Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bagi Emak Blogger

Halow sobat, ketemu lagi di sini!

Setelah kemarin saya nulis tentang kegiatan selama nulis di blog, kali ini saya juga mau cerita hal lain di luar menulis di blog tapi sangat mendukung kegiatan blogging. Yuk, mari ngobrol bareng!

Diakui atau tidak, tidak hanya harus memiliki kemampuan menulis yang baik untuk bisa jadi blogger profesional. Masih banyak faktor lainnya yang mendukung seorang blogger untuk bisa lebih jadi profesional.

Betul, kemampuan menulis yang baik itu hal yang utama dan paling penting. Karena bisa dibilang ngeblog itu membuat konten tulisan dengan tujuan supaya orang lain membaca blog kita dan mendapatkan manfaat dari tulisan itu.

Namun selain membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, masih ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan supaya bisa menjadi blogger profesional. Apakah itu?

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blogger

Untuk membuat konten yang baik, seorang blogger juga harus bisa menguasai cara mengelola blognya supaya menarik dan mudah diakses. Selain itu, blogger juga harus bisa membuat infografis atau gambar yang menarik untuk melengkapi sebuah tulisan. Seorang blogger juga sebaiknya menguasai tentang fotografi, videografi atau teknik SEO yang penting untuk blognya.

Semua kemampuan itu bisa didapatkan di mana? Kita bisa belajar dari yang lebih berpengalaman, bertukar pikiran dengan teman, mengikuti kelas ngeblog atau bergabung di komunitas. Ya, bergabung dengan komunitas bisa menambah ilmu dan wawasan, bukan?

Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, ada lagi manfaat bergabung dengan komunitas yang bisa dimanfaatkan oleh blogger. Mau tau apa aja yang bisa saya dapatkan ketika bergabung dengan komunitas blogger?


1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa saya bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan saat bergabung di komunitas blogger. Tidak hanya pengetahuan tentang ngeblog aja, loh, saya juga banyak mendapatkan sharing tentang cara mengasuh anak, membuat masakan yang simpel tapi lezat, informasi menarik tentang tempat wisata menarik, dan info lainnya

Semua wawasan itu saya dapatkan ketika berinteraksi dengan sesama blogger di dalam grup komunitas. Selain dari hasil perbincangan di dalam grup WhatsApp, semua wawasan itu saya dapatkan ketika berkunjung ke blog teman-teman lainnya. Membaca tulisan berdasarkan pengalaman teman blogger lainnya.
Nah, banyak cara untuk bisa mendapatkan berbagai informasi yang penting, bukan?

2. Mendapatkan Ide Sumber Tulisan

Banyak komunitas blogger yang sering mengadakan event blogwalking. Pada event tersebut, blogger diharuskan mengunjungi blog teman lainnya. Nah pada saat berkunjung dan membaca tulisan blogger lain, kita bisa menemukan ide yang bisa dijadikan tulisan untuk blog.

3. Media Branding

Ketika berinteraksi dengan teman dalam komunitas, secara tidak langsung kita pun memperkenalkan diri dan blog kita. Dengan begitu, nama blog dan kita pun bisa dikenal. Semakin aktif kita memperkenalkan diri maka lambat laun kita bisa mem-branding diri. Sehingga berkomunitas itu bisa dijadikan media untuk promosi personal branding.

4. Meningkatkan Motivasi

Karena bergabung dalam komunitas blogger maka obrolan kita pun pasti kebanyakan tentang ngeblog. Dari pembicaraan tersebut kadang bisa memicu semangat untuk mengisi konten tulisan di blog.

Berdasarkan pengalaman selama ini, kegiatan saya menulis di blog seringkali dipengaruhi oleh mood. Kalau sedang rajin, bisa rutin menulis tetapi kalau sudah datang rasa malas atau bosan, blog ini jadi lumutan, hehehe.
Untungnya setelah bertemu dengan teman satu komunitas, biasanya jadi semangat lagi untuk nulis di blog. Dari perbincangan  dengan teman, banyak insight yang bisa memotivasi saya untuk kembali menulis.

5. Tambah Teman

Keuntungan paling asyik kalau kita bergabung dalam sebuah komunitas adalah bisa punya banyak teman. Ya, sebagai makhluk sosial tentu saja kita senang jika punya banyak teman. Begitu juga dengan saya.

Sejak memutuskan untuk berkecimpung di dunia blogger, jumlah teman saya jadi bertambah. Yang bikin seneng itu sekarang bisa punya teman dengan satu frekuensi. Sama-sama punya hobi menulis di blog.

