Ide Usaha di Desa yang Menghasilkan Cuan Maksimal

Peran desa di Indonesia sangat penting dalam masyarakat. Desa memiliki peran penting bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan usaha ekonomi di berbagai sektor seperti perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan. Selain itu desa juga tempat yang memiliki potensi untuk usaha.

Mencari Peluang Usaha di Desa

Untuk mencari ide usaha di desa yang menguntungkan, kita harus melalui beberapa langkah supaya menemukan peluang usaha yang potensial dan menjanjikan.

Pertama, kita harus mengamati potensi yang ada di desa. Perhatikan sumber daya alam, keunggulan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Kedua, menganalisis kebutuhan pasar. Sebaiknya cari tahu kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat. Dengan mengetahui kebutuhan masyarakat, kita dapat mencari solusi yang tepat untuk memnuhi permintaan pasar.

Ketiga, mengenali produk unggulan yang dihasilkan di desa. Produk unggulan tersebut bisa memiliki ciri khas dan keunikan yang membedakannya dengann produk serupa di pasaran. Manfaatkan keunggulan produk tersebut untuk mengembangkan usaha kita.

Keempat, mempelajari pesaing usaha. Kita juga perlu memahami tingkat persaingan di pasar ketika mencari ide usaha, kenali kelebihan dan kekurangan pesaing. Pelajari dan temukan celah yang belum dipenuhi oleh pesaing.

Kelima, pertimbangkan faktor lingkungan. Ketika menjalankan usaha di desa, pertimbangkan pula factor lingkungan. Usahakan untuk menjaga kelestarian lingkungan, budaya setempat, serta berkontribusi positif bagi masyarakat.

Ide Usaha yang Menghasilkan Cuan Maksimal


Kontribusi desa untuk menopang perekonomian memang tidak diragukan lagi. Terutama saat ini pemerintah pusat memfokuskan pembangunan di desa untuk perbaikan di sektor ekonomi. Berikut ini ide usaha di desa yang bisa menghasilkan cuan maksimal.

1. Usaha Jualan Pulsa

Saat ini bagi sebagian masyarakat, pulsa dianggap sebagai kebutuhan pokok. Makin canggih ponsel yang dimiliki masyarakat, maka kebutuhan pulsa dan kuota internet pun makin meningkat. Merintis usaha jualan pulsa cukup menjanjikan karena membutuhkan modal kecil namun bisa mendatangkan untung besar. Bisnis jualan pulsa juga menguntungkan karena pasarnya cukup luas dan mencakup semua kalangan di masyarakat.

Ide usaha jualan pulsa

2. Warung Sembako

Membuka usaha warung sembako merupakan salah satu ide usaha yang memiliki peminat yang tinggi. Tidak hanya di desa, tetapi berlaku juga di banyak tempat. Bisnis warung sembako ini akan menghasilkan cuan yang banyak jika kita bisa mengelolanya dengan baik. Karena usaha ini membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, warung sembako juga memiliki kelebihan yaitu stok barang mudah didapat, lokasinya fleksibel karena bisa di rumah saja atau menyewa tempat, perputaran barang bisa cepat, dan perhitungan keuntungannya pun jelas.

3. Usaha Produk Makanan Olahan

Setiap desa umumnya memiliki hasil kebun atau pertanian yang melimpah. Manfaatkan sumber daya alam tersebut untuk membuat produk makanan olahan. Usaha produk makanan ini memiliki banyak keuntungan karena produknya tahan lama dan tidak mudah basi. Produk makanan olahan yang bisa dijadikan usaha yaitu keripik, manisan, asinan atau produk cemilan lainnya. Buat produk dengan kemasan yang menarik, lengkapi dengan label halal dan keterangan dari BPOM.

4. Usaha Jajanan Tradisional

Selain produk makanan olahan, usaha yang bisa dijalankan di desa yaitu menjual jajanan tradisional. Banyak masyarakat yang minat pada jenis jajanan ini. Beberapa jajanan tradisional yang banyak diminati masyarakat yaitu kue lapis, pisang coklat, surabi, lunpia, onde-onde, bolu kukus, dan jajanan lainnya.

Usaha jajanan tradisonal ini cukup potensial dijalankan di desa karena biasanya bahan bakunya masih tersedia banyak di lahan perkebunan dan pertanian. Karena usaha ini memiliki segmen pasar yang luas, maka tidak akan terasa sulit untuk memasarkan bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil.

Ide usaha jajanan tradisional

5. Ternak Ayam

Pada umumnya lahan di desa masih luas dan bisa dimanfaatkan untuk usaha ternak ayam. Tidak seperti beternak sapi atau kambing yang membutuhkan modal banyak, ternak ayam membutuhkan modal yang relatif kecil.

Khusus untuk ternak ayam petelur, usaha ini juga dapat menghasilkan cuan maksimal. Karena kebutuhan telur di masyarakat cukup tinggi. Sehingga usaha peternak ayam petelur memiliki peluang yang besar. Hasil panen bisa dijual ke warung-warung terdekat, pasar, rumah makan, atau menjalin kerja sama sebagai suplier dengan toko-toko besar.

