Saturday, 21 March 2020

Inilah Cara Mudah dan Murah Mewujudkan Hidup Sehat

Dunia sekarang sedang heboh dengan menyebarnya makhluk kasat mata yang dikenal sebagai virus corona. Saat ini masyarakat yang terinfeksi oleh Covid-19 sudah menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Meskipun pasien yang sembuh dari infeksi corona juga banyak. Menurut beberapa pendapat, virus ini tidak akan menginfeksi individu yang memiliki pola hidup sehat.

cara mudah dan murah untuk hidup sehat

Penularan virus tersebut dari hewan ke manusia atau dari manusia ke manusia. Gejala yang menandakan seseorang terinfeksi virus corona di antaranya batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, hingga sakit kepala.

Siapa pun yang memiliki gejala-gejala tersebut sebaiknya memeriksakan diri ke rumah sakit. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri atau pernah kontak langsung dengan orang yang positif terinfeksi corona.

Pencegahan penularan dan infeksi virus corona bisa dilakukan mulai dari diri sendiri. Upayakan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus corona.

Adapun cara mudah dan murah untuk mewujudkan hidup sehat yang bisa kita lakukan, yakni:

1. Minum air putih
Sebaiknya minum air putih minimal  gelas sehari. Lakukan kebiasaan ini secara rutin. Tubuh yang kekurangan cairan akan dehidrasi. Bagaimana dengang kopi dan teh? Ternyata kopi dan teh bisa menyebabkan dehidrasi juga, loh! Olehkarena itu sebaiknya minum air putih saja. Minum air putih selain menyehatkan juga bisa berhemat dengan menurangi konsumsi kopi atau teh.

2. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan
Buah-buahan sangat baik untuk kesehatan. Misalnya saja buah tomat. Buah tomat ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dijadikan minuman segar, dihaluskan atau hanya dimakan langsung, tomat sangat baik dan bagus untuk antioksidan. Rasanya yang manis dan menyegarkan bisa mencegah kanker dan melawan kanker.

3. Biasakan untuk sarapan 
Sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, awali pagi hari dengan sarapan. Makan secukupnya, tidak perlu dalam porsi yang banyak. Setidaknya usahakan perut kita terisi agar saat melakukan aktivitas bisa menyimpan tenaga yang cukup.

4. Rajin mencuci tangan 
Sebelum mengambil makanan lebih baik cuci tangan dahulu dengan sabun. Mencuci tangan dapat mencegah virus dan bakteri berpindah dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya. Seperti diketahui virus dan bakteri bisa berpindah-pindah tempat saat kita melakukan jabat tangan, menggenggam, telepon dan lain sebagainya.

cara mudah dan murah untuk hidup sehat

5. Konsumsi multivitamin
Jika di ruamh tidak memiliki persediaan buah-buahan atau sayuran; bisa menggantinya dengan mengonsumsi multivitamin. Tubuh kita memerlukan banyak vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh dari segala jenis penyakit.

6. Hindari makanan berlemak dan minyak
Banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung minyak, tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya makan secukupnya dan tidak berlebihan

7. Olahraga ringan
Usahakan berolahraga ringan untuk menjag tubuh tetap fit. Tidak perlu olahraga yang berat, kita juga bisa melakukan olahraga ringan seperti naik turun tangga pada pagi hari di kantor. Usahakan datang ke kantor lebih awal untuk melakukan olahraga ringan tersebut. dan lakukan dengan santai saja. Setidaknya ada gerakan olahraga

8. Meditasi secara rutin
Salah satu yang bisa mewujudkan hidup sehat yaitu melakukan meditasi secara rutin. Pusatkan pikiran kita kemudian bernapaslah dalam-dalam. Dengan rutin melakukan meditasi, kita bisa mengurangi stres. Tubuh pun akan terasa lebih segar dan pikiran lebih tenang. Untuk orang muslim, ibadah shalat dapat dijadikan salah satu bentuk meditasi.

Bagaimana? Cukup mudah dan murah untuk mewujudkan hidup sehat, bukan? Kita tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak biaya untuk menciptakan tubuh yang sehat.

Yuk, jaga kesehatan agak tubuh bugar dan fit sehingga terhindar dari semua penyakit termasuk terinfeksi virus corona! Dan tetap tenang menghadapi epidemi virus corona seperti yang sudah ditulis oleh Mbak Yanti.

cara mudah dan murah untuk hidup sehat

              Salam takzim

7 comments:

  1. minum gelas sehari? maksudnya satu gelas mbak atau berapa?
    saya paling jarang e kalau yang meditasi. susah diemnya.

    ReplyDelete
  2. Dewi sering kelupaan minum, makasih teh nurul sdh diingatkan. Apalagi makanan berlemak, wih harus dikurangi nih.

    ReplyDelete
  3. Nggak pake acara mahalnya teh sebenarnya jika kita mau belajar dan membaca untuk membuka wawasan kita

    ReplyDelete
  4. sekarang rasanya jadi super penting untuk jaga kesehatan di tengah musim pandemi yg merebak ini. semoga kita semua selalu sehat ya!

    ReplyDelete
  5. Betul banget Teh. Sekarang ini kita sedang ditegur kalau sudah lalai dengan pola hidup sehat. Banyak hal yang kita langgar hanya untuk puaskan emosi sesaat. Ini tulisan pas banget Teh buat ingatkan kita semua. Nuhuuun.

    ReplyDelete
  6. Hidup sehat tuh emang mudah dan murah ya teh sebenernya cuma konsistensinya nih yang susah. hihi. Tapi hikmah ada pandemi ini, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat jadi meningkat ya

    ReplyDelete
  7. Ternyata hidup sehat itu mudah ya kalau dibaca dari artikel. Tinggal gimana caranya kita aja untuk terus konsisten.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^