Ide Bisnis dengan Modal 1 Juta

Siapa bilang membangun bisnis itu harus dengan modal besar hingga puluhan juta? Tidak semua bisnis harus membutuhkan modal yang besar. Dan tidak selamanya usaha dengan modal kecil tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Semua anggapan itu bisa jadi hambatan bagi yang ingin memulai merintis usaha. Padahal modal bukanlah satu-satunya faktor yang membuat usaha berhasil. Ada banyak faktor yang memengaruhi jalannya usaha.

Ide Bisnis dengan Modal 1 Juta

Bisnis dengan Modal 1 Juta

Kini kita bisa memulai bisnis meskipun hanya memiliki modal minim. Banyak peluang usaha yang dapat dijalani hanya dengan modal 1 juta. Dengan strategi bisnis yang tepat, ada banyak peluang usaha yang bisa diambil meskipun hanya memiliki modal 1 juta. Berikut ini ide bisnis dengan modal 1 juta.

1. Bisnis Jasa Pengetikan

Untuk sobat yang punya kemampuan mengetik cepat, memiliki perangkat komputer atau laptop, membuka bisnis jasa pengetikan bisa jadi bahan pertimbangan. Terutama sobat yang mencari penghasilan sampingan. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar dan biasanya biaya print pun tidak terlalu mahal.

2. Bisnis Dropship

Bisa dikatakan bisnis dropship ini bukan hanya bisnis dengan modal kecil, tetapi bisa dikatakan bisnis tanpa modal. Siapa saja bisa menjalankan bisnis ini tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, kita tidak perlu repot menangani proses pengiriman produk atau melakukan stok produk.

Sistem dropship ini cukup sederhana. Kita hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan menyampaikan pesanan serta membayar dari pembeli ke penjual. Meskipun prosesnya terlihat sederhana tetapi usaha ini tidak bisa dianggap gampang. Untuk jadi seorang dropshiper kita harus paham spesifikasi barang yang dijual dan paham suplier yang terpercaya.

3. Bisnis Aneka Minuman Kekinian

Akhir-akhir ini bisnis aneka minuman cukup nge-trend. Banyak muda mudi yang menggemari minuman kekinian seperti boba, cokelat, teh, atau kopi. Kita juga bisa menciptakan trend seperti membuat kreasi minuman sendiri. Di tengah maraknya minuman kopi, kita bisa menjual kopi hasil racikan sendiri. Atau membuat minuma dengan campuran beberapa bahan seperti teh, kopi, sirup, cokelat, atau rasa buah-buahan. Usaha minuman ini merupakan salah satu ide bisnis viral dengan modal 1 juta.

4. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Peminat camilan atau makanan ringan bukan hanya anak-anak. Banyak juga orang dewasa yang senang ngemil. Tidak perlu memilih cemilan yang memerlukan bahan mahal, ada juga cemilan yang banyak diminati seperti ubi, singkong, atau kentang.
Kita bisa membuat aneka rasa keripik singkong dengan berbagai macam bumbu. Bahkan ada modal cemilan yang hanya butuh modal beberapa ratus ribu saja.

5. Bisnis Kaos Pre Order

Industri fashion memang selalu berkembang dan tidak pernah mati. Beberapa bisnis distro memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika ingin membuka usaha fashion, sebaiknya membuka usaha berjualan kaos pre order. Dengan sistem tersebut, produk akan diproduksi berdasarkan pesanan yang berniat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi kita bisa menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

6. Bisnis Aksesoris

Usaha membuat aksesoris atau pernak pernik bisa jadi bisnis yang menjanjikan dengan modal 1 juta. Banyak ragam produk yang bisa ditawarkan, mulai dari gelang, kalung, jepit rambut, dan lainnya. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal 1 juta atau kurang tergantung aksesoris yang hendak dijual. Kita bisa memasarkan produk dari orang terdekat, yang banyak diminati dan sedang ngetrend saat ini.

7. Jasa Potong Rambut

Bagi sobat yang memiliki keahlian memotong rambut, bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha potong rambut. Cukup bermodalkan alat potong rambut seperti gunting, sisir, kaca, kita bisa membuka usaha potong rambut di depan rumah.

Bisnis Modal 1 Juta

8. Bisnis Jasa Cuci Sepatu

Saat ini bisnis cuci sepatu merupakan usaha yang sedang popular. Pengusaha di bidang ini pun masih terbilang jarang, sehingga bisa dijadikan peluang untuk menguasai pasar. Modal ini tidak membutuhkan modal besar. Kita bisa memulai usaha ini dengan modal pengetahuan cara mencuci sepatu, deterjen yang khusus digunakan, dan peralatan yang dibutuhkan.

9. Jasa Cuci Motor

Ada yang memiliki pekarangan luas di rumahnya dan pasokan air yang berlimpah? Kenapa tidak mencoba usaha cuci motor? Usaha ini tidak harus menggunakan kompresor air saja, kok! Cukup dengan menggunakan selang air, keran, kanebo, dan sabun motor, kita sudah bisa memulai usaha.

10. Jasa Pembuatan Parsel atau Hamper

Usaha dengan modal 1 juta berikutnya yaitu jasa pembuatan parsel atau hamper. Modal yang dibutuhkan untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya hanya butuh sekitar 1 juta. Usaha ini cukup menjanjikan terutama menjelang hari raya.

Sebenarnya masih banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal 1 juta. Tinggal kita bisa mengelolanya dengan strategi penjualan yang tepat maka bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal.

Kunci Sukses Bisnis Modal Kecil

Semua bisnis dengan modal kecil bisa berhasil dengan memerhatikan kunci sukses menjalankan bisnis tersebut. Sebelum memulai bisnis, pilihlah bidang usaha yang paling diminati, dikuasai, dan punya pengetahuan di bidang tersebut. Kemudian perbanyak koneksi atau jaringan bisnis supaya bisa menemukan mitra usaha yang tepat. Supaya banyak yang tertarik dengan produk yang kita tawarkan, sebaiknya tonjolkan keunikan dan keunggulan produk yang ditawarkan supaya berbeda dengan yang lain.

Selain itu berikan pelayanan yang berkualitas dan cepat merespon tanggapan dari pembeli. Dan yang tidak kalah pentingnya, kita harus bisa mengelola keuangan utuk operasional secara terencana dan tepat guna. Apabila semua itu diterapkan dengan baik, bisnis pun bisa berkembang.
Selain bisnis dengan modal 1 juta, sobat juga bisa mempertimbangkan usaha di desa untuk mengantisipasi maraknya usaha yang sudah menjamur di perkotaan. Selamat memulai usaha!

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments