Menjaga Kesehatan Mental Menurut Psikolog di Bandung

Diakui atau tidak, banyak kalangan yang berpendapat pandemi belum berakhir. Sebagian lain memilih untuk berdamai dengan kondisi, demi menjaga kesehatan. Apalagi kondisi pandemi yang berkepanjangan menimbulkan banyak dampak. Baik bagi masyarakat luas maupun perseorangan.

Dampak yang paling dikhawatirkan yaitu efeknya pada kesehatan mental. Depresi atau stres karena kondisi yang tidak menentu dan berkepanjangan. Hampir semua kalangan memiliki risiko terganggu kesehatan mentalnya. Baik orang tua, generasi muda bahkan anak-anak pun bisa mengalami gangguan kesehatan.

Kesehatan mental menurut WHO,  merupakan kondisi "sejahtera" seseorang saat orang tersebut menyadari kemampuan dirinya mengelola tekanan yang wajar, beradaptasi dengan baik dan bekerja secara produkif serta bisa berkontribusi kepada lingkungan sekitarnya.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa sehatnya mental seseorang itu berawal dari pengenalan pada diri sendiri dan kemampuan beradaptasi dengan tekanan kehidupan yang biasa dihadapi setiap hari serta bisa berkontribusi di kehidupan lingkungan.

Menjaga Kesehatan Mental Menurut Psikolog di Bandung

 

Apa Ciri Orang yang Sehat Mental?

Menurut Selly, S. PSI, M.PSI seorang psikolog di Bandung,  ciri-ciri orang yang sehat mental itu di antaranya bebas dari gangguan penyakit jiwa, dapat menerima kondisi dirinya dan menyadari kekuatan serta kelemahan diri. Selain itu orang dikatakan mentalnya sehat di saat mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dan memanfaatkannya untuk diri sendiri serta orang lain.

Tidak hanya mampu mengenali diri dengan baik, orang yang sehat mental juga mampu menyesuaikan dirinya secara fleksibel, memiliki hubungan sosialisasi yang menyenangkan serta dapat bermanfaat antar individu. 

Semua penjelasan dari Mbak Selly ini, saya dapatkan ketika mengikuti webinar dengan tema Mendeteksi Awal Kelainan Pada Kesehatan Mental Diri Sendiri, Anak dan Lingkungan Terdekat serta Pola Penanganannya.

Menurut Psikolog di Bandung tersebut, gangguan kesehatan mental bisa muncul akibat beberapa hal. Hal yang menyebabkan gangguan mental yaitu adanya trauma, gaya hidup tidak sehat, memiliki masalah yang berat, perubahan pola hidup, genetika dalam keluarga dan minimnya dukungan dari lingkungan sekitar.

Lalu bagaimana kita mengenali kesehatan mental seseorang?

Cara Mengenali Kesehatan Mental

Menurut Mbak Selly, kesehatan mental sulit dideteksi secara langsung kecuali menunjukkan gejala yang menonjol. Tanda yang bisa terlihat ketika seseorang mengalami kesehatan mental yaitu:

1. Cara Berpikir

Mental seseorang dikatakan tidak sehat ketika dia mengalami banyak pikiran yang negatif sehingga tidak dapat berpikir jernih dan sulit dalam membuat keputusan. Selain itu cara berpikirnya pun lebih lamban dari biasanya dan selalu memiliki pemikiran yang berbeda dengan kenyataan.

2. Dari Sisi Perasaan

Orang yang memiliki masalah mental seringkali mengalami perubahan emosi yang cepat. Suka merasa putus asa (tidak berdaya). Terlihat mudah merasa cemas, sedih, takut dan cepat marah dibandingkan dengan biasanya. Bahkan ada yang sampai mengalami mati rasa.

3. Tingkah Laku

Tanda yang menonjol dari orang yang mengalami kesehatan mental yaitu terlihat tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Cenderung menghindari lingkungan, lebih senang menyendiri, sering mengalami konflik dengan orang lain. Selain itu ada yang sulit makan, tidur atau bahkan berlebihan saat makan dan tidur.

Namun ketiga tanda tersebut tidak bisa dijadikan patokan yang “saklek” bahwa seseorang itu mengalami masalah kesehatan mental. Tetap butuh pendapat psikolog atau psikiater untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk menghindari timbulnya gejala gangguan kesehatan mental, perlu ada tindakan menjaganya. Sebagai penyedia jasa konsultasi psikologi online, Mbak Selly mengemukakan bagaimana caranya merawat kesehatan mental. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yaitu:

Kesadaran Diri (Self Awareness)

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yaitu memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Mengenal diri sendiri, memahami personal value dan paham dengan tujuan hidup kita.

Dengan demikian kita bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan dan memanfaatkan kelebihan yang kita miliki. Lebih mudah menemukan potensi diri, berprestasi dan berkembang lebih baik lagi.

Keberhargaan Diri (Self-Worth)

Setelah paham dengan diri sendiri kita juga harus bisa menghargai diri sendiri. Ketika dalam kondisi mental yang sehat, kita akan menghargai diri tanpa perlu adanya standar tertentu. Pada kondisi tertentu kita juga akan merasa berharga jika mendapat perhatian atau apresiasi dari orang lain.

