Cara Menulis Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly

Banyak yang menganggap jika artikel yang SEO friendly akan membuat blognya berada di halaman pertama di mesin pencarian google. Pada kenyataannya, SEO itu tidak hanya membuat artikel kita berada di posisi pertama tetapi juga untuk mendapatkan traffic atau kunjungan. Oleh karenanya kita harus menggunakan strategi untuk dapat bersaing mendapatkan traffic dengan langkah yang tepat. Mempelajari Search Engine Optimization (SEO) merupakan langkah yang tepat supaya kita bisa memromosikan tulisan di mesin pencarian.

Apa yang Dimaksud Artikel Berkualitas dan SEO Friendly?

Artikel berkualitas adalah tulisan yang bermanfaat, mencerahkan dan menginspirasi bagi orang lain. Selain itu isi artikel memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh pembaca, memberikan pengetahuan serta wawasan bagi pembaca.

Lalu apa yang dimaksud artikel SEO Friendly?

Artikel SEO Friendly merupakan artikel di blog yang ditulis sebagi solusi untuk permasalahan pengunjung blog ketika mencari keyword tertentu. Artikel ini dibuat dengan mengikuti aturan algoritma Googel terbaru dan menarik minat pembaca. Pengguna internet yang mencari kata kunci tertentu akan direkomendasikan oleh mesin pencari Google menuju artikel SEO dengan kata kunci yang relevan

Ciri Artikel Blog yang Berkualitas dan SEO Friendly

Ciri Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Nah, selanjutnya mari kita bahas ciri artikel SEO Friendly yang ditulis berdasarkan teknik penulisan khusus. Hal ini juga berlaku untuk membuat artikel yang berkualitas, ya! Struktur artikel SEO Friendly harus didesain supaya tulisan mudah dibaca secara cepat oleh pembaca dan juga oleh search engines (mesin pencari). Dan berikut ini ciri artikel SEO Friendly.

1. Memiliki Struktur Sub Judul (Headings) yang Jelas

Ciri artikel berkualitas dan SEO Friendly yang pertama yaitu memiliki struktur heading (sub judul, sub sub judul, dan seterusnya) yang jelas. Artikel yang terstruktrur menggunakan heading akan memudahkan mesin pencarian dalam merekomendasikan sebuah artikel. Penggunaan sub judul ini juga dapat memudahkan pengguna dalam membaca sebuah artikel.
Gunakan paragraf pendek dalam artikel untuk membuat pembaca merasa nyaman. Biasanya satu paragraf terdiri dari 2-3 kalimat saja. Dan usahakan panjang artikel minimal 750 kata.

2. Mempunyai Kata Kunci (Keyword) yang Relevan

Keyword atau kata kunci dapat menjadi penghubung antara tulisan dengan pembaca. Biasanya pembaca akan mencari artikel berdasarkan kata kunci yan mereka butuhkan. Oleh karena itu artikel harus dibuat dengan kata kunci yang tepat. Supaya pembaca bisa langsung tertuju pada artikel yang sedang dibutuhkan oleh mereka.

3. Dilengkapi Internal Link

Mesin pencari akan menelusuri link yang ada pada satu artikel untuk menuju artikel lainnya. Jadi fungsi link internal ini menjadi penghubung antara artikel yang satu dengan artikel lainnya.
Artikel yang memiliki internal link akan memudahkan pengguna untuk membaca artikel lainnya yang berhubungan atau mendapatkan lanjutan materi dari bacaan tersebut.

4. Mudah untuk Dibaca

Artikel yang berkualitas tentunya harus yang mudah dipahami, sehingga mesin pencari pun mudah menemukannya. Sebuah artikel menjadi tidak nyaman dibaca ketika terlalu banyak menggunakan kata kunci. Oleh karena itu sebaiknya tidak menggunakan kata kunci (keyword) terlalu banyak yang membuat mesin pencari bekerja tidak optimal.

