Langkah Tepat memulai Karir sebagai Freelancer

Akhir-akhir ini banyak individu yang tertarik menjadi freelancer sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang lebih bebas. Saat ini orang ingin lebih bebas dalam mengatur waktu dan gaya hidup mereka sendiri. Selain itu menjadi freelancer dirasakan lebih fleksibel dan bisa mendatangkan penghasilan yang cukup tinggi. Jadi tidak heran apabila menjadi seorang freelance sebagai salah satu pekerjaan yang dipilih oleh masyarakat yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini.

Banyak kelebihan menjadi freelancer yang menjadi daya tarik bagi sebagian besar masyarakat. Alasan umum yang jadi alasan mengapa orang memilih jadi freelancer karena waktu kerja yang bebas, pekerjaan sesuai dengan keinginan dan keahlian, upah yang menjanjikan, dan bebas menentukan tempat untuk bekerja.

Langkah Tepat memulai Karir sebagai Freelancer


Perkembangan teknologi dan konektivitas yang semakin meningkat membuat peluang menjadi freelancer semakin terbuka lebar.
Namun untuk memulai karir sebagai freelancer memerlukan persiapan dan pemahaman yang baik. Kenali lebih dahulu apa itu freelance dan kelebihan serta kekurangannya. Setelah itu pelajari hal penting untuk memulai karir sebagai freelancer.

Langkah Tepat Menjadi Freelancer

Bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja secara langsung dengan klien tentunya akan terasa tidak nyaman. Namun ada juga yang lebih memilih menjadi freelancer beralih dari pekerjaan konvensional atau memiliki pekerjaan tetap dan menjadi freelancer sebagai pekerjaan sampingan.

Lalu bagaimana caranya memulai karir sebagai freelancer? Mari kita bahas langkah-langkah untuk menjadi freelancer.

1. Menentukan Bidang Keahlian

Langkah pertama untuk memulai karir sebagai freelancer yaitu menentukan bidang keahlian yang akan ditawarkan kepada klien. Kenali kemampuan diri kita untuk ditawarkan untuk membantu klien. Identifikasikan masalah yang mereka hadapi dan tawarkan kemampuan diri sebagai freelancer untuk membantu mengatasinya.

Kemampuan dan keterampilan yang kita miliki ini bisa dijadikan modal awal untuk membangun karir sebagai freelancer. Oleh karenanya kita harus tahu persis bidang atau kemampuan yang bisa membuat kita semangat menjalaninya. Perlu diingat bahwa tidak semua orang nyaman dengan gaya bekerja khas pekerja freelance, jadi kenali diri sendiri, terbuka, dan jangan memaksakan bidang yang membuat kita tidak nyaman.

2. Mengumpulkan Karya dan Portofolio

Supaya bisa mendapat penawaran pekerjaan dari banyak perusahaan dan klien, persiapkan karya terbaik yang pernah dibuat dan kumpulkan sebagai portofolio. Misalnya untuk yang tertarik bekerja di bidang fotografi, bisa mulai membuat portofolio di Instagram sebagai tempat memamerkan foto.

3. Menentukan Target Pasar yang Sesuai

Langkah selanjutnya untuk memulai karir sebagai freelancer yaitu menentukan target klien yang sesuai dengan kemampuan kita.

Sebagai seorang freelancer kita harus bisa memosisikan diri kita dengan tepat di depan klien potensial. Seorang freelancer harus aktif mencari klien yang akan diajak bekerja sama.
Bagaimana cara mencarinya?

Cara untuk mendapat klien salah satunya dengan melakukan promosi di platform freelance yang sudah tersedia di pasaran. Bila perlu dalam melakukan promo bisa dibantu dengan iklan, memanfaatkan relasi yang sudah ada atau membangun promosi di platform freelance yang sudah ada.

Menentukan target market freelancer


4. Menawarkan Harga Jasa yang Kompetitif

Setelah menentukan target pasar yang sesuai, selanjutnya tentukan harga yang tepat. Penentuan harga ini bertujuan untuk freelancer mendapatkan penghasilan yang maksimal tanpa kehilangan peluang pekerjaan potensial.

Sebenarnya tidak ada rumus yang saklek untuk menentukan harga layanan freelancer.  Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah yang sanggup dibayarkan oleh klien. Faktor yang memengaruhi harga jasa seperti durasi lamanya proyek berjalan, tingkat pengalaman freelancer, tingkat kompleksitas proyek, tingkat urgensi atau bidang industri yang jadi target pasar kita.

5. Membuat Proposal yang Menarik Bagi Klien

Sebuah proposal bisa dikatakan baik ketika bisa menjelaskan kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh klien serta memuat jasa yang ditawarkan.

6. Membangun Hubungan dengan Klien

Klien merupakan pihak yang diajak bekerja sama dan bisa mendatangkan penghasilan. Penting sekali untuk membangun dan mengembangkan hubungan kerja yang positif dengan klien. Hubungan baik dengan klien dapat membuka kesempatan di masa yang akan datang untuk bekerja sama kembali. Membangun kemitraan dengan klien dalam waktu yang panjang bisa menghasilkan bisnis berulang dan referensi klien baru.

7. Memilih Media yang Tepat

Kini freelancer bisa lebih mudah untuk mendapatkan kerjasama dengan klien menggunakan media yang tepat. Ada beberapa platform yang menjadi media bertemunya freelancer dengan klien. Situs atau platform ini melindungi kerja sama antara klien dan freelancer. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran bila ada salah satu yang dirugikan dalam proses kerja sama. Bahkan ada juga platform yang bisa mendukung pengembangan karir di dunia freelance.  

Langkah Tepat Menjadi Freelancer

Memulai Karir Freelancer yang Diinginkan

Setelah mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk memulai karir sebagai freelancer, apakah sobat makin siap menjadi pekerja freelance?

Perlu diingat bahwa menjadi freelancer artinya kita memiliki kendali penuh dan berhak mengambil keputusan atas proyek yang dikerjakan. Klien-klien akan mencari solusi untuk permasalahan yang mereka hadapi dan layanan yang kita tawarkan bisa jadi solusi yang dibutuhkan.

Salam takzim  

Post a Comment

0 Comments