Cara Menghasilkan Uang Bagi Freelancer

Akhir-akhir ini menjadi freelancer cukup banyak diminati. Terutama bagi kaum milenial. Generasi yang lahir berdampingan dengan kemajuan teknologi ini dinilai lebih menyukai hal-hal yang praktis. Mereka senang dengan kebebasan dan cenderung tidak suka dengan peraturan yang ketat dan membosankan.

Apa itu Freelance?

Freelancer sering kali disebut dengan tenaga lepas yaitu pekerjaan yang tidak terikat dengan kontrak jangka panjang tetapi mempunyai ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan. Orang yang memilih menjadi freelancer lebih mengutamakan fleksibilitas baik dari waktu kerja, tempat/lokasi atau pekerjaan yang dilakukan.

Kontrak yang mengikat freelancer biasanya berisi project, biaya yang dikenakan, waktu pengerjaan, dan bentuk kesepakatan lainnya. Biaya yang digunakan dalam kontrak biasanya bervariasi, tergantung dari kesulitan proyek dan jam terbangnya.

Mengapa Freelancer Sangat Diminati?


Meskipun kadang dianggap sebelah mata, tetapi freelancer ini bisa mendatangkan berbagai macam alasan untuk diminati. Berikut ini beberapa alasan mengapa freelancer banyak diminati yaitu:

Waktu yang Fleksibel

Bagi anda yang merasa lebih produktif bekerja di malam hari, menjadi freelancer bisa jadi pilihan. Menjadi freelancer kita bisa memiliki waktu yang fleksibel untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun bukan berarti pekerjaannya tidak memiliki tengat waktu, ya! Freelancer tetap memiliki tengat waktu dari klien tetapi memiliki waktu yang tidak terikat dalam menyelesaikannya seperti pekerja kantoran yang harus masuk jam 8 pagi dan keluar jam 4 atau jam 5 sore.

Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Kita bisa menjadi bos untuk diri sendiri. Bebas melakukan pekerjaan yang diminati tetapi tetap professional. Kita bisa menentukan sendiri aturan terkait pekerjaan seperti standar gaji, waktu bekerja, izin cuti dan lainnya. Semua bisa ditentukan sendiri berdasarkan kesepakatan yang dihasilkan bersama klien. Kita bahkan memiliki otoritas untuk mengakhiri kerja sama dengan klien apabila ada kesepakatan yang dilanggar.

Bebas Bekerja di Mana Saja

Bekerja hanya di satu tempat saja kadang menimbulkan rasa bosan. Terutama para milenial yang mampu mengerjakan proyek sekaligus. Mereka juga berani menghadapi tantangan yang ada. Dan untuk mengerjakan pekerjaan banyak dibutuhkan konsentrasi penuh. Oleh karenanya mereka memilih tempat kerja yang nyaman, seperti di rumah, coworking space, kafe atau tempat lain yang nyaman untuk digunakan bekerja.

Menambah Kenalan

Sistem bekerja yang berpindah-pindah tempat membuat kita bisa berkenalan dengan banyak orang. Dengan berkenalan dengan orang lain otomatis bisa menambah koneksi dan membuka peluang mendapatkan proyek kerja.

Penghasilan yang Menjanjikan

Seorang freelancer merupakan professional yang dibayar sesuai dengan keahlian. Semakin banyak keahlian yang kita miliki maka bisa mendatangkan penghasilan yang lebih besar. Pendapatan yang dihasilkan juga tergantung dari banyaknya proyek yang dikerjakan. Hal ini membuat freelancer dapat mengatur jumlah pendapatannya setiap bulan.

Pekerjaan Apa Saja yang Termasuk Freelancer?


Banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh seorang freelancer. Apalagi sekarang teknologi bisa mendukung pekerjaan secara online. Berikut ini pekerjaan yang bisa dijadikan peluang bagi freelancer:

Desain Grafis

Siapa saja yang memiliki kemampuan membuat desain bisa menjadi desain grafis. Pekerjaan desainer grafis ini dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan seperti pembuatan logo, promosi atau desain lainnya. Selain memiliki kreativitas seni, desain grafis juga harus mampu mengoperasikan aplikasi. Beberapa aplikasi yang membantu para desain grafis yaitu Adobe Photoshop, Corel Draw dan Adobe Illustrator.

