20 Ayat Al- Quran dan Hadist yang bisa di Jadikan Kata- kata Bijak

Al- Quran ini adalah sebuah kitab suci untuk umat Islam, kitab Islam ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al- Quran dalam prosesnya diturunkan secara bertahap. Dalam Al- Quran terdapat banyak petunjuk jalan lurus supaya manusia bisa hidup selamat baik di dunia maupun di akhirat. 
20 Ayat Al- Quran dan Hadist yang bisa di Jadikan Kata- kata Bijak
 
Selain itu dalam Al- Quran juga banyak sekali kata kata bijak yang bisa kita jadikan sebuah pelajaran. Ini dia diantaranya: 
 
 
 “ Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” 
(Q.S Ar-Rahman) 

“ Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”
(Q.S Al-Zalzalah: 7)
 
 “ Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “ Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “ Insya Allah.”
(Q.S Al-Kahfi: 23-24)

 “ Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” 
(Q.S Huud: 90)
 
 “ Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.”
(QS. Luqman ayat 14)
 
“ Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” 
(Q.S An-Nur: 27)

“ Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” 
(Q.S An-Nur: 52)

“ Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” 
(Q.S An-Nazi’at: 40-41)

“ Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” 
(Q.S Al-Hujurat: 13)

“ Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” 
(Q.S Al-Humazah: 1-3)

“ Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” 
(Q.S At-Talaq: 4)

“ Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” 
(Q.S Al-Alaq: 14)

“ dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” 
(Q.S Al-Jumu’ah: 11)

“ Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” 
(Q.S Al-Ankabut: 45)

“Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” 
(Q.S Al-Baqarah: 45)

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui."
(Q.S al-Ankabut 64)
 
Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini. – Hasan al Bashri 
 
Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik.
 
Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah.
 
Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini. – Ali bin Abi Thalib

Semoga bermanfaat
Salam takzim


Post a Comment

1 Comments

  1. Ini singkat, tapi ngena buat teguran cocok banget memang. Jarang menemukan ayat yang ngena banget sama situasi, bagus juga kalau dijadikan quotes atau caption. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^