Pentingnya Support System yang Kuat Bagi Blogger

Halo sobat, di postingan sebelumnya saya sudah banyak membahas tentang blogger dan berbagai hal yang berhubungan dengannya. Dan untuk postingan kali ini saya mau bercerita tentang aktivitas ngeblog dan seputar support system yang mendukungnya, yaa!

Mengapa topik bahasan itu yang saya pilih? Karena support system itu juga berhubungan dengan topik sebelumnya. Ya, saya sadar betul, sudah berada di titik ini karena dukungan dari orang sekitar. Dan tanpa support system, saya pasti merasa mudah lelah atau stres.
Jadi, apa, sih, support system itu?

Pentingnya Support System yang Kuat untuk Blogger

Support system atau sistem dukungan, adalah salah satu konsep yang mendasar dalam kehidupan kita. Merupakan jaringan orang, sumber daya, dan lingkungan yang diandalkan untuk mendukung kita dalam berbagai aspek kehidupan. Support system sebagai pondasi penting yang memungkinkan kita menghadapi tantangan, meraih kesuksesan, dan mencapai kesejahteraan secara keseluruhan.

Siapa Saja yang Bisa jadi Support System?

Support system terdiri dari berbagai elemen, diantaranya individu, keluarga, teman-teman, rekan kerja, komunitas, serta sumber daya seperti penasihat profesional, tempat ibadah, dan lembaga dukungan sosial.

1. Dukungan Individu

Dalam support system, kita sering memiliki individu yang sangat dekat dengan kita, seperti pasangan hidup, orang tua, atau saudara. Mereka adalah orang yang kita andalkan untuk memberikan dukungan terdekat. Alhamdulillah orang tua sangat mendukung kegiatan saya. Terutama ibu. Beliau mendukung saya ngeblog karena menurutnya dengan menulis, saya bisa selalu aktif dan bermanfaat untuk orang lain. 

2. Keluarga

Keluarga merupakan salah satu elemen penting dari support system. Biasanya mereka itu orang pertama yang memberikan dukungan emosional saat kita membutuhkannya. Contohnya suami dan anak-anak saya yang mengerti dan mendukung saya menekuni dunia blog. Mereka kadang mau menolong ketika diminta bantuan seperti mengambil foto untuk data pendukung tulisan di blog. Bahkan mau dijadikan materi tulisan saya juga hehehe ....

3. Teman-teman

Teman-teman juga bisa menjadi pilar dukungan sosial yang penting. Mereka dapat memberikan persahabatan, dukungan emosional, serta tempat untuk berbagi dan berbicara. 
Beruntung saya bisa punya banyak teman blogger, baik yang kenal secara online atau di dunia nyata. Dengan mereka, saya bisa banyak berdiskusi dan bertukar pikiran semua hal yang berhubungan dengan ngeblog. 

4. Rekan Kerja

Support system juga mencakup rekan kerja yang dapat memberikan dukungan dalam konteks pekerjaan dan karier kita. Sudah menjadi hal yang biasa ketika sesama blogger bisa saling mendukung dan menyemangati ketika ada yang sedang tidak bersemangat ngeblog serta tumbuh bersama untuk menjadi blogger profesional .

5. Komunitas dan Sumber Daya

Komunitas lokal dan sumber daya seperti organisasi nirlaba, kelas, atau kelompok dukungan juga dapat menjadi bagian dari support system. Mereka dapat memberikan dukungan khusus untuk berbagai masalah atau kebutuhan individu.

Semua elemen support system di atas merupakan jaringan yang saling terhubung, memberikan dukungan emosional, praktis, dan sosial kepada individu. Dukungannya pun bisa mencakup berbagai aspek di kehidupan kita.

Apakah Emak Blogger Butuh Support System?

Tentu saja! Sebagai ibu rumah tangga yang juga menjadi emak blogger, saya juga butuh orang-orang yang mendukung semua aktivitas. Apalagi saya sadar jika punya keterbatasan sebagai individu. Setiap orang pasti ada yang memiliki keterbatasan fisik, emosional atau intelektual. Adanya support system inilah yang mampu mengisi keterbatasan dengan keahlian, intelektual dan emosional.

Fungsi Support System untuk Kesuksesan

Dukungan yang diberikan support system dapat beragam dan melingkupi berbagai sektor dalam kehidupan. Berikut ini dukungan yang diberikan dan menjadi fungsi dari support system.

1. Dukungan Emosional

Support system memberikan tempat bagi setiap orang untuk berbicara mengenai perasaan mereka, mengekspresikan diri, dan merasa didengar serta dimengerti. Semua itu bisa membantu mengatasi stres, kecemasan, dan masalah emosional lainnya.

