Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Bersama PAFI

Halo sobat, apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua diberi kesehatan selalu ya...
Alhamdulillah keluarga inti saya yaitu suami dan anak-anak, juga dalam keadaan sehat semua. Begitu juga dengan orang tua dan mertua yang sudah sepuh, semua sehat. Ya, sehatnya orang yang sudah tua tentunya berbeda dengan kita. Meskipun tidak ada keluhan kesehatan yang mengganggu, tetapi dalam kesehariannya mereka harus mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kesehatannya.

Sejak divonis memiliki riwayat tekanan darah tinggi, mamah mertua intens mengonsumsi obat setiap hari untuk menstabilkan tekanan darah. Begitu pula dengan bapak yang mengalami gangguan di jantungnya, harus rutin mengonsumsi obat-obatan. Sebenarnya kasihan juga melihat kedua orang tua harus minum obat setiap hari, tapi mau gimana lagi, kesehatan mereka lebih penting, bukan?

Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Bersama PAFI

Sudah jadi rutinitas kami setiap bulannya untuk mengantar orang tua dan mertua, kontrol kesehatan ke rumah sakit, kemudian menyiapkan obat untuk sebulan. Karena kondisi kesehatannya, bapak dan mamah mertua harus mengonsumsi obat setiap hari.

Ngobrolin tentang obat-obatan, selama ini kami untuk mendapatkan obat mengatasi tekanan darah tinggi dan jantung tidak selamanya berjalan lancar. Ya, kami maklum karena tidak sedikit orang tua sepuh yang memiliki riwayat penyakit seperti bapak dan mamah mertua. Kadang kami harus mencari di beberapa apotik karena apotik langganan kami kehabisan stok obat.

Mengenal PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

Persoalan tentang penyediaan obat untuk bisa menunjang program transformasi kesehatan masyarakat tentunya sudah jadi perhatian pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan Koordinasi Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Obat Nasional tahun 2023 di Bogor.

Pada acara tersebut dibahas tentang perencanaan kebutuhan obat dan vaksin di masyarakat. Harapan ke depannya industri farmasi bisa siap menyediakan obat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan melaksanakan program pelayanan kesehatan serta program imunisasi dengan baik.

Dunia farmasi sendiri sebenarnya bukan hal yang asing di keluarga saya. Karena salah satu keponakan latar belakang pendidikannya di bidang farmasi dan kini dia pun bekerja di bidang pelayanan kesehatan.

Karena punya kerabat yang berhubungan dengan farmasi, jadi lebih mudah bagi kami untuk konsultasi tentang obat-obatan. Terutama setelah mendengar adanya obat ilegal di masyarakat, kejadian penyalahgunaan obat atau penggunaan obat yang tidak sesuai dengan kebutuhan membuat kami harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat.

Menurut keponakan saya, sebenarnya masyarakat tidak perlu khawatir karena para ahli di bidang farmasi sudah memiliki tanggung jawab untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat yang dikombinasikan dengan ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Kepedulian para tenaga ahli di bidang farmasi dibuktikan dengan dibentuknya organisasi PAFI yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi ini dijadikan wadah untuk menghimpun semua tenaga ahli yang bakti karyanya di bidang farmasi. Tujuan dibentuknya PAFI ini diantaranya:
  1. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  4. Meningkatkan kesejahteraan anggota
Sebagai lulusan farmasi, keponakan saya juga berhak ikut bergabung menjadi anggota PAFI. Katanya semua lulusan sekolah farmasi seperti Sekolah Asisten Apoteker (SAA), Sekolah Menengah Farmasi (SMF), Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) dan lulusan Diploma Farmasi seperti D3 Akademi Farmasi, dan D3 Farmasi bisa bergabung menjadi anggota PAFI.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Pafi Kota Batu. Kota tempat salah satu keponakan saya menyelesaikan studi tingkat sarjana. Cara untuk bergabung di PAFI pun cukup mudah, tinggal mendaftarkan diri sebagai anggota PAFI di link https://pafikotabatu.org/.

PAFI untuk Kesehatan Masyarakat

Saya ikut senang ketika mendengar cerita keponakan tentang PAFI. Dengan adanya organisasi profesi tersebut, artinya banyak profesional bidang kesehatan yang bertanggung jawab memastikan efektifitas dan keamanan penggunaan obat di masyarakat serta meningkatkan taraf kesejahteraan di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments