Cara Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Seiring perkembangan teknologi banyak orang yang memilih memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan penghasilan. Dengan menggunakan internet, semua orang bisa bekerja dari rumah tanpa perlu repot-repot datang ke kantor.

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, mencari informasi lowongan pekerjaan bisa makin mudah. Pasalnya kini banyak aplikasi atau platform khusus untuk menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.


Cara Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Cara Praktis Mencari Lowongan Pekerjaan secara Online

Pengalaman mencari pekerjaan sewaktu lulus kuliah dulu, saya harus menyiapkan banyak berkas untuk melamar pekerjaan. Ditambah bila harus mengirimkan dokumen yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun di zaman sekarang yang serba online, mencari pekerjaan jadi lebih mudah dan efisien. Kita cukup membuat dokumen yang diperlukan dalam bentuk digital dan dikirimkan secara online.

1. Memanfaatkan Website Pencari Kerja

Saat ini banyak situs atau website yang dapat digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan. Ada beberapa situs lowongan pekerjaan yang populer di Indonesia seperti Loker ID, Karir.com, Kalibrr, JobStreet, atau OLX. Di situs-situs tersebut kita bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita.

Untuk mendapatkan peluang besar, sebaiknya difilter hasil pencarian berdasarkan jenis pekerjaan, lokasi, dan kriteria lainnya yang memiliki persaingan kecil. Sebaiknya kita memperbaharui profil secara teratur dan selalu update CV untuk mendapatkan peluang yang lebih besar.

2. Mencari Website Perusahaan

Banyak perusahaan menggunakan website mereka untuk mencari tenaga kerja. Biasanya di bagian halaman 'karir', perusahaan menampilkan lowongan pekerjaan yang tersedia. Pencari kerja bisa langsung menjelajahi situs website perusahaan yang diminati secara langsung dan mencari tahu tentang peluang posisi yang sesuai dengan keahlian dan minat.

Ketika menemukan lowongan pekerjaan yang cocok, sebaiknya pelajari dengan teliti persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, dan siapkan CV, portofolio dan surat lamaran kerja yang sesuai.

3. Manfaatkan Media Sosial

Pencari lowongan pekerjaan juga bisa mencari sumber informasi di media sosial. Banyak platform yang digunakan oleh perusahaan untuk membagikan lowongan pekerjaan seperti LinkedIn, Instagram, Twitter, atau Facebook. Untuk mencari lowongan pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan, sebaiknya kita ikuti akun perusaaan yang akan dituju. Selain mengikuti akunnya, bergabunglah dalam grup industri yang berhubungan, dan aktif dalam berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan.

4. Mengikuti Job Fair Online

Cara mencari lowongan pekerjaan selanjutnya yaitu melalui bursa kerja online atau job fair. Ada beberapa perusahaan yang suka mengadakan bursa kerja online atau job fair. Hal ini menjadi kesempatan bagus untuk mencari informasi tentang posisi yang sedang dibutuhkan. Ketika mencari pekerjaan, pastikan untuk memersiapkan CV dan pertanyaan sebelum menghadiri job fair online.

5. Mencari di Google

Google bisa dijadikan alat pencari lowongan pekerjaan yang sangat berguna. Gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang akan dicari. Misalnya saja menggunakan kata kunci ‘lowongan pekerjaan di Bandung’. Maka google akan menampilkan hasil pencairan yang berhubungan dengan kata kunci yang dipakai.

Selain mengunakan kata kunci, google juga mempunyai fitur khusus yang disebut “Google for Jobs, yang menampilkan lowongan pekerjaan secara terstruktur.

Post a Comment

0 Comments