Oke, sebelum kita membahas tentang cara menulis artikel yang SEO Friendly, mari kita pelajari dulu cara membuat kata kunci (keyword) SEO yang tertarget, ya! 

Cara Membuat Targeted Keyword

Langkah pertama untuk membuat artikel adalah memilih kata kunci (keyword) yang tepat. Perlu sekali melakukan riset dalam mencari kata kunci yang dibidik oleh pembaca. Berikut ini strategi membuat kata kunci (keyword) yang tertarget.
  1. Identifikasi kata kunci utama berdasarkan volume pencarian, banyaknya pencarian rata-rata setiap bulannya, dan target audiennya.
  2. Memanfaatkan kata kunci utama untuk mencari kata kunci turunan pada SERP dengan memanfaatkan fitur People Also Ask.
  3. Mengombinasikan short – tail keywords dan long-tail keywords
  4. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang wajar, tidak berlebihan karena penggunaan kata kunci yang berlebihan dapat membuat artikel terlihat bertele-tele dan dianggap sebagai spam.
Bagaimana? Sudah paham cara membuat kata kunci yang tertarget? 
Yuk, selanjutnya kita bahas mengenai cara menulis artikel yang SEO Friendly.

Strategi Menulis Artikel SEO Friendly

Setelah mengetahui cara mencari keyword (kata kunci) yang tertarget, selanjutnya mari kita bahas tentang strategi menulis artikel yang SEO Friendly. Materi tentang artikel SEO Friendly ini, saya dapatkan ketika mengikuti Kelas Blogger BRTNetwork.

Keyword Distribution Strategy for Article SEO Friendly

Dalam kelas tersebut, kak Monica Anggen menjelaskan bagaimana cara menempatkan kata kunci yang tepat supaya artikel kita bisa terdeteksi oleh search engine. Berikut ini tahapan membuat artikel yang SEO Friendly.

Membuat Judul Artikel yang SEO Friendly

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau menempatkan kata kunci pada artikel. Untuk mendapatkan artikel berkualitas dan SEO Friendly kita harus menempatkan kata kunci pada judul artikel. Optimalkan judul supaya menarik, sesuai dengan kebutuhan pembaca, dan sebagainya.

Perhatikan supaya panjang judul artikel tidak lebih dari 65 karakter. Selain memperhatikan panjang judul artikel, kita juga harus memperhatikan panjang judul meta yaitu antara 50-60 karakter. Hal ini untuk mencegah judul terpotong dan tidak terdeteksi oleh mesin pencarian.

Isi Artikel

Untuk mengoptimalkan artikel pada mesin pencari, sisipkan kata kunci pada paragraf pertama, tengah dan akhir dalam artikel. Tulis keyword utama minimal 3 kali dan keyword turunan minimal satu kali penyebutan.
Selain dalam paragraf, kata kunci juga sebaiknya disebar dalam body artikel. Sebar kata kunci sewajarnya. Jangan berlebihan menempatkan kata kunci sehingga terkesan bertele-tele. Tidak lupa dalam penulisan headings juga sebaiknya mengandung kata kunci.

Optimasi URL/Slug

Lalu bagaimana caranya optimasi URL artikel kita? Sebaiknya URL artikel tidak sama dengan judul artikel. Perhatikan panjang artikel agar tidak lebih dari 60 karakter (lebih baik antara 50-60 karakter). Usahakan URL mengandung kata kunci dan sebaiknya tidak mengandung angka. Misal: blogsaya.com/7-tips-menulis

Mengapa URL sebaiknya tidak mengandung angka? Seperti contoh di atas, lebih baik tidak menggunakan angka 7, karena bisa saja di masa yang akan datang kita mau mengubah atau menambahkan tips tersebut menjadi 8 atau 10 tips.

Mengatur Gambar Sesuai SEO

Tidak hanya judul dan isi artikel, kita juga perlu optimasi gambar yang ada dalam artikel. Sebaiknya ukuran gambar tidak lebih dari 100 kb atau dengan ukuran 1280 X 720 pixels. Ubah format gambar menjadi webp, jadi jangan jpeg atau png, ya!

