Elizabeth Setiaatmadja Sosok Womenpreneur Indonesia

Kita patut bangga bahwa di Indonesia kini sudah banyak pengusaha wanita yang sukses di bidangnya masing-masing. Sepak terjang para wanita ini tidak kalah suksesnya dengan para pengusaha pria. Dan salah satu womenpreneur Indonesia yang sukses dan multitalenta adalah Elizabeth Setiaatmadja. Seperti apa kiprah beliau di dunia bisnis Indonesia?

Elizabeth Setiaatmadja Sosok Womenpreneur Indonesia

Elizabeth Setiaatmadja Womenpreneur Multitalenta

Pemilik nama lengkap Elizabeth Ariestia Melawaty Setiaatmadja ini tidak hanya aktif di dunia bisnis tetapi juga aktif di bidang sosial. Pribadinya yang suka bekerja keras dan percaya diri membuatnya selalu totalitas dalam menjalankan bisnisnya.

Prestasi Elizabeth Setiaatmadja di Usia Dini

Pengusaha wanita yang biasa dipanggil dengan nama Liz Setiaatmadja ini, memiliki rasa percaya diri yang tinggi sejak usia dini. Lahir di tengah keluarga yang mapan, membuat Liz bisa mendapat banyak kesempatan untuk mengasah kemampuan dirinya. Beberapa les sudah diikutinya sejak di bangku kelas 1 SD. Mulai dari les musik, les menari, dan les Bahasa Inggris. Selama mengikuti berbagai les itu, kemampuannya makin meningkat hingga mencuri perhatian guru lesnya yang kemudian menawari Liz kecil menjadi asisten guru.

Liz Setiaatmadja wanita multitalenta

Bakat Bisnis Sejak Sekolah

Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki Liz sangat baik sehingga menjadikannya sebagai pakar komunikasi yang memudahkan menjalankan bisnis di sekolah. Liz sangat pintar melihat peluang bisnis di sekitarnya. Ketika menjelang Hari Raya Natal, Liz kecil berjualan kartu ucapan natal di lingkungan teman-temannya di sekolah. Tidak hanya kartu natal, Liz Setiaatmadja juga berjualan kalung di sekolah. Bahkan ada dua kakak kelasnya yang mau berjualan juga dan menjadi reseller-nya.

Kegemarannya berbisnis terus berlanjut hingga Elizabeth Setiaatmadja kuliah di Sydney. Meskipun orang tuanya sudah melarang dia berbisnis dan tetap fokus kuliah, tetapi Liz tetap berjualan. Liz melihat peluang ketika teman-temannya membutuhkan kartu telepon. Dia menyediakan kartu untuk mahasiswa Indonesia di sana supaya tidak harus jauh-jauh membelinya di pusat kota.

Di dalam menjalankan bisnisnya, Liz selalu menggunakan produk dagangannya terlebih dahulu supaya bisa meyakinkan konsumennya. Dan di semua bisnisnya itu, Liz selalu memiliki reseller yang mendukung perkembangan usahanya.

Pebisnis yang Aktif di Dunia Sosial

Tidak puas menjadi perempuan multitalenta yang sukses berbisnis, Liz terus bergerak aktif di dunia sosial untuk menjadi sociopreneur. Sebagai seorang pakar komunikasi yang aktif, Liz bisa menghubungkan banyak pihak terutama UMKM untuk bisa maju bersama.

Kepeduliannya pada dunia sosial membawa Liz Setiaatmadja bersama timnya untuk fokus membantu Suku Anak Dalam yang berada di pedalaman Jambi. Setelah satu tahun, beliau dan timnya sudah bisa membeli tanah dan membangun tempat tinggal yang layak untuk dihuni.

Kemampuannya berkomunikasi dengan baik bisa membuat dia menjadi networking expert yang menghubungkan banyak pihak untuk bekerja sama. Contohnya saja ketika Liz berkontribusi menolong sesama menghadapi pandemi Covid-19.

Saat itu banyak tim medis yang kekurangan perlengkapan APD. Melihat kondisi seperti itu, Liz pun berniat untuk menyumbang baju APD bagi tenaga medis. Sayangnya niatnya terhalang kendala mahalnya baju APD. Namun kemudian Liz berpikir untuk memproduksinya sendiri sehingga biaya bisa lebih ditekan.

