7 Fakta Unik Tentang Segitiga Bermuda Yang Penuh Misteri

Kamu tentunya sudah sering kan mendengar kisah tentang Segitiga Bermuda yang penuh misteri? Perairan yang terletak di Samudera Atlantik ini terkenal karena reputasinya yang kerap menjadi lokasi hilangnya kapal dan pesawat yang melintasi tempat itu. 
 
7 Fakta Unik Tentang Segitiga Bermuda Yang Penuh Misteri
Selama berpuluh-puluh tahun dilaporkan sudah banyak kendaraan-kendaraan yang hilang begitu saja. Sudah banyak juga teori yang menjelaskan bagaimana kendaraan-kendaraan tersebut hilang. Biasanya seorang pengamat skeptis mendasarkan teorinya dengan basis sains, namun ada pula pengamat yang mengaitkan dengan fenomena supernatural, relijius, dan ekstraterestrial. 
 

Fakta Tentang Segitiga Bermuda

Lantas, Segitiga Bermuda itu apa? Dan berapa luasnya? Berikut 7 fakta unik tentang Segitiga Bermuda yang menarik diketahui :

1. Lokasi Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda merupakan kawasan perairan yang terletak di antara Bermuda, Puerto Riko, dan Florida, Amerika Serikat. Tidak ada definisi yang pasti tentang batas-batasnya baik di peta atau di dunia nyata.

2. Luas Segitiga Bermuda

Tidak hanya lokasinya saja yang tidak pasti, tetapi luas Segitiga Bermuda juga tidak diketahui. Ada yang bilang luas Segitiga Bermuda sekitar 500 ribu kilometer persegi, tapi ada juga yang bilang luasnya mencapai tiga kali lipat dari perkiraan tersebut.

3. Asal Usul Nama Segitiga Bermuda

Nama Segitiga Bermuda pertama kali dicetuskan oleh seorang penulis bernama Vincent Gaddis pada tahun 1964. Ia menuliskannya dalam majalah Argosy. Meskipun Gaddis menjadi orang pertama yang menggunakan istilah Segitiga Bermuda, namun Charles Berlitz menjadi sosok yang berperan penting membuat perairan misterius ini menjadi populer.

Berlitz di dalam bukunya yang berjudul “The Bermuda Triangle” yang dirilis tahun 1974, ia mengemukakan teori bahwa dunia bawah laut Atlantis itu memang ada dan berkaitan dengan Segitiga Bermuda. Sejak itulah, cerita misteri tentang Segitiga Bermuda mulai dibahas di berbagai program televisi, film, dokumenter, buku, hingga situs website.

4. Beberapa Kasus Ternama Di Segitiga Bermuda

Meskipun nama Segitiga Bermuda baru diciptakan tahun 1964, namun cerita misterinya sudah dimulai sejak awal abad ke-20. Adapun beberapa kasus tentang hilangnya kapal di kawasan Segitiga Bermuda yang terkenal antara lain :

· USS Cyclops, sebuah kapal Angkatan Laut AS yang hilang pada tahun 1918.

· Flight 19 yang hilang tahun 1945.

5. Teori – Teori Tentang Segitiga Bermuda

Banyak peneliti yang mengemukakan teori untuk menjelaskan fenomena hilangnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda, baik yang berdasarkan sains maupun paranormal.

Berdasarkan penjelasan paranormal, ada yang bilang jika fenomena itu terjadi akibat teknologi kota mitos Atlantis yang berada di bawah laut. Teknologi bernama “Energi Kristal” tersebut mampu menenggelamkan kapal dan pesawat. Kemudian, ada pula teori yang lebih fantastis seperti adanya portal waktu dan campur tangan dari alien yang hidup di bawah laut.

6. Penjelasan Pemerintah AS

Angkatan Laut AS dan Penjaga Pantai AS memberikan penjelasan bahwa tidak ada pengaruh supernatural atas bencana yang terjadi di Segitiga Bermuda. Kemudian, mereka menambahkan bahwa tidak ada peta resmi yang menggambarkan tentang batas – batas Segitiga Bermuda. Selain itu, Badan Nama Geografis AS pun tidak mengenali Segitiga Bermuda sebagai nama resmi serta tidak memiliki data resmi tentang perairan tersebut.

7. Sering Dilewati Kapal Dan Pesawat

Meskipun reputasi negatif Segitiga Bermuda saat ini sudah tersebar luas, namun ternyata perairan dan ruang udara di sekitarnya merupakan jalur transportasi yang sibuk dan sering dilewati banyak kendaraan. Segitiga Bermuda sering dilewati oleh kapal kargo dan kapal pesiar yang berlayar menuju Amerika, Eropa, serta pulau di Karibia.
 
Itulah 7 fakta unik tentang Segitiga Bermuda yang penuh misteri. Masih penasaran dengan Segitiga Bermuda? Atau sobat mengetahui faktanya yang lain? Sharing, yuk!

Salam takzim



Post a Comment

1 Comments

  1. Kalau tidak salah baca, ada satu kasus yang sangat terkenal dan terjadinya di segitiga bermuda. Namanya Mary Celeste, terjadi di masa dulu. Kapal ini melewati segitiga bermuda saat cuaca berkabut.. setelah melewati kabut, kapal tetap berlayar, tetapi semua awaknya hilang.

    Misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^