Apa itu Pengertian Peluang Usaha, Ciri dan Sumbernya

Saat ini kita sudah biasa menemukan banyak kisah inspiratif dari para pebisnis yang sukses. Dari kisah mereka, kita bisa belajar banyak hal, terutama cara mereka membangun bisnisnya hingga terus berkembang. Kesuksesan para pebisnis itu bahkan bisa menjadi motivasi bagi kita yang ingin mempunyai usaha seperti mereka.

Namun sayangnya banyak orang yang hanya fokus pada cerita keberhasilannya tanpa mencari tahu proses untuk menjadi sukses. Padahal di setiap keberhasilan sebuah bisnis, pasti ada proses awalnya, salah satunya menemukan peluang usaha yang tepat. Peluang usaha merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis.

Apa itu Pengertian Peluang Usaha, Ciri dan Sumbernya

Menemukan peluang usaha termasuk sebuah proses yang memiliki risiko. Tidak ada yang mengetahui secara pasti apakah peluang yang dipilih dapat membuat sebuah bisnis berkembang atau maju. Sebuah peluang usaha dapat menghasilkan keuntungan yang besar apabila dikembangkan dengan benar. Akan tetapi dapat juga mengalami sebaliknya di saat kita keliru mengambil sebuah peluang. Oleh karena itu diperlukan kejelian atau ketelitian sebelum memutuskan mengambil sebuah peluang usaha.

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha merupakan sebuah kondisi yang bisa memberikan kesempatan pada seseorang yang memiliki bisnis untuk mencapai tujuannya. Tujuan dari bisnis sendiri dilakukan dengan usaha tertentu dan menggunakan sumber daya yang efektif. Sehingga sebuah bisnis dapat berkembang, penjualan yang semakin meningkat, reputasi semakin baik, dan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Selain itu, pengertian peluang usaha juga diartikan sebagai kesempatan yang dicari oleh seseorang atau sekelompok orang yang berniat membangun sebuah bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, peluang usaha sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu peluang dan usaha. Peluang memiliki arti kesempatan. Jadi peluang usaha diartikan sebagai peluang tertentu yang tersedia untuk seseorang atau individu untuk mengoperasikan atau pun membuat usaha di sebuah bisnis.

Sedangkan menurut Thomas W. Zimmer, peluang usaha adalah sebuah inovasi dan kegiatan kreatif yang dilakukan untuk mencapai sebuah solusi dari permasalahan yang ada. Dan menurut Arif F. Hadiprana, peluang usaha merupakan risiko yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis dalam mengelola berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan atau finansial.

Ciri-ciri Peluang Usaha

Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya kita mencari dan menentukan peluang usaha yang akan dipilih. Dengan begitu tujuan usaha yaitu mendapatkan keuntungan yang besar, akan tercapai. Berikut ini ciri-ciri dari peluang usaha yang perlu dipahami sebelum menjalankan sebuah bisnis.

1. Peluang Memiliki Nilai Jual

Sebuah peluang bisnis yang bagus adalah produk atau jasanya yang memiliki nilai jual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kita bisa mendapatkan inspirasi dari produk atau jasa yang biasa dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Karena setiap produk atau jasa yang paling sering digunakan oleh banyak orang biasanya ada potensi pelanggan. Namun perlu diingat bahwa produk atau jasa yang biasa dipakai sehari-hari memiliki persaingan yang ketat.

2. Bukan Merupakan Bisnis Musiman

Hindari memilih peluang usaha yang hanya ramai penjualannya di waktu tertentu saja. Contohnya produk yang hanya laku ketika sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Hari Natal. Sebaiknya mencari peluang usaha yang dapat laris setiap saat. Dengan begitu keuntungan yang diraih akan semakin meningkat.

3. Bisa Bertahan Lama

Apabila tujuan kita untuk membangun sebuah usaha jangka panjang, maka pilihlah peluang usaha yang dapat bertahan lama. Jenis usaha yang bisa bertahan lama bisa dilihat dari jenis usaha yang sudah ada sebelumnya.

4. Bahan Baku dan Sumber Daya yang Tersedia

Sebuah peluang usaha dapat dikatakan potensial ketika didukung dengan ketersediaan modal, bahan baku, serta tenaga kerja yang mumpuni di bidangnya. Hal ini untuk menghindari ketika usaha yang bukan musiman, menggunakan bahan baku yang tidak selalu tersedia setiap saat, berhenti di tengah jalan.

Ciri peluang usaha yang potensial

5. Modal yang Minim

Merintis sebuah usaha tidak selalu harus dengan modal yang besar. Ada beberapa usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim atau di bawah 1 juta. Namun itu juga tergantung pada jenis usaha yang dipilih. Kita bisa memilih menjalankan bisnis online untuk menekan modal yang besar.

Sumber Peluang Usaha

Sumber peluang usaha dapat diperoleh di mana saja dan kapan saja, di saat kita terinspirasi dalam merintis sebuah usaha. Selama peluang usaha tersebut memiliki nilai jual dan berpotensi menguntungkan, kita dapat memilihnya. Berikut ini beberapa sumber peluang usaha yang bisa dipertimbangkan.

1. Memanfaatkan Hobi atau Keahlian

Kita dapat memanfaatkan hobi atau keahlian sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Sebuah hobi apabila dijalani dengan serius maka bisa menghasilkan keuntungan. Bagi siapa saja yang memiliki hobi memasak misalnya, hobi ini bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha kuliner.

Pada prinsipnya, ketika hobi yang dilakukan bisa membuat kita senang, maka itu bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Jangan lupa bahwa peluang usaha tersebut haruslah yang memiliki nilai jual dan potensi yang tinggi.

2. Latar Belakang Pendidikan

Sumber peluang usaha bisa juga kita peroleh dari latar belakang pendidikan. Pada umumnya, latar belakang pendidikan ini berbanding lurus dengan minat dan keahlian pada bidang tertentu. Misalnya bagi yang memiliki latar belakang pendidikan desain maka bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha di bidang desain.

3. Mengamati Fenomena Terkini

Sebuah peluang usaha bisa juga ditemukan dengan cara mengamati fenomena terkini. Generasi muda kita saat ini sedang senang dengan budaya Korea. Fenomena tersebut tentunya bisa kita manfaatkan dengan cara membuat bisnis yang berhubungan dengan budayanya seperti makanan atau merchandise ala Korea. Bisnis kekinian yang bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

4. Hasil Riset

Melalui riset yang meliputi kondisi pasar, kebiasaan hidup masyarakat sekitar, perilaku konsumen, demografis, potensi competitor dan penelitian lainnya, kita juga bisa menemukan sumber peluang. Melakukan riset ini juga merupakan salah cara membangun sebuah bisnis. Kita bisa mudah menemukan peluang baru yang tepat dan berpotensi tinggi untuk menghasilkan keuntungan melalui riset.

Riset sebagai sumber peluang usaha

Nah sudah semakin jelas mengenai peluang usaha, ciri-ciri dan sumbernya, bukan? Dengan memahami dan menemukan sebuah peluang usaha, diharapkan tahapan untuk merintis bisnis akan semakin lancar. Menangkap peluang usaha yang tepat dapat memudahkan kita merintis bisnis dan berharap usaha bisa berkembang, penjualan meroket dan keuntungan yang didapat pun bisa semakin maksimal.

Yuk, kenali dan amati peluang di sekitar kita dan mulai merintis usaha untuk kemapanan keuangan keluarga!. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments