Manfaat Tidur Miring Ke Kanan ala Rasulullah

manfaat-tidur-miring-ke-kanan seperti-anjuran-rasulullah
Posisi tidur miring ke kanan
 
Seperti telah diketahui, Rasulullah  memiliki kebiasaan tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan. Kadang beliau berbalik ke arah kiri sejenak dengan tujuan mempercepat proses pencernaan karena posisi lambung yang berada di atas hati. Kemudian kembali ke posisi tidur miring ke kanan.  

Intelektual Muslim bernama Ibnul Qayyim al Jauziyah mengatakan bahwa barang siapa yang memperhatikan pola tidur Rasulullah, niscaya dia akan memahami posisi tidur yang benar dan memiliki banyak manfaat untuk badan dan organ tubuh.
Dari sebuah hadis al Barra' bin Azib, Rasulullah bersabda :
"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan. " (HR. Bukhari).

Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Lalu apa manfaat yang dapat kita ambil apabila tidur dengan posisi ke arah kanan? Menurut tulisan yang ada di Buku Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian, ada 10 manfaat yang dapat kita dapat dengan posisi tidur tersebut, seperti:
  1. Dapat menjaga saluran pernapasan. Dengan posisi miring, lidah tidak akan jatuh ke pangkal mulut sehingga dapat mengganggu saluran pernapasan. Sedangkan tidur dengan posisi terlentang membuat letak lidah menghalangi saluran pernapasan. Ini yang membuat orang tidur mendengkur. Perlu diwaspadai, orang yang tidur mendengkur dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Karena kurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh, kadang kala orang bangun tidur dalam keadaan pusing. 
  2. Menjaga kesehatan jantung. Posisi tidur miring ke arah kanan membuat jantung yang berada di bagian kiri tidak tertindih oleh organ yang lainnya. 
  3. Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan dalam tubuh manusia lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri. Jika tidur miring ke kanan, posisi jantung akan cenderung ke kanan. Keadaan ini tidak akan menimbulkan masalah karena paru-paru kanan berukuran lebih besar. 
  4. Mengistirahatkan otak bagian kiri. Dalam aktivitas sehari-hari umat muslim dominan menggunakan organ tubuh bagian kanan. Kumpulan syaraf yang menggerakkan tubuh bagian kanan terdapat di otak kiri. Dengan tidur pada posisi miring ke kanan, otak bagian kiri akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat terhambatnya sirkulasi darah.
  5. Mengurangi beban jantung. Tidur dengan posisi miring ke kanan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Akibatnya denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah juga akan menurun. Hal ini dapat menjaga kualitas tidur lebih baik.
  6. Mengistirahatkan lambung.  Dalam tubuh manusia, lambung berbentuk tabung yang memiliki lubang menuju usus di bagian kanan bawah. Jika tidur dengan posisi ke kiri, maka proses pencernaan yang bersifat asam akan terganggu.  Selain itu, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan cairan usus yang bersifat basa, masuk kembali ke lambung. 
  7. Dapat meningkatkan proses pengosongan kantong empedu dan pankreas. 
  8. Dapat meningkatkan penyerapan zat gizi.  Dalam kondisi tertidur miring ke kanan, makanan yang telah dicerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama. Karena posisi usus halus dan usus besar ada di bawah.  Ini memungkinkan penyerapan lebih optimal.
  9. Melancarkan buang air besar.  Bila tubuh miring ke sebelah kanan, maka proses pengisian usus besar sebelum anus akan lebih cepat penuh.  Hal ini dapat merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga merangsang keinginan untuk buang air besar. 
  10. Mengistirahatkan kaki kiri. Orang cenderung menggunakan kaki kirinya sebagai pusat pembebanan. Jika tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan, maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.
Setelah mengetahui banyak manfaat yang akan didapatkan ketika tidur dengan posisi miring ke kanan, maka alangkah lebih baik jika kita mengikuti sunah Rasulullah. Selain tidur menjadi lebih nyenyak, kesehatan badan pun terus terjaga dengan baik.
            Salam Takzim





Post a Comment

42 Comments

  1. Melaksanakan sunnah Rasulullah insya Allah yang terbaik, selalu ada hikmah positif dibaliknya. Makasih sudah sharing. Setelah membaca postingan ini semoga akan lebih banyak yang melaksanakan sunnah Rasulullah untuk tidur miring ke kanan. Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung mbak.. salam kenal juga :)

      Delete
  2. Terimakasih infonya mba, memang benar, segala teladan dari Rasulullah itu in sya Allah sangat bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, teladan Rosululloh, Insyallah sangat bermanfaat

      Delete
  3. Terimakasih infonya, bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  4. Sangat bagus dan sebagai ilmu yg berguna ditunggu ya tulisan berikutnya.