Penulis

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis untuk membuat konten tulisan yang diperlukan seperti untuk mengisi website, newsletter dan pengenalan produk. Bidang penulisan konten, jurnalistik dan copywriting termasuk bidang yang menjadi peluang untuk freelancer.

Editor

Menjadi editor juga merupakan pekerjaan freelancer. Tugas editor mengedit tulisan supaya menarik pembaca dan mencari kesalahan tata bahasa.

Data Entry

Perusahaan membutuhkan jasa orang yang bisa memasukkan data yang dibutuhkan. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk memasukkan data. Yang termasuk jasa data entry ini yaitu melakukan transkrip, mengetik dan merekam suara.

Bergabung dalam Program Kemitraan

Sekarang sudah banyak program kemitraan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Baik yang diadakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Program kemitraan ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Pelaksanaannya dilakukan dalam berbagai cara.

Sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh freelancer. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua pekerjaan itu bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Sifatnya sangat fleksibel. Dari beberapa peluang yang disebutkan di atas, bergabung dengan program kemitraan merupakan cara menghasilkan uang yang tidak memerlukan keahlian khusus.
 

Aplikasi FUSE

Yup, bergabung program kemitraan caranya cukup mudah. Terutama mitra yang akrab dengan digitalisasi seperti FUSE. Kita hanya tinggal mengunduh aplikasinya saja bisa langsung memiliki peluang untuk menghasilkan uang. Di acara Fuse Grand Business Oportunity yang diselenggarakan di Serela Riau Bandung pada tanggal 21 Mei 2022 lalu, masyarakat Kota Bandung dikenalkan pada FUSE. 
Menghasilkan uang dari FUSE

FUSE sendiri merupakan platform yang menawarkan teknologi inovatif yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan penghasilan pasif tanpa batas. Bergabung dengan program kemitraan FUSE, siapa saja bisa mengatur jadwal dan lokasi kerja sesuka hati.

Cukup dengan menggunakan smartphone siapa saja bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan santai dari rumah. Teknologi FUSE membantu penggunanya menjual, membeli dan mendistribusikan produk keuangan dengan cara yang efisien dan aman.

Bagaimana caranya menggunakan FUSE sebagai sumber penghasilan? Caranya cukup dengan mengenalkan platform ini kepada kerabat dan semua kenalan yang membutuhkan layanan asuransi. Di dalam FUSE pengguna akan diberikan informasi perbandingan harga dan fasilitas dari berbagai penyedia layanan asuransi. 
 
Aplikasi FUSE



Keunggulan FUSE yang bisa kita manfaatkan di antaranya yaitu: 
  1. Di dalam aplikasinya menyediakan layanan edukasi yang bermanfaat untuk calon pengguna mendapatkan product knowledge. 
  2. Disediakan bonus bagi siapa saja yang merekomendasikan FUSE pada orang lain.
  3. Jenjang karir yang jelas dan menguntungkan bagi mitra yang bergabung. 
  4. Proses pendaftaran dan klaim bisa dilakukan melalui smartphone. 
  5. Fee marketing hingga 50% sebagai apresiasi FUSE terhadap pekerja marketingnya. 
  6. Harga yang ditawarkan di platform FUSE sangat kompetitif dan proses klaim yang mudah.
Menjadi mitra di FUSE bisa menjadi alternatif peluang bagi pekerja lepas atau freelancer. Karena sistem kerjanya fleksibel. Bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Dari beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh freelancer, apakah ada yang sesuai dengan keinginan teman-teman? 
 
Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. Bener banget freelancer itu lebih mudah, jujur sih lebih nyaman kerja freelancer memang walau kerjanya santai tapi pasti. Memang hanya bidang tertentu yang bisa dikerjakan freelance, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^