Seseorang dengan kondisi sehat mental akan merasa bangga pada dirinya sendiri ketika telah berhasil meraih suatu pencapaian. Kemudian akan melanjutkan target selanjutnya dengan lebih tenang. Namun apabila belum mencapai apa yang dicita-citakannnya tidak akan terpuruk atau berpikir negatif. Mental yang sehat akan membentuk pemikiran yang positif dan tenang dalam mencari penyelesaian.

Penerimaan Diri (Self-Acceptance)

Menjaga kesehatan mental yang berikutnya yaitu dengan penerimaan terhadap diri sendiri. Menerima diri dalam kondisi apapun. Meskipun mengalami kegagalan bisa menerima keadaan, sabar, memaafkan dan tidak menyalahkan diri sendiri. Berusaha bisa menerima dengan tenang bahwa setiap manusia terlahir dengan tidak sempurna dan menghindari menyalahkan diri sendiri.

Berusaha menyadari bahwa semua kekurangan diri bisa diperbaiki. Memastikan setiap kekurangan dapat dikembangkan dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya hingga bisa menjadi sebuah kelebihan yang bermanfaat.

Mencintai Diri (Self-Love)

Dengan memiliki kesehatan mental maka akan timbul perasaan percaya, menghargai diri dan percaya pada kemampuan diri sendiri untuk melakukan banyak hal.

Dengan memahami, menghargai, menerima keadaan diri, mencintai dan melakukan perawatan diri, maka kita semua akan bisa menjaga kesehatan mental dengan baik. Namun ada kalanya kita sulit untuk bisa mengenali diri atau menerima keadaan diri, bisa meminta bantuan dengan menggunakan jasa konsultasi psikologi online.

Adakah layanan untuk mendeteksi dini kelainan kesehatan mental secara online? Apakah merasa kesulitan mencari layanan konsultasi dengan psikolog? Kini ada Get Spirit penyedia jasa konsultasi psikologi online yang berada di Kota Bandung. 

Layanan Kesehatan Mental Get Spirit

Get Spirit menyediakan tenaga psikologi di Bandung yang berkompeten di bidangnya. Dari acara webinar yang diadakan bersama Indscript tersebut saya mengenal lebih jauh tentang Get Spirit. Biro psikologi yang terbentuk dari keinginan besar para founder-nya untuk membantu sesama. Sejak berdiri dari tahun 2020, biro ini tidak hanya fokus pada jasa konsultasi kesehatan mental pada anak dan dewasa saja. Namun juga menyedikan layanan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk kebutuhan di HRD, penempatan staf, promosi dan sebagainya. 
 
Layanan Kesehatan Mental Get Spirit

Get Spirit merupakan solusi bagi yang ingin mengetahui cara konsultasi ke psikologi secara online. Tempat penyedia layanan yang berkompeten karena terdiri dari ahli yang berkompeten di bidangnya. Foundernya adalah Azalia Cindy Permadi, M.Psi., Psikolog yang memiliki latar belakang pendidikan S1 di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha dan S2 di Magister Profesi Psikologi Universitas Kristen Maranatha. 
Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit

Karir Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit ini yaitu assosiate psikolog di berbagai biro psikologi, recruiter calon karyawan di Bank Indonesia, recruiter calon karyawan PT Telkom, dan recruiter di Badan Kepegawaian Negara.

Bersama mendampingi Ibu Azalia di Get Spirit ada Ibu Theofanny yang juga memiliki latar belakang yang sama. Bu Theofanny juga lulusan S1 dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha dan Magister Profesi Psikologi Universitas Kristen Maranatha. Pengalaman kerjanya sebagai associate psikolog, grafolog tentunya dapat membantu siapa saja yang mencari layanan konsultasi dengan psikolog.

Kehadiran Get Spirit tentunya sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan konsultasi psikologi secara online. Diharapkan untuk ke depannya, Get Spirit bisa menjadi biro psikologi yang menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.

Nah, bagi sobat yang membutuhkan konsultasi mengenai kondisi kesehatan mental, silakan menghubungi Get Spirit di media social https://instagram.com/get_spirit. Bagi yang ingin berkonsultasi akan dijadwalkan sesuai dengan ketersediaan psikolog yang ada di Get Spirit. 
 
Layanan Konsultasi Online Get Spirit
 

Kesimpulan

Menjaga Kesehatan Mental perlu terus diupayakan agar kita semua bisa merasa "sejahtera". Apalagi dengan gempuran kondisi di sekitar kita yang kurang kondusif bisa memicu timbulnya stress, depresi hingga menjurus kepada gangguan mental.

Semoga bermanfaat.

Salam takzim


Post a Comment

1 Comments

  1. Penting banget ya sekarang menjaga kesehatan mental enggak hanya fisik, kini banyak sekali ragam kesehatan mental yang berbahaya dan kita engga bisa memutuskan oh ini ternyata yang aku alami. Solusi banget kalau bisa konsultasi ke psikolog, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^