Ide Kerajinan Tanah Liat

Tumbuh kembang anak memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Termasuk saya yang selalu ingin melihat secara langsung tahap demi tahap perkembangan anak. Suatu hal yang menarik bagi saya, saat melihat anak menunjukkan satu kebisaan tertentu. Melihat mereka bisa membuka tempat mainannya sendiri, mampu menuangkan air ke dalam gelas tanpa ada tumpahan atau sekedar mengupas pisang dari kulitnya. Kemampuan yang menarik karena dilakukan oleh anak. Tentu berbeda ketika semua kemampuan itu dilakukan oleh orang dewasa, bukan?

Supaya kemampuan anak berkembang, kita selaku orang tuanya harus bisa membimbing anak agar dapat berpikir dan kreatif sedini mungkin. Jika seorang anak bisa melakukan hal yang kreatif maka ia akan terbiasa melihat dari sudut pandang yang berbeda. Nah, salah satu kegiatan yang dapat mengasah kreativitas anak yaitu dengan mengajaknya membuat aneka kerajinan tangan.

Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan tanah liat adalah salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan motorik anak-anak. Tanah liat adalah bahan alami dan dapat dimodifikasi menjadi benda-benda, figur atau bentuk apapun yang diinginkan. Dan bahan tanah liat kini sudah tersedia di beberapa toko mainan. Maka dari itu, kita dapat memanfaatkan kerajinan tanah liat sebagai salah satu alternatif kegiatan yang asyik dan bermanfaat untuk anak-anak.

Ide Kerajinan Tanah Liat

Berikut beberapa ide kerajinan tanah liat yang dapat dilakukan oleh anak yang cocok untuk berbagai usia:

1. Membuat patung figur sesuai imajinasi anak

Patung figur adalah kerajinan tanah liat paling populer yang dapat dikerjakan anak yang lebih besar. Hal ini dilakukan dengan memberi anak referensi dan mendorong anak untuk membuat figur sesuai imajinasi mereka, seperti tokoh favorit dari film atau kartun, hewan peliharaan, atau tokoh superhero.

Seperti keponakan perempuan saya yang senang dengan tokoh Elsa di film Frozen, membuat miniaturnya secara detil. Dia buat rambutnya yang panjang dan gaun yang menjuntai. Berbeda dengan saudaranya lelakinya yang memilih membuat kucing sesuai dengan hewan peliharaannya. Apresiasi apapun yang dibuat oleh anak, karena semua itu merupakan hasil imajinasi dan kreativitas mereka.

2. Membuat gantungan kunci dan tempat pensil

Kerajinan tanah liat juga bisa membuat aksesoris praktis, seperti gantungan kunci dan tempat pensil. Anak-anak dapat menambahkan sentuhan pribadi dengan memahat huruf atau gambar pada aksesoris mereka.

Memiliki benda yang bertuliskan nama biasanya menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak. Anak-anak bisa menunjukkan bahwa merekalah pemilik barang tersebut.

3. Membuat pernak-pernik dekoratif

Selain patung figur dan aksesoris praktis, tanah liat juga bisa dibuat menjadi dekorasi rumah, seperti vas bunga, kotak perhiasan, atau hiasan dinding. Anak-anak dapat memodifikasi bentuk dan ukuran mereka sesuai dengan imajinasi mereka, dan bahkan menambahkan warna untuk memperindah produk kerajinan mereka.

4. Membuat miniatur benda-benda rumah tangga

Anak-anak dapat membuat miniatur benda-benda rumah tangga, seperti benda hiasan, buah-buahan dan sayuran untuk play house atau mainan mereka. Hal ini akan memberikan mereka pengalaman menyenangkan dan memperkaya kreativitas mereka.

Ide Kerajinan Tanah Liat untuk Anak

Ketika menyalurkan kreativitasnya, anak-anak bisa mendapatkan manfaat membuat kreasi tanah liat seperti dapat mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta mengembangkan daya imajinasi mereka. Hal ini akan diadaptasi dengan baik oleh setiap anak sesuai dengan perkembangan usia mereka. 

Jangan lupa untuk mengawasi anak ketika mereka bekerja dengan tanah liat dan memastikan mereka menggunakan perlindungan yang sesuai untuk mata dan tangan. Pekerjaan kerajinan tanah liat dapat cukup berantakan, jadi pastikan ruang kerja bersih dan siap untuk aktivitas yang kreatif dan menyenangkan ini!

Kerajinan Tanah Liat untuk Anak

Kerajinan menggunakan tanah liat adalah cara yang murah dan menyenangkan untuk membangun imajinasi dan kreativitas anak. Mungkin anak ingin menjadi seniman yang menghasilkan kerajinan tangan yang menakjubkan pada masa depannya dengan mulai awal ini.

Selain itu membuat kerajinan ini dapat menciptakan pengalaman baru dan memberi stimulasi kecerdasan pada anak. Berbagai kegiatan yang mengasah kreativitas dan daya imajinasi anak tentunya dapat merangsang perkembangan otak mereka.

Salam takzim



Post a Comment

0 Comments