3 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Pembayaran untuk BPJS Ketenagakerjaan ini harus di lakukan setiap bulan, pembayarannya ini paling telat di bayarkan di tanggal 10. Supaya pembayaran tidak telat sebaiknya kita mengecek tagihan dari BPJS Ketenagakerjaan kita secara berkala. 
 
Cara mudah cek tagihan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan


Cek tagihan BPJS kesehatan ini sangatlah mudah dan saat ini sudah lebih praktis, kita sudah bisa tahu informasinya hanya dengan bantuan dari ponsel saja. Kita bisa melihat tagihannya dengan aplikasi mobile JKN, tapi selain itu  juga bisa melihatnya dari SMS atau dari Whats App.

Bagi pengguna dompet digital misalnya aplikasi Link Aja juga bisa langsung cek tagihan kita langsung dalam dompet digital tersebut. sebenarnya BPJS Kesehatan juga saat ini sudah menerapkan sisten autodebet.

Untuk sistem autodebet ini adalah sebuah program dadi JKN-KIS, dengan adanya sistem yang satu ini akan membuat pembayaran iuran dilakukan secara otomatis, dengan cara langsung mengurangi saldo yang ada di dalam rekening yang dimiliki oleh peserta.

Tapi layanan yang satu ini memang belum di miliki oleh beberapa peserta dari BPJS Kesehatan dengan berbagai jenis alasan. Jadi mengecek tagihan dari BPJS Kesehatan ini masih di perlukan, lalu bagaimana cara menceknya? Yuk langsung saja simak informasinya:

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan dari Mobile JKN

Cara yang pertama ini melalu Aplikasi Mobile JKN, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang resm di luncurkan oleh BPJS Kesehatan, tujuan di buatnya aplikasi yang satu ini supaya para pengguna bisa merasakan berbagai kemudahan mengakses informasi. Fitur yang dimiliki aplikasi ini cukup lengkap dari muai mengurus pindah faskes dan bisa juga untuk cek tagihan. Ini di acara yang bisa kita ikuti untuk cek tagihal BPJS Kesehatan: 
  1. Unduh Aplikasi Mobile JKN di App Store atau bisa juga di Play Store
  2. Jika sudah kita bisa langsung Login, atau kita bisa mendaftar dulu jika belum terdaftar di dalam aplikasi ini 
  3. Bagi yang ingin cek tagihan dari BPJS Kesehatan  bisa memilih menu 'Premi' lalu nanti di ponsel kita akan langsung muncul informasi mengenai berapa tagihan dari BPJS Kesehatan.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan Menggunakan Aplikasi LinkAja

Seperti informasi yang telah di jelaskan di laman resmi milik LinkAja Ini dia cara untuk mengetahui tagihan BPJS Kesehatan kita: 
  1. Unduh aplikasi LinkAja di Play Store dan juga di App Store 
  2. Jika sudah bisa langsung mendaftarkan diri kita sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam aplikasi LinkAja 
  3. Jika sudah selesai mendaftar, di dalam halaman utama kita ini bisa memilih menu lainnya dan klik menu Beli/Bayar Tagihan 
  4. Jika sudah piliihlah BPJS Kesehatan dan masukan ID pelanggan LinkAja dan Nomor Peserta BPJS Kesehatan 
  5. Jika nanti nomor yang telah kita masukan ini benar maka kita bisa melihat data nama dan nomor BPJS Kesehatan, jumlah tagihan, biaya admin, dan jumlah keseluruhan total pembayaran.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan Melalui SMS

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah melalui SMS, layanan yang satu ini adalah layanan informasi yang dilakukan secara 2 arah yang di kirimkan melalui pesan singkat. Cara yang satu ini bisa kita gunakan jika kita ini sedang tidak memiliki koneksi internet. Caranya ini cukup mudah kita hanya tinggan mengirim SMS dengan format NIK (spasi) NIK kemudian di kirim ke nomor 08777 5500 400. Atau bisa juga dengan mengirim format NOKA (spasi) nomor kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke 08777 5500 400. 
 
Itulah 3 cara mudah untuk cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan. Dengan mengetahui jumlah besaran tagihan secara pasti akan memudahkan kita melakukan pembayaran setiap bulannya.
Semoga bermanfaat
Salam takzim


Post a Comment

1 Comments

  1. Sering kejadian tiba-tiba uang di ATM berkurang gak tahunya karena BPJS, hemm harus sering cek memang. Biar ga kepikiran BPJS cuma bisa ngurangin, ngabisin, nyerot ATM atau apalah, perlu cek rutin biar tahu kejelasannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^