2. Dukungan Praktis

Support system dapat memberikan bantuan praktis, seperti membantu dalam tugas sehari-hari, memberikan nasihat, atau berbagi tanggung jawab seperti merawat anak.

3. Dukungan Sosial

Dalam lingkungan sosial yang sehat, support system memberikan rasa keterhubungan dan penting untuk kesejahteraan psikologis.

4. Dukungan Karier dan Pendidikan

Rekan kerja dan mentor dalam support system juga dapat membantu dalam pengembangan karier dan pendidikan, memberikan nasihat dan peluang berbagi pengetahuan.

5. Dukungan dalam Krisis

Support system juga merupakan fondasi yang sangat penting saat menghadapi situasi krisis seperti penyakit serius, kehilangan, atau bencana alam. Mereka dapat memberikan dukungan dan bantuan yang sangat dibutuhkan dalam saat-saat sulit.

Manfaat Memiliki Support System

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, bagi saya keberadaan support system yang kuat memiliki banyak manfaat. Pertama, dengan support system kita dapat terhindar dari stress. Dengan adanya dukungan emosional dan praktis, kita bisa merasa lebih kuat dalam mengatasi tantangan.

Kedua, support system dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Selain itu dukungan secara emosional dan sosial bisa mengurangi masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Ketiga, dengan adanya support system yang kuat, kita bisa merasa lebih puas dan merasakan peningkatan kualitas hidup. Kita merasa lebih bahagia, terhubung dengan orang lain, dan memiliki rasa tujuan yang lebih besar.

Keempat, dengan support system yang melibatkan rekan kerja, mentor, dan sumber daya pendidikan dapat membantu individu meraih sukses dalam karier dan pendidikan.

Pentingnya  Support System Bagi Blogger

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga menjalani peran sebagai blogger, kehadiran support system tidak bisa saya abaikan. Pihak yang menjadi support system seperti fondasi pada sebuah bangunan. Dukungannya jadi dasar kuat yang memungkinkan kita untuk bisa tumbuh berkembang dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Selama ini saya mengurus segala hal yang berhubungan dengan keluarga tanpa mendapat bantuan dari siapa pun. Artinya saya mengerjakan pekerjaan rumah tanpa ada bantuan dari asisten rumah tangga. Beban pekerjaan rumah tangga pastinya akan terasa lebih berat bisa ditambah dengan kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi dan pikiran yang fokus. Namun semua itu tidak akan terasa berat ketika ada support system yang mendukung.  

Bersyukur sekali, suami dan anak-anak bisa mengerti ketika ibunya punya hobi menulis di blog. Anak-anak mau diajak bekerja sama mengerjakan pekerjaan rumah. Sedangkan pak suami juga tidak merasa keberatan jika saya duduk lama di depan laptop asalkan semua urusan yang jadi tugas saya sudah beres.

Maka wajar saja jika dukungan keluarga bisa membuat saya merasa dihargai. Bersyukur sekali, deh! Karena konon perasaan dihargai dan didukung ini bisa meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kualitas hidup bisa terasa meningkat juga karena faktor lainnya seperti hilangnya kondisi yang penuh tekanan ketika menghadapi masalah. Dukungan support system cukup membantu kita lebih tenang saat ada masalah sehingga dapat mengurangi stress.

Kegiatan saya menulis di blog pun terasa lebih produktif berkat dorongan support system. Ketika saya sedang dititik jenuh, anak-anak sesekali mengingatkan pada alasan dan tujuan saya serius untuk ngeblog. Terharu sekali karena bisa dapat motivasi dari anggota keluarga. Terlebih tersedianya sarana pendukung yang disediakan oleh suami. Mulai dukungan berupa perangkat menulis seperti laptop dan menyediakan jaringan internet yang unlimited.

Penutup

Support system adalah unsur penting dalam kehidupan kita. Mereka memberikan dukungan emosional, praktis, dan sosial yang diperlukan untuk menghadapi tantangan, meraih kesuksesan, dan mencapai kesejahteraan secara keseluruhan. Dengan dukungan dari orang yang kita cintai, rekan kerja, teman-teman, dan komunitas, kita dapat mencapai potensi penuh kita dan menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan produktif. Oleh karena itu, penting untuk merawat dan memelihara support system kita agar tetap kuat dan sehat. Dengan demikian, kita dapat menghadapi hidup dengan lebih percaya diri, berdaya tahan, dan bahagia.

Ngeblog bareng KEB


Salam takzim

Post a Comment

0 Comments