Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kreasi Jawa Barat 2023

Minggu pagi 9 Juli 2023 lalu, seputaran Gedung Sate dan lapangan Gasibu kondisinya ramai melebihi biasanya. Sebagai lokasi car free day setiap minggu pagi, kawasan di Jalan Diponegoro Bandung ini memang selalu ramai dengan masyarakat sekitar yang berolah raga dan kulineran. Namun pagi itu, kawasan tersebut benar-benar bagai lautan manusia.

Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kreasi Jawa Barat 2023

Selain event car free day, di area Gedung Sate juga diselenggarakan event Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kerajinan Jawa Barat. Pantas saja, ramai sekali! Begitu memasuki kawasan depan Gedung Sate, saya langsung disajikan perform peragaan busana yang menampilkan eco-fashion. Ternyata di acara yang digagas oleh Bank Indonesia dan Dekranasda Jawa Barat tersebut sedang mengadakan lomba fashion show. Para peraga busana yang berjalan melenggak lenggok di atas panggung memeriahkan lomba Ngabaraya Fashion Walk dengan tema Office Look dengan Wastra Jawa Barat.

Showcase Produk UMKM Premium Jawa Barat

Selain menyajikan hiburan yang menarik, peragaan busana dengan Wastra Jawa Barat juga bisa mengangkat citra budaya daerah dan mendukung pengembangan UMKM di daerah Jawa Barat. Pelaksanaan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) yang diusung Bank Indonesia ini dikolaborasikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) yang merupakan program Dekranasda Jawa Barat. Event ini sekaligus juga mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, loh!

Dekranasda Jabar Karya Kreatif Jawa Barat

Buktinya aja, di Pavilion Dekranasda Jawa Barat terdapat 75 booth UMKM yang memamerkan produk kerajinan lokal. Tidak hanya di Paviliun Dekranasda Jawa Barat, saya juga melihat berbagai produk unggulan UMKM yang termasuk dalam binaan BI di Pavilion UMKM Bank Indonesia. Pameran produk UMKM tersebut mengusung konsep eco living. Sesuai dengan tema acaranya yaitu Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat.

Bank Indonesia Karya Kreatif Jawa Barat

Peserta UMKM yang menggelar produknya di acara Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kreatif Jawa Barat itu terdiri dari produk craft, fashion, kuliner dan coffee and tea. Ketika saya melihat-lihat produk yang dipajang, ada salah satu booth yang ramai pengunjung. Penasaran, saya langsung ikut mendatanginya. Ternyata di sana tersedia produk tas anyaman dengan harga terjangkau. Cukup banyak juga masyarakat yang tertarik dengan tas anyam dengan berbagai ukuran dan bentuk itu

Java Tea Experience

Pada bagian belakang Gedung Sate saya pun mengunjungi sebuah booth dengan tulisan Java Tea Experience. Di bagian dalam booth tersebut ada beberapa pengusaha maupun komunitas yang menampilkan produk teh artisan yang mereka miliki dan mengenalkannya kepada masyarakat.

Java Tea Experience Karya Kreatif Jabar

Java Tea Experience (JTE) 2023 ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat – Pekan Kreasi Jawa Barat yag mengangkat keragaman cita rasa teh artisan Jawa Barat yang berbeda dari teh pada umumnya. Saya dan pengunjung yang lain diberi kesempatan untuk bertanya segala hal tentang produk yang dipamerkan dan mencicipi cita rasanya.

Target diadakannya JTE 2023 ini sendiri yaitu mengundang pebisnis untuk membuka peluang kolaborasi dalam bisnis teh. Dengan mengusung konsep experiental event, JTE tahun ini juga memberi pengalaman yang mengesankan kepada pengunjung karena bisa melihat langsung berbagai pelaku usaha di industri teh, mulai dari brand teh artisan hingga industri yang mendukungnya.

TikTok Competition KKJB-PKJ 2023

Ada satu hal yang unik di acara perhelatan yang berupaya mendorong daya saing UMKM dalam rangka Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif ini. KKJ-PKJB 2023 yang merupakan kerja sama antara Bank Indonesia, Kementrian dan Kelembagaan terkait, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Perbankan, dan instansi terkait ini dilaksanakan secara hybrid. Ada yang disajikan secara langsung dan ada yang digelar secara online. Salah satunya kompetisi Tiktok.

Lomba Tiktok Pekan Kreasi Jabar

Kompetisi karya kreatif ini dapat diikuti oleh semua warga Jawa Barat yang berusia minimal 18 tahun. Peserta mengikuti lomba menggunakan akun tiktok sendiri dan mengunggah video original dan bukan repost.

Tema perlombaan tiktok ini adalah tarian yang menggunakan wastra Jawa Barat. Konten videonya sendiri dapat diikuti oleh kelompok dengan anggota 2 hingga 10 orang. Dan peserta juga diberi kesempatan untuk mengirimkan video lebih dari satu. Supaya peluang menangnya bisa lebih besar, bukan?

Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Dari semua acara KKJ-PKJB 2023 yang menampilkan pesona wisata Jawa Barat yang dirangkai dalam berbagai atraksi budaya Jawa Barat, Fashion Show dan kegiatan lainnya, jelas terlihat acara ini mendukung Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

Diharapkan acara yang digelar setiap tahunnya ini bisa mendorong generasi bangsa untuk lebih memilih produk buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia.

Setelah melihat meriahnya acara yang sempat terhenti karena hujan, saya berharap bisa melihat acara Karya Kreasi Jawa Barat- Pekan Kreasi Jawa Barat di tahun berikutnya. Masyarakat juga bisa mendukung acara dengan membeli produk dalam negeri dan mendorong pemulihan ekonomi.

Salam takzim



Post a Comment

17 Comments

  1. Wah jadi kangen jalan-jalan ke acara ginian, apalah daya sekarang tinggal.y cukup jauh dari kota jd kurang acara beginian di tempat sekarang

    ReplyDelete
  2. Pastinya seru ya mbak. Sebagai ajang memamerkan produk-produk UMKM ya. Btw memang ada dan masih berjalan ya gerakan nasional bangga buatan Indonesia?

    ReplyDelete
  3. Pengin datang kalau ada acara seperti ini. Apalagi di Bandung mayan dekat. Seru ya event² seperti ini tuh mendongkrak sekaligus mempromosikan produk umkm agar lebih menjangkau lebih luas dan selalu bangga belanja produk lokal.

    ReplyDelete
  4. seru banget kayaknya ya acaranya mba, sayangnya ga bisa ke sana karena pas tanggal segitu masih di luar kota, semoga kreatifitas warga Jawa Barat makin berkembang dan pastinya bangga banget generasi Indonesia banyak yang kreatif dna berkarya keren

    ReplyDelete
  5. Acaranya mantap banget ya dan ada banyak booth UMKM, dan pemerintah daerahnya bener2 mendukung para pengusaha kecil dan menengah.

    Ada TikTok competitionnya juga, ehh kak Nurul ikut lomba ini juga kah?

    Pengen ke Jabar euy belum pernah sama sekali ke tanah Sunda.

    ReplyDelete
  6. Sayangnya saya lagi gak di Bandung. Di Bandung biasanya banyak karya kreatif, Jadi, pasti event begini bakal memanjakan mata. Malah bisa-bisa kalap karena pengen borong.

    ReplyDelete
  7. Acara ky gini yg sll aku tungguin. PALING demen liat produk2 UMKM. Biasanya diadakan event ini dimana ya yg plg sering, spy bisa jadwalin waktu utk liat2?

    ReplyDelete
  8. Kegiatan kek gini memang harus dikembangkan. Banyak banget kreasi2 buatan indonesia yang bahkan kita sendiri belum tahu karena gak dipamerin. Semoga produk2 ini bisa go internasional!

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, kerennya KKJB & PKJB ini ya Kak. Banyak sekali yang berpartisipasi, begitu pula yang ditampilkan dalam acaranya.

    Ada peragaan busana eco Fashion, showcase produk UMKM dan masih banyak lagi. Ramai juga Teddy lihat di fotonya. Semoga kegiatan ini selalu diadakan. Aaaaaamiiiiin.

    Terima Kasih ya Kak.

    ReplyDelete
  10. Seru bnget ya kak acaranya. Bagus juga untuk pemalu UMKM dan UKM karena produk mereka bisa dikenal secara luas.

    ReplyDelete
  11. Tiktok Challenge nya bakal bermanfaat banget sih, karena saya sendiri sering lihat teman-teman cari referensi entah itu UMKM ataupun tempat wisata di tiktok..

    ReplyDelete
  12. Penasaran dengan tas anyam yang diceritakan. Hehe. Selain sebagai ajang untuk menambilkan produk UMKM, acara seperti ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif jalan-jalan bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  13. Seneng deh kalo ada ada event kekgini, karena pasti ngasih ruang sama UMKM dan karya kreatifnya appsti bagus², bahkan ada yg unik. Karya Kreatif Jawa Barat 2023 patut rutin diadain yah, supaya memajukan UMKM, budaya Jabar juga, trus dukungannya buat Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) juga. Top!

    ReplyDelete
  14. Semoga semakin banyak acara seperti ini. Sebagai kampanye semakin bangga membeli produk dalam negeri ditengah gempuran produk asing saat ini.

    ReplyDelete
  15. Acara Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kerajinan Jawa Barat ini keren banget, ya. Dengan acara seperti ini semoga generasi muda juga bisa lebih mencintai produk dalam negeri termasuk juga wisata dalam negeri. Asyik ya di acara ini bisa lihat aneka produk dalam negeri :)

    ReplyDelete
  16. saya seneng menghadiri acara seperti ini. Tapi sayangnya jarang sekali bisa menghandiri, karena juga jarang ada disini. Kalau pun ada waktunya selalu barengan dengan waktu jam kerja.

    ReplyDelete
  17. Wahhh sering banget ke jawa barat, tapi jarang banget bisa ikut event ini. Sepertinya kedatanganku memang yang tidak pas saat itu sih, semoga soon kalau ada lagi bisa ikut memeriahkan..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^