Cara Mengolah Makanan Agar Vitaminnya Tidak Terbuang

Cara Mengolah Makakan agar Vitaminnya Tidak Terbuang
Ketika mengolah makanan untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga, tentunya kita harus lebih berhati-hati di dalam pengerjaannya. Cari bahan makanan yang sehat dan bersih serta aman dikonsumsi. Zat yang terkandung di dalam makanan pun harus lebih diperhatikan. Vitamin merupakan salah satu zat penting yang dapat diambil dari makanan yang kita konsumsi. Perlu diingat, bahwa tubuh tidak dapat membentuk vitamin yang dibutuhkan. 
Agar makanan yang dikonsumsi tidak hilang kandungan vitaminnya, maka kita harus lebih berhati-hati di  dalam mengolah makanan tersebut. Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan agar vitamin dalam bahan makanan kita tidak banyak hilang? 

Sayuran. 
  1. Pilihlah sayur yang masih segar, bersih, dan daunnya utuh. Jangan merendam sayuran, karena vitamin yang ada pada sayur akan larut dalam air. Ini akan membuat vitamin terbuang ketika air perendamnya dibuang. 
  2. Cuci sayuran terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Lalu, masak sesegera mungkin ketika sayuran telah dipotong-potong.
  3. Saat merebus sayuran, gunakan air secukupnya. Air yang melimpah akan melarutkan vitamin dalam sayuran
  4. Jangan terlalu lama memasak sayuran, usahakan warnanya masih terlihat segar.
  5. Untuk sayuran yang akan dikonsumsi mentah, hendaklah mencuci sayuran dengan bersih. Kemudian rendam dengan menggunakan air garam, agar kuman-kuman yang mungkin terdapat pada sayuran menjadi mati dan larut dalam air. Setelah itu, bilaslah dengan air masak yang dingin.
Daging 
Pilih daging yang segar, warnanya merah dan mengkilap. Cuci dengan bersih sebelum daging dipotong-potong. Rebuslah daging dengan air mendidih, agar vitaminnya tidak hilang. Cara memasak daging pada air mendidih, juga dapat membuat rasa lezat dan gurih pada daging tidak hilang.

Beras
Beras merupakan bahan makanan pokok yang dipergunakan dalam jumlah banyak. Makanan ini mengandung vitamin B-1, yang bermanfaat untuk mencegah penyakit beri-beri.
Oleh karena itu, cucilah beras dengan menggunakan panci atau wadah. Bukan pada air mengalir. Beras cukup dicuci 2 atau 3 kali bilasan saja. Jangan sampai air bilasan beras menjadi jernih. Jika hal ini terjadi, maka itu pertanda vitaminnya sudah hilang.

Dengan mengetahui cara mengolah makanan yang baik, maka diharapkan kita memperoleh manfaat yang besar dari makanan yang kita konsumsi. Keluarga pun menjadi sehat karena mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan vitamin yang baik.
sumber gambar : sumberpe(dot)blogspot(dot)com

Artikel lainnya : 
Pengaruh Lamanya Mandi dan Manfaatnya 
Khasiat Tanaman Lidah Buaya 
Tips Cermat Memilih Tas 
Tips Melatih Konsentrasi Anak
Cara Bijak Mengatasi Konflik Pada Anak

4 comments:

  1. aah ternyata selama ini saya salah,,, huhuhu suka masak sayur dengan air melimpah tadinya sih biar empuk gitu,, gak suka sama sayur yang masih kerasa "kriuk" kalau di makan soalnya :(
    nice info :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata selama ini kebanyakan orang-orang salah. malah lebih suka merendam sayuran dalam air untuk waktu yang lama. terimakasih untuk informasinya kak. bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
  3. terimakasih mbak atas informasinya, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  4. Bener, kebanyakan kita salah persepsi ya, ternyata terlalu lama memasak sayuran justru tidak positif ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}