Lagi-lagi kemampuan komunikasi seorang Liz Setiaatmadja patut diacungkan jempol. Dengan teman baiknya, womenpreneur Indonesia ini bekerja sama untuk membuat baju APD. Kerja sama tersebut akhirnya bisa menyumbangkan baju APD dengan total 20 milliar hanya dalam waktu sekitar 2 minggu. Gerakan sosial ini merupakan gerakan nonprofit sehingga seluruh dana sumbangan yang terkumpul diperuntukkan untuk membuat baju APD. Pada saat itu ada sekitar 400.000 baju APD yang berhasil disumbangkan untuk para tenaga medis.

Gerakan untuk membantu sesama ini tentunya masih membutuhkan banyak tenaga dan dana. Oleh karenanya Liz Setiaatmadja berinisiatif membuat channel YouTube yang nantinya akan dimonetisasi. Hasil monetisasi tersebut akan digunakan untuk membiayai dan mewujudkan mimpi besarnya.

Nah, bagi teman-teman yang ingin turut serta mewujudkan gerakan sosial Liz Setiaatmadja ini bisa mengunjungi channel YouTube Elizabeth Setiaatmadja. Selain berpartisipasi dalam kegiatan sosial, teman-teman juga bisa menambah wawasan yang dibagikan seperti bahasan tentang keuangan, ilmu komunikasi, keluarga bahkan seputar kuliner.

Elizabeth-Setiaatmadja

Perkembangan Bisnis Liz Setiaatmadja

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lain.
Moto hidup yang diyakini Elizabeth, membuatnya selalu berusaha berbuat baik untuk sesama. Beliau membangun Belle Couture yang bergerak di bidang kesehatan. Dua produk unggulan yang banyak dibutuhkan bagi masyarakat yaitu Caremax dan Aviair.

Caremax adalah masker kesehatan yang memiliki keunikan. Masker Caremax tidak berbau dan mempunyai lapisan antibakteri. Pengguna masker tersebut akan terlindung dari virus karena lapisan yang ada pada masker bisa membunuh virus di menit kedua hingga ke-30. Liz Setiaatmadja berharap produk maskernya bisa tersebar ke seluruh pelosok Indonesia. Sehingga para medis, tenaga kesehatan dan masyarakat pada umumnya bisa terlindungi dari penyakit.

Sedangkan produk Aviair adalah kalung kesehatan yang mempunyai manfaat untuk melindungi diri dari partikel beracun di udara. Produk Aviair ini telah terjual hingga ribuan buah berkat kemampuan bisnis Liz Setiaatmadja.

Rencananya dalam waktu dekat Belle Counture akan mengeluarkan produk barunya yaitu Healthy Snacks. Produk makanan berbahan dasar sorgum yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan autism.

Impian Menjadi Sociopreneur

Keaktifan Liz di dunia sosial tidak membuat dirinya merasa puas. Dia merasa keterlibatannya di Yayasan Karsa dan Yayasan IMB (Boot camp for Politician) masih belum cukup. Liz ingin bisa lebih banyak lagi membantu masyarakat luas. Salah satunya dengan menyediakan produk makanan yang aman bagi penderita diabetes dan autism.

Sosok wanita yang inspiratif, bukan? Meskipun berasal dari keluarga berada tetapi Liz Setiaatmadja berusaha untuk bisa berdiri sendiri. Membangun bisnis dari nol dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Salam takzim

Post a Comment

3 Comments

  1. kereen banget teeh Liz Setiaadmadja ini, bener-bener sosok inspiratif untuk pebisnis indonesia dan untuk kita sebagai perempuan ya

    ReplyDelete
  2. Luar biasa ya Elizabeth Setiaatmadja! Sosok wanita pebisnis yang inspiratif. Tidak mengandalkan keluarganya. Meski berasal dari keluarga yang mapan. Salut!

    ReplyDelete
  3. Salut sama prestasi dan jiwa kemanusiaan dari Elizabeth Setiaatmadja ini ya Teh. Indonesia butuh lebih banyak sosok seperti dia ini biar makin maju. Sukses selalu untuk beliau.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^