Oh iya, hindari juga copyrighted images. Kalau sampai ada yang menuntut, bisa bahaya, bukan?
Untuk membuat gambar yang berkualitas, Mbak Monica juga memperbolehkan kita untuk mengedit gambar agar terlihat unik dan berbeda dengan yang lain. Tambahkan logo dari brand untuk membuat gambar lebih menarik. Dan supaya pembaca lebih nyaman, buatlah infografis yang berisi rangkuman dari isi artikel.

Satu lagi yang kalah pentingnya yaitu soal penamaan image dalam artikel. Sebelum gambar diunggah ke dalam artikel sebaiknya gambar disimpan menggunakan format sebagai berikut: cara-menulis-artikel.webp (perhatikan cara penulisannya. Gunakan tanda (-)). 

Selanjutnya beri alt image sesuai dengan kata kunci, contoh: Cara Menulis Artikel yang Berkualitas (penamaan tanpa tanda (-))
Sudah jelas perbedaan penamaan file dan alt image setelah diunggah, kan? 

Membuat Meta Description (Deskripsi) Sesuai SEO

Meta deskripsi merupakan gambaran singkat artikel yang fungsinya untuk menarik para calon pembaca artikel kita. Untuk mengoptimasi meta deskripsi ada beberapa hal yang mesti dilakukan. 

Pertama, karakter meta deskripsi yang ideal jumlahnya tidak lebih dari 155 karakter atau antara 400-750 pixels. Tuliskan gambaran isi artikel secara ringkas dan menarik. Gunakan kalimat aktif dan hubungkan dengan kata kunci yang tertarget. Hal ini penting karena google akan menyasar meta deskripsi yang sesuai dengan kata kunci yang dipilih oleh pembaca. Dengan begitu, meta deskripsi yang tepat akan direkomendasikan oleh google

Pentingnya Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Menulis artikel yang berkualitas dan SEO Friendly dapat mempunyai kesempatan untuk masuk peringkat teratas mesin pencarian Google. SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic secara organik. Karena sebuah artikel yang menggunakan sistem SEO bisa lebih mudah ditemukan oleh pembaca.

Blog yang mempunyai jumlah traffic yang tinggi, dapat meningkatkan kredibilitas dan popularitasnya. Sehingga akan makin banyak orang yang berkunjung ke blog kita dan meningkatkan kepercayaan orang terhadap blog kita.

Selain itu mengoptimalkan artikel berkualitas dan SEO Friendly membuat pembaca lebih mudah menemukan artikel kita dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini bermanfaat bagi blog kita karena lebih mudah memperoleh klik kunjungan.

Nah, itulah materi yang saya dapatkan ketika mengikuti kelas BRT Network. Bagi saya, materi di kelas ini merupakan kelanjutan kelas sebelumnya yang saya ikuti. Sebelum ini saya juga mengikuti kelas BRT Network yang mengulas tentang SEO termasuk cara menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console.

Oh iya, untuk sobat yang belum memasang GA4 di blognya, bisa mempelajarinya di artikel cara pasang GA4 di blogspot yang merupakan hasil belajar di kelas BRT Network juga. 
Yuk dipelajari materinya dan jangan sungkan untuk berdiskusi lebih lanjut, ya!

Salam takzim


Post a Comment

2 Comments

  1. Duh, yang masih sering klupaan tuh ngasih internal link 🙈 tentang keywords juga. Kalau ngecek di SERP auto bingung sendiri, tema-tema parenting udah banyak banget dibahas 😅 jadi malah bingung mau nulis apa 😂

    ReplyDelete
  2. Nah, bener nih 8 cara di atas harus diterapkan pada setiap artikel. Awalnya terkesan, repot amat yak. Ya tapi kan, manfaatnya artikel kita jadi mudah dicari di Google, jadi dibaca orang kan...Makasih artikelnya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^