Peluang Pekerjaan dari Hobi Menulis

Ada yang punya hobi menulis? Apakah kita bisa mendapatkan cuan dari hobi menulis? Tentu saja, bisa! Banyak pekerjaan yang bisa didapatkan dari hobi menulis. So, beruntungnya kita-kita yang punya hobi menulis. Karena bisa mendapatkan banyak peluang penghasilan.

Lalu bagaimana yang tidak hobi menulis tapi tertarik jadi penulis?
Peluang Pekerjaan dari Hobi Menulis

Pilihan Profesi dari Hobi Menulis

Untuk bisa jadi penulis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Tidak perlu khawatir apabila latar belakang pendidikan kita bukan dari dunia tulis menulis. Banyak, loh, penulis sukses yang latar belakangnya tidak berhubungan dengan dunia kepenulisan. Namun yang perlu diingat bahwa penulis-penulis hebat itu menyempurnakan keterampilan menulisnya dengan berbagai cara.

Mengasah kemampuan menulis bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai program pelatihan menulis. Bahkan ada beberapa pelatihan yang memberikan sertifikat. Kegunaan sertifikat pelatihan penulisan itu juga bisa digunakan untuk kenaikan peringkat jabatan/pekerjaan. Selain mengikuti pelatihan, kemampuan menulis juga bisa diasah dengan berlatih terus dengan konsisten menulis. Dengan begitu kemampuan menulis bisa terasah dengan baik.

Dahulu, masyarakat pada umumnya masih kebingungan karena minimnya informasi mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan menulis. Sebagian besar orang berpandangan bahwa pekerjaan menulis itu identik dengan penulis novel dan penulis buku. Padahal masih banyak peluang untuk mendapat penghasilan dari kegiatan menulis, loh! Apa sajakah itu?

1. Penulis Novel

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran masyarakat awam tentang karier sebagai penulis yaitu menjadi penulis novel. Tidak ada salahnya menekuni profesi penulis novel, asalkan penulis bisa menulis cerita fiksi dan memiliki banyak ide yang imajinatif. Namun tidak hanya mengandalkan imajinasi, penulis juga harus bisa memiliki ide kreatif mengembangkan alur cerita dari awal hingga akhir.

Saat ini kesempatan untuk menjadi penulis novel terbuka lebar. Kini banyak platform cerita online yang bisa menjadi wadah latihan menulis novel. Berawal dari platform tersebut, bisa terbuka kemungkinan dilirik oleh penerbit yang tertarik dengan cerita kita.

2. Editor Buku

Seperti namanya, editor naskah bertugas membaca dan mengedit naskah mentah sebelum diterbitkan menjadi buku. Selain itu, editor juga bertugas melakukan verifikasi data dan bekerja sama dengan penulis untuk mengembangkan konten sebelum dipublikasikan. Bagi yang senang membaca dan menulis, bekerja sebagai editor bisa jadi profesi yang menjanjikan. 

3. Web Content Writer

Peluang pekerjaan selanjutnya yang bisa diambil dari hobi menulis yaitu menjadi web content writer. Saat ini profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk menjadi web content writer, penulis harus bisa melakukan riset dan menulis di konten digital seperti blog, artikel atau landing page.

Selain itu seorang web content writer harus juga menguasai tentang SEO (Search Engine Optimization) dan bertanggung jawab melakukan engagement dengan audiens atau stakeholders.

4. Content Strategist

Bagi siapa saja yang memiliki ketrampilan menulis dan mampu berkomunikasi yang kuat dengan berbekal pemikiran yang analitis dan paham mengenai pemasaran, bisa mengambil peluang menjadi content strategist.

Profesi ini fungsinya untuk merencanakan, membuat dan mengelola konten online. Seorang content strategist harus bisa menyusun strategi konten dan menggunakan pengetahuan mengenai teknik SEO serta analisa pasar.

5. Social Media Specialist

Akhir-akhir ini banyak perusahaan yang sudah fokus melakukan pendekatan kepada audiens melalui media sosial. Dan ini membutuhkan seorang social media specialist untuk menyampaikan pesan atau memperkenalkan branding perusahaan melalui konten di media sosial seperti Facebook, Instagram, linkedin dan Twitter.

Tanggung jawab social media specialist mengembangkan dan melakukan manajemen strategi media sosial. Profesi ini memastikan kesuksesan setiap campaign di media sosial dan selalu up to date dengan perkembangan terkini.

6. Screenwriter

Screenwriter atau penulis skenario merupakan peluang pekerjaan dari hobi menulis berikutnya. Tidak hanya untuk layar lebar, penulis skenario juga dapat bekerja untuk acara televisi. Biasanya penulis skenario akan banyak bekerja sama dengan sutradara dan produser dalam pembuatan sebuah film atau acara televisi.

7. Jurnalis

Pekerjaan jurnalis ini melakukan kegiatan jurnalistik untuk media massa seperti koran, majalah, televisi atau internet. Seorang jurnalis diharapkan dapat menulis laporan secara objektif dan sesuai dengan kejadian sebenarnya di lapangan. Pekerjaan satu ini membutuhkan jadwal kerja yang fleksibel dan super hectic.

Itulah beberapa peluang pekerjaan dari hobi menulis. Sebenarnya masih banyak lagi peluang pekerjaan yang bisa membutuhkan ketrampilan menulis. Bagaimana dengan teman-teman, apakah ada peluang pekerjaan yang sesuai dengan minat kalian? Yuk, sharing di kolom komentar!

Salam takzim


Post a Comment

1 Comments

  1. Terima kasih infonya, Kak Nurul. Saya, belum bisa konsisten menulis di blog nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^