Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Online

Banyak orang yang beranggapan jika bertransaksi di dunia online itu memang asyik. Ada seni yang unik seperti seni menjual, membuat copywriting, packing barang, seni komunikasi, dan sebagainya.

Selain itu usaha online tidak memerlukan modal besar untuk sewa tempat khusus, mengoperasikan usaha pun bisa fleksibel dari segi waktu. 

Namun ada juga yang mengeluh kesulitan menjalankan bisnis online. Mereka merasa belum bisa menghasilkan sesuatu yang layak dari jualan online. Dan masih banyak lagi yang mengeluh terkait usaha online ini.

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Online

Nah berikut ini ada rahasia sukses menjalankan bisnis online bersumber dari buku 9 Rahasia Emak Online Shop. Di dalam buku ini kita bisa mengetahui elemen apa saja yang harus dikuasai pelaku bisnis supaya jualannya ramai dan omzetnya meningkat pesat.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online 

1. Membangun Mindset yang Bagus

Mindset adalah pola pikir yang bisa dibangun sehingga powerful untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.

Sudah terbukti bahwa mereka yang berpenghasilan tinggi rata-rata memiliki mindset yang bagus. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh 80% aspek psikologis seperti pikiran, hati, dan pikiran bawah sadar, ditambah 20% dari segi teknis.

Mindset yang benar akan mendorong pebisnis untuk melakukan tindakan terus menerus hingga tercapai hasil yang ditargetkan. Setidaknya ada 4 mindset yang wajib dimiliki orang yang ingin sukses menjalankan bisnis online.

4 mindset yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis yaitu berpikir positif, selalu fokus, berani mengambil risiko gagal usaha, dan konsisten menjalankan usaha online.

2. Membuat Peta Bisnis

Yang dimaksud peta bisnis adalah gambaran bisnis yang akan dijalankan. Umumnya kita memiliki ide, rencana dan gagasan yang beragam tetapi tidak segera direalisasikan. 

Membuat peta bisnis secara nyata di atas kertas atau komputer beserta tujuan dan alasannya. Sebaiknya peta bisnis meliputi beberapa poin seperti menentukan produk jualan, target market, target penjualan yang akan dicapai, dan menetapkan model penjualan.

3. Menyusun Rencana Kerja

Elemen selanjutnya untuk menjalankan usaha online yaitu action plan atau rencana kerja. Menyusun rencana kerja ini dapat dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis.

Sebelum menyusun rencana kerja atau action plan, sebaiknya tentukan dahulu target yang ingin dicapai. Untuk pebisnis pemula, tetapkan target sesuai dengan kemampuan.

Petakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Tuliskan rencana yang paling besar kemudian di-breakdown dan dijabarkan lebih detil teknisnya. Kejar terus target awal yang sudah direncanakan.

4. Mengoptimalkan Pemasaran

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran memegang peranan penting dalam menentukan keberlangsungan jalannya suatu usaha. Pemasaran harus mampu menciptakan sistem yang dapat membantu semua orang memenuhi kebutuhan, menyukai dan selanjutnya percaya.

Langkah awal pemasaran yaitu membuat target market mengenal produk yang kita jual. Orang mengetahui manfaatnya, spesifikasinya, kualitasnya, model, dan keunggulannya. Yakinkan untuk membeli, dan membeli lagi.

5. Mengoptimalkan Media Sosial

Sudah menjadi rahasia umum bahwa media sosial kini sudah menjadi gaya hidup. Media sosial dijadikan tempat untuk memromosikan produk jualannya. Terutama bagi pemula, sebaiknya bisa memanfaatkan promosi di media sosial supaya usahanya bisa dikenal oleh calon pelanggan.

Untuk sobat yang ingin mempelajari tentang cara promosi di sosial media, bisa membacanya  di artikel media sosial marketing

6. Optimalisasi Penjualan

Pelaku bisnis harus update informasi dan perkembangan teknologi termasuk kemajuan ilmu pengetahuan tentang marketing, produk, bisnis, komunikasi, dan ilmu lainnya. Ilmu-ilmu tersebut berguna untuk diaplikasikan dalam bisnis, marketing produk atau berbagai terobosan inovasi.

Dengan begitu produk atau barang jualannya bisa cepat laris dan meningkatkan produksi lagi. Di saat produksi naik, otomatis profitnya pun meningkat.

7. Membuat Catatan Pembukuan Usaha

Tahapan yang penting dan tidak boleh dianggap remeh yaitu membuat catatan pembukuan usaha. Kelebihan membuat catatan pembukuan atau mendokumentasikan semua transaksi bisnis dapat berpengaruh pada peningkatan omzet dan profit. 

Pencatatan itu meliputi budget setiap bulan, besarnya pengeluaran, aliran kas, utang piutang, stok barang, agenda usaha, sales plan, dan semua transaksi lainnya yang harus dicatat supaya dapat dievaluasi dan dipakai sebagai data. 

Pencatatan usaha ini harus dilakukan secara disiplin. Tujuannya agar mengetahui pergerakan keuangan usaha. Apakah sehat atau tidak? Benar atau salah? Dengan begitu bisa mengetahui kondisi keuangan usaha kita.

Cara Menjalankan Bisnis Online

8. Melakukan Evaluasi Berkala

Poin terakhir dari rahasia sukses menjalankan bisnis online yaitu melakukan evaluasi. Tahapan evaluasi yang dilakukan meliputi target yang tercapai, apa saja yang sudah dikerjakan, apakah semua proses sudah berjalan seperti seharusnya atau apa saja yang belum maksimal.

Kemudian dianalisa penyebabnya dan susun rencana perbaikan dilengkapi dengan waktu pelaksanaannya.

Evaluasi ini dilakukan secara menyeluruh pada semua elemen yang berkaitan dengan bisnis. Elemen yang mesti dievaluasi misalnya keuangan, pelayanan, manajemen waktu, produk, dan stok.

9. Membuat Inovasi

Dunia bisnis biasa dikaitkan dengan seni dan kreatifitas. Termasuk ketika melakukan penjualan pun ada seninya. Bagi pebisnis yang senang berinovasi pasti akan merasa senang mencoba sesuatu yang baru.

Inovasi ini dapat terus dibuat dengan cara melakukan riset pada produk-produk yang sudah diluncurkan dan melihat tanggapan dari pasar. Kita bisa menemukan peluang yang bisa digarap, mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, kendala yang mungkin akan dihadapi konsumen, atau solusi yang akan diambil untuk mengatasi masalah.

Keuntungan melakukan evaluasi dan riset, dapat membantu bisnis kita terus maju berkembang. Akan selalu ada pembaruan dan penyempurnaan melalui produk yang baru.

Itulah beberapa tahapan untuk menjalankan bisnis online yang perlu diterapkan untuk memulai usaha. 

Bisnis Online yang Menjanjikan

Di era digital yang didukung dengan internet yang lancar dan stabil memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan media online untuk memiliki penghasilan. Berbisnis online dianggap lebih praktis dan efisien. 

Selain itu ada beberapa bisnis yang tidak memerlukan modal besar. Memang ada bisnis tanpa modal? Ada dong! Jenis bisnis yang tanpa modal sudah saya tuliskan dalam artikel peluang bisnis tanpa modal.

Bagaimana? Tertarik juga untuk menjalankan bisnis online? Yuk, manfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitar kita untuk memiliki usaha yang menjanjikan!

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments