Produk Digital Yang Berpeluang Menghasilkan Cuan

Di era digital yang kian berkembang, tidak ada salahnya jika kita mencari peluang usaha yang berhubungan dengan digitalisasi. Dengan mengikuti perkembangan zaman, proses pemasaran produk atau jasa tentunya akan lebih mudah.

Produk Digital Yang  Menghasilkan Cuan

Sebenarnya Apa yang Dimaksud Produk Digital?

Produk digital adalah produk atau jasa yang diperjualbelikan dalam bentuk digital. Karena berbentuk digital maka produk ini tidak memiliki fisik. Contoh produk digital adalah file, audio, video, dan bentuk non fisik lainnya. Produk digital ini biasanya dijual dalam bentuk jasa atau berupa pelayanan.

Saat ini produk digital merupakan salah satu peluang usaha yang sedang naik daun. Usaha ini dinilai oleh banyak kalangan memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan produk digital itu?

Kelebihan Menjual Produk Digital

Selain dinilai cocok dengan perkembangan digital yang kian masif, bisnis produk digital juga memiliki kelebihan lain. Berikut ini beberapa kelebihan produk digital.

1. Membutuhkan Modal yang Kecil

Dibandingkan bisnis yang lain, usaha berjualan produk digital cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Yang dibutuhkan untuk usaha produk digital adalah smartphone atau laptop dan jaringan internet yang stabil.

2. Memberikan Keuntungan yang Besar

Produk digital dapat memberikan keuntungan yang besar. Satu produk bisa dijual dengan margin antara 2 ribu hingga 10 ribu . Makin banyak yang terjual makin besar pula pendapatan yang diperoleh.

Pengusaha digital dalam sebulan bisa menghasilkan kurang lebih 10 juta dari keuntungan penjualan.
Bahkan satu produk bisa dijual berulang kali. Contohnya kita menjual e-book tentang bisnis, maka kita bisa menjual satu produk itu berulang kali tanpa harus membuat produk lagi.

3. Penyimpanan yang Mudah

Produk digital tidak memerlukan lokasi penyimpanan yang besar. Produk digital tidak memerlukan stok seperti barang jualan yang lainnya.

4. Banyak Diminati Masyarakat

Saat ini produk digital banyak diperlukan oleh masyarakat. Mereka menggunakan produk digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti hiburan, komunikasi maupun kebutuhan rumah tangga lainnya seperti pulsa, token listrik dan produk digital lainnya.

5. Jangkauan Target Pasar yang Luas

Produk digital yang dipasarkan secara online dapat menjangkau pasar yang luas. Bahkan kita bisa menjual produk digital hingga ke luar negeri. Penting untuk diperhatikan adalah memahami target pasar, siapa yang membutuhkan produk digital kita. Kita bisa memromosikan produk sendiri di media sosial, marketplace atau platform lainnya.

6. Tidak Memerlukan Biaya Pengiriman

Kelebihan menjual produk digital adalah tidak perlu ada biaya pengiriman. Transaksi jual beli dilakukan secara online dan dikirimkan dalam bentuk file.

Begitu banyak minat dan kebutuhan masyarakat akan produk digital ini, bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.
Apalagi banyak kalangan yang berpendapat bahwa trend produk digital akan bertahan lebih lama. Jenis produk ini memiliki tingkat konversi keuntungan, interaksi, dan pertumbuhan pelanggan yang cukup tinggi.

Produk digital ini telah menjadi bagian dari bisnis kekinian yang berpeluang menghasilkan pendapatan lumayan.

Produk Digital Yang Auto Cuan

Produk Digital yang Menghasilkan Cuan

Jadi, ingin juga memiliki produk digital sendiri tetapi belum memiliki ide? Berikut ini ide produk digital yang bisa kita jadikan peluang usaha.

1. Video Tutorial atau Kursus Online

Perkembangan teknologi membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai tempat mencari ilmu dan belajar secara mandiri melalui pembelajaran online. Maka tidak heran jika video tutorial dan kursus online banyak peminatnya.

2. Pulsa dan Paket Internet

Bagi sebagian besar masyarakat, kebutuhan akan pulsa dan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sehingga apabila kita merintis usaha jualan pulsa, paket internet, atau voucher digital lainnya bisa mendapatkan keuntungan yang menarik.

3. Game Online

Diakui atau tidak, peminat game online ini sangat banyak. Peminatnya bisa dari berbagai kalangan, umur, dan gender. Industri game online ini sangat menjanjikan dan bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sediakan variasi produk karena setiap game online memiliki peminatnya masing-masing.

4. Desain Template

Produk digital yang juga banyak diminati berupa template desain grafis. Jika sobat memiliki kemampuan mendesain, bisa menawarkan jasa desain. Banyak orang yang membutuhkan tampilan desain baik untuk keperluan pribadi atau perusahaan.

5. Audio dan Musik

Kini orang-orang juga membutuhkan audio yang membawa pesan tertentu kepada audiens. Selain itu banyak yang membutuhkan juga audio yang menghibur, memberi wawasan, menenangkan, dan memberi inspirasi. Contoh produk audio yang bisa menghasilkan cuan misalnya sampel musik, suara latar, efek suara, dan bentuk lainnya.

6. Menjual Foto

Foto digital premium banyak diminati oleh pemilik situs web dan penulis blog. Biasanya foto digital premium ini dibanderol dengan harga yang tinggi. Foto dengan kualitas terbaik tentu saja akan menjadi daya tarik bagi mereka yang membutuhkan foto.

7. E Book (Buku Elektronik)

Buku elektronik ini masih diminati dan menjadi produk favorit bagi banyak orang. Produk digital yang satu ini tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Kita hanya butuh tulisan yang berkualitas dan gambar pendukung yang menarik.

Memasarkan buku elektronik ini cukup mudah. Kita bisa menyebarkannya melalui blog pribadi atau dipasarkan secara luas.
Jika sobat menguasai suatu topik tertentu, tulislah menjadi ebook dan menjualnya di blog. Buku elektronik ini bisa juga dimanfaatkan menjadi magnet agar banyak pembaca yang berkunjung ke blog kita.

Nah, itulah beberapa produk digital yang berpeluang menghasikan cuan. Manakah yang paling menarik dan jadi bisnis yang menguntungkan bagi sobat? Apakah sudah ada rencana membuat salah satunya atau beberapa produk yang sudah disebutkan?

Setelah memutuskan produk digital yang akan sobat jual, maka selanjutnya memikirkan strategi manajemen yang tepat supaya produk kita laris dan banyak diminati.

Salam takzim

Post a Comment

24 Comments

  1. banyak juga ya kesempatan untuk menghasilkan cuan dari produk digital yang ada saat ini

    ReplyDelete
  2. Betul, bisnis produk digital memang anti bangkrut sepertinya. Sebab tidak ada resiko yang harus ditanggung

    ReplyDelete
  3. Dunia digital memberikan banyak peluang untuk hasilin cuan, kursus online ini banyak juga yang minat, jualan suara juga bisa ya seperti audio book

    ReplyDelete
  4. Sekarang ini itu banyak sekali yang bisa dijadikan cuan lewat digital ya. Kebetulan aku pun salah satunya yang menjadi mentor dari produk digital ini. Asal kita rajin dan juga komitmen untuk terus belajar dan berkembang di dunia digital.

    ReplyDelete
  5. Desain template dan e book kayaknya bisa kalau mau digarap, kadang mau jualan produk digital tuh suka takut gak laku deh, hehe, padahal kalau memang kebutuhan, pasti kan ada aja ya yang beli

    ReplyDelete
  6. ya sekarang eranya produk digital, entah itu ebook, kelas, template bahkan preset sekalipun. Intinya sekarang zamannya sudah beda, bukan lagi orang jualan barang, selain jasa ada juga loh produk digital gini. Pengen sih someday bikin ebook atau course

    ReplyDelete
  7. Bener teh, sekarang banyak orang butuh produk digital. Seru sih aku jadi pengen belajar bikin juga terutama design template di Canva. Itu dijualnya worldwide jadi pembayarannya ngikutin kurs dollar. Auto cuan banyak deh!