Awalnya pertemanan saya hanya secara online. Belum punya teman blogger yang bisa bertatap muka secara langsung. Meskipun kenal secara online, tapi alhamdulillah jalinan pertemanan kami begitu akrab. Tidak hanya ngomongin soal blog bahkan bisa juga cerita seputar riweuh-nya tugas harian seorang emak.

Begitulah, berkat teknologi saya bisa punya banyak teman yang tinggal di daerah jauh. Meskipun jarak memisahkan tapi hubungan kami bisa terasa dekat. Bahkan kami jadi bisa saling bercerita tradisi unik dari daerah masing-masing. Asyik, deh!

Seiring berjalannya waktu akhirnya saya tau kalau blogger itu bisa ikut bergabung dalam event-event untuk diliput dan dituliskan di dalam blog. Jadi kalau ada tawaran untuk hadir di sebuah event di Kota Bandung, saya pun mengajukan diri untuk mengikutinya.

Berawal dari bergabung di beberapa event itulah akhirnya saya bisa lebih banyak dapat teman baru. Teman-teman yang mengenalkan saya pada komunitas blogger. Karena saya tinggal di Bandung, maka saya pun bergabung dengan komunitas yang ada di kota kembang ini.

Selain bisa bergabung dalam komunitas blogger setempat, saya juga bisa makin akrab dengan teman-teman blogger. Istilahnya karena sering bertemu jadi kami bisa makin dekat. Saking serunya berteman dengan sesama emak-emak blogger, kami jadi sering ketemuan meski bukan di acara blogger. Berbagai topik pembicaraan bisa kami lahap bersama. Mulai dari urusan emak-emak di rumah, tukar pikiran tentang pengasuhan anak sampai urusan upgrade skill juga bisa kami bahas bersama.

Bersyukur sekali bisa berteman dengan sesama blogger. Karena punya passion yang sama jadi berasa saling memiliki. Pokoknya seruu, deh, kalau punya teman satu frekuensi! Gak percaya? Pengen bukti? Beberapa hal ini yang saya rasakan ketika bersama dengan teman satu frekuensi.

1. Kalau Ngobrol Selalu Nyambung

Ngobrol bareng itu hal yang biasa dilakukan oleh semua orang. Keliatannya sederhana tetapi jadi hal yang mengasyikkan. Obrolannya pun tidak harus yang serius, dengan topik yang berat sekalipun kalau ngobrolnya dengan yang satu frekuensi bakalan asyik. Apalagi karena memiliki hobi dan ketertarikan yang sama, rasanya selalu nyambung ketika ngobrolin banyak hal.

2. Mengerti Meski Tanpa Bercerita

Hal menarik selanjutnya yang bikin betah lama-lama dengan teman satu frekuensi yaitu kita bisa saling mengerti satu sama lain. Karena punya banyak kesamaan, jadi bisa dengan mudah saling memahami satu sama lain. Bahkan pernah, loh, kita belum selesai cerita, tetapi teman kita sudah memberi solusi untuk masalah kita. Asyik, ya!


3. Teman Rasa Saudara

Siapa pun pasti ingin sekali di ujung dari sebuah pertemanan bisa menjadi seperti saudara, bukan? Begitu seringnya menjalankan hobi dan passion yang sama, saya dan teman-teman bisa lebih akrab. Sampai-sampai bisa menganggap teman kita seperti saudara sendiri. Alhamdulillah, yaa...

Komunitas bagi Blogger

Dapat diambil kesimpulan, bergabung dalam sebuah komunitas, pastinya dapat mendatangkan banyak manfaat bagi seorang blogger. Selain menambah wawasan, meningkatkan motivasi, menjadikan komunitas sebagai media personal branding, memunculkan ide untuk menulis, bergabung dalam komunitas juga bisa menambah teman yang satu frekuensi. Teman-teman yang bisa saling mengerti dan akrab seperti saudara sendiri.


Salam takzim


Post a Comment

5 Comments

  1. Betul banget, Kak dengan menjadi blogger bisa menambah banyak ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  2. Bisa menjadi teman tapi rasa saudara nih ya, Kak kalau ikut blogger hihi

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang blogger

    ReplyDelete
  4. Selain menambah teman, saya suka menjadi blogger karena bisa saling sharing

    ReplyDelete
  5. Bergabung dalam komunitas blogger ini memang sangatlah penting ya, Kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^