    ReplyDelete
  5. Keren mba, nurul....
    saya seorang fisioterapist, dari artkel mba nurul jadi terinspirasi menjadi fisioterapis yang syar'i.... :-)
    I levae my email address,
    lailiahameeda@gmail.comm,

    ReplyDelete
  6. mudah-mudahan dapat diterapkan secara terus menerus, insya allah :)

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah saya selama suka tidur miring ke kanan, memang pernah dengar anjuran Nabi namun baru kali ini tahu banyak sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Makasi sharingnya mba Nurul,
    Denger ga mba bbrp wkt yang lalu beredar penjelasan bhnya tidur miring kanan?
    Dalam hati saya nih org ngaco nih, hehe
    Katanya sih tangan kanan yg jadi tumpuan jadi kaku gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya juga sempat baca penjelasan itu. Tapi saya mah ngikutin sunah Rosul aja, deh :)

      Delete
  9. pdhl aku inget banget, pelajaran jasmani waktu SD, kita harus tidur telentang :D... pdhl islam ngajarin miring ke kanan ya...

    ReplyDelete
  10. wah, bnyk juga ya manfaatnya.. subhanallah..

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, dibalik sunnah rasulullah SAW terdapat manfaat yang luar biasa.

    ReplyDelete
  12. Kadang saya inget tidur seperti itu mbak, terkadang bablas aja, tanpa membalikkan badan ke kanan.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah... Salah satu mukjizat nabi..

    ReplyDelete
  14. Dan ini adalah penelitian yang baru-baru saja dilakukan, padahal di zaman Rasulullah saw. belum ada alat secanggih itu dalam melakukan riset sekalipun. Sungguh ini mukjizat.

    ReplyDelete
  15. Subhanallah..
    Makasih mbak infonya, banyak manfaat ternyata kalau tidur miring ke kanan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun yang dilakukan oleh Rasulullah, ada manfaatnya ya..

      Delete
  16. Alhamdulillah mbak saya kalau tidur suka miring kanan jadi insyaallah saya dapat dong manfaatnya.

    ReplyDelete
  17. klo gw sih gk mikirin mau miring mau gak..pokoknya klo udah ketemu kasur ya langsung rebahan. :D

    ReplyDelete
  18. Makasih atas pencerahannya mba, di setiap sunnah yang diajarkan Rasulullah itu pasti terkandung kebaikan untuk kita para umatnya. Dan ternyata, posisi tidur ini juga mempunyai pengaruh yang besar untuk kesehatan tubuh kita.

    ReplyDelete
  19. Tidak hanya sekedar mengikuti sunnah tapi ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tidur dengan posisi miring ke kanan ya.

    ReplyDelete
  20. sebenarnya cukup lakukan yang disunahkan Rasulullah sallalhualaihiwasalam.. inshaallah banyak manfaatnya untuk kesehatan

    ReplyDelete
  21. Banyak sekali akan manfaat tidur miring, bisa dijadikan pola hidup sehat kebiasaan saat tidur nih. Terimakasih kakak.

    ReplyDelete
  22. Aku juga sering banget mba, tidur miring, rasanya enak dan nyaman banget

    ReplyDelete
  23. Aku miring klo tidur, memang anjuran bagi bumil tidur haarus miring

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, makasih Kak Nurul. Informasinya sangat bermanfaat, semoga menjadi amal jariyah.aamiin

    ReplyDelete
  25. aku dulu sukanya kiri terus mbak...ternyata yg baik itu miring kanan y

    ReplyDelete
  26. Dulu sebelum hamil aku nyaman bobo miring kanan. Tapi, semenjak hamil krn pas hamil disarankan ke kiri terus skrng jd nyaman posisi mana aja...

    ReplyDelete
  27. Barakallahu teteh...
    Suka mengamalkan tidur miring ke kanan. Dan sekarang tugas ku adalah menanamkannya pada kedua anakku untuk mengikuti sunnah Rosululloh Sholallahu `alaihi wassalam.

    In syaa Allah.

    ReplyDelete
  28. wah ternyata banyak manfaatnya yah,, memang Rosul patut di tauladani

    ReplyDelete
  29. terimakasih atas sharing informasinya mbak.ternyata tidur miring ke kanan banyak manfaatnya. tapi emang lebih fresh klo tidurnya miring ke kanan

    ReplyDelete
  30. Ternyata sunnah Nabi itu nggak pernah nggak ada perhitungannya ya. Bahkan tidur miring ke kanan pun sangat baik untuk kesehatan. Mantap

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^