurut Islam, yaitu:

1. Disunnahkan menggunakan pakaian yang bersih, bagus dan bila perlu gunakan yang baru

2. Kenakan pakaian yang menutup aurat, artinya tidak menampakan bentuk tubuh dan longgar.

3. Pakaian wanita tidak menyerupai baju laki-laki, begitu juga sebaliknya.

4. Bukan pakaian syuhrah atau baju ketenaran.

5. Disunahkan berdoa dahulu sebelum mengenakan pakaian.

Secara umum tujuan baju muslim wanita adalah menutup anggota tubuh, melindungi diri dari cuaca yang berganti-ganti dan juga sebagai perhiasan dan keindahan. Mengikuti adab berpakaian ini selain mendapatkan pahala juga akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi setiap muslim wanita.

Memilih Baju Muslim Yang Nyaman

Berbicara tentang rasa nyaman, setiap orang pastinya ingin mengenakan baju muslim yang bisa menutup aurat dan memberikan kenyamanan. Hal tersebut merupakan salah satu pertimbangan ketika memilih baju muslim. Berikut ini tips memilih baju muslim wanita yang nyaman di antaranya:

Memilih Bahan yang Tidak Panas

Kualitas bahan baju merupakan kunci penting dalam memilih baju muslim. Bahan baju yang tidak panas ketika dikenakan yaitu yang berbahan sutra, polyester, satin atau sifon. Semua bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak akan membuat badan kepanasan meski tubuh ditutup selama seharian. Selain itu jenis bahan-bahan tersebut juga membuat baju terlihat elegan.

Tidak Tembus Pandang

Tips selanjutnya dalam memilih baju muslim wanita yaitu mencari bahan pakaian yang tidak tembus pandang supaya aurat tetap terjaga. Sebaiknya tidak memilih bahan yang tipis atau menerawang supaya kita tidak perlu menambah inner yang bisa membuat badan gerah.

Sesuaikan dengan Cuaca

Ketika menghadiri sebuah acara di siang hari yang terik atau lokasinya berada di luar ruangan, sebaiknya mengenakan baju yang ringan dan mudah menyerap keringat. Sedangkan di saat menghadiri acara di malam hari yang udaranya dingin sebaiknya menggunakan baju muslim yang tebal atau berlapis. Dengan begitu kita akan merasa nyaman mengenakannya.

Jangan Terlalu Ketat

Sesuai dengan adab menggunakan baju muslimah wanita, sebaiknya memilih baju yang tidak ketat, tidak menempel ke badan dan membentuk postur tubuh. Karena sejatinya baju muslimah wanita itu menutup aurat keseluruhan.

Memakai Motif Sederhana

Memilih baju muslim untuk lebaran juga perlu diperhatikan kenyamanannya. Dapat dicoba memakai baju muslim bermotif sederhana dengan ukuran kecil dan berwarna netral. Tidak hanya untuk berlebaran, motif sederhana ini juga bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Warna yang Tidak Mencolok

Memakai baju dengan warna yang tidak mencolok bisa menghindari kita menjadi pusat perhatian banyak orang. Dengan warna netral dan tidak mencolok, kita juga bisa lebih mudah mencari pasangannya seperti bawahan atau jilbab. Selain itu, warna yang netral bisa bertahan digunakan dalam waktu yang lama karena tidak terpengaruh oleh model baju yang sering berganti.

Memilih baju muslim yang sesuai tentu akan membuat pemakainya merasa nyaman sepanjang hari. Sehingga dapat juga menimbulkan rasa percaya diri. Namun kita juga perlu melalui beberapa pertimbangan ketika akan membeli baju muslim. Selain nyaman digunakan juga harus dicermati dengan baik, apakah baju tersebut dibutuhkan atau hanya keinginan untuk membeli baju saja? Sebagai pertimbangan mengenai baju muslim yang sesuai dengan muslimah bisa dilihat di website ceklist.id ya. Temukan yang terbaik untuk diri kita.
Salam takzim

Post a Comment

2 Comments

  1. Nah ini nih yang perlu diperhatikan saat membeli baju muslim, pastinya sih lebih baik ke tempatnya biar bisa langsung milih. Seringnya gamis itu menjadi permasalahan karena kenyamanannya jadi harus bener-bener teliti kalau milih, terima kasih tipsnyaa.

    ReplyDelete
  2. nah yang terakhir tuh harus banget dicermati, beneran butuh atau sekedar ingin, biasanya gegara diskon suka kalap hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^