6. Usaha Pertanian Hidroponik

Pada umumnya masyarakat di desa memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik menjadi mudah untuk dipelajari dan dijalankan. Usaha yang satu ini memang sedang tren di kota-kota besar. Namun bukan berarti kita tidak bisa menjalankannya di desa. Justru di desa bisa mudah merintis usaha pertanian hidroponik.

Dari usaha tanaman hidroponik, selain kita menjual hasil panennya, kita juga bisa menjual instalasi hidroponik, pupuknya, atau kebutuhan hidroponik lainnya.

Ide usaha tanaman hidroponik

7. Usaha Bibit Tanaman Hias

Area desa yang luas dan subur bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman hias. Jika tertarik untuk merintis usaha bibit tanaman hias, carilah bibit tanaman yang berkualitas tinggi. Selain bibitnya, kita juga bisa menjual tanaman hiasnya. Dalam masyarakat, kebutuhan pada tanaman hias sangat tinggi. Banyak orang yang menyukai keindahan tanaman.

8. Usaha Kerajinan Tangan

Desa-desa di Indonesia memiliki hasil kerajinan tangan yang unik, khas, dan banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya penduduk dalam negeri, kerajinan tangan asli desa juga banyak diminati oleh wisatawan. Untuk memanfaatkan teknologi, maka sebaiknya semua hasil kerajinan dipasarkan hingga ke luar negeri. Berbagai bentuk hasil kerajinan seperti ukiran kayu, kerajinan kain, gelang, gantungan kuncim topi, dan kerajnan lainnya.

9. Usaha Pangkas Rambut

Jenis usaha yang satu ini memiliki potensial yang luas. Namun usaha ini hanya bisa dijalankan oleh orang-orang yang memiliki keahlian pangkas rambut. Dan untuk bisa menguasai keterampilan memangkas rambut bisa mengikuti berbagai pelatihan dengan harga terjangkau.

10. Usaha Jasa Servis Motor

Usaha yang satu ini cukup banyak diminati dan tidak lekang oleh waktu. Banyak pemilik motor yang membutuhkan jasa servis motor. Bukalah tempat usaha yang strategis seperti di jalan utama desa. Dan tingkatkan terus keahlian servis motor.

Nah sobat, itulah beberapa ide usaha di desa yang menghasilkan cuan maksimal. Mulailah untuk merintis usaha. Siapkan mental, niat, dan tenaga yang besar untuk membangun usaha serta raih kesuksesan.

Salam takzim

Post a Comment

10 Comments

  1. lumayan banyak sebenarnya usaha yang bisa dikembangkan di desa dan services yang diberikan juga sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Ah benar sekali Teh, meski tinggal di desa, tapi peluang untuk bikin usaha ternyata terbuka luas ya
    Tinggal ngumpulin modal deh, insyaallah bisa terlaksana

    ReplyDelete
  3. Mantul nih ide2 usahanya..beragam sehingga bisa kita pilih sesuai kemampuan/ minat kita atau calon 'pasar' usaha yg mau kita rintis ya.. Terima kasih sharing ide nya..

    ReplyDelete
  4. Jualan pulsa dan punya warung sembako di desa pasti asik ya, Mbak. Aku pernah jualan pulsa tapi resikonya banyak yang minta pulsa dulu terus bayarnya nanti satu minggu kemudian atau satu bulan kemudian.

    ReplyDelete
  5. Benar kak dengan mempelajari pesaing usaha jadi langkah oke biar gak double bisnis juga sih. Siapa tahu kan malah ternyata bisa ketemu ide kreatif lainnya

    ReplyDelete
  6. Usaha transfer dn terima transferan juga ok. Siapa tahu anak atau sanak saudara yang kerja di kota atau luar negri mau kirim uang di kampung.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih idenya Mbak. Harus jeli ya melihat peluang usaha. Kira-kira mana nih yang berpotensi menghasilkan cuan di desa. Yang orang desa butuh dan kalau bisa saingannya juga belum banyak. kalau ada usaha serupapun kita harus bisa kasi nilai lebih dari usaha kita biar pelanggan banyak datang.

    ReplyDelete
  8. Ya Allaah, ide usaha di desa ini bisa menjadi pilihan, teh.
    Karena di desa pasti kebutuhan orang gak kaya di kota yang serba instan dan cepat. Kalau di desa, masih tuh menjalin relasi secara langsung, berkomunikasi dan mungkin juga bisa jadi memberikan kesan melalui pengalaman yang ramah begini yaa..

    ReplyDelete
  9. Pas covid kemarin, sy dan suami memutuskan untuk pulang kampung awalnya kami melalui hari yg sulit, alhamdulillah ada jalan, ad usaha yg bsa dilakukan saat hidup di desa

    ReplyDelete
  10. Kepikiran suatu saat tinggal di desa terus bercocok tanam supaya mandiri pangan. Buka toko sembako juga OK karena masih banyak transaksi cash dan beli langsung gitu, buka pesan antar cocok juga yaa supaya tetangga mudah belanjanya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^