    ReplyDelete
  8. aku tertarik buat menjual produk digital dalam bentuk photo karena banyak nyimpan photo dan suka moto2 nah tapi ternyata ga segampang yang diceritakan orang2, wajib naget sabar berporses dan keep uploading dan meningkatkan kualitas

    ReplyDelete
  9. Perkembangan dunia digital benar-benar menggiurkan, enggak hanya mempermudah banyak hal tapi juga menyediakan banyak peluang berpenghasilan. Jujurly saya juga tertarik menekuni penjualan produk digital. Sementara ini Ebook buku saya, next pengin merambah dunia fotografi

    ReplyDelete
  10. Aku lagi pelan2 belajar jualan foto nih mbak. Daripada stok foto nganggur di komputer coba dikit2 dijual ke beberapa platform online. Alhamdhulikah meskiou belum banyak udah ada lah tabungan bebrala dollar

    ReplyDelete
  11. Jaman sudah berubah. Sat ini lagi jamannya era digital ya. Jual produk digital sudah banyak diminati anak muda. Kayaknya game online ini yang paling banyak peminatnya ya. Banyak sekali para gamer saat ini. Kursus coding bikin game juga sudah banyak.

    ReplyDelete
  12. Produk digital jadi pilihan konsumen karena berbagai faktor seperti kecepatan pengiriman, keterbatasan tempat penyimpanan, lebih praktis ~bisa dibawa kemana-mana, bisa langsung digunakan..dan lain sebagainya. Dr sisi produsen jg lebih praktis yaa, transaksi bisa dilakukan di mana sana, kapan saja.

    ReplyDelete
  13. Jadi kepikiran deh bikin ebook terus dijual di Google Play Book katanya hasilnya cukup menguntungkan

    ReplyDelete
  14. Aku pikir jualan game online tuh apa yaa..
    Ternyata banyak peminatnya. Apalagi buat para gamers, ini penting mendapatkan harga yang sesuai kantong untuk produk-produk di dalam games yang sedang dimainkan agar lebih powerful.

    ReplyDelete
  15. berarti PRnya sekarang adalah, rajin-rajin belajar. Internet dimanfaatkan dengan baik, karena belajar itu bisa di mana saja kan ya? Bahkan dengan adanya kemudahan koneksi internet, kesempatan belajar pun jadi luas. Ketika sudah memiliki keterampilan, maka bukan tidak mungkin, kita bisa menghasilkan cuan dengan bekerja dari rumah. Memasarkan produk digital salah satunya.

    ReplyDelete
  16. Kalo aku pribadi sih kepikiran untuk jual foto ya mba. Soalnya stok konten foto cukup banyak. Tapi saat ini mulai kepikiran juga sih untuk susun ebook, siapa tahu laku hehe

    ReplyDelete
  17. Setuju banget ini bahwa jual produk digital memangn cenderung hemat ongkos dan bahkan tidak ada biaya pengiriman karena memang tidak perlu fisik.

    ReplyDelete
  18. Jualan produk digital untung besar, karena modal yang kita keluarkan tidka besar. Apalagi jualan E-Book banyak yang review kalau dapat untung banyak. Aku sendiri cukup tertarik, tetapi belum kesampaian buat nulisnya.

    ReplyDelete
  19. jualan kelas online juga laku keras sekarang, apalagi upgrade ilmu soal mengedit video atau jadi content creator itu lagi hits banget

    ReplyDelete
  20. Jualan kelas online sangat laku sekarang, apalagi sekarang banyak yang mau jadi content creator dan belajar edit video. Nah, sambil jualan produk makin cuan hehe

    ReplyDelete
  21. Jualan produk digital nih seakan memahami pasar karena kan sekarang generasi digital sudah pasti pada pegang gadged ya. Tentu saja target marketnya anak muda nih ya. Eh tapi sekarang hampir semua orang serba pakai gadged sih ya, buktinya kayak udah hampir gak ada nih orang punya toko pulsa, hampir semua belinya online

    ReplyDelete
  22. Makin familiarnya masyarakat dengan dunia digital memungkinkan munculnya kesempatan bekerja di bidang ini. Bisa jualan produk2 digital yang kayaknya beberapa puluh tahun yang lalu tak terbayangkan yaaa.. kemajuan teknologi memang luar biasa.

    ReplyDelete
  23. Menarik banget ya bisnis produk digital ini. Biayanya kecil tapi untungnya bisa besar. Tapi lagi-lagi kudu memperhatikan kontennya ya. Kalau marketing bagus tapi kontennya gak menarik ya gak laku :)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulilah banget di era digital saat ini sebenernya peluang untuk emndapatkan uang juga semakin luas ya maaaak, asalkan kita mau belajar dan terus terus terus mau berusaha yaaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^