Serba-Serbi Vitamin B5 untuk Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok atau diaper rash merupakan gangguan kesehatan kulit bayi yang umum sekali terjadi. Meskipun tidak berbahaya, iritasi ini tentunya membuat si Kecil merasa tidak nyaman karena gatal maupun nyeri sehingga Bunda perlu memberikan proteksi pada kulitnya.

Bepanthen merupakan salep popok bayi yang dapat meringankan ruam kemerahan di area yang tertutup popok, misalnya pangkal paha, sekitar kelamin dan juga pantat. Kerja Bepanthen didukung senyawa aktif alami yaitu vitamin B5 atau disebut juga dekspanthenol.


Vitamin B5 untuk Mengatasi Ruam Popok

Vitamin B5 sering ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit, salah satunya adalah salep ruam. Jika ditinjau dari segi keamanannya, vitamin B5 aman digunakan karena merupakan vitamin yang dibutuhkan sel-sel tubuh – khususnya kulit—agar ternutrisi dengan baik, bebas dari kekeringan maupun iritasi. Agar semakin mengenal khasiat dari vitamin ini, simak informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Melembabkan kulit 

Salah satu penyebab dari rasa nyeri ketika ruam popok terjadi adalah karena kondisi kulit yang kering atau tidak terhidrasi dengan baik. Supaya kulit yang mengalami iritasi ini lebih lembab dan lembut, dibutuhkan salep yang mengandung vitamin B5. Berbagai studi menyebutkan bahwa vitamin B5 memiliki moisturizing agent yang membantu mengembalikan kelembaban kulit sehingga nyeri akibat iritasi dapat berkurang. Imbangi dengan pemberian cairan yang cukup supaya kulit bayi yang mengalami peradangan bisa lebih cepat membaik.

2. Mencegah peradangan 

Selain memiliki kemampuan melembabkan, vitamin B5 juga mempunyai efek antiinflamasi atau peradangan. Efek ini membuat kulit bayi tidak gampang merah akibat iritasi. Sejalan dengan itu, vitamin tersebut juga mendukung skin barrier yang lebih baik. Istilah skin barrier sendiri mengacu pada ketahanan kulit terhadap gesekan dengan permukaan benda yang ada di sekitarnya, misalnya popok atau baju. Jika kulit memiliki skin barrier yang baik maka gesekan tidak akan mudah melukai dan peradangan juga dapat dihindari.

3. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit 

Kulit yang mengalami iritasi, misalnya pada ruam popok, memiliki struktur sel yang koyak alias luka. Dengan bantuan vitamin B5 kulit dapat melakukan regenerasi dengan lebih cepat sehingga luka jadi cepat menutup dan sembuh. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut membantu sintesis protein dalam tubuh termasuk kolagen yang diketahui sebagai protein yang sangat berpengaruh pada proses regenerasi dan kesehatan kulit.

4. Mengurangi kehitaman pada bekas luka

Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga kondisi kulit, buah hati pun juga sama. Apalagi saat dia mengalami ruam popok kondisi kulitnya yang semula baik tentu akan terganggu. Ketika luka akibat ruam mengering, biasanya bekas kehitaman akan muncul dimana hal ini dapat disiasati dengan bantuan vitamin B5. Vitamin ini mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan pembentukan melanin. Dengan demikian, bekas luka menghitam dapat dihindari dan kulit si Kecil selalu kelihatan berseri dan sehat meskipun tertutup popok.

Kandungan vitamin B5 yang bisa ditemukan dalam kegunaan Bepanthen bukan hanya bermanfaat untuk meredakan iritasi dan ruam kemerahan yang terjadi namun juga menjaga kondisinya agar tetap lembut dan terhidrasi. Aplikasikan Bepanthen pada area kulit yang tertutup popok setiap kali habis berganti dan angin-anginkan sejenak supaya kulitnya punya kesempatan untuk bernafas.

Dengan demikian, kulit bayi tidak akan sempat lembab dan hangat yang menjadi kondisi sempurna untuk terjadinya peradangan dan juga infeksi jamur yang semakin memperparah ruam.

Salam takzim

Daftar sumber:
  1. Vindhya L Veerula, The 10 Best Pantothenic Acid, Stylecrazy, 8 April 200. Diakses pada 19 April 2022 dari https ://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vitamin-b5-for-your-skin/
  2. Debra Rose Wilson, Vitamin B5, Healthline, 15 Agustus 2018. Diakses pada 19 April 2022 dari https ://www.healthline.com/health/vitamin-watch-what-does-b5-do#TOC_TITLE_HDR_1
  3. Debra Rose Wilson, Vitamin B5 Everything You Need to Know, Medicalnewstoday, 24 April 2017. Diakses pada 19 April 2022 dari https ://www.medicalnewstoday.com/articles/219601

Post a Comment

2 Comments

  1. Sering banget si kecil mengalami ruam popok apalagi sampai gatal dan merah, cuma bisa ganti-ganti popok nyari yang cocok. Eh ternyata bisa diatasi dengan vitamin B5, mantep, terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  2. Karena belum punya si kecil jadi aku ngebayangin diriku kalau lagi ruam juga. Itu gaenak banget, apalagi anak kecil yaaa...
    Vitamin B5 emang banyak banget khasiatnya. Kadang masih ketuker sama vitamin B yang lain. Terimakasih infonya mbaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^