Tips Pindah Rumah Supaya Berjalan Dengan Lancar

Adakah sobat-sobat memiliki pengalaman pindah rumah? Apakah ada yang sudah punya pengalaman pindah rumah beberapa kali seperti saya? Dulu saat belum punya rumah sendiri, saya dan keluarga sempat pindah sebanyak 3 kali dari kontrakan satu ke kontrakan lainnya. Waktu itu barang kami masih sedikit, jadi proses pindah rumahnya tidak begitu berat dan belum menggunakan jasa pindahan rumah. Berbeda kondisinya kalau barang-barang yang ada di rumah cukup banyak, tentunya persiapan pindah rumah pun harus lebih matang. 
 
Tips Pindah Rumah Supaya Berjalan Dengan Lancar


Persiapan Pindah Rumah

Mau pindah ke rumah sendiri ataupun rumah kontrakan tetap saja memerlukan persiapan yang matang. Ketika memutuskan untuk pindah berarti kita harus siap meninggalkan suasana lama dan beradaptasi dengan suasana baru. Oleh karena itu kita butuh melakukan beberapa persiapan saat memutuskan untuk pindah rumah di antaranya:

Berdiskusi dengan Orang Tua

Meskipun sudah berumah tangga, dalam beberapa hal saya merasa harus tetap berdiskusi dan butuh masukan dari orang tua. Saya masih butuh pertimbangan dari orang tua ketika punya rencana pindah rumah. Bahkan masalah pemilihan lokasi rumah yang akan ditempati, bentuk rumah hingga harga rumah yang akan kami beli, masih membutuhkan saran dari orang tua.
 
Sebagian orang mengutamakan mencari rumah yang lokasinya strategis. Dipertimbangkan juga fasilitas umum yang ada di dekat lokasi rumah seperti sarana ibadah, pendidikan dan kesehatan. Sedangkan saya selalu diingatkan bapak untuk memilih rumah yang dekat dengan masjid.

Membuat Catatan yang Terperinci

Supaya proses pindah rumah berjalan dengan lancar, mesti dibuat catatan khusus tentang semua kebutuhan yang diperlukan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dari catatan tersebut, nantinya kita juga bisa menentukan estimasi kebutuhan rumah yang akan ditempati.

Mempersiapkan Budget

Kita pun perlu menyiapkan dana tambahan untuk pindah ke tempat tinggal baru. Yang pertama kali harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu biaya untuk mengangkut barang-barang. Selain itu perlu dipikirkan juga kebutuhan dana untuk membeli barang yang diperlukan di rumah baru nanti. Dan yang terpenting, kita juga harus mempersiapkan dana darurat. Siapa tahu ada biaya tak terduga ketika memidahkan barang-barang ke rumah baru, bukan?

Pemilihan Barang Bawaan

Sebaiknya dipilih dahulu barang yang benar-benar penting dan dibutuhkan di rumah baru. Untuk barang yang sudah tidak diperlukan lagi, bisa diberikan pada orang lain yang mungkin lebih membutuhkan. Dengan begitu, proses pindah rumah jadi lebih praktis dan mudah. Bahkan ada beberapa orang yang memilih menjual sebagian besar barang miliknya sehingga hanya membawa barang penting atau keperluan pribadi ketika pindah rumah.

Meminta Bantuan Jasa Pindahan Rumah

Persiapan berikutnya yang tidak kalah penting yaitu mencari jasa pindahan rumah yang profesional dan berpengalaman. Menggunakan jasa profesional, pindahan rumah bisa dilakukan tanpa was-was terhadap barang milik kita. Selain berpengalaman melayani angkutan pindah rumah, kita juga perlu memperhitungkan tarif yang dikenakan oleh jasa angkut tersebut.

Oh ya, untuk sobat yang berada di Jabodetabek, ada jasa pindahan rumah yang profesional dan berpengalaman, loh! Ada Insan Cargo yang berpengalaman selama 10 tahun melayani jasa pindah rumah atau kantor. Dan yang bisa bikin kita nyaman yaitu Insan Cargo juga menyediakan asuransi yang bisa memberikan perlindungan terhadap barang-barang milik kita.

Bagi yang ingin pindah rumah, tidak perlu bingung juga untuk masalah packing barang. Karena Insan Cargo juga melayani jasa packing. Memudahkan bukan? Bagaimana kalau kita mau bawa barang pindahan banyak? Menggunakan jasa Insan Cargo kita tidak perlu khawatir, karena di sana disediakan armada fuso atau tronton untuk membawa barang-barang dalam jumlah besar. 

 

Insan Cargo tidak hanya menyediakan layanan pindah rumah saja, loh! Layanan pindahan dari Insan Cargo juga meliputi jasa pindah kost, apartemen, ruko, kantor, pabrik dan gudang. Lengkap, deh!

Pemilihan Waktu untuk Pindah Rumah

Ketika memutuskan untuk pindah rumah, perlu diperhatikan pula dalam hal pemilihan waktu yang tepat. Pilihlah waktu yang benar-benar pas untuk pindah rumah. Kita boleh memilih waktu pindah rumah di hari libur, supaya tidak harus bolos kerja atau sekolah. 
 
Untuk urusan pemilihan waktu pindah rumah, ada juga yang mengikuti hitung-hitungan hari.  Ada yang mengikuti aturan pindah rumah menurut kepercayaan Feng Shui, waktu baik untuk pindah rumah menurut Islam atau memilih waktu yang sudah diatur oleh budaya yang berlaku di daerahnya. Setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing.

Banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang ketika mau pindah rumah. Dengan melakukan semua tips pindah rumah yang sudah dijabarkan di atas, diharapkan prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Proses pindah lancar, tinggal di tempat baru pun akan terasa lebih nyaman.
Itulah tips dan pengalaman saya ketika pindah rumah. Bagaimana dengan pengalaman sobat ketika pindah rumah? Sharing, yuk!

Salam takzim


Post a Comment

6 Comments

  1. Bener sih. Pindah rumah bukan hal remeh yang bisa kita lakukan secara spontanitas. Perlu banyak pertimbangan dan persiapan. Kayak barang apa saja yang mesti kita bawa. Terus kalau misalkan memutuskan menjual semua barang dan hanya membawa barang penting atau pribadi saja, nanti di rumah barunya gimana? Kudu hunting harga barang-barang yang nanti dibeli di rumah baru. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Anyway, tips pindah rumah yang sudah ada di sini juga lengkap banget. Urusan teknis pindahnya juga ada. Kayak minta bantuan jasa pindah rumah plus dengan rekomendasinya juga.

    Thank you, Kakak....

    ReplyDelete
  2. Sekarang dimudahkan ya ada jasa pindahin rumah, jadi engga capek pakepuk sendirian. Tapi pe-er euy milih barang yang mau dibawa atau ditinggal aja. Belum lagi kalau rumah baru lebih kecil daripada rumah lama...

    ReplyDelete
  3. Wahhh asyiknya skrg sdh ada jasa pindahan spt Kargo Jakarta ini ya. Pasti sangat memudahkan. Saya sendiri sudah ngrasain rempongnya pindahan. 3 kali pindahan luar Jawa. 5 kali pindahan di kota yg sama. Rasanya uwowww banget deh klo dikerjain sendiri.

    ReplyDelete
  4. Sebagai kontraktor, urusan pindah rumah ibarat makanan sehari-hari. Udah khatam, hehehe. Tapi kok saya baru tahu ya kalau ada jasa pindah rumah, kayak Insan Cargo. Harus cari tahu nih tentang Insan Cargo. Mana tahu nanti kalau pindah lagi kami bisa kontak jasa ini.

    ReplyDelete
  5. Asyik ya sekarang ada jasa pindah rumah, pindahan rumah jadi nggak ribet dan penuh drama. Untuk budget hitungannya berdasarkan kilogram jumlah barang yang diangkut berarti, ya teh?

    ReplyDelete
  6. kalau udah beranak-pinak eh maksudnya punya anak, momen pindahan pasti melelahkan. Rasanya beres2 terus tapi nggak selesai selesai huhu. Belum mikirin angkutannya. Haduh. Untungnya ada Insan Cargo ya, jadi meski barang banyak tetep keangkut semua. No ribet2 club deh :D Sangat membantu untuk pejuang "punya rumah sendiri" alias kontraktor.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^