Ide Bisnis yang Menguntungkan di Tahun 2024

Kini kita sudah memasuki tahun baru 2024. Biasanya di awal tahun orang-orang sudah memiliki resolusi yang ingin mereka capai di sepanjang tahun ini. Dan salah satu resolusi yang banyak direncanakan oleh orang-orang yaitu memiliki bisnis yang sukses. Memiliki penghasilan dari usaha sendiri bukan hanya dijadikan sumber utama penghasilan. Ada juga beberapa orang yang membuka bisnis sebagai penghasilan sampingan dari pekerjaan utamanya.
Ide Bisnis yang Menguntungkan di Tahun 2024


Ide Bisnis yang Menguntungkan

Sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa dicoba untuk dirintis. Namun sebaiknya kita berhati-hati dalam menentukan usaha yang akan dijalankan. Hal pertama yang mesti disiapkan yaitu melakukan riset pasar dan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di sekitar. Semua itu harus dilakukan agar bisa menghasilkan untung yang besar dan menghindari kegagalan dalam berbisnis.

Berikut ini beberapa ide bisnis yang dinilai bisa menghasilkan keuntungan di tahun 2024. Pelajari dengan baik hal yang perlu dilakukan untuk merintis bisnis seperti menentukan produk, menentukan target pasar, menguji kelayakan produk, atau modal yang dibutuhkan.

1. Usaha Percetakan

Seperti diketahui, tahun 2024 merupakan tahun pesta politik di Indonesia. Kampanye politik akan dilakukan secara gencar oleh para calon wakil rakyat. Maraknya media kampanye seperti cetak poster, cetak baner, pembuatan spanduk, pembuatan kaos, dan atribut lain yang membutuhkan jasa percetakan. Untuk memenuhi permintaan yang meningkat di masa kampanye, pastikan kita sudah menyediakan alat dan bahan cetak berkualitas untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Selain untuk memenuhi kebutuhan di masa kampanye politik, bisnis percetakan juga selalu dibutuhkan untuk mencetak media promosi untuk para pelaku usaha. Perkembangan bisnis yang semakin meningkat bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha percetakan.

2. Bisnis Makanan dan Minuman

Sebenarnya bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu ide bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Meskipun sudah banyak orang yang menjalankan usaha makanan dan minuman, tetapi bisnis satu ini tetap bisa diandalkan. Terutama apabila makanan dan minuman tersebut unik dan inovatif.

Jenis bisnis kuliner ini prospeknya cukup menjanjikan, karena merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari. Dari segi modal pun, bisnis makanan dan minuman tidak perlu menyediakan modal yang besar. Di tahun 2024 ini, ide bisnis yang dinilai banyak dibidik oleh konsumen yaitu seputar makanan sehat atau makanan diet.

3. Bisnis Dropship

Makin tenarnya gaya belanja online membuat bisnis dropship menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan di tahun 2024. Jenis bisnis ini tentunya bisa menjanjikan karena dapat dirintis dengan modal yang minim. Untuk menjalankan usaha dropship dibutuhkan kesabaran, kegigihan dan kreativitas yang tinggi dalam memasarkan produk.

4. Bisnis Pengiriman

Sejak maraknya jual beli online dan menjamurnya e-commerce, jasa layanan pengiriman pun menjadi salah satu usaha yang menguntungkan di tahun 2024. Berikan promo dan layanan yang lebih menarik dari jasa pengiriman lainnya. Usaha pengiriman mampu bertahan dalam jangka panjang, karena kebutuhan jasa ini sangat meningkat. Kita bisa menciptakan nama usaha sendiri atau bekerja sama dengan ekspedisi pengiriman yang sudah lama berkecimpung di usaha pengiriman.

Bisnis pengiriman yang menguntungkan

5. Bisnis Waralaba atau Franchise

Jenis bisnis waralaba menjadi booming belakangan ini. Usaha ini memudahkan bagi siapa saja yang mau merintis usaha. Jika belum memiliki pengalaman menjalankan usaha, ikut waralaba pada produk yang sudah memiliki nama besar dinilai bisa menguntungkan.

Pebisnis pemula akan mendapatkan izin mengelola bisnis dan mendapatkan pelatihan cara menjalankan usaha dari pemilik merek dagang.

Kelemahan jenis bisnis ini yaitu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Karena untuk membangun usaha ini kita harus menyiapkan peralatan dan perlengkapan, atau bahkan lahan untuk tempat usaha. Selain itu kita juga harus membayar sejumlah biaya untuk penggunaan merek dagang.

6. Affiliate Marketing

Hampir mirip dengan dropship, menjadi affiliasi bisa dirintis tanpa modal. Affiliate marketing tugasnya melakukan promosi melalui konten yang dibuat di media sosial. Cukup dengan membagikan link produk atau jasa yang dijual untuk memasarkannya. Ketika link yang disebar tersebut di klik, maka affiliate akan mendapat persenan keuntungan dari barang yang ditawarkan.

Affiliate bisnis yang menguntungkan di tahun 2024

7. Bisnis Pariwisata

Untuk siapa saja yang tinggal di daerah wisata terkenal seperti Bali, Bandung, Yogyakarta atau kota pariwisata lainnya bisa memulai usaha pariwisata. Usaha yang dirintis mulai dari bisnis penginapan, jasa rental kendaraan, pemandu wisata, berjualan souvenir, atau oleh-oleh khas daerahnya.

8. Bisnis Jasa Titip

Seiring makin nge-trend-nya masyarakat yang senang melakukan perjalanan ke luar negeri, usaha jasa titip juga ikut jadi tren dan bagian dari bisnis kekinian. Usaha ini bisa menguntungkan jika kita jeli dengan kebutuhan konsumen. Kita harus bisa lebih inovatif karena usaha yang satu ini persaingannya cukup ketat.

Jadi bagi yang senang jalan-jalan, usaha ini sangat cocok sekali. Kita bisa menjual produk dengan cara mengumumkannya melalui media sosial pada jam-jam ramai, sehingga nanti ada kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

9. Menyediakan Kursus Online

Sejak masa pandemi kemarin, masyarakat kita sudah sangat familiar dengan aktivitas serba online. Mulai dari bekerja dengan sistem online, pendidikan jarak jauh atau online. Metode belajar yang memanfaatkan teknologi internet ini mesti dikembangkan dan disesuaikan layanan bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

10. Manajemen Media Sosial

Satu lagi usaha yang memanfaatkan teknologi internet yaitu manajemen media sosial. Bisnis ini banyak diminati terutama bagi perusahaan yang memerlukan pemasaran yang luas. Terutama perusahaan yang masih berkembang dan belum mampu membayar karyawannya sendiri untuk mengelola media sosialnya.

Perusahaan akan terbantu dengan usaha ini karena membantu mereka membangun branding di sosial media, berinteraksi dengan pelanggan, dan menjalankan pemasaran digital yang efektif.

Nah itulah ide bisnis yang menguntungkan di tahun 2024. Jangan ragu untuk memulai usaha meskipun baru pemula. Terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri serta ambil peluang dengan baik. Jalani semuanya dengan semangat, karena percayalah jika proses tidak akan mengkhianati hasil. Semoga sukses!
Salam takzim

Post a Comment

0 Comments